Moms, sudah tahu tips membeli perhiasan untuk berinvestasi?

Emas seringkali menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan modal investasi. Selain mudah didapat, emas merupakan investasi yang sifatnya useful karena bisa menjadi aksesoris untuk mempercantik diri.

Supaya Moms tidak salah dalam berinvestasi, simak dulu tips membeli perhiasan untuk investasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Tertarik Membeli Perhiasan Emas untuk Investasi? Simak Ini Dulu!

Berinvestasi emas sudah menjadi pilihan banyak orang, apalagi di kalangan kaum hawa. Selain berpotensi mendulang keuntungan, emas jenis perhiasan mampu mendukung penampilan agar terlihat lebih maksimal.

Seiring perkembangan zaman, emas kian mudah dimiliki dengan harganya yang cenderung stabil. Investasi emas dalam bentuk perhiasan cenderung menarik perhatian karena fungsi gandanya. Tapi sebaiknya Moms cari tahu dulu kelebihan dan kekurangan ketika investasi perhiasan emas.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sebagai informasi, perhiasan emas memang mudah ditemukan dan bisa menunjang penampilan.

Moms juga bisa membeli perhiasan emas dengan harga terjangkau sesuai dengan kemampuan. Bahkan dari berat yang kurang dari 1 gram dengan karat beragam mulai 18K, 22K, hingga 24K.

But anyway, Moms perlu tahu bahwa perhiasan emas memiliki nilai jual yang turun.

Mengapa? Karena saat kita membeli perhiasan di toko emas, kita akan membayar lebih tinggi untuk biaya proses pembuatannya. Tapi, ketika menjual biasanya toko emas hanya menghitung harga emasnya saja tanpa proses pembuatannya.

Itulah yang menyebabkan nilai emas mengalami penurunan.

Tips Membeli Perhiasan Untuk Investasi 01 Finansialku

[Baca Juga: Perhiasan Emas Apakah Bisa Dijadikan untuk Investasi?]

 

Besar biaya pembuatan emas menjadi perhiasan yang diproduksi secara massal (pabrik) sekitar 1-7 persen dari total harga emas.

Sementara, biaya pembuatan perhiasan emas oleh pengrajin rumahan atau yang menerima pesanan perorangan sekitar 15-20 persen.

Selain penurunan nilainya, perhiasan emas cenderung lebih cepat rusak karena intensitas pemakaian dan potensi lain yang dapat mengurangi daya tarik emas, seperti warnanya yang dapat berubah kusam.

So, agar investasi perhiasan tidak jadi merugi, sebaiknya Moms lebih teliti dan berhati-hati merawat perhiasan tersebut secara berkala agar keindahannya selalu terjaga dan nilainya tidak turun.

 

Inilah 5 Tips Membeli Perhiasan untuk Investasi

Menjadikan perhiasan emas sebagai investasi memang tidak ada salahnya, karena dapat menjadi tabungan fisik dan digunakan sebagai dana cadangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Tips Membeli Perhiasan Untuk Investasi 02 Finansialku

[Baca Juga: Sekaranglah Waktunya Ibu Rumah Tangga Berinvestasi, Moms Setuju?]

 

Walau harga jual perhiasan emas mengalami penurunan, tapi perhiasan emas mudah dijual baik dengan atau tanpa dokumen.

Ada baiknya, Moms juga perhatikan beberapa tips ini sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan emas sebagai investasi, check it out!

 

#1 Ketahui Harga Emas Hari Ini

Ketika Moms berencana untuk membeli perhiasan emas, sebaiknya ketahui dulu harga terbaru emas hari itu karena selalu berfluktuasi. Disarankan untuk membeli emas ketika harganya sedang tidak melambung tinggi alias turun.

Harga perhiasan terdiri dari harga emas per gramnya ditambah ongkos pembuatan yang biasanya masih bisa ditawar.

Jika Moms masih bingung untuk mulai berinvestasi emas, Finansialku siap untuk membantu melalui Ebook di bawah ini:

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#2 Perhatikan Kadar Karat

Semakin tinggi kadar karat, makin tinggi pula proporsi emas di perhiasan. Misalnya saja perhiasan emas 24 karat lebih tinggi kadar emasnya dibanding yang 18 karat.

Hanya saja emas 23 karat cenderung lunak sehingga perlu dicampur logam lain agar meningkat kekerasannya dan tahan lama bentuknya. Inilah alasan yang menjadikan perhiasan emas memiliki ongkos pembuatannya.

Menurut standar internasional, kadar kemurnian emas adalah sebagai berikut:

  • Komposisi emas 24 karat: emas murni (99,99%);
  • Komposisi emas 22 karat: 91,7% emas dicampur bahan lain 8,3% (biasanya perak);
  • Komposisi emas 20 karat: 83,3% emas;
  • Komposisi emas 18 karat: 75% emas;
  • Komposisi emas 16 karat: 66,6% emas;
  • Komposisi emas 14 karat: 58,5% emas;
  • Komposisi emas 9 karat: 37,5% emas.

 

#3 Pastikan Kondisi Emas yang Akan Dibeli

Selain kadar karatnya, saat membeli perhiasan emas juga harus jeli melihat kondisi secara keseluruhan. Pastikan tidak ada cacat, goresan, atau cuilan.

Misalnya untuk jenis gelang atau kalung, sebaiknya Moms pilih kunci yang berbentuk S, karena kunci tersebut lebih tahan lama dibandingkan kunci yang ditekan.

Yuk Simak Hal Penting Sebelum Investasi Emas Mahasiswa Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana: Investasi Logam Mulia ANTAM atau Perhiasan Emas ya ?]

 

Periksa juga apakah perhiasan emas tersebut masih meninggalkan noda-noda hijau atau tidak. Noda hijau berasal dari bahan kimia yang belum dicuci bersih dan bisa menyebabkan alergi untuk sebagian orang.

Kondisi perhiasan emas yang harus dipastikan juga mencakup modelnya. Ada baiknya membeli model emas yang trennya tidak akan berubah dalam beberapa tahun ke depan.

Hal ini lebih memudahkan saat akan menjual emas apalagi jika perhiasan tersebut memiliki sertifikat dan bukti pembelian yang jelas, karena akan membuat harga jualnya tetap tinggi.

 

#4 Pilih Toko Bereputasi Baik

PT Antam melalui situs logammulia.com memang menjadi patokan harga emas nasional. Tetapi, setiap toko emas masih memiliki kebebasan untuk memainkan harga.

Hal ini disebabkan harga emas di Indonesia belum mengalami standardisasi. Oleh karena itu, pilihlah toko yang memiliki reputasi yang baik dan dapat dipercaya.

 

#5 Hindari Membeli Perhiasan Berlapis Emas

Jangan sesekali membeli perhiasan berlapis emas untuk dijadikan investasi. Kenapa? Dari namanya saja sudah terlihat bahwa perhiasan ini bahan dasarnya bukan emas tetapi logam lain yang dilapisi emas.

Perhiasan berlapis emas biasanya perhiasan bukan emas yang permukaannya dilapisi emas dan kebanyakan kadarnya hanya 10 karat.

Selain karena bahan dasarnya, perhiasan jenis ini harus dihindari karena daya tahannya yang rentan, tergantung pada tebal dan tipisnya lapisan emas di permukaan. Semakin sering digunakan, lapisan emasnya kemungkinan bisa hilang sehingga tidak cocok untuk dijadikan investasi.

 

Investasi Perhiasan Emas Menguntungkan, Asal…

Moms, ketika berencana untuk berinvestasi emas usahakan rencana tersebut untuk jangka waktu yang panjang, bukan sekedar investasi jangka pendek. Sehingga, ongkos pembuatan saat kita membeli perhiasan emas bisa ditutupi seiring kenaikan harga emas di pasaran.

Investasi-Logam-Mulia-Emas-VS-Bitcoin-2-Finansialku

[Baca Juga: TTS: Kenali Istilah Investasi Emas Sebelum Anda Berinvestasi]

 

Profitnya memang cukup menjanjikan, tetapi perlu diimbangi dengan sabar dan selalu up to date akan informasi tentang emas itu sendiri supaya investasi Anda berhasil.

 

Moms, di tengah kebingungan anggota keluarga lain akan produk investasi saat ini, Anda akan menjadi orang yang pertama tahu di group WhatsApp Anda mengenai investasi emas dan ebook investasi emas.

Jadi, jangan lupa share artikel ini di group WhatsApp Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 20 Juni 2016. Tips Membeli Perhiasan Emas. Sahabatpegadaian.com – https://goo.gl/JzEtQP
  • Bunga D. Kusuma. 17 November 2016. Investasi Perhiasan Emas Tetap Bisa Bikin Untung Kok, Asal… Moneysmart.id- https://goo.gl/xmqW9R

 

Sumber Gambar:

  • Tips Membeli Perhiasan Untuk Investasi 1 – https://goo.gl/t4R4Dn
  • Tips Membeli Perhiasan Untuk Investasi 2 – https://goo.gl/WfhT2x