Ingin mendirikan PT – Perseroan Terbatas tapi tidak tahu syarat pendirian PT? Mendirikan badan usaha yang legal dan terpercaya merupakan salah satu langkah penting dalam membangun bisnis lho. Percuma produk dan pelayanan baik jika badan usahanya illegal. Bagi Anda para calon pebisnis, mari kita lihat syarat pendirian PT – Perseroan Terbatas yang harus Anda siapkan!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Mengenal PT – Perseroan Terbatas

Perseroan terbatas (PT)  atau dalam bahasa Belanda disebut Naamloze Vennootschap merupakan suatu badan hukum untuk menjalankan usaha dengan modal yang terdiri dari saham-saham, dimana pemiliknya memiliki bagian sesuai jumlah saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjualbelikan, maka kepemilikan perusahaan dapat dipindahkan tanpa perlu menutup perusahaan. Selain saham, modal Perseroan Terbatas juga dapat diperoleh dari obligasi.

Para Calon Pebisnis, Inilah Syarat Pendirian PT – Perseroan Terbatas yang Harus Anda Lengkapi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Memulai Bisnis yang Perlu Anda Ketahui agar Sukses Menjadi Pengusaha]

 

Dengan kata lain, perusahaan tidak sepenuhnya menjadi milik Anda, karena adanya persentase saham atau obligasi yang diperjualbelikan. Namun apakah di samping kekurangan tersebut terdapat kelebihan dari mendirikan badan usaha dalam bentuk PT? Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan syarat pendirian dan keuntungan dari PT – Perseroan Terbatas bagi Anda para calon pebisnis:

 

Keuntungan Memiliki Badan Usaha Perseroan Terbatas

Setiap pendirian badan usaha di Indonesia diatur di bawah peraturan atau perundang-undangan yang berlaku. Misalkan, untuk memiliki hak menyediakan angkutan umum, maka Peraturan Pemerintah No.74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan mengungkapkan bahwa badan usaha harus berbentuk PT – Perseroan Terbatas terlebih dahulu. Begitu pula halnya dengan badan usaha lainnya seperti firma, CV (persekutuan komanditer), koperasi, hingga yayasan memiliki ketentuannya masing-masing.

Perusahaan Dagang (PD) Apa Saja Syarat Pendirian dan Apa Bedanya dengan Perseroan Terbatas (PT) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perusahaan Dagang (PD): Apa Saja Syarat Pendirian dan Apa Bedanya dengan Perseroan Terbatas (PT)?]

 

Kemudian muncul pertanyaan dari para calon pebisnis, “Lalu apa keuntungan dari mendirikan PT – Perseroan Terbatas? Apa bedanya dengan CV?” Agar Anda semakin mantap dalam mendirikan badan usaha PT, mari simak beberapa keuntungan badan usaha PT – Perseroan Terbatas berikut ini:

 

#1 Harta Pribadi Terpisah dari Bisnis

Dalam Perseroan terbatas, harta pribadi tidak akan disangkutpautkan dengan bisnis. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena kewajiban pemegang saham hanya sebatas modal yang disetorkan. Oleh karena itu, jika perusahaan mengalami kerugian, tanggung jawab pemegang saham tetap sebatas modal yang disetor saja.

Berdasarkan pasal 3 ayat (1) UU No.40/2007 tentang Perseroan Terbatas yang berbunyi:

Para pemegang saham tidak bertanggung jawab secara pribadi atas tindakan PT dan perikatan yang dilakukan oleh PT melebihi dari saham yang dimiliki oleh masing-masing pemegang saham

 

Oleh sebab itu, batasan tanggung jawab hanya sesuai dengan porsi modal yang dikeluarkan, sehingga tidak boleh menyentuh harta pribadi di luar tanggung jawabnya. Sedangkan dalam badan usaha CV, harta pribadi dapat dijadikan pertanggungjawaban apabila perusahaan mengalami kerugian.

 

#2 Kepemilikan dapat Dialihkan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, dalam Perseroan Terbatas kepemilikan perusahaan diperjualbelikan dalam bentuk saham. Dengan demikian, secara tidak langsung perusahaan bukan sepenuhnya milik 1 orang saja. Dengan demikian, jika terjadi sesuatu, kepemilikan perusahaan dapat dialihkan. Misalkan, jika pemegang saham terbesar ingin memindahtangankan atau menjual perusahaannya, maka ia dapat menjual sahamnya kepada pihak lain. Sederhana bukan?

 

#3 Perusahaan Tidak Memiliki Batasan Waktu

Dalam perundang-undangan yang berlaku, tidak ditentukan berapa lama waktu yang diizinkan untuk menjalankan badan usaha Perseroan Terbatas. Dengan kata lain, selama perusahaan masih mampu beroperasi atau meski pemiliknya sudah turun menurun atau memindahtangankan perusahaan itu, perusahaan tetap boleh dijalankan.

10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kebiasaan Para Pengusaha Sukses yang Dilakukan di Pagi Hari. Ayo Coba Dilakukan!]

 

#4 Lebih Dipercaya dalam Modal Besar

Secara umum, Perseroan Terbatas lebih mudah memperoleh modal karena kepemilikan perusahaannya dapat diperjualbelikan dalam bentuk saham atau obligasi. Selain itu, perusahaan juga lebih terpercaya jika memiliki bentuk badan usaha PT. Dengan demikian, jelas bahwa Perseroan Terbatas tidak akan kesulitan dalam memperoleh dorongan modal, bahkan dalam jumlah besar.

 

#5 Kebebasan dalam Aktivitas Bisnis

Dengan membentuk badan usaha Perseroan Terbatas, secara otomatis jenis bidang usaha dan wilayah operasinya lebih luas. Sebagai contoh adalah izin untuk mengikuti tender baru diberikan dengan syarat badan usaha berbentuk Perseroan Terbatas dan memiliki kelengkapan dokumen legal seperti SIUP, NPWP, TDP dan SKDP.

 

#6 Memiliki Kepastian di Bawah Hukum

Sesuai dengan undang-undang yang berlaku, merupakan amanat pemerintah untuk membangun badan usaha dalam bentuk Perseroan Terbatas. Apa manfaatnya? Tentu dengan adanya kepastian hukum dalam berbisnis. Sebagai contoh, badan usaha seperti bank, rumah sakit, penyelenggara outsourcing dan Penanaman Modal Asing serta Penanaman Modal Dalam Negeri wajib berstatus Perseroan Terbatas untuk memperoleh hak dan kewajibannya dalam berbisnis.

UMKM Tidak Hanya Butuh Modal Usaha, Tetapi Juga ... - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: UMKM Tidak Hanya Butuh Modal Usaha, Tetapi Juga …]

 

#7 Dilindungi oleh Undang-Undang

Perseroan Terbatas merupakan salah satu badan hukum yang memerlukan persetujuan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam pendiriannya. Jika disetujui pendiriannya, maka otomatis nama dan merek dagang menjadi hak pemilik perusahaan dan tidak boleh digunakan oleh perusahaan lainnya.

 

#8 Adanya Pengesahan dari Pemerintah

Berbeda dengan badan usaha lainnya yang tidak berbadan hukum, seluruh kegiatan usaha serta tata cara pelaksanaan kegiatan dalam Perseroan Terbatas diatur dalam anggaran dasar yang dibuat dalam akta notarial dan harus didaftarkan serta disahkan oleh Kemenkumham. Ketentuan tersebut tercantum dalam Undang-Undang No.40/2007 (“UUPT”). Sedangkan badan usaha lainnya seperti CV, firma, persekutuan perdata, dan lainnya tidak membutuhkan proses legitimasi tersebut.

 

#9 Profesional dan Bonafide

Keuntungan terakhir dari pendirian Perseroan Terbatas dibandingkan dengan badan usaha lainnya ada status yang lebih profesional dan bonafide. Dengan kata lain, kegiatan usahanya dapat dipertanggungjawabkan. Kegiatan usaha tersebut dijalankan oleh 3 bagian, yakni Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Dewan Komisaris, dan Direksi. Dari ketiga bagian perseroan di atas, semuanya memiliki kapasitas dan kewajiban masing-masing.

Berbeda halnya dengan badan usaha lainnya yang tidak berbadan hukum, umumnya hanya (dua) orang yang menjadi bagiannya. Selain itu, pengambilan keputusan dalam perusahaan non-PT dapat dilakukan langsung oleh persero/sekutu aktif dalam badan usaha tersebut.

 

Syarat Pendirian PT – Perseroan Terbatas

Setelah Anda mengetahui keuntungannya, kini waktunya mempelajari syarat pendirian Perseroan Terbatas. Seluruh syarat dan ketentuan PT diatur dalam Undang-Undang no. 40 tahun 2007, serta dibagi menjadi syarat umum dan syarat formal. Adapun beberapa syarat pendirian tersebut adalah sebagai berikut:

Kenali Modal Ventura Sebelum Memulai Usaha Startup 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Modal Ventura Sebelum Memulai Usaha Startup]

 

Syarat Umum

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemilik saham dan pengurus dengan masing-masing minimal sebanyak 2 orang
  2. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) direktur atau penanggung jawab perusahaan
  3. Foto berwarna milik penanggung jawab perusahaan ukuran 3×4 cm sebanyak 2 lembar
  4. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) penanggung jawab perusahaan
  5. Fotokopi surat-surat kepemilikan perusahaan (surat tanah dan sebagainya) atau surat perjanjian sewa perusahaan
  6. Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir sesuai dengan domisili perusahaan.
  7. Surat keterangan dari RT/RW untuk perusahaan yang berdomisili di area perumahan atau perkampungan
  8. Surat keterangan domisili dari pengelola gedung jika perusahaan berdomisili di sebuah gedung perkantoran
  9. Foto kantor perusahaan tampak depan dan dalam ruangan yang berisi meja, kursi, unit komputer beserta 1-2 orang karyawan
  10. Stempel perusahaan. Jika belum memiliki yang resmi, harus sudah memiliki stempel sementara guna mengurus perizinan
  11. Kantor perusahaan berada di area perkantoran, plaza, atau ruko dan tidak berada di area pemukiman penduduk
  12. Siap dilakukan survei.

 

Syarat Formal

  1. Pendiri perusahaan minimal 2 orang atau lebih (sesuai pasal 7 ayat 1)
  2. Masing-masing pendiri perusahaan harus mengambil bagian atas modal saham, kecuali dalam rangka peleburan (sesuai pasal 7 ayat 2 dan 3)
  3. Akta notaris berbahasa Indonesia
  4. Akta pendirian perusahaan harus disahkan Menteri Kehakiman, yang kemudian diumumkan dalam Berita Acara Negara Republik Indonesia (sesuai pasal 7 ayat 4)
  5. Perusahaan memiliki minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisaris sebagai penanggung jawab perusahaan (sesuai pasal 92 ayat 3 dan pasal 108 ayat 3)
  6. Pemilik saham harus Warga Negara Indonesia (WNI) atau badan usaha yang didirikan menurut hukum dan perundang-undangan Indonesia, kecuali perusahaan swasta asing
  7. Modal dasar perusahaan minimal Rp50.000.000 dengan modal disetor minimal 25% dari modal dasar tersebut (sesuai pasal 32 dan 33).

 

Saham-IPO-2017-0-IPO

[Baca Juga: Tertarik Membeli Saham IPO? Inilah 17 Saham yang IPO di tahun 2017]

 

Selain syarat pendiriannya, berikut tercantum prosedur atau langkah-langkah administratif dalam mendirikan badan usaha Perseroan Terbatas:

  1. Membuat akta perusahaan mencakup informasi seperti nama perusahaan, bidang usaha, alamat, jumlah modal, dan sebagainya yang telah disepakati bersama
  2. Pengesahan akta perusahaan oleh Menteri Kehakiman (kini disebut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM))
  3. Pendaftaran akta perusahaan yang sudah disahkan pada Kepaniteraan Pengadilan Negeri  yang mewakili domisili Perseroan Terbatas tersebut
  4. Menginformasikan perihal pendirian Perseroan Terbatas tersebut dalam Berita Acara Negara Republik Indonesia (BNRI) ke kantor Percetakan Negara

 

Adapun biaya yang dibutuhkan dalam pendirian Perseroan Terbatas bergantung dari skala perseroan dan bervariasi tergantung pada jasa konsultan pihak ketiga. Berikut merupakan contoh daftar harga sebuah jasa pendirian PT pendirianptcv.com:

Kelas PTLama Pengerjaan
38 Hari Kerja28 Hari Kerja
KecilRp8 jutaRp10,5 juta
MenengahRp8 jutaRp10,5 juta
BesarRp10,5 jutaRp12,5 juta

 

Miliki Bisnis Berbadan Hukum dan Nikmati Keuntungannya

Bagi Anda para calon pebisnis, semoga artikel ini memberi gambaran singkat mengenai PT – Perseroan Terbatas, mulai dari keuntungan hingga syarat dan prosedur pendiriannya. Melalui poin-poin tersebut, Anda dapat menimbang baik buruknya sebuah badan usaha berstatus PT dan kesesuaiannya dengan jenis dan besar usaha Anda. Yang terpenting adalah, kenali dan ketahui undang-undang yang mengatur ketentuan jalannya sebuah usaha. Semoga usaha Anda selalu lancar dan berkembang!

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai syarat pendirian PT – Perseroan Terbatas lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Eazybiz. 12 Juli 2015. 9 Keuntungan Mendirikan PT Untuk Bisnis Anda. Easybiz.id – https://goo.gl/tyUuTc
  • Eazybiz. 4 Agustus 2016. Prosedur dan Syarat Pendirian PT Terbaru Yang Wajib Anda Ketahui. Eazybiz.id – https://goo.gl/oBFAYm
  • Pendirianptcv. Biaya dan Syarat Pendirian PT. Pendirianptcv.com – https://goo.gl/J8R8vc
  • Dosen Ekonomi. 12 Syarat Mendirikan Perseroan Terbatas (PT) – Syarat Umum dan Formal. Dosenekonomi.com – https://goo.gl/NRZB3s

 

Sumber Gambar:

  • Asian People Meeting – https://goo.gl/LNemh2 dan https://goo.gl/Y1K8kk

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana