Berikut adalah pesan dari Film Slumdog Millionaire yang dapat mengubah hidup Anda.

Slumdog Millionaire adalah sebuah film karya Danny Boyle. Telah memenangkan banyak penghargaan film, diantaranya 8 piala Oscar tahun 2009, BAFTA Awards dan Golden Global Awards.

Mari simak pesan dari film Slumdog Millionaire yang dapat mengubah hidup Anda dalam menggapai kesuksesan!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tentang Film Slumdog Millionaire

Film Slumdog Millionaire karya Danny Boyle merupakan adaptasi dari novel Q7A karya Vikas Swarup.

Film tersebut menceritakan tentang seorang Jamal Malik, seorang anak miskin dan yatim piatu yang besar di lingkungan kumuh kota Mumbai. Dia menjadi seorang kontestan dalam kuis Who Wants to be A Millionaire versi India dan dapat menjawab seluruh pertanyaan dalam kuis tersebut.

Dia tinggal menjawab pertanyaan terakhir untuk mendapatkan hadiah utama sebesar 20 juta rupee, saat polisi menangkapnya dengan tuduhan berbuat curang karena tidak mungkin untuk seorang miskin dengan pendidikan rendah dapat mengetahui semua jawaban dalam kuis tersebut.

Jamal membela diri dengan menceritakan kehidupannya di masa lalu yang membuatnya bisa menjawab seluruh pertanyaan.

Dia mulai bercerita dari pengalaman hidupnya saat kecil bersama saudaranya Salim saat tinggal di pemukiman kumuh, tentang rasa sukanya pada Latika dan perjuangan Jamal dan Salim untuk dapat bertahan hidup.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Pesan dari Film Slumdog Millionaire

Mari belajar kesuksesan dari film Slumdog Millionaire yang penuh dengan inspirasi hidup. Hal ini akan mengubah hidup Anda secara luar biasa.

 

#1 Bila Ada Keinginan, maka Akan Ada Jalan

Dalam salah satu bagian dari film Slumdog Millionaire ada adegan dimana Jamal melompat melalui jamban untuk mendapatkan sebuah tanda-tangan. Mimpi Jamal juga adalah menemukan Latika, cinta sejatinya.

Keinginan dan kegigihannya serta semangatnya untuk menemukan Latika, menuntunnya untuk mengulas kembali pengalaman-pengalamannya terdahulu. Sehingga dia dapat menjawab setiap pertanyaan.

Pesan dari Film Slumdog Millionaire 02 - Finansialku

[Baca Juga: Simak Kata Kata Bijak Andrew Carnegie yang Memberikan Anda Kekuatan Baru]

 

Keseluruhan film ini menggambarkan kegigihan dan tantangan yang ada dalam kehidupan.

Selama Anda gigih dan memiliki keinginan yang kuat Anda akan berhasil. Segala sesuatu mungkin tidak selalu seperti yang Anda inginkan tetapi janganlah menyerah.

 

#2 Orang Lain akan Mengambil Keuntungan Dari Anda

Sesaat setelah Jamal mendapatkan tanda tangan, saudaranya mencuri tanda tangan tersebut dan menjualnya. Dalam film ini juga diceritakan seorang pengemis buta akan mendapatkan hasil dua kali lipat, maka panti asuhan sengaja membuat mereka buta.

Dari hal diatas dapat dipelajari bahwa orang lain akan mengambil keuntungan dari kita. Ini merupakan bagian dari kehidupan.

Bukan masalah jika orang lain mengambil keuntungan dari Anda. Tidak perlu marah tetapi belajarlah dari pelajaran yang didapat dari orang lain.

 

#3 Tidak Menyimpan Dendam

Marah terhadap kehidupan yang Anda miliki tidak akan membantu Anda. Jika Anda menyimpan kebencian dan dendam, bukan hanya Anda tidak dapat maju melangkah menuju tujuan Anda, tetapi Anda juga tidak bisa menghargai keajaiban hidup ini.

Contohnya adalah Jamal tidak membiarkan dendam atau kemarahan terhadap penganiaya yang menahannya dari tujuannya.

 

#4 Terkadang Anda Harus Bekerja dengan Orang yang Tidak Sependapat Dengan Anda

Jamal memilih tinggal dengan saudaranya meski dia tidak bisa memaafkan saudaranya. Jamal ingin menemukan Latika. Keinginan ini mengharuskan dia tinggal dengan saudaranya.

Pembawa acara kuis berbohong dan berusaha agar Jamal gagal. Tetapi Jamal tetap ada dalam kuis, karena dia mempunyai misi.

Pesan dari Film Slumdog Millionaire 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tak Ada Kesuksesan yang Instan dan Mudah, Yuk, Ketahui 5 Hal Untuk Meraih Kesuksesan!]

 

Dari hal ini dapat dipelajari, ada saatnya Anda harus menekan harga diri Anda untuk mencapai apa yang Anda inginkan.

 

#5 Uang Bukanlah Motivasi Utama

Saat Jamal dalam kuis “Who Wants to be a Millionaire” dia ditawarkan dengan uang banyak yang belum pernah dia lihat seumur hidupnya. Dia memilih untuk tetap melanjutkan kompetisi bukan karena uang tetapi dengan harapan Latika akan melihatnya dan mereka dapat bertemu kembali.

Uang memanglah penting, tetapi uang tidak akan cukup untuk mengeluarkan Anda dari kesedihan.

Bagi Jamal, memenangkan uang atau kehilangan uang bukan menjadi motivasinya. Kita harus melihat dengan saksama apa yang kita lakukan dan bertanya pada diri sendiri apa yang menjadi motivasi kita.

 

#6 Kebahagiaan Dibuat oleh Diri Sendiri

Jamal tumbuh di daerah kumuh dan melewati banyak kesulitan, seperti: penyiksaan, pemukulan, kelaparan, kehilangan cinta, dan kematian ibunya.

Dalam keadaan apapun kita saat ini, mungkin kita sedang mengalami kesulitan dan hal-hal yang di luar kendali kita. Kebahagiaan atau ketidakbahagiaan adalah pilihan kita.

Pilihan tersebut ada dalam kendali kita.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#7 Bersyukurlah Untuk Segala Hal yang Anda Miliki

Seperti yang ditampilkan dalam film, terdapat gambaran yang jelas tentang kemiskinan di daerah pemukiman kumuh. Jutaan orang di dunia ini hampir tidak mempunyai apa-apa.

Bandingkan situasi Anda dengan mereka, anggaplah diri Anda beruntung dan berterima kasihlah kepada Tuhan untuk setiap hal yang selama ini telah Anda terima.

 

#8 Pengalaman adalah Guru Terbaik

Jamal mempunyai banyak tantangan hidup saat tinggal di pemukiman kumuh di Mumbai.

Perjuangannya untuk bertahan memberikan dia banyak pelajaran hidup. Dimana tidak semua pengalaman tersebut dapat dipelajari melalui sekolah tetapi melalui pengalaman.

Pengalaman baik atau buruk tidaklah penting, yang terpenting adalah bagaimana Anda bersikap terhadap pengalaman tersebut. Sebagai contoh, Jamal dan saudaranya memiliki banyak pengalaman yang sama, tetapi mereka memiliki respon yang berbeda.

Pesan dari Film Slumdog Millionaire 04 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Cuma Mimpi Aja! Ini Tips Praktis Supaya Mimpi Jadi Kenyataan!]

 

Jamal memilih jalan bukan sebagai korban, sedangkan saudaranya sebagai korban yang akhirnya menjerumuskannya. Setiap orang dapat mengalami peristiwa yang sama secara berbeda. Setiap pengalaman yang kita punya berkontribusi terhadap siapa kita saat ini

 

#9 Kejujuran adalah Peraturan yang Terbaik

Ada pepatah yang sangat terkenal berkata “Kejujuran akan membebaskan Anda”.

Dalam film ini, Jamal mendapatkan tuduhan melakukan penipuan dan berbuat curang karena dia tahu jawaban untuk setiap pertanyaan.

Banyak sekali kontestan yang lebih berpendidikan dari Jamal yang ikut dalam kontes tersebut, tetapi mereka tidak menang. Bagaimana Jamal bisa menang padahal dia tidak berpendidikan? Setiap pertanyaan yang diajukan berhubungan dengan hidupnya dan dengan akal sehatnya, dia dapat menjawabnya dengan benar.

 

#10 Selalu Ada Harapan

Terdapat sebuah bagian dalam film ini dimana seluruh kota berhenti untuk melihat Jamal menjawab pertanyaan final.

Mumbai berubah menjadi suatu tempat parkir. Dengan seluruh penduduk kotanya yang kebanyakan miskin, mereka menonton dan menjadi supporter untuk pahlawan mereka.

Dalam kejadian tersebut, keadaan yang mulanya hanya pencarian pribadi Jamal untuk menemukan Latika menjadi pencarian nasional untuk membuktikan ada sesuatu yang lebih untuk dihidupi dibandingkan kemiskinan dan penderitaan.

Saat ini, mungkin Anda dalam situasi yang berat, janganlah kehilangan harapan. Selama Anda hidup, berharaplah sesuatu yang baik yang akan terjadi.

Jadilah optimis dan ambilah aksi yang penting!

 

Lakukanlah Apa yang Anda Pelajari

Film Slumdog Millionaire memiliki banyak pesan yang berguna bagi kehidupan kita. Ambilah setiap pesan yang baik dan terapkanlah dalam kehidupan kita.

“Satu ons dari latihan jauh lebih berharga daripada satu ton dari berbicara panjang lebar.” Mahatma Gandhi

 

Pesan hanya akan berarti pesan dan tidak akan mengubah hidup kita bila kita tidak berlatih untuk menerapkannya dalam kehidupan kita.

 

Selain 10 pelajaran yang Anda dapatkan dalam film Slumdog Millionaire, pelajaran apa lagi yang Anda temukan?

Silakan beri pendapat dan opini Anda pada kolom yang telah tersedia di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Tyrone Solee. 31 Oktober 2009. Lessons from Slumdog Millionaire. Mllionaireacts.com – https://goo.gl/K77qcg
  • Jeffrey Hurley. 4 Maret 2009. 6 Lessons from Slumdog Millionaire. Jeffreyhurley.com – https://goo.gl/Xqaxxt
  • Evelyn Davsy. 3 April 2017. 21 Quote Mahatma Gandhi yang Mengubah Cara Pandangmu Terhadap Hidup. Idntimes.com – https://goo.gl/FJXzAN

 

Sumber Gambar:

  • Slumdog Millionaire 01 – https://goo.gl/cYJH81
  • Slumdog Millionaire 02 – https://goo.gl/6eU2De
  • Slumdog Millionaire 03 – https://goo.gl/CALarL
  • Slumdog Millionaire 04 – https://goo.gl/oYKQWx