Kartu kredit dapat memudahkan transaksi Anda atau bahkan menjadi malapetaka keuangan, tergantung dari bagaimana Anda menggunakannya. Lalu bagaimanakah sebaiknya penggunaan kartu kredit yang baik? Mari kita lihat do’s and don’ts penggunaan kartu kredit yang benar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tanggung Jawab yang Besar

Kartu kredit memberikan kemudahan transaksi keuangan Anda, namun di balik semua kemudahan itu, muncul sebuah tanggung jawab besar dalam penggunaannya. Tanggung jawab yang dimaksud adalah dimana kartu kredit Anda dapat mengeluarkan lebih dari kemampuan Anda, Anda bertanggung jawab untuk mengawasi penggunaannya sesuai kemampuan finansial Anda. Finansialku akan menjabarkan beberapa dos and don’ts penggunaan kartu kredit yang benar.

 

#1 Do: Awasi Penggunaannya

Sebagai pengguna kartu kredit yang bijak, tentunya Anda tidak ingin mengeluarkan lebih dari kemampuan Anda. Awasilah utilisasi kartu kredit Anda untuk menghindari tagihan kartu kredit yang menumpuk. Selain itu, Anda sebaiknya membatasi penggunaan kartu kredit agar tidak melampaui 30% dari limit Anda. Hal ini akan membantu Anda membangun credit score yang baik.

 

#2 Do: Pikirkan Secara Matang Sebelum Melakukan Transaksi

Untuk menghindari kerja lembur demi membayar tagihan kartu kredit, pikirkanlah matang-matang sebelum melakukan transaksi. Pertimbangkan kembali apakah hal tersebut merupakan kebutuhan atau keinginan? Seringkali apa yang Anda inginkan bukanlah sesuatu yang Anda butuhkan lho.

Slide Do’s and Don’ts Penggunaan Kartu Kredit yang Benar 01 - Finansialku

[Baca Juga: Waspada! Daftar Modus Penipuan Kartu Kredit yang Harus Anda Ketahui]

 

#3 Do: Cek dengan Teliti Tagihan Kartu Kredit

Salah satu yang perlu dilakukan setiap memperoleh tagihan kartu kredit bukanlah menyesalinya, namun melakukan review dan mengeceknya kembali. Cocokkan tanggal pembelian dan nominalnya dengan kuitansi pembayaran, apakah betul dan sesuai? Hal ini akan mengantisipasi kerugian akibat salah bayar atau pembayaran yang tidak Anda lakukan (unauthorized purchase).

 

#4 Do: Negosiasikan Pembayaran Fee Tahunan

Umumnya pihak bank memberikan promo gratis biaya tahunan untuk tahun pertama atau biaya tahunan lebih murah. Sebelum mengajukan kartu kredit, pastikan Anda telah bernegosiasi terlebih dahulu karena walaupun hanya kemungkinan kecil, pihak bank dapat memberikan tambahan promo yang akan bermanfaat bagi Anda.

Tagihan Kartu Kredit Bejibun, Bagaimana Cara Mengakhirinya di Tahun 2017 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tagihan Kartu Kredit Bejibun, Bagaimana Cara Mengakhirinya di Tahun 2017?]

 

#5 Do: Pilih Kartu Kredit yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Fitur kartu kredit kini semakin bervariasi dan Anda tentunya tidak ingin membayar untuk fitur yang tidak Anda manfaatkan. Oleh karena itu, sebelum mengajukan kartu kredit, ada baiknya Anda membandingkan beberapa pilihan terlebih dahulu termasuk berbagai fitur yang ditawarkannya.

 

#6 Do: Manfaatkan Reward yang Ditawarkan Kartu Kredit

Beberapa kartu kredit menawarkan promo atau reward yang menguntungkan bagi nasabah. Antara lain poin reward tersebut dapat ditukarkan dengan cashback, voucher belanja, atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya.

 

#7 Do: Cek Sejarah Kredit Anda

Credit score akan berpengaruh terhadap kebutuhan transaksi masa depan Anda, seperti jika Anda ingin mengajukan kredit pemilikan rumah atau kendaraan bermotor. Dengan demikian, penting untuk mengecek sejarah kredit Anda setiap tahun dan memperbaikinya agar credit score Anda semakin baik.

Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Promo Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Apply Kartu Kredit]

 

#8 Don’t: Telat Bayar

Pembayaran yang terlambat dapat merusak credit score Anda dengan mudah sehingga kerja keras Anda menjaganya selama ini dapat rusak seketika. Selain itu, pembayaran yang terlambat akan dikenakan penalti yang cukup besar dan biasanya menjadi awal dari utang kartu kredit yang tidak ada habisnya.

 

#9 Don’t: Bayar Minimal

Bayarlah selalu sesuai dengan tagihannya jika memungkinkan. Saldo tagihan yang tidak terbayar akan dikenakan bunga yang cukup besar dan akan semakin menumpuk di bulan-bulan selanjutnya.

 

#10 Don’t: Melebihi Limit Kartu Kredit Anda

Jika Anda melakukan transaksi melampaui limit kartu kredit Anda, maka jumlah yang berada di luar limit akan dikenakan biaya. Selain itu, hal ini akan menjatuhkan credit score Anda.

Biaya-Biaya Kartu Kredit yang Harus Diketahui Sebelum Anda Melakukan Pengajuan Kartu Kredit Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Apply Kartu Kredit Sebelum Anda Ketahui 23 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit Ini]

 

#11 Don’t: Gunakan Kartu Kredit untuk Kebutuhan Sehari-hari

Hindarilah menggunakan kartu kredit untuk membeli makanan, baju, dan kebutuhan sehari-hari yang sebenarnya dapat Anda bayar secara tunai. Hal ini berbahaya karena dapat menumpuk tagihan dengan cepat tanpa Anda sadari.

 

#12 Don’t: Memiliki Banyak Kartu Kredit Sekaligus (Koleksi Kartu Kredit)

Jika Anda memiliki terlalu banyak kartu kredit, besar kemungkinan Anda akan lupa membayar atau kesulitan mengatur pembayarannya. Tidak ada salahnya untuk menutup beberapa kartu kredit untuk menghindari biaya tahunan dan tagihan yang berantakan.

Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit serta Apa Untung Ruginya Kartu Kredit 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit serta Apa Untung Ruginya Kartu Kredit?]

 

#13 Don’t: Gunakan Kartu Kredit di Luar Negeri (Tidak Cek Kurs Kartu Kredit)

Kecuali dalam keadaan yang memaksa, hindari penggunaan kartu kredit di luar negeri. Mengapa demikian? Nilai tukar yang digunakan dalam kartu kredit umumnya cukup tinggi dan akan mengakibatkan tagihan yang sangat tinggi. Anda sebaiknya memastikan nilai tukarnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

 

Gunakan Kartu Kredit dengan Benar

Kartu kredit dapat bermanfaat dan tidak merugikan jika Anda menggunakannya dengan benar. Namun kartu kredit juga dapat menjadi sumber malapetaka keuangan bila digunakan sembarangan. Nikmatilah manfaat kartu kredit tanpa melupakan beberapa tanggung jawab Anda.

 

Apakah Anda mengetahui dos and don’ts kartu kredit lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • MoneySmart Learning Center. Credit Card Do’s and Don’ts Part 1 (Do’s). Moneysmart.sg – https://goo.gl/fs6eqj
  • MoneySmart Learning Center. Credit Card Do’s and Dont’s Part 2 (Dont’s). Moneysmart.sg – https://goo.gl/mvaz52
  • Taylor Tepper. 10 Mei 2016. 15 Credit Card Do’s and Don’ts. Time.com – https://goo.gl/wnKdzr
  • LaToya Irby. 26 Juni 2016. Dos and Don’ts of Using Credit Cards Wisely. Thebalance.com – https://goo.gl/GbYU26

 

Sumber Gambar:

  • Apply Kartu Kredit – https://goo.gl/mfzNje
  • Kartu Kredit – https://goo.gl/DT6eax

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana