Beli rumah bekas ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Yuk, cari tahu tips membeli rumah bekas berikut supaya tidak menyesal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Rumah Bekas? Kenapa Tidak?

Seringkali, banyak orang yang bingung memilih antara membeli rumah bekas atau rumah baru. Jangan-jangan, Anda salah satunya.

Rumah bekas atau rumah seken sama-sama diminati seperti halnya rumah baru. Justru, keunggulan dari rumah bekas adalah harga yang ditawarkan tidak mengikuti harga pasaran. Selain itu, Anda bisa saja mendapatkan rumah seken di lokasi yang strategis.

Namun, membeli rumah bekas membutuhkan lebih banyak pertimbangan. Hal ini tidak segampang kelihatannya.

 

Tips Membeli Rumah Bekas

Dalam membeli rumah seken, Anda harus lebih cermat. Pasalnya, pasti ada alasan kenapa pemilik menjual rumahnya.

Entah itu karena kondisi rumah itu sendiri atau karena alasan pribadi lainnya. Oleh karena itu, ikuti tips berikut ini supaya Anda tidak salah kaprah:

 

#1 Survei Lapangan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah cari beberapa pilihan rumah seken. Lakukan survei dengan melihat rumah secara langsung.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kualitas dari kondisi bangunan tersebut. Hal ini tidak bisa Anda dapatkan jika hanya melihatnya lewat gambar atau foto.

Setelah itu, lakukan perbandingan di antara pilihan rumah tersebut. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah harga, lokasi, kondisi rumah, dan sebagainya. Tapi, jangan langsung membelinya. Masih ada hal lain yang perlu Anda pertimbangkan.

Ingin Beli Rumah Bekas Jangan Salah, Pahami Dulu Tipsnya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Rumah? Ketahui Dulu Penjelasan KPR Di Sini!]

 

#2 Gunakan Jasa Agen

Membeli rumah tanpa perantara bisa jadi lebih murah. Pasalnya, Anda tak perlu membayar komisi. Namun, membeli rumah bekas banyak sekali risikonya. Apalagi, jika Anda kurang mengerti tentang kondisi sebuah rumah atau legalitas dalam dunia properti.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan jasa agen. Apalagi, bagi Anda yang tidak punya banyak waktu. Anda cukup memberikan kriteria rumah bekas yang Anda inginkan pada agen.

Agen akan mencarikan rumah seken yang sesuai dengan kriteria Anda. Ingat, pilihlah agen yang terpercaya dan sudah kredibel.

 

#3 Periksa Kondisi Rumah

Periksalah kondisi rumah seken yang akan Anda beli. Apakah tergolong baru atau sudah termasuk rumah tua?

Jika Anda kurang mengerti, Anda dapat meminta bantuan tukang atau kontraktor untuk memeriksa kondisi rumah tersebut. Pastikan kualitas bahan, struktur rumahnya, dan sebagainya.

Selain itu, Anda pun harus memperhatikan fasilitas rumah tersebut.

Misalnya saja, sirkulasi udara yang cukup, sumber dan saluran air yang bersih dan lancar untuk digunakan, sampai ketersediaan listrik yang cukup untuk kebutuhan listrik Anda sehari-hari.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

13 Ebook Rumah Pertama

 

#4 Cek Kelengkapan Dokumen Rumah

Mengecek kelengkapan dokumen rumah wajib Anda lakukan dengan cermat. Tujuannya supaya tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari. Bagaimanapun juga, Anda ingin hidup tenang di rumah tersebut, kan?

Beberapa dokumen yang perlu Anda periksa adalah keaslian sertifikat rumah (SHM), sertifikat Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), serta bukti Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Pastikan bahwa nama yang tertera pada dokumen-dokumen tersebut semuanya sama, yaitu atas nama pemilik rumah.

Jika ternyata nama yang tertera tidak sama, tanyakan status hubungannya. Jika belum dilakukan proses balik nama dari pemilik rumah sebelumnya, mintalah Akta Jual Beli yang sah atas rumah tersebut.

 

#5 Pertimbangkan Anggaran Renovasi

Pada umumnya, rumah seken membutuhkan renovasi, baik renovasi minor atau major. Namanya juga rumah bekas, pasti ada hal yang tidak sesuai dengan kriteria rumah idaman.

Untuk menjadikan rumah seken tersebut menjadi hunian idaman Anda, tentunya harus direnovasi. Biayanya tergantung kondisi rumah bekas yang Anda beli.

Oleh karena itu, amannya Anda menyiapkan anggaran renovasi rumah sebesar 10% dari harga rumah.

 

Cek Kondisi Keuangan Anda

Setelah Anda mengetahui tips membeli rumah bekas, kini saatnya Anda cek kondisi keuangan Anda. Cek sumber pemasukan dan kewajiban yang harus dilunasi.

Hal ini dilakukan untuk memperkirakan apakah Anda mampu melunasi pembayaran rumah tersebut.

Ingin Beli Rumah Bekas Jangan Salah, Pahami Dulu Tipsnya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Harga Rumah Mewah Minimalis & Rahasia Dapat Rumah Impian!]

 

Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku melalui fitur cek kesehatan keuangan. Ternyata, bukan hanya kesehatan tubuh Anda yang bisa dicek. Kondisi keuangan Anda pun bisa dicek dengan aplikasi ini.

Fitur Financial Health Check Up membantu Anda mendapatkan perhitungan dan hasil yang lebih jelas mengenai kondisi kesehatan finansial Anda.

Aplikasi ini dapat Anda unduh di bawah ini, gratis. Pastikan cek kondisi keuangan Anda sebelum membeli rumah, ya!

Yuk, Gabung SEKARANG!

Komunitas MUDA, KEREN, PUNYA PROPERTY Finansialku

komunitas properti

SAYA MAU JOIN

 

Itu dia tips jitu membeli rumah seken. Sekarang, Anda sudah tahu hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum deal membeli rumah bekas.

Jika kamu punya pengalaman dalam membeli rumah bekas, jangan lupa tuliskan pengalaman Anda itu di kolom komentar, ya!

 

 

Sumber Referensi:

  • Wahyu Ardiyanto. 14 Februari 2018. Mau Beli Rumah Seken atau Baru? Rumah.com – https://bit.ly/33IYavx

 

Sumber Gambar:

  • Rumah 1 – https://bit.ly/34dwqj7
  • Rumah 2 – https://bit.ly/3f7XUtg