Tips bisnis: mengalami kegagalan, jatuh dan bangkrut adalah sebuah keadaan yang menjadi risiko bagi para pengusaha yang telah menjadi miliarder. Mereka tahu benar bahwa tanpa adanya kegagalan, tidak ada kesuksesan yang akan mereka capai. 

Simak tips bisnis dari para miliarder yang sempat mengalami keterpurukan namun mampu berdiri kembali dan menjadi miliarder sukses dalam usaha mereka.

Selamat membaca dan kembali bangkit dari kegagalan!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Setiap Miliarder Mengalami Kegagalan

“Only those who dare to fail greatly can ever achieve greatly.” – Robert F. Kennedy

“Hanya mereka yang berani gagal yang bisa sangat berhasil.”

 

Setiap orang tentu pernah mengalami kegagalan karena kegagalan adalah sebuah proses dari kehidupan yang memberikan pembelajaran untuk menjadi lebih baik.

Bagi mereka yang menyadari hal ini dan mampu memandang dari perspektif yang positif, mereka mampu kembali bangkit, kembali termotivasi dan kembali ke jalur mereka untuk belajar dari kesalahan mereka serta mengarahkan diri pada keberhasilan yang ingin mereka capai.

Oleh sebab itu, setiap orang perlu menghadapi kegagalan.

Kegagalan adalah pengalaman yang diperlukan jika Anda ingin akhirnya berhasil. Itu mungkin tampak seperti pernyataan tidak logis, karena kegagalan dan keberhasilan umumnya dianggap bertentangan sepenuhnya.

Namun, pengalaman kegagalan baik mencerahkan dan memotivasi selama Anda melihatnya dengan perspektif yang benar; belajar dari kesalahan Anda dan bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan Anda keduanya merupakan unsur penting dalam menemukan kesuksesan.

Mengembalikan semangat diri tentu perlu beberapa hal yang membuat Anda kembali dari keterpurukan dan mulai bangkit.

Beberapa hal yang mampu menginspirasi dan memotivasi Anda diantaranya adalah belajar dari orang-orang sukses yang pernah gagal dan mempelajari tips-tips dari orang-orang tersebut saat mereka menapaki kembali jalan kesuksesan mereka.

Mewujudkan Kesuksesan 01 Finansialku

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang sedang menjalankan bisnis dan tengah mengalami kegagalan, ingatlah bahwa Anda tidak sendiri.

Anda tidak mengalaminya sendiri karena ada banyak orang di luar sana yang juga sedang mengalami kegagalan dan tengah berjuang untuk bangkit kembali, bahkan ada di antara mereka yang mampu keluar dari badai tersebut dan mencapai puncak kesuksesan mereka.

 

Tips Bisnis Para Miliarder Menghadapi Kegagalan

Seperti apakah pengalaman orang-orang sukses dunia ketika mereka dalam kondisi keterpurukan? Ini dia kisah mereka.

Mari simak tips bisnis yang mereka temukan saat mereka mengalami kegagalan.

“When you take risks you learn that there will be times when you succeed and there will be times when you fail, and both are equally important.” – Ellen DeGeneres

“Ketika Anda mengambil risiko Anda belajar bahwa akan ada saat-saat ketika Anda berhasil dan akan ada saat-saat ketika Anda gagal, dan keduanya sama-sama penting.”

 

#1 Bill Gates

Bill Gates adalah salah satu tokoh yang paling dikenal di industri teknologi. Dialah otak di balik salah satu karya teknologi terhebat, Microsoft dan saat ini berdiri sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Banyak orang beranggapan bahwa Bill Gates mengalami keberuntungan tiba-tiba dan mengaitkannya pada kesuksesan yang ia raih saat ini.

Kabar burung mengatakan bahwa ia memiliki otak yang brilian dan beruntungnya hal itu bertepatan dengan booming-nya teknologi sehingga ia mampu mengembangkan dan menyepurnakan karyanya tanpa menghadapi kesulitan yang berarti.

27 Kata-Kata Bijak Bill Gates yang Akan Menginspirasi Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

Tetapi pada kenyataannya, Bill Gates mengalami kegagalan yang hebat sebelum dia menemukan Microsoft.

Awalnya, Bill Gates menciptakan produk yang disebut Traf-O-Data, sebuah perangkat yang dibuat untuk menganalisis data dari pita lalu lintas.

Produk ini tidak berfungsi dengan baik, dan perusahaan tersebut tidak pernah mengalami keberhasilan. Oleh sebab itu, Bill Gates memutuskan untuk mencoba sesuatu yang lain.

Meskipun Bill Gates mengalami kegagalan atas idenya yang orang lain kira itu adalah sebuah ide yang hebat, namun ia tidak pantang menyerah dan memiliki kepercayaan diri bahwa ia mampu membuat sesuatu yang lain.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Apakah pengalaman Anda memiliki kemiripan dengan Bill Gates? Apakah usaha Anda saat ini sedang mengalami kegagalan dan ide yang Anda anggap akan berhasil namun pada kenyataannya tidak demikian?

Ingatlah bahwa Anda punya potensi yang luar biasa dan Anda mampu meraih kesuksesan, mungkin dengan cara atau jalan yang lain yang belum Anda temukan saat ini.

“Failure should be our teacher. Failure is delay, not defeat. It is a temporary detour, not a dead end. Failure is something we can avoid only by saying nothing, doing nothing, and being nothing.” – Denis Waitley

“Kegagalan harus menjadi guru kita. Kegagalan adalah keterlambatan, bukan kekalahan. Ini adalah jalan memutar sementara, bukan jalan buntu. Kegagalan adalah sesuatu yang bisa kita hindari hanya dengan tidak berkata apa-apa, tidak melakukan apa-apa, dan tidak menjadi apa-apa.”

 

#2 Isaac Perlmutter

Jika Anda melihat setiap film garapan Marvel saat ini, tentu Anda termasuk salah penggemar dari film karyanya seperti Avenger.

Melihat keberhasilannya sekarang tentu membuat Anda tidak percaya bahwa sang CEO, Isaac Perlmutter sempat mengalami kerugian yang besar karena terlilit utang sehingga membuat usaha perfilman yang ia rintis tersebut sempat mengalami kebangkrutan.

Bangkit dari keterpurukan dan mengembalikan keadaan hingga kini merajai perfilman di dunia, tentu bukanlah usaha dengan waktu yang sebentar dan tenaga yang tidak sedikit.

Tips Bisnis Cara Jitu Miliarder Bangkit 02 Isaac Perlmutter - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

Kala itu, sang CEO mencari solusi dari titik awal kegagalan yang membuatnya merugi.

Setelah ia menemukan letak kesalahan yang menghambat keberhasilannya, sedikit demi sedikit, perlahan namun pasti, ia mampu mengembalikan Marvel dalam keadaan yang stabil dan bahkan mampu meraup keuntungan yang jauh melebihi harapan.

Kini Marvel semakin berjaya dengan setiap karya film yang penuh dengan imajinasi dan banyak pecinta film menyukai setiap karya garapan Marvel.

“The only real mistake is the one from which we learn nothing.” – Henry Ford

“Satu-satunya kesalahan yang nyata adalah kesalahan yang tidak kita pelajari.”

 

#3 Stephen King

Salah satu novelis paling terkenal di era modern, Stephen King secara luas dianggap sebagai master penulisan cerita ber-genre horor. Meskipun sekarang memiliki puluhan judul buku yang termasuk best seller dan populer, novel pertama Stephen King hampir mengalami kegagalan.

Novel pertamanya itu sempat ditolak sebanyak 30 kali sebelum akhirnya diterima dan diterbitkan.

Saat merenungkan kegagalannya, Stephen King pernah berpikir untuk berhenti,. Banyak orang akan melakukannya jika mereka berada di posisi Stephen King.

Namun, kegigihannya dan keteguhan hatinya untuk terus berjuang membuatnya bertahan hingga kini ia menjadi seorang novelis terkenal dengan setiap karyanya yang selalu menjadi best seller dan paling ditunggu.

Proses menyesuaikan diri dan beradaptasi mampu mengubah kegagalan menjadi keberhasilan. Ketika Anda berpikir bahwa ide Anda akan berhasil namun mengalami kebuntuan, mungkin Anda perlu membuat sebuah revisi, atau pengulangan revisi hingga akhirnya Anda mendapat sebuah pencerahan.

Tak perlu ragu dan patah semangat ketika usaha investasi Anda sedang mengalami penurunan dan kegagalan.

Tips Bisnis Cara Jitu Miliarder Bangkit 03 Stephen King - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Selalu ada jalan keluar dalam setiap masalah, demikian juga dalam bisnis investasi. Pelajari dengan saksama ebook Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini untuk membantu Anda dalam berinvestasi:

 

“Winners are not afraid of losing. But losers are. Failure is part of the process of success. People who avoid failure also avoid success.” – Robert T. Kiyosaki

“Pemenang tidak takut kalah. Tapi pecundanglah yang takut kalah. Kegagalan adalah bagian dari proses kesuksesan. Orang yang menghindari kegagalan juga menghindari kesuksesan.”

 

#4 Robert Budi Hartono

Sudah kenal dengan orang terkaya di Indonesia tahun 2018 versi Majalah Forbes? Dialah pemilik pabrik Djarum, Robert Budi Hartono dengan kekayaan bersih sebesar US$71,4 atau setara dengan Rp238,38 triliun.

Sebagai orang terkaya di Indonesia, tak lantas membuatnya mengalami jalan yang selalu mulus.

Kerugian pernah ia alami dimana kebakaran hebat melibas habis hampir semua aset yang ia miliki dan membuatnya frustasi.

Bagaimana tidak, pabriknya itu adalah peninggalan orangtua-nya dimana Budi Hartono harus mengemban tanggung jawab untuk mengembangkan dan menjaga warisan keluarga. Ditambah lagi, di tahun yang sama sang ayah, Oei Wie Gwan meninggal dunia.

Orang Terkaya di ASEAN 07 Budi Hartonoa dan Michael Hartono - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Jika mengingat kejadian pada masa itu, siapa yang tidak merasa putus asa dan frustasi?

Bangkit dari keterpurukannya, Robert Budi Hartono bersama dengan sang kakak, Michael Bambang Hartono berusaha untuk menyelamatkan perusahaan dengan mengganti peralatan manual menjadi lebih modern.

Mereka menggunakan inovasi dari teknologi untuk kembali merangkak naik dan membuat perusahaan kembali berjalan bahkan mampu berlari mengejar kesuksesan hingga menjadi sponsor dari berbagai event mendunia.

“It’s not how far you fall, but how high you bounce that counts.” – Zig Ziglar

“Ini bukan seberapa jauh Anda jatuh, tetapi seberapa tinggi Anda memantul yang diperhitungkan.”

 

#5 Irwan Hidayat

Cucu dari Ny. Rahkmat Sulistio, pendiri PT Sido Muncul ini pernah hampir mengalami kebangkrutan ketika ia memimpin perusahaan warisan dari keluarganya tersebut.

Sebuah perusahaan tentu akan pontang panting dan mengalami pailit ketika utang mereka melebihi keuntungan yang dihasilkan.

Nampaknya segala telah dilakukan oleh sang CEO, Irwan Hidayat untuk menyelamatkan perusahaan yang bergerak di bidang minuman herbal kesehatan itu.

Tak pantang menyerah, Irwan Hidayat mendorong daya imanjinasinya hingga membuat PT Sido Muncul kembali merangkak naik.

Tips Bisnis Cara Jitu Miliarder Bangkit 04 Irwan Hidayat - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

 

Kala itu, ia membuat produk yang diproduksinya menjadi laris manis dengan meminta Anna Maria, istri dari Roy Marten menjadi bintang iklan mengiklankan produk, dimana kala itu sedang dilanda kasus. Banyak yang mempertanyakan kenapa tidak menggunakan artis papan atas yang sudah jelas memiliki banyak penggemar. 

Think out of the box, inilah yang dilakukan oleh Irwan Hidayat. Dengan imajinasinya yang digenjot di luar batas pemikiran, produknya mengalami peningkatan penjualan hingga 2 kali lipat.

Wujudkan imajinasi Anda untuk memiliki rumah idaman dengan melakukan pencatatan keuangan harian yang lebih rapi dan tertata melalui Aplikasi Finansialku yang akan memudahkan Anda dalam pencatatan arus keuangan dan anggaran bulanan.

Nikmati fitur pencatatan dana persiapan membeli barang, dana liburan dan lain sebagainya. Siapkan dana darurat Anda sejak dini dengan mengetahui kebutuhannya melalui Aplikasi Finansialku.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Manfaatkan free trial-nya dan nikmati manfaat tambahan kursus online secara gratis selama satu tahun yang dipandu oleh Profesional Perencana Keuangan Finansialku jika Anda berlangganan selama satu tahun.

“If you’re not prepared to be wrong, you’ll never come up with anything original.” – Ken Robinson

“Jika Anda tidak siap untuk salah, Anda tidak akan pernah mendapatkan sesuatu yang orisinal.”

 

#6 Steve Jobs

Pendiri perusahaan gadget terkemuka ini memang sudah diakui kejeniusan dan karakter kepemimpinannya yang kuat dalam membawa Apple merajai dunia teknologi komunikasi.

Kehebatan Apple saat ini tak bisa lepas dari proses kegagalan, kemunduran bahkan mengalami kekalahan yang begitu hebat.

Apple yang saat itu dimulai pada tahun 1976 mengalami kegagalan ketika Steve Jobs tidak berhasil membuat peluncuran produknya dengan mulus pada tahun 1985 yang membuatnya dikeluarkan dari perusahaan.

Cara Berbisnis yang Dipraktekan Steve Jobs - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Johnny Andrean Pendiri J.CO Donuts, BreadTalk dan Johnny Andrean Salon]

 

Tak hilang arah dan patah semangat, Steve Jobs yang jenius membangun perusahaan baru yang saat itu ia beri nama NeXT.

Meski mengalami kegagalan lagi untuk sementara waktu, namun Apple membeli perusahaan yang didirikan Steve Jobs tersebut dan membuatnya kembali pada posisi sebelumnya saat di Apple.

Dengan idenya yang brilian dan tak biasa, ia mampu melakukan inovasi sehingga dunia bisa merasakan fasilitas yang ditawarkan dari produk-produk Apple diantaranya iPod, iPhone, iPad dan berbagai produk canggih lainnya.

Dengan ketekunan dan komitmen kuat untuk bangkit, Steve Jobs akhirnya meninggalkan warisan kepada dunia berupa berbagai penemuan dan inovasi teknologi yang membuat kehidupan manusia semakin dimudahkan.

“Giving up is the only sure way to fail.” – Gena Showalter

“Menyerah adalah satu-satunya cara pasti untuk gagal.”

 

#7 Yasa Singgih

Keadaan yang sulit ternyata membuahkan hasil yang luar biasa jika kita mau memanfaatkan peluang dan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya.

Inilah yang dilakukan oleh Yasa Singgih seorang miliarder muda Indonesia dengan bisnis garapannya yang mampu membawanya kepada puncak kesuksesan.

Tak hanya sukses dalam bisnis, ia juga menjadi inspirasi bagi para remaja dan pemuda Tanah Air akan kegigihannya dan jiwa pantang menyerah meskipun harus mengalami keterpurukan karena kerugian besar yang mewarnai kehidupannya.

Kisah Sukses Yasa Singgih, Pendiri Men's Republic 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif]

 

Sebelum mendirikan Men’s Republic, usaha bidang fashion-nya yang booming itu, sebelumnya Yasa Singgih mendirikan bisnis kedai kopi yang pada akhirnya mengalami kegagalan dan kerugian yang lumayan besar, yakni Rp150 juta.

Selang 2 tahun, ia mulai bangkit lagi dan melahirkan Men’s Republic yang menggabungkan brand, e-commerce dan juga lifestyle pria.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Alhasil, peluang bisnis ini mulai tumbuh, berkembang dan memiliki banyak peminat di Tanah Air dan membuat Yasa Singgih menjadi miliarder muda yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Menjadi miliarder sukses seperti Yasa Singgih tentu sangat berhati-hati dalam merencanakan keuangan mereka.

Perencanaan keuangan setiap jenjang usia tentu berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan di setiap jenjangnya. Miliki ebook Panduan Perencanaan Keuangan sesuai usia dari Finansialku berikut ini:

 

“I have not failed. I’ve just found 10,000 ways that won’t work.” – Thomas A. Edison

“Saya belum gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak akan berhasil.”

 

#8 Walt Disney

Dewasa ini, Disney memang dikenal sebagai sebuah perusahaan perfilman raksasa yang dapat mampu menghibur para pecinta film dan menghasilkan keuntungan yang luar biasa besarnya.

Mereka para penikmat film tentu merasa tidak percaya bahwa sebelumnya, sang pendiri yakni Walt Disney mengalami keterpurukan ketika studio animasi pertamanya harus dibubarkan dan ia tidak mampu membayar biasa sewa.

Bahkan, setelah pemutaran perdana film klasik Snow White yang mengalami kesuksesan, termasuk film lainnya seperti Pinocchio dan Fantasia, Walt Disney mengalami kegagalan secara finansial.

Orang Sukses Menang a03 Walt Disney - Finansialku

[Baca Juga: Bong Chandra: “Insting Terbentuk dari Beberapa Kali Kesalahan” Baca 40 Kata Bijak Lainnya]

 

Dapur pembuatan studio film Disney adalah tempat membuat berbagai karya imajinasi berkualitas tinggi dan film-film luar biasa yang hingga kini terus berada di hati para penggemarnya di seluruh penjuru dunia.

Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Selalu ada jalan keluar bagi mereka yang tekun mencari dan mengusahakannya. Inilah yang senantiasa dipegang oleh Walt Disney.

Ia mendorong dirinya sendiri untuk bangkit dan melanjutkan perjalanan yang ia yakini pada akhirnya ia akan mengalami kesuksesan melalui setiap karya yang ia hasilkan.

“No human ever became interesting by not failing. The more you fail and recover and improve, the better you are as a person. Ever meet someone who’s always had everything work out for them with zero struggle? They don’t exist.” – Chris Hardwick

“Tidak ada manusia yang menjadi menarik jika tidak mengalami kegagalan. Semakin Anda gagal, pulih dan membaik, semakin baik Anda sebagai pribadi. Pernah bertemu seseorang yang selalu memiliki segalanya dengan berhasil tanpa perjuangan? Tidak ada orang yang demikian.”

 

Seperti Apakah Lukisan Imajinasi Kesuksesan Anda?

Miliki keyakinan bahwa keberhasilan Anda sedang mengalami proses pemurnian dan pengujian melalui setiap kegagalan yang sedang Anda alami.

Mereka yang mampu tetap berdiri dan menantang diri untuk tetap berjalan menempuh kesuksesan akan menuai hasil pada akhirnya.

Apakah Anda salah satunya yang juga mampu kembali berlari meraih kesuksesan yang Anda imajinasikan?

Anda dapat membagikan artikel inspirasi di atas kepada teman-teman atau kenalan Anda yang membutuhkan inspirasi untuk bangkit dari kegagalan.

Selain artikel di atas, Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada orang-orang di sekitar Anda yang membutuhkan. Dengan membagikan artikel Finansialku, Anda sedang menebar kebaikan bagi orang lain.

 

Pernah mengalami kegagalan dan mampu berjuang untuk bangkit dari kekalahan?

Anda dapat menjadi inspirasi bagi orang lain melalui perjuangan usaha Anda yang berharga melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Ash Rao. 8 Maret 2018. 5 Inspiring Stories to Rise from Failure to Fabulous. Thriveglobal.com – https://goo.gl/pMNyEv
  • Jayson DeMers. 7 Juli 2015. Inspirational Lessons From the Failures of 4 Great Leaders. https://goo.gl/RbPcp6
  • William Arruda. 14 Mei 2015. Why Failure Is Essential To Success. https://goo.gl/5YLaJR
  • Money Smart. 25 Juli 2018. Bangkrut Bukan Akhir Segalanya! Tiru Cara 4 Miliarder Ini Deh. Moneysmart.id – https://goo.gl/7v1r1u

 

Sumber Gambar:

  • Tips Bisnis Miliarder – https://goo.gl/Wkj3fP
  • Isaac Perlmutter – https://goo.gl/xqKA7F
  • Stephen King – https://goo.gl/jJat2Q
  • Irwan Hidayat – https://goo.gl/BeYs1r