Ada panduan praktis dalam mencapai kebebasan keuangan untuk Anda! Begini rahasianya!

Istilah kebebasan keuangan (financial freedom) mungkin sudah akrab di telinga kita, tapi tak banyak orang lho yang berhasil mencapai kebebasan keuangan atau bebas keuangan sepenuhnya.

Lalu bagaimana cara untuk mencapai kebebasan keuangan? Check it out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Beberapa Hal Ini Akan Mempermudah Anda Mencapai Kebebasan Keuangan

Uang merupakan satu hal yang bersifat fundamental dan sangat mempengaruhi kehidupan seseorang.  Hampir semua kebutuhan manusia bisa terpenuhi dengan adanya uang, uang, dan uang.

Sebuah istilah mengatakan ‘Ada uang abang disayang, tak ada uang abang di tendang’ istilah ini memang benar adanya. Lebih ekstrimnya, banyak juga lho orang yang menuhankan uang, serta kehidupannya diatur oleh uang.

Miris bukan? Karena seharusnya kitalah yang mengatur uang.

Masalah keuangan terjadi karena tidak pernah merasa cukup akan uang yang dimiliki. Ingin ini ingin itu, tapi tidak punya uang, ya akhirnya berutang.

Uang bisa merusak keluarga, pertemanan, dan lebih banyak lagi. Tapi banyak uang mampu membuat orang-orang menjadi bahagia, walau belum tentu orang tersebut mencapai kebebasan keuangannya.

Jalan menuju kebebasan keuangan adalah perjalanan panjang, meskipun seseorang dengan pendapatan sangat besar dan banyak memiliki aset dimana-mana belum tentu bisa meraih kebebasan keuangannya.

Karena kunci untuk mencapai kebebasan keuangan adalah bagaimana strategi Anda mengendalikan keuangan Anda. Dan faktanya, masih banyak orang kaya masih keteteran mengendalikan uang yang mereka miliki.

Kemerdekaan keuangan adalah kondisi seseorang yang tidak terbebani oleh hal-hal yang ingin ia capai. Jika seseorang berpenghasilan namun merasa penghasilannya selalu kurang, itu berarti ia belum bebas keuangan.

Banyak upaya yang dilakukan orang agar mencapai kebebasan keuangannya, seperti menggunakan kartu kredit dan membeli produk asuransi.

Alih-alih ingin bebas keuangan malah terjepit tagihan dan premi bulanan. Lalu bagaimana agar bisa meraih kebebasan keuangan?

Mencapai Kebebasan Keuangan Tidak Sulit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bebas Finansial? Tiru 11 Kebiasaan ini Agar Kebebasan Finansial Terwujud Nyata!]

 

Oh ya, bicara tentang kebebasan keuangan, apakah Anda benar-benar sudah mengatur keuangan yang benar? Bagaimana bisa bebas keuangan tapi Anda masih belum bisa dan belum benar mengatur keuangan.

Apakah Anda ingin memiliki pengaturan keuangan yang benar? Apakah Anda ingin mencapai kebebasan keuangan? Jangan takut!

Finansialku memiliki panduan perencana keuangan untuk usia 20 an dan perencana keuangan untuk usia 30 an dalam bentuk ebook yang bisa Anda download dengan mudah! Jika Anda membaca ebook ini, maka Anda akan selangkah lebih maju dalam mencapai kebebasan keuangan.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

5 Panduan Praktis Raih Kebebasan Keuangan

Berikut 5 panduan praktis raih kebebasan keuangan yang bisa Anda coba terapkan sekarang juga, yaitu:

 

#1 Disiplin Mengatur Setiap Pos Keuangan

Biasakan diri Anda untuk memiliki anggaran pengeluaran pada setiap bulannya, hal ini akan membuat Anda disiplin pada mengeluarkan uang sesuai dengan pos-pos keuangan yang sudah dianggarkan.

Lebih jauh, dengan terbiasanya Anda mengatur pengeluaran akan memudahkan Anda untuk menentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam jangka pendek, menengah, hingga panjang.

Hal terpenting yang harus diutamakan dalam anggaran adalah berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk investasi, menabung dana darurat, dan asuransi di setiap bulannya.

Cara Mengatur Keuangan Pasangan Muda Digabung vs Dipisah, Kamu Pilih Mana 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau, Tetap Menghasilkan Uang Waktu Tidur dan Bisa Financial Freedom?]

 

Mengutip Astralife.co.id, John W Newman yang merupakan investor dan pendiri MyRoadToFinancialFreedom.com mengatakan, jika mau mencapai kemerdekaan finansial, maka Anda harus membudayakan kebiasaan ‘membayar diri Anda’ lebih dulu.

Caranya, misal dengan membuka rekening dengan bunga bank tinggi dan transfer penghasilan Anda setiap bulan ke rekening tersebut dengan sistem auto debit sebesar setidaknya 10% per bulan.

Jumlah ini bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan dan peningkatan penghasilan Anda. Yang jelas, cara ini membuat menabung menjadi kebiasaan, sesuatu yang otomatis Anda lakukan secara rutin.

 

#2 Jangan Biasakan Berutang. Jika Ada Segera Lunasi!

Hindari mengajukan pinjaman ke bank dan penggunaan kartu kredit untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Kecuali, jika pinjaman dan kartu kredit tersebut Anda gunakan untuk satu hal produktif yang nantinya akan mendatangkan penghasilan tambahan untuk Anda.

Jika Anda sudah terlanjur menggunakan pinjaman bank dan kartu kredit untuk sesuatu yang konsumtif, segera lakukan tindakan preventif demi mencegah bunga dari utang.

Misalnya, dengan selalu melunasi tagihan utang dan kartu kredit tepat waktu.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dengan sistem pembayaran cicilan untuk sesuatu barang yang Anda inginkan memang akan sangat meringankan Anda. Tapi jika tidak disiplin dan tidak mampu membayar, Anda akan semakin terbebani, semakin sulit untuk mencapai kebebasan keuangan.

Sebagai contoh, memiliki rumah atau apartemen dengan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) sah-sah saja dilakukan. Hanya saja Anda harus memastikan cicilannya tidak lebih dari 30% penghasilan Anda setiap bulan.

Jika Anda memiliki uang lebih, pastikan Anda membayar utang yang belum lunas, jangan tergoda untuk berutang untuk hal yang lain, karena Anda masih berutang.

 

#3 Pilih Asuransi untuk Amankan yang Anda Miliki

Asuransi akan membantu Anda mengamankan aset dan kekayaan yang Anda miliki, dengan catatan produknya memang benar-benar bisa mengantisipasi risiko.

Aset utama yang paling utama harus diasuransikan adalah jiwa dan kesehatan Anda.

Bagaimana tidak? Sebanyak apapun uang Anda jika jiwa dan kesehatan Anda tidak diasuransikan ini akan sangat berisiko.

Aset dan hasil investasi yang telah Anda kumpulkan dalam waktu yang lama bisa habis dalam waktu sejekap, jika Anda mengidap penyakit keras dan tidak memiliki asuransi.

Perbedaan Asuransi Syariah dengan Konvensional 02 Finansialku

[Baca Juga: Financial Freedom untuk Entrepreneur, Seperti Apa dan Bagaimana Caranya?]

 

Anda sendiri yang menentukan uang pertanggungan yang ingin Anda miliki ketika mengikuti asuransi. Ilustrasi uang pertanggungan yang digambarkan oleh agen asuransi belum tentu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada baiknya, uang pertanggungan asuransi yang Anda ikuti bisa menutup 100x pengeluaran bulanan Anda. Jika pengeluaran bulanan Anda adalah Rp10 juta, maka Anda perlu mencari uang pertanggungan asuransi jiwa terbaik yang mencapai Rp1 miliar.

Setelah asuransi jiwa dan kesehatan aman, Anda bisa mulai mencari asuransi untuk aset seperti rumah dan kendaraan Anda, agar merasa lebih tenang dalam menjalani kehidupan karena setidaknya setiap risiko sudah ditanggung asuransi.

 

#4 Miliki Dana Darurat Dengan Jumlah yang Cukup

Dana darurat adalah dana yang disiapkan untuk hal-hal tak terduga atau mendesak untuk dipenuhi. Contohnya, ketika salah satu anggota keluarga sakit keras, terkena musibah, dan lain sebagainya.

Jika dipersiapkan dengan baik, maka kita dapat menggunakan dana darurat untuk meng-cover kejadian atau musibah yang tidak terduga.

Idealnya dana darurat adalah adalah enam kali biaya hidup perbulan untuk Anda yang masih single, untuk Anda yang sudah menikah dan belum punya anak idealnya sembilan kali biaya hidup perbulan, dan jika memiliki anak silakan sesuaikan dengan jumlah anak.

Dana darurat disarankan untuk disimpan pada satu instrumen yang bersifat liquid (mudah dicairkan) dan tidak disimpan pada instrumen investasi yang memiliki risiko tinggi.

Apakah Boleh Menggunakan KTA Untuk Dana Darurat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan: Jangan Hanya Andalkan Uang Pesangon PHK, Tetapi Juga Dana Darurat!]

 

#5 Segera Berinvestasi

Tujuan investasi ialah agar aset kita berkembang, meskipun belum merasa mapan investasi tetap sangat disarankan.

Pastikan Anda teliti dalam memilih produk investasi, agar investasi Anda tidak rugi atau minus.

Untuk investasi jangka pendek; tabungan, deposito, atau investasi pasar uang yang cenderung memiliki risiko rendah dan imbal hasil yang stabil.

Jika Anda ingin imbal hasil yang maksimal lagi, Anda dapat mencoba instrumen lain seperti jual-beli saham atau mata uang asing, foreign exchange trading, properti dan masih banyak lagi jenisnya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Mencapai Kebebasan Keuangan Mudah Dicapai Asalkan

Setujukah Anda dengan pertanyaan, “Mencapai kebebasan keuangan mudah dicapai.”? Ya, akan mudah dicapai jika Anda memang mau berusaha untuk mencapainya dengan berbagai langkah yang sudah dijelaskan.

Aplikasikan panduan praktis ini dalam hidup Anda. Niscaya, Anda akan mengalami dan mencapai kebebasan keuangan.

 

Apa kendala tersulit yang biasanya dialami oleh orang-orang dalam mencapai kebebasan keuangannya?

Silakan beri jawaban dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Joshua Fields Millburn & Ryan Nicodemus. 3 April 2017. Financial Freedom: 5 Difficult Steps to Get Out of Debt, Create a Simple Budget, Plan for the Future, and Regain Control of Your Finances. com – https://goo.gl/ghTbr5
  • Admin. 23 Agustus 2016. 5 Cara Capai Kemerdekaan Finansial Anda, Sekarang! Astralife.co.id – https://goo.gl/S2Lb6Q

 

Sumber Gambar:

  • Mencapai Kebebasan Keuangan 01 – https://goo.gl/yLXogm
  • Mencapai Kebebasan Keuangan 02 – https://goo.gl/XTW7wN
Summary
Mencapai Kebebasan Keuangan Tidak Sulit! Ini Panduan Praktisnya
Article Name
Mencapai Kebebasan Keuangan Tidak Sulit! Ini Panduan Praktisnya
Description
Ada panduan praktis dalam mencapai kebebasan keuangan untuk Anda! Istilah kebebasan keuangan mungkin sudah akrab di telinga kita.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo