Uang Recehan dari Kembalian Dapat Bermanfaat Jika Anda Kelola dengan Baik

Ternyata uang receh dari kembalian dapat bermanfaat apabila kita mengelola dengan baik. Berikut ini Tim Finansialku akan memberikan beberapa tips dan saran agar Anda dapat mengelola uang recehan dari kembalian yang Anda terima. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Uang Recehan Disepelekan

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam menyimpan uang recehan hasil kembalian di dalam kantong atau di dalam dompet Anda. Uang-uang receh tersebut seringkali membuat kita tidak nyaman ketika membawanya, selain dapat menggembungkan dompet dan membuatnya rusak, selain itu apabila terlalu banyak membawa uang recehan di dalam kantong sepertinya kurang praktis. Ditambah lagi, apabila di keramaian uang-uang recehan yang berupa logam itu terjatuh. Rasanya kan malu dilihat banyak orang. Seringkali uang-uang receh disepelekan dan terkadang ketika mendapat kembalian uang receh, kita dengan sembarangan menyimpannya dimana saja tanpa menghiraukannya. Sangat jauh berbeda perlakuannya ketika kita memiliki uang kertas terutama dengan nominal yang besar. Pasti Anda akan meyimpannya dengan baik di dalam dompet atau bahkan di dalam bank.

Uang Recehan dari Kembalian Dapat Bermanfaat Jika Anda Kelola dengan Baik 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana: Menabung di Deposito Bank atau Menabung di Saham Bank?]

 

Berbagai Manfaat Uang Recehan

Ternyata, uang recehan itu tetap ada gunanya lho. Setidaknya uang logam itu tetap saja uang yang menjadi alat tukar yang sah walaupun nilai nominalnya kecil. Apa saja kegunaan dari uang-uang recehan yang terkadang kita spelekan? Berikut ini Finansialku akan memaparkannya untuk Anda.

 

#1 Uang Recehan Bermanfaat bagi Pengusaha Kecil/Warung

Apabila Anda mendapatkan uang-uang receh di rumah Anda, sebaiknya Anda mengumpulkannya di suatu wadah khusus tempat uang receh. Anda dapat menyiapkan satu toples khusus untuk mewadahinya. Setiap kali Anda mendapatkan kembalian uang recehan berupa logam, sesampainya di rumah, segeralah masukkan ke dalam wadah toples khusus uang recehan tersebut. Ketika sudah terkumpul banyak, Anda dapat menukarkannya kepada pengusaha kecil seperti warung. Tahukah Anda bahwa para pengusaha di warung tersebut terkadang kesulitan memberikan kembalian yang berupa uang receh. Terkadang mereka mengganti kembalian recehan tersebut dengan permen. Dengan Anda menukarkan uang recehan tersebut, Anda dapat menolong para pengusaha warung tersebut sekaligus tidak menyia-nyiakan uang recehan Anda.

Para Karyawan Harus Tahu 9 Cara Menabung untuk Membeli Rumah 1 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan Harus Tahu 9 Cara Menabung untuk Membeli Rumah]

 

#2 Berikan pada Fakir Miskin atau Dipergunakan untuk Membayar Parkir

Apabila Anda memiliki rasa sosial dan kepedulian yang tinggi, melalui uang recehan yang Anda dapatkan dari kembalian belanja, Anda dapat menyisihkannya dan menaruhnya di mobil atau motor dan memberikan kepada fakir miskin serta orang-orang yang tidak seberuntung Anda di pinggir jalan. Anda dapat beramal kepada mereka. Selain itu, ketika Anda memarkirkan mobil atau motor Anda, uang recehan tersebut juga dapat digunakan untuk membayar uang parkir. Anda tidak perlu merogoh dompet Anda untuk membayar parkir dengan uang kertas.

 

#3 Kumpulkan & Tukarkan ke Bank

Sedikit-sedikit, lama kelamaan menjadi bukit. Peribahasa yang sudah tak asing lagi di telinga kita bukan? Demikian juga uang recehan yang kita dapat. Setelah Anda mengumpulkan pada sebuah wadah khusus, luangkan waktu Anda sejenak untuk menyatukan antara uang recehan Rp100, Rp500 dan Rp1.000 sesuai dengan nominalnya. Misalnya uang recehan Rp100 Anda kumpulkan 10 keping lalu direkatkan dengan selotip. Uang Rp500 Anda kumpulkan 10 keping lalu direkatkan dengan selotip. Demikian juga dengan uang recehan Rp1.000. Setelah terkumpul banyak, Anda dapat menukarkannya dengan uang kertas kepada pihak bank. Selain itu, uang recehan tersebut dapat menjadi sarana Anda melakukan investasi juga lho. Tak terasa apabila dikumpulkan, pasti hasilnya akan terus bertambah.

6 Tips dan Trik Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Menabung 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Tips dan Trik Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Menabung]

 

#4 Uang Recehan Menjadi Sarana Belajar Menabung bagi Anak

Apabila Anda memiliki anak ataupun keponakan, Anda dapat mengajarkan kepada mereka kebiasaan menabung sejak dini melalui uang recehan yang Anda dapatkan melalui kembalian belanja. Biarkan anak-anak Anda berkembang dan memiliki kebiasaan untuk menabung sejak dini.

 

#5 Manfaatkan Uang Logam Sebagai Peredam Panas Laptop

Sebuah studi di Jepang mengungkapkan bahwa kandungan tembaga yang ada dalam logam recehan tersebut sangat baik sekali sebagai konduktor panas daripada aluminium di laptop. Cara ini sudah dilakukan oleh beberapa orang dan hasilnya temperatur dari panas laptop menurun.

Kenapa Menabung Terlalu Banyak untuk Dana Pensiun Bisa Jadi Kesalahan Besar 1 - Finansialku

[Baca Juga: Kenapa Menabung Terlalu Banyak untuk Dana Pensiun Bisa Jadi Kesalahan Besar?]

 

#6 Uang Recehan Berguna Saat Genting

Pernahkah Anda mengalami masa-masa genting ketika tidak ada uang untuk memberi sesuatu dan uang Anda ada di bank atau harus mengambil ke ATM. Uang recehan Anda di rumah dapat berguna untuk membeli makanan di warung tanpa Anda harus pergi ke ATM. Beberapa kejadian serupa juga biasa dialami oleh anak-anak kosan atau para first jobber yang bekerja di luar kota dan jauh dari saudara atau keluarga. Saat akhir-akhir bulan ketika dompet sudah menipis, uang recehan Anda dapat sangat berguna di saat-saat genting tersebut. Berskyukurlah karena Anda masih memiliki uang-uang recehan tersebut.

 

#7 Uang Logam Saat Ini dapat Menjadi Barang Koleksi Masa Depan

Tidak menutup kemungkinan pada masa mendatang ketika perkembangan uang sudah berubah, setiap uang lama dapat menjadi incaran para kolektor uang kuno. Uang-uang recehan Anda dapat bernilai lebih tinggi dari nominalnya pada waktu-waktu tertentu di masa mendatang. Jadi jangan sepelekan ketika Anda mengumpulkan uang recehan saat ini.

Slide Perencanaan Keuangan Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Uang Recehan pun Bermanfaat

Tidak ada salahnya memiliki uang recehan terutama berupa uang logam yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna sekali. Tidak akan ada uang Rp1 juta tanpa ada nominal terkecil Rp100. Tunggu apa lagi? Segeralah kumpulkan uang recehan Anda dan jangan sia-siakan berkat Tuhan melalui uang recehan tersebut. Anda pasti memerlukannya!

 

Apakah Anda gemar mengumpulkan uang recehan atau bahkan sebaliknya tidak menghiraukannya? Berikan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel-artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • 2 Juli 2015. 7 Cara Mengelola Uang Receh Agar Bermanfaat. Cermati.com – https://goo.gl/Vdl0yf
  • Meily Rohmatun. Uang Receh Jangan Disepelekan. 9 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapat Jika Rutin Dikumpulkan. Hipwee.com – https://goo.gl/o8mQPL

 

Sumber Gambar:

  • Uang Receh – https://goo.gl/zN5nQ1
  • Anak Menabung Uang Receh – https://goo.gl/ZR1VGu

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-04-26T14:05:17+00:00 April 21st, 2017|Categories: Keuangan, Perencana Keuangan, Uang|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download