Penasaran apa saja rahasia kaya raya sebelum menginjak usia 30? Ketahui informasi selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

 

Menjadi kaya dan mapan sudah merupakan tujuan dalam hidup setiap orang. Meraih kekayaan di usia muda ternyata bisa ditempuh dengan cara-cara ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Cara Menjadi Kaya pada Usia Muda

Menjadi kaya dan mapan sudah merupakan tujuan dalam hidup setiap orang. Tapi, sebagaimana hal lainnya, kekayaan tak datang secara tiba-tiba atau turun dari langit menimpa kita.

Demi mendapatkan kekayaan, banyak dari kita yang rela bekerja keras pagi-malam untuk mengumpulkan pundi-pundi tabungan dan cuan. Tidak sedikit juga yang mencoba membuka usaha sendiri.

Meski begitu, meraih kekayaan di usia muda ternyata bisa ditempuh dengan cara-cara dibawah ini. Penasaran, ‘kan? Yuk, simak rahasia kaya raya berikut ini.

 

#1 Jangan Cuma Bermimpi tapi Berani Mewujudkannya

Langkah pertama rahasia kaya raya di usia muda, adalah dengan berani untuk mewujudkan mimpi. Apalah arti mimpi jika hanya sekadar mimpi.

Tak sedikit dari anak muda yang punya mimpi untuk jadi kaya, mapan dan sukses. Tapi, impian semestinya juga diimbangi dengan semangat bekerja keras. Menggali potensi yang ada dan tak gentar akan kegagalan.

Jika kamu benar-benar ingin kaya dan mapan sebelum mencapai usia 30 tahun, sadarilah bahwa tidak ada formula rahasia yang bisa membantumu untuk mencapainya selain kerja keras.

Kamu perlu merelakan waktu ngopi dengan teman-teman untuk bekerja lebih giat, tidur lebih malam demi belajar, melakukan hal-hal produktif lainnya hingga berhemat agar bisa menabung dan berinvestasi.

Tujuh Rahasia Kaya Raya yang Perlu Diperhatikan Sebelum Usia 30 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cita-Cita: Jadi Orang Kaya, Fakta: Nggak Tahu Cara Mengelola Keuangan]

 

#2 Investasi Bisa Jadi Pendorong

Menyambung dari nomor satu, menabung memang sangat penting. Pasalnya selain untuk dana di masa depan, tabungan yang kamu miliki bisa digunakan untuk keperluan dana darurat atau membuka usaha sendiri.

Bukan hanya menabung kebutuhan jangan panjang, menabung untuk investasi juga sama pentingnya, lho! Bagi kamu yang saat ini masih muda jangan menunda-nunda untuk berinvestasi, lakukan sesegera mungkin mulai saat ini.

Perlu diingat, investasi yang kamu miliki akan sangat bermanfaat untuk membantu memenuhi berbagai kebutuhan di masa depan atau kemungkinan menjadi faktor pendorong agar hidup kamu lebih stabil.

Pilih investasi yang sesuai dengan kebutuhan, baik itu investasi emas, saham, obligasi, reksadana, deposito, atau fintech p2p lending.

 

#3 Untuk Mau Kaya Tak Bisa Hanya Jadi Karyawan

Ingin kaya tetapi hanya dengan mengandalkan gaji bulanan? Jangan ngarep lebih, deh. Demi menggapai keinginan kaya di usia muda, kamu bisa memulai dengan menjadi seorang pebisnis meskipun bisnis itu baru dalam skala kecil.

Pasti ingat kan dengan ungkapan, “Kalau mau kaya, berbisnis. Jangan jadi karyawan.” Kamu bisa ‘mengorbankan’ statusmu sebagai karyawan, demi fokus pada bisnismu.

Roda kehidupan berputar. Siapa tahu bisnis yang dimulai dari nol, dari kecil-kecilan, bisa menjadi besar karena kerja keras dan kerja cerdasmu. Sudah banyak pebisnis yang kaya menerapkan ini dalam hidupnya.

Nah, jika kamu sudah memulainya dan bisnis kamu menghasilkan keuntungan, kelola pemasukan dengan baik dan benar agar bisnis terus bertahan.

Tujuh Rahasia Kaya Raya yang Perlu Diperhatikan Sebelum Usia 30 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tenyata Begini Cara Menjadi Kaya dan Sukses Dalam Keuangan]

 

#4 Haus Akan Pengetahuan

Rahasia kaya raya selanjutnya, tidak semua jutawan muda memiliki latar belakang pendidikan formal. Mereka hanya memiliki kemauan untuk belajar dan haus akan pengetahuan.

Salah satu cara yang harus dilakukan adalah memiliki kebiasaan membaca setidaknya 30 menit setiap hari. Ini akan membantu membuat pikiran tetap tajam dan memberikan nutrisi pada otak untuk kreatif dan inovatif.

Selain itu juga, pastikan kamu memilih buku, artikel, dan materi lain yang bisa meningkatkan pengetahuan kamu dan dapat memberikan perspektif baru.

 

#5 Jadilah Penentu Bukan Penunda Keputusan

Menjadi sukses di usia muda akan sulit dilakukan jika kamu masih bergantung pada keputusan orang lain.

Jangan pernah menunda apapun, jika kamu menunda sesuatu yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dirintis, itu akan sangat berpengaruh.

Daripada menghabiskan waktu menunda, lebih baik kita sendirilah yang menjadi penentu keputusan.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

 

#6 Bereda dalam Lingkungan yang Tepat

Lingkungan yang tepat akan mempengaruhi kamu dalam bertindak dan berpikir. Jika Kamu sering bergaul dengan orang sukses, maka cara kamu berpikir, bekerja, dan mengambil keputusan akan menyesuaikan cara berpikir orang-orang sukses.

Namun sebaliknya, jika kamu jauh dari orang-orang sukses, kamu akan merasa berada di dunia yang berbeda dengan mereka. Akibatnya, kamu berpikir bahwa menjadi sukses dan kaya adalah hal yang tak masuk akal.

 

#7 Cintai Apa yang Sedang Kamu Kerjakan

Untuk bisa sukses, kamu harus mencintai apa sedang kamu lakukan. Jangan mengikuti orang lain hanya semata-mata tergiur dengan kesuksesan atau kekayaannya.

Menjadi sukses dan kaya bisa melalui berbagai cara dan berbagai bidang. Kamu boleh menjadikan seseorang sebagai referensi, mentor, atau panutan, tetapi jangan berusaha menjadi mereka.

Gunakan pengalaman-pengalaman dan kiat-kiat mereka untuk membantu kamu menjadi sukses dengan jalur sendiri.

Tujuh Rahasia Kaya Raya yang Perlu Diperhatikan Sebelum Usia 30 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mindset Keuangan Agar Sukses Meraih Tujuan Keuangan 2021]

 

Masih Banyak Rintangan Menunggu

Setelah menjalani rahasia kaya raya di atas, bukan berarti masalah tidak akan datang padamu. Kamu akan dihadapkan pada banyak persoalan dan rintangan yang bisa membuatmu jatuh dan patah.

Satu hal yang bisa membantumu mampu menghadapi itu semua adalah ketika kamu tidak menyerah untuk bangkit lagi.

 

Apakah di antara Sobat Finansialku punya cara sendiri untuk menggapai kekayaan di usia muda? Kalian bisa berbagi pandangan dalam kolom komentar di bawah ini.

Jika kamu merasa informasi ini bermanfaat, bagikan artikel ini kepada kawan atau sanak-saudara lewat berbagai platform yang tersedia, agar mereka tahu apa yang kamu ketahui. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 09 April 2019. 10 Jurus Rahasia Jadi Miliarder di Usia 30 Tahun. Liputan6.com – https://bit.ly/3jVfUJl
  • Redaksi.10 April 2020. Ingin Kaya Raya Sebelum Usia 30 Tahun? Begini Caranya. Liputan6.com – https://bit.ly/3iappnE
  • Nendra Rengganis. 26 Agustus 2020. Cara Biar Kamu Bisa Kaya dan Mapan Sebelum Umur 30-an. Hipwee.com – https://bit.ly/2FcYl8A
  • Nur Rani D. 6 Kunci Sukses Sebelum Umur 30 Agar Kaya Sebelum Pensiun. Moota.co – https://bit.ly/2FeQHdQ
  • Idris Rusadi Putra. 15 September 2017. 6 Kebiasaan sepele bisa bikin kaya di usia muda. Merdeka.com – https://bit.ly/3h9j7TV

 

Sumber Gambar:

  • Kaya Raya 1 – http://bit.ly/2XAnY9r
  • Kaya Raya 2 – http://bit.ly/3qnnIqH
  • Kaya Raya 3 – http://bit.ly/2N6vQgZ