Bagi Anda yang pecinta hewan, tentunya kadang-kadang ingin memulai bisnis hewan peliharaan yang menggiurkan.

Bisnis hewan peliharaan seperti apakah yang bisa memberi banyak untung? Mari kita lihat ulasan bisnis hewan peliharaan ini yuk.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Apakah Anda Pecinta Hewan Peliharaan?

Banyak orang sangat mencintai hewan peliharaannya, malah ada yang lebih mengurus hewan peliharaan daripada diri sendiri. Jika Anda salah satunya, maka Anda termasuk dalam kelompok pecinta hewan peliharaan.

American Pets Product Association mengungkapkan bahwa pemilik hewan peliharaan menghabiskan lebih dari US$60.28 miliar atau setara dengan Rp860 triliun pada tahun 2015 hanya untuk mengurus hewan peliharaannya.

Mereka juga menambahkan bahwa diestimasikan nilai ini akan terus naik pada setiap tahunnya.

Apa yang bisa Anda simpulkan dari sini? Artinya, sangat banyak pecinta hewan peliharaan yang rela menghabiskan uangnya demi hewan kesayangannya.

Namun, apakah hewan peliharaan hanya menghabiskan uang melulu? Nyatanya tidak, jika Anda pecinta hewan peliharaan, mengapa tidak menjadikan hobi ini sebagai sebuah ide bisnis?

Anda bisa menikmati hobi Anda sambil memperoleh keuntungan. Luar biasa sekali bukan?

Jika Anda tertarik, cobalah simak rangkuman Finansialku tentang peluang bisnis hewan peliharaan berikut ini:

 

Peluang Bisnis Hewan Peliharaan

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, nilai yang dihabiskan pemilik hewan peliharaan terus naik setiap tahunnya. Artinya peluang bisnis hewan peliharaan ini juga terus naik seiring waktu.

Bisnis hewan peliharaan memang tengah marak di masa sekarang ini.

Terbukti bukan hanya bisnis hewan peliharaan saja tetapi bisnis sarana dan prasarana pendukungnya seperti pet shop dan juga dokter hewan pun semakin umum di tengah masyarakat.

Peluang Bisnis Hewan Peliharaan Paling Menguntungkan Dan Menggiurkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Melansir dari Bernas.id, ada 3 hal yang membuat bisnis hewan peliharaan menjadi sangat menarik yakni sebagai berikut:

 

#1 Tidak Membutuhkan Modal Besar

Melihat dari pengalaman para pebisnis sebelumnya, ditemukan bahwa bisnis hewan peliharaan sebenarnya tak memerlukan modal besar.

Meski kelihatannya cukup membutuhkan modal awal yang besar, tapi kenyataannya adalah sebaliknya.

Terlebih jika bisnis ini memang dimulai dari hobi atau kecintaan terhadap hewan peliharaan.

Anda bisa memulai bisnis dengan sederhana, misalnya Sebagai contohnya Cattery atau usaha mengawinkan hewan peliharaan khususnya kucing. Usaha ini hanya bermodalkan sepasang kucing yang dahulu milik pribadi.

Kemudian ketika sepasang kucing tersebut sukses untuk beranak pinak maka kita bisa menjual beberapa ekor kucing di saat lepas menyapih.

Agar dapat memperoleh bibit yang bagus maka Anda bisa melakukan pengambilan anakannya dengan kucing lain supaya dapat mencegah terjadinya in breeding (perkawinan dari keturunan yang sama).

Sedangkan untuk pembayarannya, Anda dapat menerapkan bagi hasil berupa anakannya. Terbukti kan bisnis hewan peliharaan ini tak membutuhkan modal yang besar.

 

#2 Tidak Menghabiskan Banyak Waktu

Bisnis hewan peliharaan cenderung fokus pada keindahan hewan kesayangan yang dimiliki. Umumnya konsumen hanya memiliki beberapa ekor hewan peliharaan saja.

Jadi disini fokusnya adalah kualitas bukan kuantitas. Artinya, Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk bisa menghasilkan keuntungan.

Hanya dengan sedikit hewan peliharaan saja namun mempunyai tampilan yang sangat indah serta menawan tentu saja dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

Namun, selain keindahan Anda juga perlu memperhatikan satu faktor penting lainnya dalam bisnis hewan peliharaan ini, yakni kesehatan.

Anda harus cermat dalam memperhatikan kesehatan hewan peliharaan tersebut. Jika perlu, rutinlah untuk memeriksakan kesehatannya.

Cara paling mudah untuk memeriksakan kesehatannya ialah dengan memperhatikan perubahannya di kala membelai bulunya.

 

#3 Dapat Menghasilkan Keuntungan yang Sangat Besar

Bisnis hewan peliharaan memang menjanjikan keuntungan yang besar. Mengapa demikian?

Hal tersebut dikarenakan fokus pemilik hewan peliharaan dalam melindungi dan merawat hewan peliharaannya. Tidak jarang pemilik hewan peliharaan rela membayar mahal demi perawatan terbaik bagi hewan kesayangannya.

Selain itu, dalam urusan hewan peliharaan penampilan adalah yang utama. Hewan yang penampilannya sangat cantik serta disukai konsumen maka akan dinilai dengan harga yang tinggi.

Hal ini sangat berbeda dengan bisnis hewan konsumsi yang lebih memperhatikan bobot dan kualitas daging.

Titik utama dari bisnis hewan peliharaan ialah keindahan karena itulah tidak mengherankan jika seorang pemilik hewan peliharaan dapat untung sampai puluhan, ratusan bahkan sampai ribuan kali dari modal yang dimilikinya.

Berikut ini tips sukses ala Jack Ma untuk para entrepreneur bisnis online, usaha rumahan dan usaha sampingan yang bisa Anda tonton melalui channel Youtube Finansialku berikut:

 

Alternatif Bisnis Hewan Peliharaan

Setelah melihat peluang bisnis hewan peliharaan ini, pastinya Anda bertanya-tanya bisnis seperti apa yang akan Anda jalani. Jangan khawatir, terdapat banyak alternatif bisnis hewan peliharaan yang bisa Anda tekuni.

Sebagai contohnya, bukan hanya sebatas merawat hewan peliharaan saja, namun Anda bisa memulainya dengan bisnis sederhana yakni menjual makanan hewan peliharaan.

Seperti apa sajakah alternatif bisnis hewan peliharaan ini? Yuk kita lihat 6 bisnis hewan peliharaan yang menguntungkan dan pastinya menggiurkan bagi Anda:

 

#1 Menjaga Hewan Peliharaan

Anda sudah berkeluarga dan memiliki baby sitter? Ternyata kini bukan hanya balita saja loh yang perlu dijaga, tetapi hewan peliharaan juga. Sebutan untuk profesi ini adalah pet sitter.

Banyak penggemar hewan peliharaan yang tidak sempat menjaga hewan kesayangannya karena harus bekerja, sehingga mereka akan sangat terbantu dengan adanya pet sitter.

Peluang Bisnis Hewan Peliharaan Paling Menguntungkan Dan Menggiurkan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Cakupan pekerjaannya sebenarnya sederhana, Anda hanya mendatangi rumah terkait dan memberi makan hewan serta bermain dengannya selama pemilik rumah sedang pergi bekerja atau berlibur.

Pada beberapa kasus (misal saat pemilik rumah berlibur panjang), Anda bahkan biasa diminta untuk menjaga rumahnya juga, sehingga Anda bisa menambahkannya dalam pilihan layanan Anda.

 

#2 Salon Hewan Peliharaan

Siapa bilang hewan peliharaan tidak perlu ke salon? Kini, hewan peliharaan juga punya gayanya sendiri loh! Lucu sekali bukan?

Jasa pet grooming biasanya dapat ditemukan di salon hewan peliharaan, mulai dari memandikan, memotong bulu, menyisir dan merapikan bulu, hingga menggunting kuku hewan kesayangan Anda.

Peluang Bisnis Hewan Peliharaan Paling Menguntungkan Dan Menggiurkan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Jalankan 6 Cara Mengembangkan Usaha Sampingan Anda]

 

Biasanya jasa pet grooming digunakan oleh pemilik hewan peliharaan yang senang melihat hewannya bersih, rapi, dan sehat.

Bahkan jasa ini juga kerap digunakan oleh mereka yang ingin mendaftarkan hewan kesayangannya dalam lomba.

Namun, dibutuhkan training dan pengalaman dalam menjadi pet groomer, karena jika tidak Anda bisa melukai hewan peliharaan tersebut. Bahkan beberapa negara mewajibkan pet groomer untuk memiliki lisensi resmi jika ingin membuka jasa pet grooming.

Kini salon hewan peliharaan bukan berarti Anda harus memiliki tempat usaha, Anda juga bisa membuka jasa pet grooming online, dimana Anda yang akan mendatangi rumah pemilik hewan peliharaan tersebut.

Bagaimana? Menarik bukan?

 

#3 Penjinak Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan misalnya anjing bisa menjadi sahabat manusia, terlebih jika ia berperilaku baik dan jinak. Jika tidak, Anda bisa belajar melatih hewan peliharaan Anda agar jinak dan menurut.

Keterampilan ini bahkan bisa dijadikan bisnis karena banyak pecinta hewan peliharaan yang juga membutuhkan bantuan dalam menjinakkan hewan kesayangannya.

Peluang Bisnis Hewan Peliharaan Paling Menguntungkan Dan Menggiurkan 05 - Finansialku

[Baca Juga: Peran Hewan Peliharaan yang Menakjubkan]

 

Caranya adalah dengan mulai mempelajari perilaku dan sifat hewan-hewan peliharaan dan bagaimana cara mengubah perilaku tersebut menjadi lebih baik.

Sebagai contoh adalah hewan peliharaan yang suka menggigit pemiliknya, atau yang kerap kali membuang air kecil dan besar sembarangan. Semua ini bisa dilatih dan diperbaiki.

 

#4 Penjual Kebutuhan Hewan Peliharaan

Seperti hasil riset American Pets Product Association yang telah diungkapkan sebelumnya, pecinta hewan peliharaan sangat menyayangi hewannya dan rela mengeluarkan uang banyak demi hewan peliharaannya.

Dengan demikian, ini bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan bagi Anda. Anda bisa membuka toko kebutuhan hewan peliharaan, misalnya saja makanannya, pakaiannya, tali kekangnya, hingga mainan dan kandangnya.

Peluang Bisnis Hewan Peliharaan Paling Menguntungkan Dan Menggiurkan 06 - Finansialku

[Baca Juga: Hobi Merawat Hewan Peliharaan? Siapin Dulu Biaya yang Dibutuhkan]

 

Anda bisa membeli produk jadi lalu menjualnya, atau Anda juga bisa memproduksi sendiri menggunakan pengetahuan Anda tentang hewan peliharaan.

Anda juga bisa melakukannya secara online, dengan membuka online shop yang bisa dihubungi via situs jual beli atau media sosial. Manfaatkan teknologi dalam berbisnis agar Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal.

 

#5 Penjual Makanan Hewan Peliharaan

Mari kita lihat kembali fakta seputar hewan peliharaan:

Pemilik hewan peliharaan menghabiskan US$14 miliar atau setara dengan Rp200 triliun pada tahun 2014 hanya untuk makanan hewan kesayangannya.

Dengan nominal begitu besar, tentunya bisnis ini tergolong memiliki potensi keuntungan yang besar.

Peluang Bisnis Hewan Peliharaan Paling Menguntungkan Dan Menggiurkan 07 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat Pengeluaran, Jika Anda Memelihara Hewan Peliharaan]

 

Tetapi lagi-lagi biasanya ada peraturan dan ketentuan pemerintah yang mengatur regulasi seputar penjualan makanan hewan peliharaan.

Sehingga Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu tentang ini sebelum membuka toko makanan hewan peliharaan.

 

#6 Jasa Foto Hewan Peliharaan

Pernahkah Anda mendengar pet photography? Siapa sangka bukan hanya manusia saja yang gemar difoto. Kini tembok Anda juga bisa dihiasi dengan foto-foto imut hewan tercinta.

Peluang Bisnis Hewan Peliharaan Paling Menguntungkan Dan Menggiurkan 08 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Hewan Paling Kaya di Dunia, Apa Sajakah Mereka?]

 

Jika Anda memiliki pengalaman dalam fotografi dan memiliki kegemaran yang satu ini, maka Anda bisa menghasilkan uang dari hobi tersebut.

Tetapi, perlu diingat bahwa Anda juga perlu memiliki kemampuan menangani hewan, karena pada dasarnya hewan berbeda dengan manusia. Perlakuan dalam fotografinya pun akan sangat berbeda.

 

Jangan Ragu Lagi Menggarap Bisnis Hewan Peliharaan

Setelah melihat beberapa contoh di atas, apakah Anda sudah membayangkan bisnis mana yang sesuai bagi Anda?

Apapun jenis bisnisnya, lakukan perencanaan yang baik dan menyeluruh agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah perencanaan keuangan yang baik demi bisnis yang baik pula. Jika Anda baru memulai bisnis, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada perencana keuangan Finansialku.

Setiap masalah akan ada solusinya, Anda bisa menggunakan fitur Tanya jawab pada Aplikasi Finansialku untuk berkonsultasi langsung dengan para Perencana Keuangan (CFP) Finansialku.

Tenang, Anda bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU agar mendapatkan potongan harga Rp50.000 untuk upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium tahunan.

Ayo upgrade sekarang juga sebelum terlambat!

“The only way to do great work is to love what you do. If you haven’t found it, keep looking. Don’t settle.” – Steve Jobs

 

Jika Anda memiliki bisnis atau mau membuka bisnis ada baiknya membaca ebook dari Finansialku di bawah ini, agar kondisi keuangan Pribadi dan Bisnis Anda dapat tetap terjaga.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai peluang bisnis hewan peliharaan paling menguntungkan dan menggiurkan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 25 Januari 2017. Prospek Bisnis Hewan Peliharaan yang Sangat Menjanjikan, Ini 3 Sebabnya. Bernas.id – http://bit.ly/2MFRIPn
  • Leslie Truex. 12 Agustus 2016. 6 Home Business Ideas for Pet Lovers (Make Money Helping Pet Owners). Thebalance.com – http://bit.ly/2WEAZAt

 

Sumber Gambar:

  • Hewan Peliharaan 1 – http://bit.ly/2F59oxw
  • Hewan Peliharaan 2 – http://bit.ly/2WzSsFs
  • Hewan Peliharaan 3 – http://bit.ly/2F79958
  • Hewan Peliharaan 4 – http://bit.ly/2R8Fhdp
  • Hewan Peliharaan 5 – http://bit.ly/2ICsb4n
  • Hewan Peliharaan 6 – http://bit.ly/2MIZCYl
  • Hewan Peliharaan 7 – http://bit.ly/2WEOL6t
  • Hewan Peliharaan 8 – http://bit.ly/2WEK7VL