Tertarik membuka bisnis waralaba yang sedang tren akhir-akhir ini? Anda juga bisa menjadi seorang pebisnis waralaba andal lho.

Untuk meraih kesuksesan dalam bisnis waralaba, sebaiknya Anda mengenal seluk beluknya terlebih dahulu.

Mari kita kenali semua hal yang perlu diketahui tentang bisnis waralaba agar Anda juga bisa sukses berbisnis waralaba.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Waralaba: Bisnis dengan Berbagi Merek (Brand)

Secara umum, waralaba adalah sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchisee).

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

Franchisor dan franchisee berbagi merek (brand) yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain.

Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor sibuk mengambangkan bisnis waralabanya.

Rangkuman Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bisnis Waralaba 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Waralaba menjadi salah satu solusi bisnis yang menarik, namun sayangnya masih banyak yang belum memahami seluk beluknya.

Finansialku akan membantu Anda mengenal semua hal yang perlu diketahui tentang bisnis waralaba dalam rangkuman berikut:

 

Sejarah Bisnis Waralaba (Franchise)

Pada awal terbentuknya sistem bisnis waralaba, Benjamin Franklin memulai sebuah jaringan toko percetakan dan surat kabar pertamanya di Amerika Serikat.

Beliau kemudian menandatangani perjanjian waralaba tersebut pada tanggal 13 September 1731. Kerja sama tersebut dilakukan Ben dengan Thomas Whitmarsh untuk toko percetakan di Charleston, South Carolina.

Waralaba ini terus dikembangkan Ben, sehingga perjanjian selanjutnya dilakukan dengan Elizabeth Timothy, seorang penerbit surat kabar perempuan pertama yang juga menerbitkan South Carolina Gazette dan sangat terkenal di masanya.

Mau Bisnis Waralaba Kenali Dahulu Struktur Jaringan Waralaba Agar Anda Sukses Berbisnis Waralaba 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

Ben sudah melakukan hal yang banyak dilakukan para franchisor di masa kini. Apakah itu?

Ben menyediakan sumber daya manusia termasuk training, peralatan, dan seluruh kebutuhan percetakan bagi seseorang yang berminat membuka bisnis percetakan yang sukses.

Apa yang dilakukannya adalah waralaba, dimana franchisor sudah menyediakan seluruh sistem yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis. Franchisee membeli sistem tersebut dan menjalankan bisnisnya sendiri.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Waralaba Menyediakan Customer Experience yang Bisa Diandalkan

Setelah perang dunia II, muncul sebuah peraturan yang disebut “Lanham Act” yang memperbolehkan pembagian merek selama pemilik merek mengontrol kualitas produk dan jasa yang diberikan.

Hal ini membawa perubahan besar bagi perekonomian Amerika saat itu. Mengapa?

Tentunya karena sistem waralaba memungkinkan adanya konsistensi dalam kualitas produk dan jasa bagi konsumen, tidak peduli dari mana mereka membelinya.

Siapa yang memiliki bisnisnya atau siapa pengelolanya bukanlah hal penting bagi konsumen, tetapi produk dan jasanyalah yang berpengaruh bagi customer experience.

Mau Membeli Waralaba Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Kemampuan sistem waralaba dalam memberikan tingkat kepuasan tinggi bagi konsumen, tidak peduli dimana lokasi atau pemiliknya membuat kagum para pebisnis di Amerika Serikat.

Dengan demikianlah, bisnis waralaba ini terus dipelajari dan dikembangkan sejak 1731. Dengan tujuan pengembangan bisnis waralaba agar terus bertahan dalam perekonomian mereka.

 

Seberapa Besar Perkembangan Waralaba Saat Ini?

Saat ini diperkirakan sudah ada lebih dari 800.000 perjanjian waralaba dalam 120 industri atau lebih di Amerika Serikat. Bisnis ini juga sudah menjadi sumber mata pencaharian bagi lebih dari 9.000.000 penduduk Amerika Serikat.

Dengan perkembangannya selama beberapa dekade, bisnis waralaba terus berkembang meski dalam kondisi perekonomian yang kurang baik.

Bisnis waralaba terus membuka peluang kerja bagi pemilik bisnis dan pencari pekerjaan.

 

Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Waralaba juga dinilai telah mengubah kualitas hidup masyarakat ke arah yang jauh lebih baik. Tahukah Anda kenapa?

Tentunya karena bisnis ini memungkinkan seluruh masyarakat, bahkan di kota kecil untuk merasakan produk atau jasa yang berkembang di kota-kota besar.

Walaupun pemiliknya adalah tetangga, kerabat, atau bahkan keluarga sendiri, bisnis waralaba memastikan kualitas produk atau jasa yang diberikan selalu terjamin dan sesuai dengan kualitas pusat.

 

Bagaimana Mengembangkan Sebuah Bisnis Menjadi Waralaba?

Walaupun kelihatannya bisnis waralaba biasa dilakukan oleh bisnis-bisnis besar, tetapi nyatanya Anda juga bisa memulainya sendiri lho.

Franchisor lainnya juga memulai bisnisnya dari bisnis lokal yang kecil. Namun seiring kesuksesannya di pasar lokal, muncul keinginan untuk mengembangkannya lebih besar lagi.

Saat mulai muncul pertanyaan, “Bagaimana caranya agar saya juga bisa membuka bisnis serupa di daerah saya?” dari konsumen, maka inilah awal mula munculnya sebuah bisnis waralaba.

Pemasaran Jaringan Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau 01 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Mengenal Bisnis Waralaba Indonesia yang Mendunia]

 

Bisnis waralaba sendiri adalah sebuah investasi yang pantas dipertimbangkan. Walaupun terdapat risiko bahwa tidak ada yang berminat untuk membeli waralaba tersebut, namun sebagai seorang risk takers, seorang franchisor akan tetap melangkah maju.

Langkah selanjutnya yaitu membuat sistem waralabanya. Buatlah sebuah proposal, bekerja sama dengan tenaga ahli seperti akuntan, pengacara, konsultan keuangan, dan perancang bisnis waralaba.

 

Sebagai contoh, Anda bisa langsung menghubungi perencana keuangan Finansialku. Mengapa Finansialku?

Finansialku merupakan perencana keuangan dengan tenaga kerja yang profesional. Dengan demikian, Finansialku selalu memberikan fakta dan solusi keuangan yang bermanfaat bagi Anda. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk membangun bisnis waralaba Anda sendiri.

Manfaatkan jasa perencanaan keuangan Finansialku sekarang juga!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Franchisee?

Nah, selain menjadi franchisor Anda juga bisa menjadi franchisee. Langkah awalnya adalah dengan mencari sebuah bisnis waralaba yang menurut Anda pantas dikembangkan.

Jika Anda sudah menemukan bisnis waralaba yang sesuai, maka langkah selanjutnya adalah menandatangani perjanjian waralaba. Kemudian biasanya franchisee akan sibuk mencari pinjaman modal, lokasi, dan mencari arsitek dan kontraktor untuk membangun lokasi bisnis idaman.

Anda juga akan disibukkan dengan training dari franchisor, dan mencari sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

Kabar baiknya, bisnis waralaba sudah memiliki brand recognition, yang artinya bisnis tersebut sudah dikenal masyarakat sehingga sudah memiliki sekelompok konsumen yang berminat membeli produk tersebut.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Kunci sukses bisnis waralaba adalah hubungan win-win solution dari franchisor dan franchisee.

Dimana franchisee berharap sukses dalam bisnis waralaba di daerah lokalnya, sedangkan franchisor memberikan kontrol kualitas yang tepat sehingga bisnisnya semakin besar dan sukses.

Lagi-lagi Anda perlu merencanakan keuangan Anda jika ingin menjadi seorang franchisee yang sukses. Percuma memulai bisnis yang baik jika tidak diimbangi dengan sistem keuangan yang tepat.

 

Jika Anda masih kesulitan mengatur keuangan, Anda bisa memulainya dengan gratis lho. Caranya? Dengan menggunakan aplikasi Finansialku yang menyediakan berbagai fitur keuangan yang mudah digunakan, Anda tentunya bisa memulai bisnis waralaba yang berpotensi sukses tinggi.

Anda bisa download aplikasi Finansialku dari Google Play Store atau dengan klik link ini.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Waralaba, Sebuah Bisnis Independen

Anggapan masyarakat bahwa franchisor dan franchisee berbagi bisnis yang sama tidaklah tepat. Mereka memang berbagi merek yang sama, namun memiliki bisnis masing-masing yang independen.

Satu-satunya kontrol yang dimiliki franchisor terhadap bisnis waralaba franchisee hanyalah untuk memastikan kualitas produk yang sama akan tersalurkan kepada konsumen.

8+ Industri Kreatif yang Dapat Anda Beli Waralabanya - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Selama 230 tahun, bisnis waralaba berhasil berkembang dan tidak pernah mati. Malah bisnis waralaba telah menjadi sebuah sistem yang memberikan pelatihan kewirausahaan terbesar di dunia.

Oleh karena itulah, mayoritas pemilik bisnis waralaba adalah seseorang yang memulai bekerja dari bawah dalam sebuah bisnis waralaba.

 

Jadi, Sudahkah Anda Mengenal Bisnis Waralaba Luar Dalam?

Sederhananya, bisnis waralaba memiliki banyak arti:

  • Bagi pebisnis, waralaba adalah sebuah peluang kerja yang luar biasa jika digarap dengan baik. Dengan cara ini Anda bisa membuka jalan menuju kesuksesan dan perubahan keuangan.
  • Bagi pencari kerja, waralaba adalah peluang mata pencaharian yang akan membentuk Anda dengan baik.
  • Bagi konsumen, waralaba memberi jaminan kualitas tidak peduli dimanapun Anda melakukan pembelian.

 

Dengan demikian, apapun itu, ambil kesempatan Anda untuk mendalami dan menjalani bisnis waralaba. Cara inilah yang menjadikan mimpi banyak orang menjadi nyata!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai hal yang perlu Anda ketahui tentang bisnis waralaba lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Michael Seid, Managing Director, MSA Worldwide. 6 Oktober 2016. Everything You Need to Know About Franchises (Past and present, an engine for locally owned and operated businesses). Thebalance.com – https://goo.gl/1fqFPg

 

Sumber Gambar:

  • Persetujuan Bisnis Waralaba – https://goo.gl/ra8jca dan https://goo.gl/KsHhsA

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang