Ketahui 12 tipe apartemen yang bisa menjadi pilihan sesuai kebutuhan Anda sebelum membelinya. Simak pembahasan melalui rubrik berikut ini!

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Ketahui Tipe Apartemen Sesuai Kebutuhan

Jika unit apartemen memang sudah menjadi pilihan Anda sebagai tempat tinggal dengan setiap keuntungan yang ditawarkan, selanjutnya Anda perlu menetapkan pilihan tipe apartemen seperti apa yang akan Anda pilih?

Menetapkan apartemen memang seharusnya didasarkan pada kebutuhan, misalnya jika Anda adalah lajang, tentu tipe studio bisa menjadi pilihan.

Tetapi jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak, mungkin tipe 2 room atau 3 room bisa menjadi pilihan karena ukuran yang lebih luas.

untuk menentukan tipe mana yang bisa menjadi pilihan sesuai kebutuhan Anda, tentunya Anda juga perlu tahu informasi mengenai berbagai tipe apartemen yang ditawarkan berikut dengan jumlah ruangan yang tersedia di dalamnya.

 

12 Tipe Apartemen yang Bisa Jadi Pilihan

Setidaknya ada 12 macam apartemen yang bisa menjadi pilihan Anda sebelum membeli sebuah unit apartemen.

Yuk tengok sejenak satu per satu berbagai tipe tersebut!

 

#1 Tipe Apartemen Studio

Tipe Studio memang sudah tak asing lagi di telinga karena tipe ini adalah tipe terkecil dari semua tipe apartemen yang ditawarkan.

Dengan luas ruangan sekitar 20 hingga 30 meter persegi, ruangan apartemen studio ini menawarkan satu ruangan yang di dalamnya sudah termasuk kamar tidur, dapur dan juga kamar mandi.

Tipe Apartemen Studio ini biasanya diperuntukkan bagi para lajang baik eksekutif atau bahkan anak kuliahan yang merantau keluar kota.

Tak jarang juga tipe studio ini disewakan juga oleh para pemilik unit kepada penyewa yang hanya tinggal beberapa hari untuk liburan atau disewakan kepada anak-anak kuliahan ganti kamar kost.

 

#2 Tipe Apartemen Alcove Studio

Tipe apartemen alcove studio hampir sama dengan tipe studio, hanya saja tipe yang satu ini biasanya berbentuk L.

Apabila tipe studio memiliki 1 sekat untuk kamar mandi, berbeda dengan tipe Alcove studio biasanya memiliki dua sekat

Ruangan lebih kecil bisa dimanfaatkan untuk kamar tidur dengan desain yang unik sesuai dengan keinginan Anda. Tipe studio biasanya disebut juga half room.

Miliki 5+ Perabot Untuk Apartemen Studio, Bikin Betah Tinggal! 03 Interior Apartemen 3 - Finansialku

[Baca Juga: Ada Banyak Keuntungan Membeli Apartemen! Sudah Tahu?]

 

Oh iya, Sudah tahu status kesehatan keuangan Anda? Cek segera dengan bantuan fitur Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku dan ketahui status kesehatan Anda segera.

Gunakan fasilitas free trial-nya terlebih dahulu dan ketahui manfaat dari setiap fitur canggih Aplikasi Finansialku.

Belum download Aplikasinya? Yuk klik link dibawah ini, atau Anda bisa download melalui Google Play Store.

 

#3 Tipe Apartemen Convertible Studio

Tipe apartemen ini sebetulnya masih sejenis dengan tipe studio, namun memiliki ukuran yang lebih luas sehingga bisa dikatakan juga sebagai tipe studio plus.

Tipe convertible studio ini memiliki ruang berdinding sehingga kamar Anda akan memiliki sekat penghalang.

 

#4 Tipe Apartemen Convertible

Tipe apartemen convertible ini memiliki ukuran ruangan yang cukup besar dengan dinding yang digunakan untuk memisahkan antara ruang tidur dengan ruang makan, termasuk ruang tengah.

Dinding ini biasanya digunakan para penghuni unit apartemen untuk menempelkan gantungan hiasan untuk memperindah ruangan.

Selain itu pemilik unit apartemen biasanya juga akan menaruh TV yang menjorok ke dalam pada dinding tersebut sehingga dapat dibolak-balik ke dua arah.

Perjuangan Memiliki Apartemen Untuk Millennial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Tips dan Perjuangan Memiliki Apartemen Untuk Millennial]

 

Dengan tipe seperti ini, Anda dapat memaksimalkan barang yang Anda miliki.

Memiliki apartemen jangan sampai membuat keuangan pribadi berantakan dan sedang terlilit hutang ya. Perencanaan keuangan Anda harus dibenahi.

Mari perbaiki keuangan pribadi dengan Ebook Panduan Perencanaan Keuangan dari Finansialku yang dapat Anda unduh dengan gratis berikut ini.

 

#5 Tipe Loft

Tipe Loft ini tampak lebih besar karena miliki plafon atau langit-langit yang cukup tinggi dengan jendela berukuran besar dibanding dengan tipe lainnya.

Tipe Loft sudah sangat biasa dan bahkan dianggap sebagai apartemen idaman di negara Eropa dan Amerika, karena memiliki sirkulasi udara yang sangat baik dan memiliki kesan lebih luas.

Tipe apartemen loft jika dilihat sekilas nampak seperti loteng dengan tambahan ruang setengah lantai. Itulah kenapa apartemen ini disebut tipe loft (setengah lantai) yang biasa digunakan sebagai kamar tidur.

Jika Anda memiliki unit apartemen, apakah Anda akan menggunakannya untuk tempat tinggal atau menyewakannya untuk mendapatkan keuntungan investasi?

Mau tahu bagaimana berinvestasi selain investasi lewat properti yang juga menguntungkan?

Simak panduannya dengan mengunduh Ebook Gratis Panduan Berinvestasi dari Finansialku yang akan membantu Anda dalam mengambil langkah saat berinvestasi.

 

#6 Tipe Junior 1 Bedroom

Bagi mereka yang baru menikah, tipe apartemen Junior 1 Bedroom memang menjadi incaran dan banyak developer menawarkan pada mereka.

Tipe ini memiliki 1 kamar untuk penghuninya dan cocok bagi mereka pasangan muda.

Dari segi ukuran, sudah pasti tipe Junior 1 Bedroom akan lebih besar dibandingkan tipe studio. Oleh sebab itu, jenis apartemen ini sangat sesuai untuk keluarga kecil yang hanya membutuhkan 1 kamar tidur.

 

#7 Tipe Junior 4

Mendengar namanya, banyak orang yang salah sangka jika tipe Apartemen Junior 4 ini memiliki 4 kamar. Apakah Anda juga berpikir demikian? Anggapan itu ternyata salah lho!

Tipe Junior 4 di sini artinya apartemen yang memiliki 4 ruang terpisah, diantaranya ruang tamu, dapur, kamar tidur dan 1 ruang kecil lainnya.

Calon pembeli yang memiliki apartemen Junior 4 biasanya menjadikan ruang kecil itu untuk ruang kerja atau gudang kecil, tergantung kebutuhan mereka.

Kira-kira kalau Anda memilih Tipe Junior 4, ruangan kecil tersebut akan digunakan untuk apa ya?

Sedang merencanakan membeli satu unit apartemen untuk tempat tinggal? Rencanakan dananya dengan Aplikasi Finansialku dan wujudkan impian Anda segera! Nikmati fitur catatan keuangan dan merencanakan dana membeli barang.

 

#8 Tipe 2 Bedroom

Tipe 2 bedroom memang sangat umum ditemukan di Indonesia dengan adanya 2 kamar tidur di dalamnya sehingga tipe ini cocok untuk keluarga yang sudah memiliki anak.

Dilihat dari ukuran luasnya, tipe apartemen 2 bedroom memiliki ukuran luas antara 35 hingga 45 meter persegi dengan 2 kamar tidur yang memiliki luas sama besar, ruang tengah atau ruang keluarga serta ruang dapur.

Ketahui dan Pahami Cara Mengajukan Kredit Apartemen Beserta Syaratnya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Orang Mau Tinggal Di Apartemen? Ternyata Begini Alasannya]

 

#9 Tipe 3 Room

Tipe 3 room menawarkan unit apartemen dengan 3 kamar. Biasanya ada 1 kamar utama yang ukurannya lebih besar dan 2 kamar yang lain memiliki kamar yang luasnya sama besar namun luasnya tidak sebesar kamar utama.

Bagi keluarga yang memiliki 2 anak misalnya, tipe apartemen 3 room akan sangat cocok bagi mereka.

Tipe apartemen 3 room ini juga biasanya didesain seperti jalan kereta api (railroad apartment) dimana setiap ruang kamar akan saling berdampingan tanpa lorong.

Punya banyak pertanyaan seputar mengelola keuangan yang sehat tapi tidak tahu harus bertanya ke siapa? Tanyakan saja pada ahlinya dengan mengunduh Aplikasi Finansialku dan berlangganan mode PREMIUM. Anda dapat dengan leluasa untuk curhat masalah keuangan pribadi Anda dengan Profesional Perencana Keuangan pilihan Anda.

Gunakan kode promo: POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan Rp50.000 saat upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium tahunan.  

 

#10 Tipe Classic Six

Apartemen yang satu ini bisanya berlokasi di area yang populer dan berada pada gedung yang sudah berusia tua namun tetap kokoh.

Para developer mengubahnya menjadi tipe apartemen classic six dan tipe apartemen ini sangat nge-hits di negara-negara seperti Eropa dan Amerika.

Menilik isi dari unit apartemen ini, di dalamnya terdapat 3 kamar tidur, sebuah ruang makan berukuran besar, sebuah ruang tamu yang juga cukup besar dan tak ketinggalan ruang dapur yang terpisah.

Dilihat dari ukuran ruangan dan juga jumlah kamarnya, tentu harganya cukup tinggi bukan?

 

#11 Tipe Duplex dan Triplex

Dinamakan Tipe Apartemen Duplex dan Triplex karena tipe ini termasuk jenis apartemen yang cukup luas dengan 2 hingga 3 tingkat berurutan di dalamnya.

Dilihat dari desainnya, tipe Duplex & Triplex terlihat cukup unik dengan tata letaknya. Di tingkat kedua dan ketiga, biasanya digunakan untuk kamar tidur, bahkan di setiap tingkatnya akan ada kamar mandi.

 

#12 Tipe Garden

Jenis apartemen berikutnya yang tak kalah menarik yang ditawarkan oleh developer adalah Tipe Apartemen Garden.

Tipe apartemen ini akan berada di lantai dasar dengan ruang kamar yang menghadap ke taman.

Bahkan ada juga letak kamar yang dibangun di bawah tanah atau di basement.

Menarik bukan?

 

Tipe Apartemen Mana Pilihan Anda?

Setelah mengetahui 12 tipe apartemen di atas, sudahkah Anda mencocokkan dengan kebutuhan Anda?

Apakah Anda tinggal sendiri, lajang, atau sudah berkeluarga?

Jika Anda sudah berkeluarga, apakah Anda berencana memiliki 2 anak atau lebih?

Pertimbangkan pilihan unit apartemen yang akan Anda beli dengan kebutuhan jumlah kamar dari keluarga Anda.

Jika Anda masih bingung antara ingin membeli rumah atau apartemen, Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini untuk menambah referensi mengenai membeli rumah pertama Anda. Selamat membaca.

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Menurut Anda, tipe apartemen seperti apa yang akan dipilih oleh sebuah keluarga yang memiliki 2 orang anak dengan seorang pembantu atau baby sitter yang tinggal bersama di dalamnya?

Jika Anda memiliki dana untuk membeli sebuah unit apartemen, kira-kira tipe apartemen manakah yang menjadi pilihan Anda?

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan informasi mengenai tipe apartemen di atas!

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam masalah keuangan, Tim Konsultan Perencana Keuangan Finansialku siap menolong Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 1 Maret 2018. Mengenal Jenis-Jenis Apartemen. Mana yang Cocok Untuk Anda? Enviroapartment.com – https://bit.ly/2me26Bn
  • Admin. 4 April 2017. Tak Hanya Tipe Studio, 12 Tipe Apartemen Ini Harus Anda Ketahui! Olympicresidence-sentul.com – https://bit.ly/2o4FGOT
  • Lita Lia. 7 November 2018. Memilih 12 Tipe Apartemen Yang Sesuai Kebutuhan Anda. Spacestocks.com – https://bit.ly/2kFdHZD

 

Sumber Gambar:

  • Apartemen – http://bit.ly/2kzRcp0