Sapi Jokowi di Masjid Istiqlal berjenis sapi ongole dengan bobot 1,5 ton. Selain itu, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo juga menyumbang beberapa sapi untuk dijadikan hewan qurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah.

Berapa banyak jumlah sapi yang diqurbankan Jokowi dan kota mana saja sapi-sapi tersebut diqurbankan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pak Jokowi Sholat Idul Adha di Kota Sukabumi

Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah bertepatan pada tanggal 1 September 2017. Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo atau yang biasa disapa Jokowi memilih untuk melaksanakan sholat Idul Adha di Kota Sukabumi.

Sebelum melaksanakan sholat Idul Adha, Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja selama 2 hari dengan salah satu agendanya yaitu pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dan kemudian melaksanakan takbiran di Masjid Agung Kota Sukabumi.

Selain melaksanakan sholat Idul Adha, Jokowi sumbang sapi seberat 1,2 ton yang dikirim dari Cibinong untuk diqurbankan di Sukabumi. Tubuh dan bobot sapi yang besar ini menarik menarik perhatian masyarakat sekitar. Berikut ini penampakan sapi yang disumbang oleh Pak Jokowi.

Sapi Jokowi di Masjid Istiqlal, Berbobot 1,5 Ton. Selain itu Ada juga Dibeberapa Kota - 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Adha, Berapa Perkiraan Harga Hewan Qurban Sapi Limosin dan Kambing?]

 

Tubuh dan bobot sapi yang besar sontak menarik perhatian warga sekitar untuk sekedar melihat ke halaman masjid. Beramai-ramai masyarakat datang mengajak anak-anak mereka untuk melihat sapi tersebut, ada juga yang hanya sekedar berfoto selfie dengan sapi Pak Jokowi.

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai perayaan hari raya Idul Adha 1438 H?

Silakan tinggalkan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini, terima kasih.

 

Terima kasih atas pendapat yang telah Anda berikan. Sebagai bentuk apresiasi kami, maka kami ingin memberi gratis download (free download) ebook perencanaan keuangan untuk usia 30 an.

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Semoga ebook tersebut dapat bermanfaat untuk Anda dalam mengatur dan merencanakan keuangan. 

 

Menurut Narasumber, Sapi Jokowi di Masjid Istiqlal termasuk Jenis Sapi Ongole

Selain di Kota Sukabumi, Jokowi menyumbangkan hewan kurban di Masjid Istiqlal. Jokowi berkurban sapi seberat 1,5 ton untuk disembelih di Masjid Istiqlal. Sapi yang akan diqurbankan ini sapi jenis ongole dan berumur 8 tahun.

Sapi Jokowi di Masjid Istiqlal, Berbobot 1,5 Ton. Selain itu Ada juga Dibeberapa Kota - 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ada 9 Cara Terbaik Mengajarkan Anak Tentang Beramal]

 

Di Masjid Istiqlal, tidak hanya Sapi Jokowi, tetapi ada juga sapi kurban dari Pak Jusuf. Dikabarkan Pak Jusuf Kalla menitipkan hewan qurban sapi ongole dengan berat sekitar 1,3 ton. 

 

Kota Lain Yang Disumbangi Hewan Qurban Oleh Jokowi

Tidak hanya fokus di Jakarta dan Sukabumi, Jokowi pun menyumbangkan hewan qurban di kota Palembang.

Mengutip dari jabar.tribunnews.com, pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, Presiden Joko Widodo berencana kembali berkurban sapi di Palembang.

Sapi seberat 1,2 ton kini berada di sebuah peternakan di Kenten Laut Banyuasin.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sapi Jokowi di Kota Solo

Sementara itu Jokowi turut menyumbangkan dua sapi jenis benggala di Kota Solo untuk qurban pada perayaan Idul Adha 1438 Hijriah.

Dua sapi benggala tersebut memiliki berat diantaranya 900 kg dan 850 kg. Sapi-sapi ini dibeli Presiden Indonesia dari seorang peternak bernama Kuncoro yang tinggal di Desa Glandongan, Polokarto, Sukoharjo.

Sapi Jokowi di Masjid Istiqlal, Berbobot 1,5 Ton. Selain itu Ada juga Dibeberapa Kota - 06 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Ibadah Umroh? Cek Dulu 10 Tips Memilih Travel Umroh yang Aman]

 

Dilansir oleh regional.kompas.com, Rabu (30/8/17), Kuncoro mengaku bersyukur sapi miliknya dibeli Presiden Jokowi. Namun, dia menolak untuk memberitahukan harga yang harus dibayar Presiden Jokowi untuk kedua sapinya itu.

“Ini jenisnya sapi benggala, dan yang ke sini dari utusan Presiden. Kalau harganya pokoknya lebih dari cukup.”

Kedua sapi tersebut akan disembelih dan dibagikan kepada masyarakat kota Solo di Masjid Agung Solo dan Masjid Mangkunegara Al Wustho. Pembagian akan diatur dan diurus oleh pihak Mesjid Agung dan Pemerintah Kota Solo.

 

Sapi Jokowi di Kota Banjarmasin

Ternyata, selain di Sukabumi, Jakarta, Solo, dan Palembang. Presiden Jokowi pun turut menyumbangkan hewan qurban untuk masyarakat Kalimantan, tepatnya di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sapi Jokowi di Masjid Istiqlal, Berbobot 1,5 Ton. Selain itu Ada juga Dibeberapa Kota - 04 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp3 Juta Ingin Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Ini Caranya!]

 

Sapi yang disumbangkan Jokowi untuk masyarakat Kota Banjarmasin yaitu sapi berukuran besar dengan jenis limosin jantan berusia sekitar 3 tahun yang dibeli langsung petugas dari Sekretariat Presiden.

 

Sapi Jokowi di Kabupaten Bantul

Dan yang terakhir, Jokowi sumbang hewan qurban di Kabupaten Bantul.

Melalui Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, Presiden Jokowi menyumbangkan satu hewan kurban berupa sapi peranakan ongole atau sapi Jawa untuk Kabupaten Bantul.

Sapi Jokowi di Bantul

[Baca Juga: Asuransi Perjalanan Haji dan Umroh itu Apa Manfaatnya?]

 

Dalam kesempatan ini Jokowi tidak langsung memberikan bantuan sapi, tetapi berupa uang yang diserahkan kepada Pemda DIY senilai Rp45 juta dan mempercayakan Pemda DIY untuk membeli sapi dari uang tersebut ke peternak lokal.

Pemda DIY membelikan sapi peranakan ongole dengan berat 900 kg dari peternak di Cangkringan, Sleman.

Hari Raya Idul Adha tahun ini akan berkesan bagi Presiden Jokowi karena ia berkesempatan melaksanakan ibadah qurban di sejumlah daerah. Selain itu, hari raya Idul Adha tahun ini pun akan berkesan bagi setiap umat muslim karena bertepatan dengan hari Jumat.

 

Selamat menunaikan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah, semoga Ibadah haji dan qurban menjadi keberkahan bagi kita, khususnya bagi yang menjalankan dan umumnya bagi semua umat Islam yang merayakan.

 

Sumber Referensi:

  • Budianto. 30 Agustus 2017. Presiden Jokowi Dijadwalkan Shalat Id di Sukabumi. Regional.kompas.com – https://goo.gl/XxyYEJ
  • Henny Rachma Sari. 31 Agustus 2017. Presiden Jokowi sumbang sapi berbobot 1,2 ton di Masjid Sukabumi. Merdeka.com – https://goo.gl/Sm6uWN
  • Ahmad Romadoni. 31 Agustus 2017. Jokowi Kurban Sapi Ongole 1,5 Ton di Masjid Istiqlal. News.liputan6.com – https://goo.gl/MdFxju
  • M Wismabrata. 30 Agustus 2017. Jokowi Beli Dua Sapi Benggala untuk Kurban di Solo. Regional.kompas.com – https://goo.gl/6ahQnJ
  • Redaksi. 30 Agustus 2017. Jokowi sumbang sapi kurban untuk Bantul. Nasional.kontan.co.id – https://goo.gl/SZ2fXV
  • Redaksi. 31 Agustus 2017. Jokowi Kurban Sapi Peranakan Ongole 1,5 Ton di Masjid Istiqlal. Metro.tempo.co – https://goo.gl/Z3fDzb

 

Sumber Gambar:

  • Sapi Ongole – https://goo.gl/2n7WwQ
  • Sapi Qurban Jokowi – https://goo.gl/4C1KNW dan https://goo.gl/7cNVYC
  • Sapi Jokowi di Banjarmasin – https://goo.gl/QDjPwf
  • Sapi Jokowi di Solo –  https://goo.gl/hY9CHN
  • Sapi Jokowi di Bantul – https://goo.gl/WyEUf2