Sudah sejauh mana Anda memahami tentang transformational leadership?

Yuk… simak artikel Finansialku berikut ini untuk mendapat penjelasan beserta profil dari penganut gaya ini. Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengertian Transformational Leadership

Saat ini ada banyak pemimpin maupun calon pemimpin yang mempelajari transformational leadership atau kepemimpinan transformasional.

Gaya kepemimpinan tersebut dianggap mumpuni dalam memimpin sebuah lembaga ataupun organisasi dan telah diterapkan oleh pemimpin-pemimpin besar.

Bahkan seorang ahli yang bernama John C Maxwell pernah berkata kalau “cara terbesar untuk mempengaruhi suatu organisasi adalah untuk berfokus pada kepemimpinan transformasional”.

Hal ini membuktikan bahwa gaya kepemimpinan yang satu ini sepertinya perlu dipelajari oleh pemimpin.

Lalu sebenarnya apa itu transformational leadership itu?

Bagaimana Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tiru Gaya Transformational Leadership Dari Pemimpin Berikut]

 

Transformational leadership ialah pemimpin yang memiliki kemampuan untuk mentransformasikan secara optimal sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi untuk mencapai sebuah tujuan dan target yang telah ditentukan.

Pemimpin transformasional juga mampu mengubah mental dan perilaku pengikutnya menjadi lebih baik.

Menurut MacGregor Burns, terdapat dua unsur yang ada dalam kepemimpinan transformasional, yaitu “relasional” dan “berurusan dengan perubahan rill”.

Kepemimpinan ini akan terjadi ketika pemimpin dan pengikutnya saling mengangkat diri sehingga sampai pada tingkat-tingkat motivasi dan moralitas yang tinggi.

Pemimpin yang memiliki gaya transformasional juga akan mengajarkan dan mendorong para pengikutnya agar mereka juga bisa menjadi seorang pemimpin. Dan juga tentunya diharapkan dapat memberikan peran yang aktif dalam membuat sebuah gerakan perubahan.

12 Sifat Pemimpin yang Bisa Bikin Usaha Sukses 05

[Baca Juga: Servant Leadership: 9 Kualitas Ini WAJIB KAMU MILIKI]

 

Jadi kepemimpinan transformasional ini berbicara tentang para pemimpin beserta seluruh pengikutnya yang secara aktif ikut terlibat dalam proses perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Secara umum, kepemimpinan transformasional bisa terlihat dari ciri-ciri berikut ini:

  • Mendorong pengikut agar lebih mengutamakan kepentingan organisasi
  • Mendorong pengikut agar menyadari pentingnya hasil sebuah pekerjaan
  • Mendorong agar dapat mencapai kebutuhan yang lebih tinggi.

 

Kepemimpinan transformasional juga memiliki hubungan dengan kepemimpinan kharismatis, namun tidak berarti seorang yang kharismatis memiliki gaya transformasional, tetapi sebaliknya seorang pemimpin yang transformasional akan memiliki kharisma yang baik.

 

Pemimpin Besar yang Menganut Transformational Leadership

Ada begitu banyak pemimpin besar yang dikenal dengan kepemimpinan transformasionalnya, diantaranya ialah beliau-beliau ini:

 

#1 Mahatma Gandhi

Kalau berbicara soal pemimpin-pemimpin besar, tentu saja nama Mahatma Gandhi tidak akan pernah terlewatkan. Pemimpin asal India ini telah menyumbangkan begitu banyak jasa untuk negaranya.

Mahatma Gandhi juga merupakan sosok pemimpin transformasional yang mengajar dan membimbing para pengikutnya agar juga bisa menjadi pemimpin-pemimpin unggul yang mampu memainkan peranan aktif untuk mendukung gerakan perubahan di negaranya.

Gaya Kepemimpinan Ala Mahatma Gandhi yang Perlu Anda Tiru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Ala Mahatma Gandhi yang Perlu Anda Tiru]

 

Lebih luar biasanya lagi, Mahatma Gandhi juga mengedepankan nilai “non-kekerasan” yang memberi dampak besar pada lembaga-lembaga di India.

Setiap pengikutnya juga dibimbing untuk terlibat aktif dalam mencapai tujuan, dan menuntun mereka ke tingkatan moral yang lebih tinggi lagi. Hasilnya, para pengikut Mahatma Gandhi memiliki visi dan semangat yang sama dengan pemimpinnya.

Mereka pun secara sukarela berkorban untuk bangsanya yang saat itu sedang berjuang untuk memperoleh kemerdekaan dan kebebasan dari penindasan yang dilakukan oleh kolonial Inggris.

 

#2 Soekarno – Presiden RI ke-1

Soekarno atau yang sering dipanggil Bung Karno merupakan sosok pemimpin yang begitu melekat dihati masyarakat Indonesia hingga saat ini, dan bahkan kepemimpinannya begitu dikagumi oleh negara-negara lain.

Kata Kata Mutiara Pak Soekarno, Presiden Pertama RI 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Soekarno, Proklamator dan Presiden Pertama Indonesia]

 

Bung Karno juga termasuk pemimpin besar yang transformasional.

Hal ini sesuai dengan pendapat Marx atau Machiavelli yang mengatakan dalam makalahnya bahwa pemimpin transformasional ialah pemimpin yang mampu membentuk ulang situasi politik Indonesia dari satu keadaan kepada keadaan lain.

Tentu saja Bung Karno merupakan salah seorang yang telah melakukan hal itu, sebab dalam masa kepemimpinannya Indonesia telah mengalami begitu banyak perubahan, dari bangsa yang dijajah menjadi bangsa yang merdeka.

 

#3 Bacharuddin Jusuf Habibie – Presiden RI Ke-3

Selain dikenal dengan karya beliau yang begitu banyak memberi dampak kepada Indonesia, sosok Habibie juga merupakan seorang pemimpin yang berhasil menjadi pemimpin transformasional.

Kata Kata Mutiara BJ Habibie 05 - Finansialku

[Baca Juga: Habibie Pernah Membuat Rupiah Menguat dari Rp17.000 ke Rp6.500]

 

Hal ini tampak dari ketika menjadi orang no 1 di Indonesia, beliau tidak berusaha untuk mempertahankan kekuasaannya tetapi fokus dalam memberi perubahan kepada bangsa Indonesia, khususnya untuk menjadi demokrasi dan memiliki kebebasan.

Dan meskipun masa jabatan beliau berlangsung tidak lama, namun kebijakan-kebijakan yang telah ia buat menjadi tertular kepada banyak pemimpin lainnya, sehingga Indonesia hingga saat ini menjadi negara yang demokratis.

 

Jadilah Pemimpin yang Handal!

Sekarang Anda sudah lebih memahami tentang transformational leadership bukan? Semoga artikel ini menjadi salah satu pendorong Anda untuk menjadi seorang pemimpin yang lebih handal lagi.

Selain mempunyai kepemimpinan yang handal, seorang pemimpin yang baik juga harus bisa mengatur segala sesuatu dengan baik, termasuk keuangan.

Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk mengatur keuangan, tapi sebelum itu, ketahui dulu taktik yang benar soal mengelola keuangan.

Karena banyak orang nyatanya belum tahu bagaimana cara yang benar untuk mengelola keuangan agar kondisi keuangan tersebut sehat.

Oleh karena itu, lebih baik Anda membaca e-book Finansialku tentang mengatur keuangan pribadi dan bisnis yang bisa diunduh GRATIS dengan menekan tombol di bawah ini sekarang!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Kalau sudah dibaca, barulah Anda bisa mempraktekannya menggunakan aplikasi Finansialku, yang bisa diunduh di Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga!

 

Nah… jika Anda memiliki tanggapan ataupun pertanyaan seputar transformational leadership, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar dibawah ini.

Dan share artikel ini kepada teman ataupun kerabat Anda bila dirasa bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Analisis Kepemimpinan Transformasional dan Transaksional. penulisabcd.blogspot.com – https://bit.ly/2SKdjac
  • Tiardja Indrapradja. 30 November 2015. Kepemimpinan Transformasional (Transformation Leadership). kompasiana.com – https://bit.ly/3fvBxOW