Bagaimana strategi investasi cuan bagi investor yang masih pemula? Tentu strategi investasi untuk investor pemula tidaklah sama dengan yang mahir.

Lantas, bagaimana strategi investasi bagi para pemula? Simak ulasannya berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Pertama: Jangan Takut Memulai Investasi

Saat akan memulai investasi, umumnya banyak orang kebingungan. “Harus mulai dari mana? Investasi apa yang harus dipilih?”.

Namun ingat, investasi bukanlah untuk terus dipertanyakan. Investasi merupakan sesuatu yang harus dibuktikan dengan tindakan. Artinya, harus dilakukan.

Investasi merupakan kunci dari kebebasan finansial dengan menghasilkan penghasilan pasif.

Cocok! Ini Dia Berbagai Pilihan Investasi Modal Kecil Untuk Freelance 01

[Baca Juga: Cuan Emas: Berbagai Pilihan Investasi Emas di Saat Resesi]

 

Jangan takut untuk memulai, karena kini sudah banyak tools yang dapat membantumu mengatur keuanganmu dalam berinvestasi.

Salah satunya adalah Aplikasi Finansialku yang dapat diakses di Google Play Store atau lakukan registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Setelah kamu download, kini saatnya melangkah ke step selanjutnya, yaitu mengenal investasi dan mempelajari strategi cuannya.

 

Kedua: Aplikasikan Strategi Berinvestasi Cuan

Saya sendiri selama ini tidak paham sedikit pun soal keuangan, namun setelah menikah suami saya meminta saya menjadi menteri keuangan keluarga.

Saya segera mempelajari banyak investasi yang aman bagi pemula. Semua bisa saya pelajari dari ebook Finansialku yang bisa langsung diakses dari Finansialku.com.

Di sisi lain, suami saya mengatakan kalau berhemat itu ada batasnya. Akan ada suatu titik di mana penghematan sudah mentok dan kita harus mencari cara lain.

Caranya adalah dengan berinvestasi. Untungnya saya menemukan strategi investasi cuan bagi investor pemula yang bisa mudah diaplikasikan, yaitu:

 

#1 Mengenal Investasi dan Instrumennya

Sebagai investor pemula tentunya kamu tidak ingin melakukan investasi yang berisiko tinggi.

Maka, kenalilah beberapa instrumen investasi dan pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Kamu harus memahami cara kerja dari instrumen yang kamu pilih. Misalnya, jika kamu memilih berinvestasi saham, kamu perlu menyiapkan waktu buat memantau pergerakan saham.

Selain itu, kamu juga harus paham betul bagaimana teknik bermain saham agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Hal ini dikarenakan investasi saham merupakan investasi jangka panjang.

 

#2 Menentukan Tujuan

Banyak yang gagal berinvestasi karena ketidakjelasan tujuan dari investasi itu sendiri. Namun, “Sebenarnya untuk apa saya berinvestasi?”

Di sinilah pentingnya tujuan finansial, yang akan membimbing langkah berinvestasimu.

Dengan tujuan yang jelas, kamu akan tahu harus memulai dari mana, memilih jenis investasi apa, hingga berapa besar yang akan diinvestasikan.

 

#3 Jangan Memaksakan Diri

Ingat, berinvestasi itu harus disesuaikan dengan toleransi risiko dan kemampuan keuanganmu. Jangan nekat atau memaksakan diri

Misalnya, saat kamu memiliki uang yang terbatas dan toleransi risikomu rendah, jangan pilih instrumen investasi semacam saham.

Investasi semacam ini terkenal dengan risiko tinggi, meski memang imbal hasilnya pun lebih tinggi.

Kamu bisa memulai dengan investasi yang lebih aman, misalnya emas atau blue chip.

JANGAN INVESTASI Kalau Kamu Sedang Dalam Kondisi Seperti Ini! Ketahui Kondisi Terbaik Investasi Supaya Untung! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Definisi Ekspansi Adalah]

 

#4 Mulai Dari yang Kecil

Sebagai investor pemula, penting untuk memulai dari yang kecil. Artinya, jangan langsung menggelontorkan seluruh uangmu dalam investasi bersamaan.

Sebaiknya pilih investasi yang modalnya minim di awal. Misalnya, reksa dana dengan modal Rp100 ribu.

Secara perlahan, kamu bisa menambahkan dana sedikit demi sedikit sembari mempelajari cara kerja investasinya.

Setelah lebih paham, kamu bisa menambahkannya sedikit demi sedikit hingga jadi bukit.

 

#5 Lakukan Diversifikasi

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan diversifikasi dalam berinvestasi.

Kamu disarankan untuk tidak menginvestasikan seluruh uangmu dalam satu instrumen investasi saja, sehingga saat satu investasi itu mengalami kerugian, uangmu pun tidak akan langsung habis semua.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan hasil rata-rata keuntungan yang lebih besar, karena keuntungan di satu instrumen dan instrumen lain berbeda.

 

Mari Belajar Strategi Investasi Cuan!

Ingat ya, jangan ragu untuk memulai investasimu. Toh sudah banyak strategi investasi cuan yang bisa kamu pelajari dan aplikasikan.

Dengan mempelajari strategi investasi di atas, pemula pun bisa mulai berinvestasi dengan aman. Kamu tidak perlu takut lagi memulai investasi.

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat berinvestasi!

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Adakah pertanyaan mengenai strategi investasi cuan bagi para investor pemula lainnya? Sila ajukan pertanyaanmu pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dewi Puri. 16 Juli 2019. Buat Investor Pemula! Ini 4 Strategi Biar Investasimu Menghasilkan Banyak Cuan. Moneysmart.id – http://bit.ly/35exuRb
  • Matt Duczeminski. Why You Should Start Investing As Early As Possible [Infographic]. Lifehack.org – http://bit.ly/2Xd7Qb6
  • Nendra Rengganis. 2015. Ini Dia Skema Investasi yang Paling Cocok Dicoba Sama Anak Muda. Hipwee.com – http://bit.ly/2FJ8veC
  • Shen Siddharta Excel. 2016. 5 Jenis Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda. Hipwee.com – http://bit.ly/2FKeTCc

 

Sumber Gambar:

  • Strategi Investasi Cuan – http://bit.ly/33XzbSS