Sebenarnya, kapan seseorang siap menikah secara finansial? Banyak orang bilang, nikah dengan cinta saja cukup. Nyatanya biaya hidup gak bisa kan pake cinta aja?

Yuk, simak artikel berikut dan cek bareng pasangan apakah Anda sudah siap menikah secara finansial.

 

Siapkah Anda Menikah?

Dalam pernikahan tidak hanya membicarakan mengenai cinta, tetapi banyak hal yang perlu dipikirkan sebelum menikah terutama masalah finansial.

Finansial merupakan hal yang krusial dalam pernikahan, bahkan menurut survei perceraian terjadi karena adanya masalah finansial.

Ada beberapa hal yang bisa jadi penanda Anda sudah siap menikah dari sisi keuangan. Apa aja sih?

 

#1 Dapat Mengelola dan Berkomitmen Terhadap Rencana Keuangan

Jika Anda dapat mengelola keuangan dengan baik, maka ini salah satu tanda bahwa Anda sudah siap menikah secara finansial.

Kenapa dapat dikatakan demikian? Ya, karena dalam pernikahan Anda tidak hanya memikirkan diri sendiri saja, harus memikirkan pasangan, anak Anda dan hal lainnya.

Jika dapat mengelola keuangan dengan baik maka sudah dipastikan Anda dapat juga berkomitmen terhadap rencana keuangan Anda.

Nah, kalau Anda belum memiliki rencana keuangan, yuk, belajar agar semakin matang nanti pada saat menjalani pernikahan.

Untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara membuat rencana keuangan dan mengelolanya, Anda bisa cek di website ataupun di aplikasi Finansialku yang bikin tambah nyaman Anda bisa langsung konsultasi bersama saya atau perencana keuangan Finansialku lainnya yang sudah tersertifikasi.

Sudah Siap Menikah Secara Finansial Yuk, Cek Bareng Pasangan! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Hemat Biaya Pesta Pernikahan, Bikin Budget Nikahan Super Hemat!]

 

#2 Mau Berbagi Masalah Keuangan Dengan Pasangan

Setiap orang pastinya memiliki kepribadian yang berbeda-beda, termasuk ada orang yang merasa tidak nyaman berbagi pengeluaran dengan orang lain.

Beberapa alasan untuk perasaan tidak nyaman ini mungkin karena adanya ketidakpercayaan terhadap orang lain. Perasaan ini harus pergi jika Anda ingin siap untuk menikah karena Anda akan terbuka mengenai keuangan terhadap pasangan Anda.

Sebagai contoh uang belanja, utang yang harus dibayarkan, jumlah tabungan dan hal lainnya perlu ada keterbukaan untuk mencapai tujuan keuangan Anda pastinya.

Selain contoh di atas, beberapa hal yang perlu Anda dan pasangan siapkan sebelum menikah ada dalam artikel ini.

Persiapan Pernikahan Selain Pesta, 5 Hal Ini Juga Wajib Anda Siapkan

 

#3 Jangan Biarkan Uang Mempengaruhi Hubungan

Ada banyak kasus ketika pasangan menikah akhirnya bercerai atau pernikahan mereka dibatalkan karena masalah uang.

Hal ini dapat terjadi karena salah mengurus anggaran keuangan, masalah utang yang tidak diketahui oleh pasangan, kurangnya pendapatan dari satu orang atau keduanya dan masalah lainnya.

Saat Anda memasuki suatu hubungan, Anda harus siap menerima dan memikul sebagian beban pasangan Anda.

Jika ini tidak berhasil, cobalah mengajari pasangan Anda cara menyelesaikan masalahnya sendiri, tetapi jangan pernah membuatnya merasa sendirian dalam menghadapinya.

Perhatikan bahwa hubungan itu lebih penting daripada uang. Uang akan datang jika Anda bekerja sama untuk alasan dan tujuan yang sama.

 

#4 Dapat Mempercayai Pasangan Untuk Mengatur Keuangan

Apakah Anda merasa nyaman membiarkan pasangan menangani uang Anda?

Dalam sebuah pernikahan, mempercayai pasangan dalam keuangan adalah hal yang sangat penting, terutama ketika Anda menyadari bahwa Anda sendiri memiliki masalah dalam mengelola uang.

Apalagi, jika Anda merupakan orang yang suka boros dengan banyak hal, peran dari pasangan adalah hal yang sangat besar.

Jika Anda sudah percaya dengan pasangan Anda, untuk lebih mudah mengatur keuangan, lakukanlan pencatatan keuangan agar dapat mengamati keuangan Anda lebih mudah.

Sekarang banyak sekali aplikasi yang memudahkan Anda seperti aplikasi Finansialku yang dapat membantu Anda mengelola keuangan Anda dan pasangan.

 

#5 Dapat Merencanakan Keuangan Bersama Pasangan

Semua orang pasti menginginkan pernikahan yang bahagia. Dengan merencanakan segala hal dengan baik, Anda dan pasangan perlu kompak dalam segala hal termasuk merencanakan keuangan keluarga Anda.

Milikilah tujuan keuangan yang sama dan berjuang bersama-sama untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

Untuk merencanakan keuangan, Anda dan pasangan dapat dengan mudah berkonsultasi dengan perencana keuangan melalui aplikasi Finansialku.

Nah, buat kalian pasangan muda, yuk intip artikel berikut ini. Penting banget, karena ada tips untuk melakukan perencanaan keuangan.

6 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Pasangan Muda

 

#6 Memiliki Skor Kredit yang Baik

Kenapa skor kredit penting dalam finansial setelah menikah? Ternyata, skor kredit Anda sangat penting dalam finansial Anda.

Sebagai contoh, jika Anda akan mengajukan KPR setelah menikah tetapi skor kredit Anda atau pasangan Anda jelek, maka akan berpengaruh terhadap proses KPR tersebut. Jangan sampai Anda yang berutang, tapi pasangan Anda yang kena getahnya.

Sebagai contoh, Anna sebelum menikah mempunyai cicilan tas mewah sebesar Rp 20 juta dengan tunggakan selama 1 tahun. Ketika Anna menikah dengan pasangan, mereka berencana untuk mencicil mobil.

Pada saat dilakukan pengecekan untuk kredit, ternyata Anna dan pasangan tidak bisa melakukan proses kredit karena utang Anna belum dibayarkan pada saat Anna mencicil tas mewah.

Dengan utang tersebut, skor kredit Anna dan pasangan ikut menjadi jelek.

Ketika sudah menikah Anda dan pasangan akan menjadi 1 pintu keuangan, untuk kredit, tabungan dan hal lainnya akan menjadi 1.

Jadi, usahakan sebelum nikah jangan sampai ada utang yang belum terbayar, ya Sobat Finansialku!

Sudah Siap Menikah Secara Finansial Yuk, Cek Bareng Pasangan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pusing Mikirin Dana Pernikahan? Yuk, Menabung Bareng Pasangan]

 

#7 Anda dan Pasangan Tidak Memiliki Utang yang Signifikan

Sebelum Anda menikah, coba saling terbuka mengenai utang.  Apakah Anda dan pasangan memiliki utang dengan jumlah yang besar, atau cicilan masih dalam jangka waktu yang lama?

Ini adalah hal penting, usahakan sebelum menikah konsultasi dengan para ahli keuangan. Jangan sampai pasangan Anda ikut menanggung utang yang seharusnya menjadi tangung jawab Anda, ya.

 

Disiplin Finansial Sangat Penting!

Kedisiplinan dan kepercayaan terhadap pasangan sangatlah penting. Sebelum menikah, cek finansial Anda dan pasangan.

Keterbukaan adalah awal dari kepercayaan dan awal dari kebahagiaan keluarga.

Jika Anda sudah yakin siap menikah secara finansial, jangan lupa pastikan kembali agar tujuan keuangan Anda dan pasangan Anda sama, agar dapat mencapai tujuan yang kalian inginkan.

Disiplinlah dan selalu lakukan cek keuangan Anda dan pasangan setiap saat!

Jika Anda bisa mengatur dengan baik, maka kehidupan keuangan Anda akan sehat. Lakukanlah Financial Check Up di aplikasi Finansialku dan Anda bisa langsung konsultasi dengan para ahlinya.

 

Jadi, apakah Anda sudah siap menikah secara finansial? Jika belum, tidak apa. Mulailah menata dari sekarang sebelum terlambat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan pasangan. Jangan lupa bagikan artikel ini pada Sobat Finansialku lainnya, ya. Terima kasih.

 

banner -mengapa perlu merencanakan dana pernikahan (1)

 

Sumber Referensi:

  • Anna V. Haotanto. 7 Juni 2017. Are You Financially Ready to Get Married? 5 Ways To Tell If You’re Marriage Material. Thenewsavvy.com – http://bit.ly/3qVHKZc
  • Pauline Paquin. TIL “DEBT” DO US PART: ARE YOU FINANCIALLY READY TO GET MARRIED? reachfinancialindependence.com – https://bit.ly/3cD3G6k

 

Sumber Gambar:

  • Pernikahan 1 – https://bit.ly/2QtiLjc
  • Pernikahan 2 – https://bit.ly/3chRTes