Rumah DP Rp0 disinyalir punya potensi kerugian oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). Kok bisa?

Cari tahu informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Babak Baru Proyek Anies Baswedan; Potensi Kerugian Rumah DP Rp0

BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) perwakilan Provinsi DKI Jakarta baru-baru ini menemukan adanya potensi kerugian pada negara atas proyek janji Gubernur DKI Jakarta, rumah dengan DP nol rupiah.

Lebih lengkapnya, potensi kerugian ini ditemukan BPK pada pelaksanaan kegiatan PD Pembangunan Sarana Jaya terkait proyek Tower A Klapa Village, Jakarta, dikutip dari laman finance.detik.com, Kamis (16/07).

Mengutip Antara dari laman yang sama, dikatakan kalau temuan ini merupakan salah satu dari sembilan temuan yang lebih dulu ditemukan tertanggal 25 Oktober 2019.

Sembilan temuan tersebut terkait dengan laporan hasil pemeriksaan kepatuhan (LHPK) pada PD Pembangunan Sarana Jaya (PPSJ) tahun buku 2018 dan 2019.

Bentuk temuan itu adalah denda keterlambatan senilai Rp 4,73 miliar dan potensi kelebihan pembayaran pekerjaan senilai Rp 4,55 miliar pada pelaksanaan proyek ini.

Dengan adanya temuan pada proyek rumah DP Rp0 ini, BPK lantas merekomendasikan Direktur Utama PPSJ agar segera memproses dan mempertanggungjawabkannya.

Bentuk tanggung jawab ini adalah memotong pembayaran terakhir dan potensi kelebihan pembayaran terakhir atas potensi kelebihan pembayaran pekerjaan Tower A DP Rp0 Klapa Village, Jakarta.

Soal-Rumah-DP-Rp-0,-Anies-Sandi-Buat-Dua-Pergub-2-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Rumah DP Nol Rupiah Adalah Rumah Idaman?]

 

Selain itu, pihak BPK juga merekomendasikan Dirut PPSJ untuk menagih denda keterlambatan PT TEP selaku pelaksana proyek rumah DP Rp0 Tower A Klapa Village ini.

Jumlah denda yang dibebankan sendiri adalah senilai Rp 4,73 miliar. Dana ini diminta untuk disetorkan ke rekening KSO ST.

Menanggapi hal ini, Bima P Santosa selaku Direktur Keuangan Perumda Pembangunan Sarana Jaya, dikutip dari megapolitan.kompas.com, mengatakan kalau temuan itu sudah diselesaikan sekitar Oktober atau November tahun lalu.

“Kita sudah melakukan tindak lanjut yang dilaporkan kepada BPK dan BPK akan melakukan penilaian kembali.” Katanya, Kamis (16/07).

 

Sekilas Tentang Program Rumah DP Rp0 Unggulan Gubernur Anies Baswedan

Sebagaimana kita tahu, saat kampanye-nya menjadi Gubernur Jakarta, Anies Baswedan menjanjikan adanya program yang memudahkan warga Jakarta untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Program ini kemudian disebutnya sebagai program rumah DP Rp0. Di mana, program ini menyediakan rumah buat para warga Jakarta dengan DP Rp0.

Pembangunan pertama, dibangun secara vertikal di atas lahan di Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang sudah diresmikan langsung oleh Anies Baswedan pada Agustus tahun lalu.

Kemudian, rumah DP Rp0 kluster kedua dibangun di atas lahan di Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, yang dibangun sejak akhir tahun lalu.

Tapi kemudian, satu per satu permasalahan muncul mewarnai proses pembangunan proyek kampanye itu.

Seperti ketika Anies Baswedan diduga tersandung kasus korupsi dalam proses pembelian lahan untuk pembangunan rumah DP Rp0.

Melansir laman mediaindonesia.com, Yoory Pinontoan, Wakil Kepala Badan Pembina BUMD, membenarkan hal ini.

“Belum bisa bicara. Tapi sebenarnya tim kita dimintai keterangan, memang ada laporan (yang masuk), beberapa staf kita juga dimintai keterangan oleh Bareskrim. Kita kasih data semuanya. Kita jelaskan.” Katanya, pada Senin, 09 Maret 2020.

Dari sumber berbeda, yaitu laman kabar24.bisnis.com, Mabes Polri juga membenarkan kalau pihaknya sedang menyelidiki kasus dugaan korupsi pada proyek rumah DP nol rupiah ini.

Pihak Mabes Polri juga mengaku sudah melayangkan surat panggilan kepada PD Sarana Jaya, dengan agenda pemeriksaan kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait pembelian aset yang dilakukan pada 2018-2020.

Namun hingga saat ini, belum ada perkembangan baru dari pemeriksaan tersebut.

 

Tanpa DP Nol Rupiah, Bisa Punya Rumah!

Bagi Sobat Finansialku yang berada di luar Jakarta yang juga punya mimpi untuk punya rumah sendiri, tenang, kita bisa wujudkan itu semua.

Memang perlu perencanaan keuangan hingga taktik khusus agar mimpi itu bisa terwujud.

Bagaimana taktinya? Sobat Finansialku bisa membacanya secara mendalam di e-book Finansialku yang bisa didapatkan GRATIS di bawah ini sekarang!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Lalu, bagaimana menurut Sobat Finansialku mengenai program unggulan Anies Baswedan ini? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga bisa mendiskusikannya bersama teman-teman dengan membagikan berita dari Finansialku melalui platform pilihan di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Trio Hamdani. 12 Desember 2019. Anies Groundbreaking Rumah DP Rp 0 Jilid II. Finance.detik.com – https://bit.ly/2CjJZSM
  • Admin. 10 Maret 2020. Program Rumah DP 0% Terindikasi Korupsi. Mediaindonesia.com – https://bit.ly/3fDnHKc
  • Admin. 10 Maret 2020. Mabes Polri Selidiki Dugaan Korupsi Rumah DP Rp0 Anies. Kabar24.bisnis.com – https://bit.ly/2Oxvld5
  • Admin. 16 Juli 2020. Rumah DP Rp0: BPK Temukan Potensi Kerugian, PPSJ Beri Penjelasan. Jakarta.bisnis.com – https://bit.ly/30hEyM1
  • Admin. 16 Juli 2020. BPK Temukan Potensi Kerugian Proyek Rusunami DP Rp 0 Klapa Village. Megapolitan.kompas.com – https://bit.ly/2ZBTAgL
  • Soraya Novika. 16 Juli 2020. BPK Temukan Potensi Kerugian Proyek Rumah DP Rp 0 Anies. Finance.detik.com – https://bit.ly/2CaUZC3