Tren operasi plastik sudah muncul sejak abad 19. Di Korea Selatan sendiri, tren ini muncul sejak tahun 1961. Dahsyatnya, biaya operasi plastik sangat fantastis.

Operasi yang bertujuan untuk membentuk tubuh secara maksimal memang sangat disukai oleh para wanita, khususnya bagi mereka yang merasa bahwa penampilan mereka masih jauh dari kata proporsional.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kecantikan Sempurna: Dambaan Para Wanita

Kecantikan yang sempurna merupakan hal yang paling didambakan oleh setiap wanita. Wanita rela melakukan apa saja demi mendapatkan bentuk wajah dan tubuh yang menarik perhatian lawan jenisnya, salah satunya operasi plastik.

Kasus hoax yang sedang marak diberitakan saat ini, Ratna Sarumpaet, tidak jauh dari kata “operasi plastik”.

Adanya hal ini, ternyata semakin mengundang banyak perhatian orang akan prosedur operasi plastik yang sering dilakukan oleh para wanita.

Dilansir dari CNN Indonesia, aktivis Ratna Sarumpaet melakukan operasi plastik di Rumah Sakit Khusus Bedah Bina Estetika dengan nilai uang yang tidak sedikit, totalnya sampai Rp90 juta.

Jumlah tersebut tentu beragam, tergantung dari berbagai faktor. Semakin rumit dan kompleks tindakan yang dilakukan pun membuat biaya operasi plastik kian mahal.

Seperti yang diungkapkan oleh dokter ahli operasi plastik, Donna Savitry, mengungkapkan (Kamis, 4/10):

“Mungkin saja (harganya mencapai Rp100 juta). Ada multifaktor yang menyebabkanya (perbedaan harga).”

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah uang yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Jumlah tersebut hanya untuk bagian wajah.

Lalu, bagaimana dengan bagian tubuh lain?

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Biaya Operasi Plastik di Indonesia

Di Indonesia sendiri sudah banyak rumah sakit serta klinik khusus kecantikan yang menangani operasi plastik.

Biaya yang dipatok dari masing-masing tempat tentu berbeda, tergantung pada peralatan, kerumitan, dan bagian tubuh mana saja yang akan dioperasi.

Jika Anda berencana untuk melakukan operasi plastik, ada baiknya Anda merencanakan keuangan Anda, karena biaya operasi plastik perlu Anda siapkan sebaik-baiknya.

Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku lho untuk mendapatkan perhitungan akurat dan detail berapa uang yang perlu Anda siapkan.

 

Misalnya, jika Anda ingin melakukan operasi plastik hidung pada tahun depan yang membutuhkan biaya sekitar Rp15 juta rupiah, Anda bisa langsung menuliskan nominalnya di kolom yang sudah disediakan:

Rencana Keuangan Aplikasi Finansialku

 

Setelah mengisinya, Anda bisa langsung klik “Hitung”, maka berdasarkan hasil perhitungan aplikasi Finansialku, yaitu:

Rencana Keuangan Aplikasi Finansialku 1

 

Jumlah yang harus Anda kumpulkan dengan asumsi yang sudah tersedia ialah kurang dari Rp1.300.000 tiap bulannya.

Dengan mengetahui hal ini, Anda tentu bisa merencanakan jumlah uang yang harus terkumpul nantinya. Sangat membantu bukan?

Jika Anda belum memiliki aplikasinya, download langsung melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC Anda.

Selamat mencoba!

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Untuk besaran biaya, tentu harganya akan berbeda jika operasi dilakukan di bagian tubuh lain.

Berikut beberapa kisaran harga operasi plastik untuk negara Indonesia:

 

#1 Alis (Brow Lift): Berkisar Rp10 Juta

Hal yang paling sering menjadi perhatian para wanita ialah alis.

Banyak yang mengatakan bahwa alis merupakan mahkota ke dua bagi wanita setelah rambut. Tidak aneh apabila mereka rela melakukan apa saja demi bentuk alis yang sempurna.

Operasi alis cukup sering dilakukan oleh wanita Indonesia. Tujuan dari operasi brow lift adalah untuk memperbaiki posisi alis seperti sedia kala, sehingga lebih muda dan kencang.

Biaya yang perlu dipersiapkan untuk operasi brow lift di Indonesia berkisar Rp10 juta. Jumlah ini tentu bervariasi tergantung wilayah dan kerumitannya.

Tren Operasi Plastik 2 Finansialku

[Baca Juga: 27 Taman di Surabaya yang Sangat Cantik dan Cocok Untuk Foto Instagram]

 

#2 Kelopak Mata (Blepharoplasty): Berkisar Rp7 Juta – Rp30 Juta

Kelopak mata menjadi salah satu hak yang cukup jarang absen dari perhatian wanita. Banyak yang mengeluh karena tidak adanya lipatan pada bagian kelopak mata atas.

Salah satu cara yang sering dilakukan wanita ialah dengan menempelkan eyelid tape atau scotch tape di kelopaknya agar membentuk garis dan mengesankan matanya bulat dan besar.

Namun, banyak yang mengambil cara simple dengan melakukan operasi kelopak mata, atau biasa disebut dengan blepharoplasty.

Operasi jenis ini merupakan tindakan operasi untuk memperbaiki ataupun meremajakan kelopak mata atas supaya terlihat lipatan pada mata, sedangkan pada kelopak mata bagian bawah dilakukan dengan mengencangkan gelembung sekaligus menghilangkan keriputnya.

Di Indonesia besar biaya yang dikeluarkan berkisar antara Rp7 juta sampai Rp30 juta. Jumlah ini tergantung pada bagian kelopak mana saja serta wilayah dilakukannya tindakan.

 

#3 Hidung: Berkisar Rp9 Juta – Rp21 Juta

Hidung mancung menjadi dambaan setiap orang. Tidak hanya wanita, beberapa pria banyak yang tertarik untuk membuat hidungnya tampak lebih proporsional.

Operasi hidung merupakan salah satu jenis operasi yang paling sering dilakukan oleh warga Indonesia.

Besar biaya yang harus dikeluarkan berkisar Rp9 juta sampai Rp21 juta. Besar biaya ini tergantung pada jenis tindakan apa yang perlu dilakukan agar hidung Anda tampak lebih proporsional.

Tren Operasi Plastik 3 Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Kylie Jenner, Pengusaha Muda yang Kaya Raya]

 

#4 Pipi: Berkisar 12 Juta

Bentuk pipi setiap orang sangatlah beragam, salah satu yang sering muncul ialah pipi chubby. Jenis ini identik dengan ukuran tubuh yang besar.

Itu lah mengapa banyak wanita yang merasa risih akan jenis pipi yang sebenarnya menggemaskan ini.

Operasi pipi ditujukan untuk meniruskan pipi agar mendapat kesan kurus pada wajah dan tidak terlihat gemuk. Jenis operasi ini membutuhkan biaya sekitar Rp12 juta.

 

#5 Dagu: Berkisar Rp15 Juta – Rp24 Juta

Pipi dan dagu merupakan satu kesatuan yang harus diseimbangkan. Terkadang, pipi yang tirus akan terlihat aneh apabila bentuk dagu tidak sesuai.

Kondisi tersebut sering disebut tidak proporsional dan tidak cantik, sehingga biasanya para wanita akan melakukan operasi dagu agar bentuk dagu lebih lancip dari sebelumnya.

Untuk biayanya, dibutuhkan uang berkisar Rp15 juta sampai Rp24 juta. Jumlah ini berbeda dari pipi, sehingga demi bentuk wajah yang tirus perlu merogoh kocek yang lebih dalam lagi.

Tren Operasi Plastik 4 Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Memiliki 7 Dosa Dalam Keuangan? Cek Sekarang Juga!]

 

#6 Leher: Berkisar Rp3 Juta – Rp50 Juta

Leher menjadi hal yang tidak luput dari sorotan. Pasca operasi wajah biasanya kulit disekitar leher akan berubah menjadi agak kendur, sehingga memerlukan operasi leher untuk mengencangkan kulit disekitar leher.

Tujuan dari operasi ini untuk meremajakan dengan mengencangkan otot dan kulit agar terlihat jauh lebih segar dan muda.

Besar biaya yang dibutuhkan untuk melakukan operasi jenis ini berkisar antara 3 juta sampai 50 juta tergantung pada area dan kondisi leher tersebut.

 

#7 Facelift: Berkisar Rp50 Juta

Facelift sering ditemukan di beberapa klinik kecantikan di Indonesia. Hal ini biasanya banyak dilakukan oleh wanita paruh baya yang ingin memiliki wajah lebih muda, seperti saat remaja.

Operasi ini ramah didengar sebagai operasi anti penuaan atau operasi awet muda. Tindakan operasi semacam ini dilakukan pada area bagian pipi, leher, dagu, dan juga mengencangkan otot otot di wajah.

Di Indonesia, besar uang yang perlu dikeluarkan untuk operasi ini berkisar antara Rp50 juta. Jumlah ini tidak akan sama apabila dilakukan di tempat yang berbeda.

Tren Operasi Plastik 5 Finansialku

[Baca Juga: 5+ Pelajaran Penting dari Film Cinderella Dalam Menambah Kualitas Hidup]

 

#8 Payudara: Rp42 Juta – Rp50 Juta

Bagian terakhir yang tidak boleh sampai tertinggal oleh wanita ialah payudara. Banyak wanita menganggap operasi payudara perlu dilakukan, disamping kurang puas dengan ukurannya  sekaligus ingin menyenangkan pasangan hidupnya.

Tidak hanya menambah ukuran, pengencangan sering dilakukan agar tampak lebih proporsional. Untuk operasi ini, biaya yang perlu dikeluarkan berkisar antara Rp42 juta sampai Rp50 juta.

Semua tergantung pada kondisi dan ukuran yang diinginkan.

 

Tren Masa Kini: Operasi Plastik

Tren yang semakin berkembang nyatanya tidak menurunkan tren operasi plastik di berbagai kalangan. Semua rela merogoh kocek dalam-dalam, demi hasilnya yang sempurna.

Besaran biaya operasi plastik memang beragam. Hal ini dikarenakan faktor kerumitan,tindakan yang dilakukan, hingga obat yang dibutuhkan untuk melakukan prosedur operasi.

Di Korea Selatan sendiri, besar biaya di atas masih jauh lebih kecil. Kisaran biaya yang perlu dikeluarkan di sana jauh lebih mahal dikarenakan Korea Selatan merupakan pusat operasi plastik di dunia.

Bahkan tidak jarang warga negara Indonesia akan melakukan operasi plastik di sana agar hasilnya lebih maksimal.

Selain itu, banyak yang beranggapan bahwa hasil operasi plastik di Korea terkenal lebih halus dan natural dibanding di negara lain yang lebih murah.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda tertarik juga untuk melakukan operasi plastik?

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan seputar perencanaan keuangan? Silakan tinggalkan pesan Anda melalui kolom komentar di bawah ini! Terima Kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 4 Oktober 2018. Mau Operasi Plastik Kayak Ratna Sarumpaet? Ini Biaya Per Bagian Tubuh. Jawapos.com – https://goo.gl/CxFBzy
  • Admin. 7 Oktober 2018. Menakar Kisaran Besarnya Biaya Operasi Plastik. CNNindonesia.com – https://goo.gl/fhmS7S

 

Sumber Gambar:

  • Tren Operasi Plastik 1 – https://goo.gl/YUTTwp
  • Tren Operasi Plastik 2 – https://goo.gl/SAS4Zo
  • Tren Operasi Plastik 3 – https://goo.gl/z5gorZ
  • Tren Operasi Plastik 4 – https://goo.gl/BZrxQU
  • Tren Operasi Plastik 5 – https://goo.gl/owSRV2