Mengapa investasi harus dijadikan sebuah kebiasaan? Di zaman modern ini, investasi adalah sebuah kebutuhan utama setiap orang untuk dapat mencapai kebebasan keuangan. Anda dapat memilih investasi yang menguntungkan untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan yang telah ditetapkan. Kali ini Finansialku akan membahas mengapa investasi harus dijadikan sebuah kebiasaan serta bagaimana caranya.

 

Rubrik Finansialku

Learn And Invest

 

Investasi yang Menguntungkan sebagai Kebutuhan Utama

Dalam perencanaan keuangan pribadi, setiap orang dapat merencanakan cara untuk mendapatkan tujuan keuangan yang diinginkan. Tujuan keuangan yang dimaksud disini mencakup apapun yang ingin dibeli atau dimiliki oleh seseorang. Misalnya saja seorang karyawan muda ingin memiliki mobil pribadi dan rumah pribadi dalam beberapa tahun ke depan. Setiap orang bisa memiliki tujuan keuangan yang berbeda-beda.

Banyak orang memiliki pemikiran yang sangat sederhana, misalnya jika ingin membeli mobil seharga Rp200 juta, Anda berpikir hanya perlu menabung selama beberapa tahun untuk mengumpulkan dana sebesar Rp200 juta tersebut. Sayangnya setiap tahun terjadi fenomena yang dinamakan inflasi. Harga-harga barang akan meningkat setiap tahunnya sesuai dengan angka inflasi tersebut. Ketika Anda berencana untuk membeli sebuah mobil seharga Rp200 juta di tahun ini, belum tentu tahun depan harga mobil tersebut masih sama. Kemungkinan besar harganya akan meningkat sesuai angka inflasi atau bahkan lebih tinggi. Jika Anda hanya mempersiapkan dana sebesar Rp200 juta selama beberapa tahun, maka mobil tersebut tidak akan bisa dibeli.

Pentingnya menjadikan Investasi yang Menguntungkan sebagai Sebuah Kebiasaan

  [Baca Juga: Para Investor, Kenali 2 Jebakan Psikologis yang Dapat Menggagalkan Investasi Anda!]

 

Jika Anda hanya mengandalkan penghasilan aktif (dalam hal ini gaji) untuk memenuhi semua tujuan keuangan tersebut maka Anda akan kesulitan dan bahkan tidak akan bisa mencapainya, kecuali jika Anda memiliki gaji yang sangat fantastis. Tunggu dulu, jika Anda memiliki gaji yang sangat fantastis pun Anda tidak akan bisa memenuhi seluruh tujuan keuangan jika gaji tersebut dihabiskan untuk barang-barang konsumtif yang seringkali tidak bermanfaat.

Investasi adalah cara terbaik untuk membuat uang bekerja untuk menghasilkan keuntungan bagi Anda tanpa harus menukarkan waktu, tenaga dan pikiran layaknya ketika Anda bekerja di kantor. Investasi yang menguntungkan akan sangat membantu untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan yang sudah Anda tentukan. Bagi seseorang yang memiliki gaji kecil sekalipun tidak mustahil untuk mendapatkan tujuan-tujuan keuangan yang terlihat sangat besar. Syaratnya adalah Anda mampu menemukan investasi yang menguntungkan sesuai kebutuhan Anda dan disiplin untuk terus menjalankannya secara berkala.

Ada beragam cara untuk berinvestasi karena saat ini produk investasi yang ditawarkan di pasar sangat beragam. Jika Anda ingin menemukan investasi yang menguntungkan, Anda harus mengenal karakteristik Anda sebagai investor. Investasi terbaik bagi setiap orang bisa berbeda-beda dengan orang lainnya karena pilihan investasi bersifat personal. Uang adalah sebuah aspek yang sensitif bagi setiap orang, karena itu investasi yang menguntungkan ditentukan dari karakteristik pribadi masing-masing.

Apakah Anda Ingin Membeli Asuransi Investasi Terbaik? Pikirkan Lagi 3 Hal Ini

[Baca Juga: Apakah Anda Ingin Membeli Asuransi Investasi Terbaik? Pikirkan Lagi 3 Hal Ini!]

 

Menjadikan Investasi sebagai Kebiasaan

Sekarang Anda sudah tahu pentingnya berinvestasi. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, investasi dapat membantu Anda memenuhi tujuan-tujuan keuangan jika sudah sesuai kebutuhan dan disiplin dijalankan secara berkala. Karena itu investasi harus dijadikan sebuah kebiasaan. Namun investasi yang dijalankan secara berkala pun bukan sembarangan investasi. Anda harus memastikan bahwa investasi tersebut adalah investasi yang menguntungkan bagi Anda. Menguntungkan atau tidak, memang tidak bisa ditentukan secara mutlak. Hanya saja ketika Anda telah menemukan produk dan proporsi investasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik sendiri, peluang investasi tersebut akan mendatangkan keuntungan lebih tinggi bagi Anda daripada jika Anda berinvestasi secara asal-asalan.

Moms, Ini Investasi Menguntungkan di Usia 20an Hingga Awal 30an

[Baca Juga: Moms, Ini Investasi Menguntungkan di Usia 20an Hingga Awal 30an]

 

Untuk dapat menjadikan investasi yang menguntungkan sebagai sebuah kebiasaan Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

 

#1 Ubah Mindset

Apa yang ada di pikiran Anda saat ini ketika mendengar kata investasi? Rumit? Mahal? Takut rugi? Lebih baik uangnya digunakan untuk belanja? Hentikan semua pemikiran tersebut. Mulailah dengan mengubah mindset Anda mengenai investasi. Investasi adalah sebuah kebutuhan utama, layaknya air dan makanan, Anda membutuhkannya setiap hari. Jika tidak, maka kesehatan Anda akan terganggu. Karena itu makan dan minum bukanlah pilihan, melainkan sebuah keharusan. Tanamkanlah pemikiran yang serupa pada investasi. Jika Anda tidak berinvestasi setiap bulan maka kesehatan keuangan Anda akan terganggu.

Jika Anda membayangkan pentingnya berinvestasi sama dengan pentingnya makan dan minum maka tidak mungkin Anda melewatkannya setiap bulan. Berinvestasi bukanlah sebuah pilihan dimana Anda dapat memilih untuk tidak berinvestasi bulan ini, melainkan sebuah keharusan. Ini mungkin terdengar sedikit ekstrem, tetapi nyatanya banyak orang yang ‘kecolongan’ dan tidak rutin berinvestasi karena menganggap remeh investasi secara berkala. Ada banyak alasan yang muncul untuk menunda berinvestasi, “saya mulai dari bulan depan saja karena bulan ini ada banyak kebutuhan”. Kemudian di bulan berikutnya Anda berkata “saya mulai bulan depan saja karena bulan ini saya ingin membeli barang ABC”, dan begitu seterusnya hingga tanpa disadari tahun demi tahun sudah terlewati. Sesampainya pada tahun dimana Anda seharusnya memenuhi tujuan keuangan yang sudah ditentukan, Anda tidak memiliki dana yang cukup hanya karena terlalu sering menunda-nunda investasi. Jangan sampai Anda menjadi salah satu korban kebiasaan menunda berinvestasi.

6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki

 [Baca Juga: 6 Aturan Dasar Berinvestasi, Ala Ayah Kaya Robert T. Kiyosaki]

 

#2 Gunakan Produk yang Mudah Diakses

Bagi anak muda masa kini, segala hal yang berbasis online lebih digemari daripada offline. Jika harus datang ke sebuah tempat untuk membeli sebuah produk investasi setiap bulan Anda mungkin akan merasa malas atau tidak punya waktu. Tetapi itu bukanlah sebuah alasan untuk tidak berinvestasi. Saat ini sudah ada layanan yang dapat membantu Anda berinvestasi secara online. Misalnya saja jika Anda ingin berinvestasi reksa dana, Anda dapat menggunakan layanan reksa dana online seperti bareksa.com, bukareksa.com, dan situs lainnya. Situs-situs tersebut menyediakan layanan pembelian reksa dana yang relatif praktis bagi orang-orang yang malas atau tidak punya waktu untuk datang ke bank atau APERD lainnya.

 

#3 Tingkatkan Investasi secara Berkala

Setiap kali berinvestasi, Anda harus tahu terlebih dahulu tujuan keuangan apa yang akan dicapai dengan investasi tersebut. Dengan begitu Anda tahu pasti berapa angka yang harus diinvestasikan serta berapa return investasi yang harus didapatkan. Namun terkadang penghasilan yang dimiliki saat ini belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan dana investasi tersebut. Misalnya untuk dapat membeli sebuah ponsel yang diidam-idamkan Anda harus berinvestasi sebesar Rp1 juta setiap bulan selama 1 tahun. Sementara dana yang dapat Anda investasikan saat ini hanyalah Rp200.000 per bulan. Walaupun demikian, bukan berarti Anda harus mengurungkan niat berinvestasi.

Ada 9 Istilah Finansial yang Perlu Anda Ketahui untuk Mengurangi Risiko Investasi]

[Baca Juga: Ada 9 Istilah Finansial yang Perlu Anda Ketahui untuk Mengurangi Risiko Investasi]

 

Tidak masalah jika Anda memulai investasi dari angka yang kecil setiap bulannya. Seiring berjalannya waktu pendapatan Anda akan meningkat sehingga dana investasi bisa ditingkatkan. Anda tidak akan ‘rugi’ karena berinvestasi mulai dari angka yang kecil! Walaupun nominal keuntungan yang didapatkan tidak akan sebesar investasi jutaan rupiah setiap bulan, tetapi Anda akan mendapatkan banyak pembelajaran mengenai investasi tersebut. Jangan berkecil hati jika saat ini Anda hanya dapat menginvestasikan dana yang terbatas, sebuah langkah kecil yang benar akan memupuk masa depan yang lebih baik bagi keuangan Anda.

 

Sebuah Langkah Kecil yang Membawa Keuntungan

Setiap orang pasti ingin memenuhi tujuan keuangan yang telah ditentukannya. Di tengah tingginya inflasi dan mahalnya harga-harga barang saat ini, investasi adalah satu-satunya jalan untuk mencapai kebebasan keuangan. Penting untuk menemukan investasi yang menguntungkan sesuai dengan kebutuhan Anda serta menjalankannya dengan disiplin secara berkala. Tidak masalah jika saat ini Anda hanya bisa berinvestasi dengan dana yang lebih minim. Kebiasaan tersebut jika dipupuk akhirnya akan mendatangkan keuntungan yang besar juga. Setiap langkah kecil yang Anda ambil akan lebih baik daripada mereka yang hanya terus bermimpi untuk meraih seluruh tujuan keuangannya tetapi tidak pernah mulai melangkah untuk berinvestasi.

 

Bagi Anda yang sedang atau akan terjun dalam dunia investasi, berikan tanggapan Anda perihal tantangan dalam berinvestasi melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Wilan Satiani. 31 Maret 2017. Jadikan Nabung di Bukareksa Lifestyle Baru, Gaji Bulanan Pun Bisa Berkembang. Bareksa.com – https://goo.gl/NHAo6S

 

Sumber Gambar:

  • Investing – https://goo.gl/xxrUrQ
  • Investasi – https://goo.gl/tQ2X0t

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang