Sebelum mengambil keputusan untuk pindah kerja, pastikan terlebih dahulu agar Anda tidak mengalami beberapa kesalahan umum yang bisa terjadi.

Semuanya akan diulas dalam artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

9 Kesalahan Pindah Kerja/Karier

Dikutip dari Liputan6.com (10/02/2019), lebih dari seperempat populasi di dunia adalah generasi milenial.

Diperkirakan pada 2025, generasi yang lahir antara 1980 hingga 2000 ini akan mengisi tiga perempat jumlah angkatan kerja.

Banyak lapangan kerja yang saat ini sudah mengadopsi nilai-nilai yang dianut milenial, yaitu modern, praktis dan fleksibel.

Anda juga bisa melihat banyaknya coworking space yang menyebar saat ini.

Selain itu para perusahaan rintisan atau startup di Indonesia sudah banyak yang bermarkas di rumah besar dengan fasilitas yang nyaman. Tapi hal ini belum tentu membuat milenial loyal terhadap perusahaan.

Dalam Entrepreneur (10/2/2019), generasi milenial beranggapan bahwa mereka tidak bisa loyal terhadap perusahaan yang tidak mengutamakan tiga hal, yaitu kompensasi dan gaji, work life balance atau keseimbangan hidup, dan budaya perusahaan.

Maka tidak heran jika banyak milenial yang sering kali berpindah karier untuk memenuhi hal tersebut.

Sayangnya, beberapa dari mereka tidak mempertimbangkan hal tersebut secara matang. Hingga akhirnya, rasa “menyesal” pun hadir dan sulit untuk mengulangnya kembali.

Untuk menghindari hal tersebut, Finansialku akan menjelaskan sejumlah kesalahan saat Anda berkeinginan untuk pindah kerja atau berpindah karier.

Penasaran?

Pindah Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Start Up, Film Ocean’s Eleven (2001) Memberikan Nasihat Bagi Anda!]

 

Tapi, sebelum membahasnya lebih jauh, yuk atur arus kas Anda dengan rapi, teratur dan tidak ribet dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam pencatatan pendapatan, alokasi pengeluaran, anggaran bulanan, persiapan dana seperti liburan, membeli barang atau pernikahan, dan berbagai fitur lainnya yang membuat pencatatan finansial Anda semakin baik.

Anda bisa men-download Aplikasi Finansialku melalui Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Jika uang Anda ingin dialokasikan untuk membangun keuntungan melalui investasi dengan cara yang tepat, bangun dasar pengetahuan Anda dengan mendengarkan tayangan cara berinvestasi yang benar dalam channel Youtube Finansialku.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Nah, berikut ini 9 kesalahan yang bisa saja terjadi saat Anda memutuskan untuk pindah kerja atau berpindah karier, yaitu:

 

#1 Berganti Karier Tanpa Rencana

Dengan rencana matang pun, perubahan karier mungkin dapat memakan waktu berbulan-bulan untuk dapat benar-benar berjalan dengan bak.

Jadi bayangkan saja jika Anda tidak membekali diri dengan rencana sama sekali; bisa jadi Anda terombang-ambing dalam ketidakpastian dan kemapanan dalam periode waktu yang lebih lama lagi.

Sebelum memutuskan untuk mengubah karier, milikilah rencana yang detail, seperti strategi, keuangan, penelitian yang menyeluruh, pelatihan/pendidikan, dan sebagainya. 

Sebagai contoh ketika Anda keluar dari pekerjaan Anda, Anda perlu waktu untuk mencari tahu jalur karier baru yang ingin Anda lakukan, Anda masih akan memerlukan waktu untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang tersebut.

Maka Anda perlu memiliki tabungan dana darurat minimal 6 bulan sehingga keuangan Anda bisa aman ketika Anda pindah karier.

 

#2 Berganti Karier Tanpa Pengalaman/Pendidikan

Untuk anak-anak yang baru lulus kuliah, mencoba berbagai tempat kerja dengan bidang yang berbeda adalah hal wajar, karena mereka masih mencari bentuk diri dan minat, serta mencari apa yang mereka mau.

Tetapi untuk yang berusia cukup matang, perpindahan tempat kerja yang benar-benar berlainan bidang, benar-benar menempuh risiko tinggi.

Karena para HRD tempat Anda melamar pasti akan memperhatikan pengalaman dan latar belakang Anda untuk mengukur kesiapan dan kegunaan Anda untuk perkembangan perusahaan.

Beberapa keterampilan, seperti keterampilan berkomunikasi, memang biasanya dapat dipakai dalam segala pilihan bidang karier.

Meski demikian, Anda sering kali juga perlu mendapatkan keterampilan tambahan khusus yang terkait dengan berganti karier jika sebelumnya Anda tidak melakukan riset apakah Anda butuh tambahan keterampilan/pendidikan atau tidak.

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan sebelum benar-benar pindah ke tempat kerja yang bidangnya baru untuk Anda adalah mengisi diri dengan pengetahuan sebanyak mungkin tentang bidang tersebut.

Apa Tujuan Karir Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Transaksi Berulang Adalah]

 

#3 Berganti Karier Demi Uang

Beberapa bidang karier nyatanya sangat menggoda dari segi keuntungan dan fasilitasnya.

Meski demikian, Anda perlu berhati-hati jika motivasinya hanyalah keuntungan materi yang lebih besar.

Ingat bahwa uang tidak dapat membeli kebahagiaan. Anda bisa saja mendapatkan lebih banyak uang, namun jika pada kenyataannya Anda tidak terlalu suka bidang karier tersebut.

Anda pada akhirnya mungkin hanya akan menghabiskan uang yang lebih banyak itu untuk mengatasi masalah kesehatan yang mungkin muncul karena stres yang timbul.

Untuk apa memiliki gaji yang besar tetapi tidak dapat menikmati pekerjaan yang dilakukan?

Cari keseimbangan antara karier terbaik dengan penghasilan yang mencukupi kebutuhan Anda.

 

#4 Berganti Karier Tanpa Network/Mentor

Jangan pernah mencoba berganti karier sendirian. Setelah Anda memastikan karier mana yang akan Anda tekuni, segeralah mengembangkan jaringan kontak Anda.

Lakukan beberapa wawancara untuk mendapatkan informasi terkait karier tersebut. Bergabunglah dengan forum-forum bisnis terkait.

Jika memungkinkan, carilah mentor yang memang sudah Anda kenal, dan minta bantuannya untuk mulai membimbing Anda. 

Apakah Anda Para Wanita Karir yang Ingin Sukses Di Usia 30 Tahun 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Sistem Pendidikan Indonesia, Bandingkan Dengan Negara Maju!]

 

#5 Berganti Karier Karena Tekanan Pihak Lain

Jangan biarkan pasangan atau orang-orang di sekitar Anda mempengaruhi pilihan karier Anda.

Anda-lah yang akan menghabiskan banyak waktu dari hidup Anda di karier tersebut, bukan mereka.

Jika Anda berganti karier hanya untuk menyenangkan mereka, namun pada kenyataannya Anda tidak bahagia dan karenanya menjadi tidak maksimal, yang ada malah Anda akan semakin membuat mereka kecewa. 

 

#6 Berganti Karier Karena Benci

Jangan terburu-buru memutuskan mengubah karier hanya karena Anda merasa Anda membenci karier Anda yang sekarang.

Sediakan waktu terlebih dahulu untuk menganalisa apakah yang Anda benci itu memang karier Anda, atau jangan-jangan hanya job desc, perusahaan atau atasannya saja.

Demikian juga jika Anda merasa bosan; apakah itu karena karier Anda atau hanya karena rutinitas pekerjaan Anda saja? Solusi untuk keduanya jelas berbeda.

Jika Anda bosan karena rutinitasnya saja, misalnya, Anda cukup meluangkan waktu mencari yang berbeda untuk mengerjakannya, tidak perlu sampai harus mengubah arah karier.

6 Hal Ini Bikin Kamu Tetap Keren Walau Karir kamu Gak Sesuai Jurusan 02 Unexpected - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Biaya Pendidikan SMK Dan Persiapan Penting Sebelum Masuk SMK]

 

#7 Berganti Karier Karena Keberhasilan Orang Lain

Hanya karena sahabat, saudara, atau bahkan tetangga Anda mengalami keberhasilan di satu bidang karier tertentu, bukan berarti Anda juga akan berhasil, atau bahkan bahagia dalam menjalani bidang karier tersebut.

Rumput tetangga memang sering kali terlihat lebih hijau, namun poinnya sebenarnya adalah menemukan rumput Anda sendiri, di mana Anda merasa nyaman dan pada akhirnya berhasil di atas rumput tersebut.

 

#8 Berganti Karier Tanpa Menganalisis Segala Kemungkinan

Jangan berganti karier tanpa terlebih dahulu melakukan riset menyeluruh mengenai segala peluang yang ada, termasuk pilihan karier yang sebelumnya tidak terpikirkan.

Ini dilakukan agar Anda benar-benar menemukan bidang karier yang memang betul-betul pas untuk Anda.

Semakin banyak informasi yang Anda miliki mengenai ragam pilihan karier, makin sukses pula Anda jadinya ketika pada akhirnya harus banting setir. 

4 Orang Seperti Ini Bisa Buat Kamu Sukses 02 Karir 2 - Finansialku

[Baca Juga: Melirik Bisnis Potong Rambut dengan Franchise Barbershop]

 

#9 Malas Memperbaiki Resume

Resume adalah salah satu gerbang menuju perubahan karier. Perbaiki dan perbaharui resume Anda sebelum disebar baru.

Kebanyakan orang sering tidak tahu bahwa resume yang buruk bisa mengirimkan pernyataan buruk tentang Anda.

Resume yang tidak lengkap atau jelek bisa menurunkan potensi diterimanya Anda di tempat yang Anda lamar.

Siapkan resume yang tepat guna dan tidak bertele-tele, serta tegaskan kebiasaan dan pengalaman Anda.

 

Selain 9 hal di atas, pastikan juga agar Anda bisa mengatur gajimu dengan baik. Anda harus bisa mengalokasi uang Anda dan menabungnya agar kondisi keuangan Anda tetap stabil sampai hari nanti.

Meskipun terasa sulit, namun Anda harus memulainya sedikit demi sedikit.

Ingat ya! Semakin bertambah umur, maka tanggung jawab juga kebutuhan Anda akan semakin banyak.

Begitu pula dengan segala kebutuhan yang semakin tinggi harganya. Anda tentu tidak mau merasa kesusahan bukan?

Maka dari itu, yuk lakukan alokasi uangmu untuk kebutuhan juga tabunganmu. Tenang saja, Finansialku sudah mempersiapkan sejumlah tips dan cara untuk memecahkan masalah ini.

Semua terangkum dalam video satu ini:

 

Selain video tersebut, masih terdapat video-video lainnya yang tentu saja akan memberikan pengetahuan penting dan baru untuk Anda.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera tonton semua video Finansialku dari channel Youtube Finansialku!

 

Pertimbangkan dengan Baik

Anda perlu pertimbangkan dengan hati-hati sebelum melakukan perubahan karier, jadi Anda tidak akan menyesali keputusan Anda nantinya.

Anda yang mengatakan, jangan menunggu sampai Anda mengetahuinya sebelum mengambil lompatan itu.

Anda tidak bisa memprediksi masa depan. Hal yang bisa Anda lakukan adalah memiliki rencana yang bisa Anda adaptasi kapan pun.

 

Apa saja hal yang Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berpindah karier? Tulis pertimbangan Anda dalam kolom di bawah ini.

Bagikan artikel ini kepada mereka yang belum mengetahuinya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Memilih Karir. Karyaone.co.id – http://bit.ly/2kNvxtE
  • Admin. 19 Oktober 2017. 8 Kesalahan yang Sering Terjadi di dalam Perubahan Karir yang Harus Anda Hindari. Jobstreet.co.id – http://bit.ly/2m6PAUc
  • Admin. 21 Januari 2011. Hindari 12 Kesalahan Saat Berencana Pindah Kerja. Lifestyle.kompas.com – http://bit.ly/2kNsdPe
  • Athika Rahma. 10 Februari 2019. Mengapa Generasi Milenial Sering Pindah Kerja?. Liputan6.com – http://bit.ly/2m47abn

 

Sumber Gambar:

  • Pindah Kerja 1 – http://bit.ly/2m7GF4y
  • Pindah Kerja 2 – http://bit.ly/2mql8Es