Apakah Anda pernah mendengar bahwa conceptual thinking dapat meningkatkan kemampuan leadership Anda? Mungkin saja Anda belum menyadari pentingnya conceptual thinking. Kami akan bagikan rahasia dalam conceptual thinking. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Berpikir Conceptual Thinking adalah Jalan Menuju Sukses

Seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu berpikir secara strategis, mereka mampu memvisualisasi kemungkinan yang akan atau dapat terjadi sembari menyeimbangkannya dengan implementasi harian mereka. Dengan kata lain, mereka mengerti dan mampu menyeimbangkan kemungkinan akan datang dengan masa sekarang.

 pentingnya-conceptual-thinking-untuk-meningkatkan-leadership-anda-finansialku

[Baca Juga : 16 Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Orang Sukses di Abad 21]

 

Pemimpin yang strategis mampu melihat ke mana seharusnya perusahaan mereka berjalan dan bagaimana mencapainya, seiring dengan memastikan bahwa setiap harinya, segala sesuatu berjalan dengan lancar. Pemimpin seperti ini membutuhkan 5 cara berpikir, kritis (critical thinking), implementasional (implementation thinking), inovatif (innovative thinking), intuitif (intuitive thinking) dan yang tidak kalah pentingnya, terkonsep (conceptual thinking).

 

Definisi dan Manfaat Conceptual Thinking untuk Seorang Pebisnis

Berpikir secara terkonsep (conceptual thinking) adalah kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi hubungan atau pola antara objek-objek abstrak atau objek-objek yang terlihat tidak memiliki koneksi dan dari hubungan tersebut mampu membentuk gambaran yang lebih sempurna dan jelas.

 11 Skill Management Trainee yang Harus Dimiliki oleh First Jobber - Finansialku

[Baca Juga : 11 Skill Management Trainee yang Harus Dimiliki oleh First Jobber]

 

Walaupun terdengar seperti proses alami, tidak semua orang mampu berpikir secara terkonsep. Dalam kehidupan sehari-hari, mempunyai conceptual thinking memungkinkan seseorang untuk meningkatkan kreativitas mereka dan mempertajam visi mereka.

Dalam dunia bisnis, pemimpin yang memiliki kualitas pemikiran terkonsep mampu melihat masalah dari sudut pandang yang lebih luas. Hal ini akan membantu perencanaan yang lebih matang serta eksekusi bisnis yang lebih baik. Selain garis besar strategi perusahaan, conceptual thinking membantu komunikasi yang efektif antar pemimpin dengan pegawai

 

Conceptual Thinking x Leadership

Menjadi seorang pemimpin berarti Anda mengatur banyak anggota tim dengan masing-masing pemikiran serta karakter yang beragam. Tidak mudah untuk seorang pemimpin berkomunikasi dengan efektif jika mereka tidak memiliki kemampuan berpikir secara terkonsep. Dengan kata lain, jika Anda (pemimpin) ingin mengeluarkan yang terbaik dari setiap anggota tim, maka Anda harus mampu berpikir dari segala sudut pemikiran yang berbeda.

Selain komunikasi, conceptual thinking juga dibutuhkan dalam penanganan masalah. Informasi membutuhkan seseorang yang mampu menarik hubungan antar hal-hal yang beraneka ragam dan menggabungkannya agar berguna. Ini berarti tanpa visi, imajinasi serta inovasi, data-data akan menjadi sia-sia. Anda harus mampu melihat sesuatu dari sudut pandang yang lebih luas, serta mengartikan hal-hal abstrak secara kreatif.

 10-alasan-yang-perlu-diketahui-kenapa-anda-masih-susah-menjadi-kaya-finansialku

[Baca Juga : Anda Harus Meningkatkan Kemampuan Perencanaan (Planning Skills]

 

Perbedaan seorang pemimpin yang mempunyai conceptual thinking dengan yang tidak adalah pada cara mereka melihat pola dan mengambil keputusan. Pemimpin yang memiliki conceptual thinking mampu melihat koneksi dan pola yang tidak dilihat orang lain seperti melihat data yang banyak dengan sudut pandang yang berbeda sehingga mereka unggul dari kompetitornya.

Keputusan pun harus diberikan dengan cepat karena mereka menyadari bahwa segala sesuatu dapat berubah tiba-tiba. Untuk itu, meningkatkan keahlian dalam berpikir secara terkonsep sangat penting.

 

Cara Meningkatkan Conceptual Thinking

Mampu berpikir kreatif memang suatu keahlian yang datang secara alami, tetapi bukan berarti anda tidak dapat melatihnya. Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membantu anda melatih conceptual thinking.

 

#1: Bangun Kesadaran Berpikir Secara Terkonsep

Cara paling mudah untuk membantu Anda berpikir secara terkonsep adalah mendorong kualitas tersebut dengan mengajak seluruh anggota tim untuk mengeluarkan ide mereka. Proses ini dapat ‘membuka mata’ anda akan ide-ide kreatif lainnya.

Jika memang ada salah satu anggota tim yang mempunyai sifat alami berpikir dengan kreatif, anda dapat mengajukan pertanyaan pada anggota tersebut untuk ‘memprovokasi’ anggota tim lainnya untuk berpikir secara terkonsep.

 

#2: Selalu Terapkan Pertanyaan “Bagaimana Jika”

Pertanyaan seperti ini akan membantu Anda untuk berpikir dengan lebih kreatif. Dengan bertanya ‘bagaiamna jik…’ Anda memikirkan segala kemungkinan dari segala sisi. Contohnya, jika anda ingin mengimplementasi suatu cara marketing, tanyakan “bagaimana jika kita melakukan ini, apa respons konsumen kita?” atau “apakah ada yang terlewatkan?” atau “adakah efeknya terhadap produsen atau pegawai kita?”

 9-ciri-orang-yang-tidak-bertanggung-jawab-dengan-keuangan-keluarga-finansialku

[Baca Juga : 9 Ciri Orang yang Tidak Bertanggung Jawab dengan Keuangan Keluarga]

 

#3: Jangan Terburu-Buru Dalam Menghadapi Masalah

Memang kecekatan dalam mengambil keputusan sangat penting, tetapi terburu-buru hanya akan membuat Anda tidak teliti dan mengacuhkan kunci-kunci masalah tersebut. Sebaiknya, gunakan waktu Anda dengan lebih efektif, pertama identifikasi masalah tersebut dan alasan masalah tersebut dapat terjadi. Kemudian, ambillah waktu untuk menganalisa segala kemungkinan solusi  dan konsekuensi untuk ke depannya.

Anda juga dapat berhenti dan melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya Anda dapat melihat dari sudut pandang pegawai, konsumen atau supplier (vendor, pemasok). Pemikiran dengan struktur seperti ini mampu membantu Anda untuk terlatih melihat sesuatu dari gambaran yang lebih luas.

 

#4: Berpikir Untuk Jangka Panjang

Conceptual thinking melatih kemampuan untuk berpikir secara garis besar, misalnya Anda dapat berpikir mau dibawa kemana bisnis yang sedang dijalankan. Dngan mengetahui secara garis besar arah bisnis. Anda dan tim akan memiliki gambaran yang lebih jelas dan langkah (action) yang tepat. Pikirkanlah ke mana Anda ingin membawa perusahaan anda 5 tahun ke depan.

 5 Ciri Pengusaha Sukses, yang Perlu Kamu Ketahui - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : 5 Ciri Pengusaha Sukses, yang Perlu Kamu Ketahui]   

 

#5: Bangunlah Kepercayaan Dan Siap Untuk Mundur Dan Mengobservasi

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menjelaskan visi mereka dan membantu karyawan mereka untuk merealisasikan visi tersebut dengan cara berpikir yang berbeda. Anda harus membuat karyawan nyaman dengan visi Anda melalui kestabilan dan konsistensi. Jika mereka telah melihat visi dan kompetensi Anda, selanjutnya berikan waktu dan kesempatan untuk mereka bekerja. Hal ini akan membuat mereka merasa bahwa mereka adalah bagian dari struktur organisasi.

 

Saatnya Anda Mulai Berpikir Conceptual Thinking

Setelah zaman dimana informasi, data dan ilmu pengetahuan telah diberikan, sekarang adalah zaman yang membutuhkan imajinasi dan inovasi, masa dimana konsep memberikan gambaran untuk segalanya. Otak manusia adalah pemimpin yang sangat kuat, dengan cara berpikir yang benar, seorang pemimpin akan mampu mengatur bisnis serta orang-orang yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Melatih conceptual thinking tidak selamanya harus di dalam dunia pekerjaan, Anda dapat mencoba melihat dunia luar untuk menyegarkan otak anda dan muncul dengan konsep-konsep yang baru.

 

Apakah Anda pernah memperhatikan guru, dosen, pimpinan, bos, teman Anda atau diri Anda sendiri mampu berpikir konseptual (conceptual thinking)? Apa keuntungan utama yang Anda dapatkan dengan conceptual thinking?

 

Sumber Referensi

  • Geil Browning. 29 Juli 2013. The Power of Conceptual Thinking to Strengthen Your Leadership. https://goo.gl/H8zSD1
  • Holly Green. 27 Maret 2012. How to Develop 5 Critical Thinking Types. https://goo.gl/r9LdlQ
  • What is conceptual thinking? https://goo.gl/XO0gXI

 

Sumber Gambar

  • Conceptual Thinking https://goo.gl/MMzEVR

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang