Ingin tahu peluang bisnis waralaba salah satu pusat kebugaran terbesar di Indonesia, Gold’s Gym?

Saat ini, di Indonesia gaya hidup sehat tengah digandrungi, baik oleh anak muda maupun orang dewasa. Tak heran pusat kebugaran semakin menjamur untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Apa itu Bisnis Waralaba?

Bisnis waralaba atau yang dikenal sebagai franchise merupakan model bisnis di mana pemilik merek dagang (franchisor) menjual hak atau lisensi bisnisnya kepada pihak kedua (franchisee) yang bentuknya adalah pemberian izin dari pemakaian merek dan sistem operasional dalam jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Sementara itu menurut Hukum Pemerintah Indonesia, waralaba adalah perikatan yang salah satu pihaknya diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

 

Bisnis Waralaba: Apakah Menguntungkan?

Di Indonesia, model bisnis waralaba ini banyak menarik perhatian para pengusaha, baik itu pemula maupun pengusaha yang sudah berpengalaman di bidang ini.

Pasalnya, konsep bisnis waralaba ini memungkinkan seseorang yang memiliki modal tapi tidak berpengalaman dalam membangun bisnis sendiri untuk memiliki sebuah usaha yang menguntungkan.

Bisnis Franchise Green Nitrogen 02 Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Peluang Bisnis Waralaba Ace Hardware]

 

Potensi keuntungan dari bisnis ini sangat besar, karena merek yang diperdagangkan sudah memiliki banyak cabang sehingga telah dikenal oleh masyarakat luas.

Kualitas sistem operasionalnya pun tak perlu diragukan lagi, karena sudah dirancang sedemikian rupa oleh franchisor.

Berikut ini adalah keuntungan dari berbisnis waralaba:

 

#1 Manajemen Bisnis Telah Terbangun

Bisnis waralaba memberikan keuntungan untuk berbisnis di bawah bendera bisnis lain yang sudah memiliki reputasi yang bagus. Ide, penamaan dan manajemen suatu bisnis telah diuji coba sebelumnya dan siap untuk diimplementasikan pada lokasi yang baru.

 

#2 Sudah Dikenal Masyarakat

Seperti yang telah dipaparkan di atas, pemasaran bisnis waralaba cenderung lebih mudah, karena bisnis sebelumnya lebih dahulu dikenal masyarakat. Dengan kata lain, biaya dan tenaga yang diperlukan untuk membangun reputasi bisnis tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan dengan membangun bisnis baru.

 

#3 Manajemen Finansial yang Lebih Mudah

Pengusaha cenderung lebih suka untuk membeli waralaba yang sudah kokoh dari segi finansial dan jaringan pemasaran. Dengan menggunakan bisnis waralaba, sistem manajemen finansial telah ditetapkan oleh franchisor, sehingga Anda tidak akan dipusingkan dengan manajemen finansial seperti membangun bisnis baru.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#4 Kerja Sama Bisnis Telah Terbangun

Franchisee bisa mendapatkan keuntungan kerja sama yang telah terbangun sebelumnya oleh franchisor. Contohnya, kerja sama dengan pemasok bahan baku, pihak periklanan dan juga pemasaran.

 

#5 Dukungan dan Keamanan yang Lebih Kuat

Pemilik waralaba biasanya akan memberikan pelatihan seperti manajemen finansial, pemasaran, periklanan dan lain-lain. Hal seperti ini biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian waralaba.

 

Di Indonesia sendiri kategori bisnis waralaba sangat beragam, yaitu:

  1. Otomotif,
  2. Makanan dan minuman,
  3. Laundry dan jasa kebersihan,
  4. Furnitur, properti, konstruksi,
  5. Jasa pendidikan dan pelatihan,
  6. Hiburan dan hobi,
  7. Penginapan dan travel,
  8. Komputer, internet, dan teknologi,
  9. Kesehatan dan kecantikan,
  10. Retail,
  11. Anak dan balita,
  12. dan masih banyak lagi.

 

Bahkan terhitung per September 2016, Indonesia memiliki 698 waralaba yang terdaftar di Kementerian Perdagangan. Angka itu tentunya sudah naik pesat di tahun 2018 ini.

Jadi, tertarik kah Anda untuk memulai bisnis waralaba? Jika iya, mari simak penjelasan terkait bisnis waralaba kesehatan yang sedang banyak diminati oleh kaum metropolitan di Indonesia.

 

Pusat Kebugaran

Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.”

 

Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat, karena seperti perkataan di atas, di dalam fisik yang sehat terdapat mental yang kuat.

Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga.

Olahraga bisa dilakukan berbagai cara, seperti jogging di pagi hari, berenang di akhir pekan, melakukan yoga di rumah, dan masih banyak lagi.

Namun, karena kesibukan tinggi dan waktu yang sempit, banyak orang yang memilih untuk mengunjungi pusat kebugaran.

Waralaba-Gold's-Gym-1-Finansialku

[Baca Juga: 5 Bisnis Waralaba Kurir yang Menjanjikan: J&T, JNE, SiCepat, TIKI, Wahana]

 

Pusat kebugaran pun menjadi destinasi para kaum urban dengan tingkat kesibukan tinggi untuk tetap memiliki tubuh yang sehat. Pasalnya, pusat kebugaran ini buka dari pagi hingga malam hari.

Selain untuk alasan kesehatan, pusat kebugaran juga menjadi tempat berlabuh bagi orang-orang yang ingin menurunkan kelebihan berat badan ataupun membentuk badan agar lebih berotot.

Baik wanita maupun lelaki Indonesia mendambakan tubuh yang ideal. Itulah mengapa pusat kebugaran di Indonesia terus berkembang sejak awal 2000-an.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Kebutuhan dan kesadaran masyarakat Indonesia terkait kesehatan tersebut mendorong munculnya pusat kebugaran dengan fasilitas yang menunjang, salah satunya ialah Gold’s Gym.

Seperti yang dikutip dari Swa.co.id (20/07/2015), President Director Gold’s Gym Indonesia Corne van Zyl menyatakan keinginan Gold’s Gym Indonesia untuk memenuhi kebutuhan tersebut:

“Kami ingin memuaskan kebutuhan individu maupun keluarga akan kesehatan. Kami menghadirkan lingkungan yang mendukung penuh orang yang berkomitmen terhadap kesehatannya.”

 

Pusat Kebugaran Gold’s Gym

Gold’s Gym merupakan pusat kebugaran yang didirikan oleh Joe Gold, binaragawan ternama asal Amerika Serikat pada tahun 1965 di Venice, California, AS.

Satu dekade setelah didirikan, pusat kebugaran ini mencuri perhatian banyak orang setelah dirilisnya film Pumping Iron yang menampilkan aktor Hollywood yang populer akan tubuh berototnya, Arnold Schwarznegger.

Waralaba-Gold's-Gym-2-Arnold-Schwarzenegger-Finansialku

[Baca Juga: 4 Bisnis Waralaba Toko Ritel yang Menjanjikan: Alfamart, Alfamidi, Indomaret, dan Lion Express]

 

Setelah mendulang popularitas berkat film dokumenter tentang kehidupan binaragawan tersebut, pusat kebugaran Gold’s Gym pun memperluas bisnisnya dengan membuka peluang bisnis waralaba pada 1980.

Kini, Gold’s Gym menjadi jaringan pusat kebugaran internasional terbesar di dunia dengan hampir 3 juta anggota di lebih dari 750 klub di 35 negara di seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

Gold’s Gym masuk ke pasar Indonesia pada tahun 2007 di bawah naungan PT Fit And Health Indonesia milik Francis Wanadi.

Sejak awal 2000-an, tak bisa dipungkiri bahwa pusat kebugaran semakin menjamur di Indonesia.

Pelaku bisnis di industri ini melihat peluang dari gaya hidup masyarakat perkotaan yang sadar akan kesehatan dan penampilan fisik. Tak sedikit yang rela merogoh kantong dalam-dalam untuk bergabung dengan pusat kebugaran.

Waralaba-Gold's-Gym-4-Finansialku

[Baca Juga: Ingin Beli Waralaba? Siapkan Modal Waralaba dengan Aplikasi Finansialku]

 

Hingga kini, pusat kebugaran raksasa ini telah membuka 18 klub yang tersebar di 5 kota, yakni Jakarta, Surabaya, Tangerang, Bekasi, dan Bandung.

Per akhir 2015, tercatat bahwa Gold’s Gym Indonesia memiliki anggota aktif sekitar 80 ribu orang, menjadikannya sebagai salah satu brand pusat kebugaran terbesar di industri fitness Indonesia, yang bersaing dengan brand besar lain seperti Rai Fitness, Maxima Fitness, dan Celebrity Fitness.

 

Visi dan Misi

Dilansir dari website resmi Gold’s Gym Indonesia, Gold’s Gym ada untuk membantu orang-orang mewujudkan tujuan mereka dan menemukan kekuatan batin mereka.

Dengan alat-alat yang lengkap, fasilitas yang beragam, suasana yang nyaman, hingga bantuan pelatih profesional, Gold’s Gym yakin konsumen akan termotivasi untuk mencapai tujuan mereka, baik sekadar memiliki tubuh yang bugar hingga memiliki berat badan yang ideal.

Seperti yang dilansir dari Bola.com (20/12/2017), Chief Operating Officer Gold’s Gym, David Posser menyatakan:

“Tujuan awal Gold’s Gym sebetulnya sederhana, kami hanya ingin membuat masyarakat Indonesia lebih peduli akan kesehatan. Komitmen tersebut terus kami lakukan hingga 10 tahun ini. Indonesia masih memiliki angka yang cukup tinggi di UNESCO sebagai negara dengan risiko kematian yang tinggi hingga mencapai 70 persen.”

 

Komitmen untuk membuat masyarakat Indonesia lebih sehat ini diwujudkan dengan aksi Gold’s Gym meningkatkan olahraga tanah air dengan mensponsori beberapa atlet yang ada di Komite Olahraga Indonesia (KOI).

Selain para atlet di KOI, Gold’s Gym juga mensponsori tiga klub besar basket di Indonesia yakni Satria Muda Pertamina, Garuda Bandung, serta Merpati Bali. Gold’s Gym mendukung ketiga klub tersebut dengan menyediakan fasilitas club secara gratis.

Tak sampai di situ, Gold’s Gym juga menjadi sponsor bagi atlet-atlet yang bakal berlaga pada Asian Games 2018 mendatang.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Fasilitas yang Ditawarkan

Fasilitas kebugaran yang disediakan di klub Gold’s Gym sangat beragam, mulai dari cardio equpiment, jogging track, kinesis, sauna, swimming poololympic games, basketball court, futsal area, boxing ring, hingga ladies only area.

Anda juga dapat merasakan kenyamanan fasilitas penunjang lainnya, seperti locker room, spa, juice bar, dan masih banyak lagi.

Waralaba-Gold's-Gym-6-Finansialku

[Baca Juga: Carvil, Waralaba Sukses Mempertahankan Gelar “Tetap yang Terbaik”]

 

Gold’s Gym juga menawarkan berbagai kelas kebugaran yang dapat diikuti oleh member-nya, antara lain Body Combat, Shbam, Zumba, Latina, Belly Dance, hingga pelatihan yang lebih menenangkan seperti Yoga, Pilates, Body Balance, atau Jukari.

Untuk memanjakan para member, Gold’s Gym juga menyediakan area lounge Gold’s Gym Café dengan fasilitas Wi-Fi gratis.

Anda juga bisa berkonsultasi langsung di nutrition center untuk mendapat bimbingan terkait pola makan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Tarif Keanggotaan

Ada dua jenis keanggotaan yang ditawarkan Gold’s Gym yaitu single club membership dan all club membership. Harga yang ditawarkan sendiri  sekitar Rp400.000 ke atas per bulan (tergantung paket yang diambil).

Seperti dikutip dari Goldsgym.co.id, biaya administrasi pusat kebugaran ini adalah Rp648 ribu. Selain membayar biaya administrasi, setiap bulan ada iuran membership dengan harga:

  • Single Club Membership: Rp280 ribu per bulan
  • All Club Membership: Rp495 ribu per bulan

 

Kabar baiknya, Gold’s Gym menerapkan sistem one price for lifetime yang berarti iuran per bulan tidak akan pernah naik walaupun pusat kebugaran ini berkembang. Tarif hanya naik untuk anggota baru yang akan mendaftar.

Gold’s Gym juga menyediakan jasa Personal Trainer (PT). Salah satu manfaat penting dengan menggunakan jasa PT adalah mereka dapat memberikan pengetahuan, pembelajaran teknik yang benar, dan fungsi dari latihan yang Anda lakukan.

Berikut adalah daftar harganya

  • Untuk 3 sesi: Rp900 ribu
  • Untuk 5 sesi: Rp1,2 juta
  • Untuk 8 sesi: Rp2 Juta

 

Modal Waralaba dan Omzet Waralaba Gold’s Gym

Direktur Gold’s Gym Indonesia, Francis Wanandi, optimis peluang industri kebugaran akan terus berkembang di Indonesia. Karena menurutnya, saat ini fitness telah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia segala usia:

“Pola hidup consumer Indonesia sudah sedikit berubah. Kesadaran akan pola hidup sehat meningkat terutama di kalangan menengah ke atas. Kebugaran juga menjadi salah satu gaya hidup anak-anak muda dan para eksekutif, sehingga kami melihat ada peluang pasar, bahwa industri fitness cukup diminati di masa depan.”

 

Francis mengungkapkan, omzet yang ia peroleh dari klub-klub kebugaran yang dimilikinya mencapai Rp600 juta sampai Rp3 miliar per bulan.

Namun, Francis tidak pernah mengungkapkan besaran modal yang ia butuhkan untuk membeli lisensi pusat kebugaran asal Amerika Serikat ini.

Tapi menurut data yang dilansir dari laman franchising.goldsgym.com, besaran modal yang harus diinvestasikan untuk satu klub berkisar dari US$2.218.250 hingga US$5.000.500 (setara dengan Rp30,6 miliar hingga Rp69 miliar).

Gold’s Gym pusat juga memiliki persyaratan ketat bagi calon franchisee-nya, di mana calon investornya tersebut harus memiliki kekayaan bersih sebesar US$1.000.000 (setara dengan Rp13,8 miliar) dan memiliki dana likuid sebesar US$40.000 (setara dengan Rp552 juta).

*Catatan: Kurs 1 US$ = Rp13.811

 

Penghargaan yang Didapat

Sejak pembukaannya di tahun 2007 hingga saat ini, Gold’s Gym Indonesia telah menyabet berbagai penghargaan, baik yang berasal dari Gold’s Gym internasional, maupun penghargaan bagi pusat kebugaran umum. Berikut daftar penghargaan yang diraih oleh Gold’s Gym Indonesia:

Tahun Penghargaan
2007
  • Best International Gym – Gold’s Gym Convention Award 2007
2008
  • Master Franchise Award (CEO of Gold’s Gym Indonesia, Francis Wanandi) – Gold’s Gym Convention Award 2008
2009
  • Best International Gym Award: Gold’s Gym MOI – Gold’s Gym Convention Award 2009
2010
  • Top Brand Award 2010 – Fitness Centre Category
2012
  • Gold’s Gym 5th Anniversary – MURI Record Breaking (Kelas GGX dengan Varian Terbanyak)
  • Best Marketing Program (Gold’s Gym Grand City) – Gold’s Gym Convention Award 2012
  • Top Brand Award 2012 – Fitness Centre Category
2013
  • Visionary of the year (CEO of Gold’s Gym Indonesia, Francis Wanandi) – Gold’s Gym Convention Award 2013
  • Top Brand Award 2013 – Fitness Centre Category
2014
  • Master Franchise Award (CEO of Gold’s Gym Indonesia, Francis Wanandi) – Gold’s Gym Convention Award 2014
  • Top Brand Award 2014 – Fitness Centre Category 
  • Digital Marketing Award – Best Performing Website, Fitness Centre Category 
2015
  • Bronze, Wow Brand Award – Fitness Centre Category

 

Tertarik untuk Berbisnis Bersama Gold’s Gym?

Apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih jauh terkait peluang bisnis bersama Gold’s Gym, Anda bisa langsung mendatangi kantor pusat Gold’s Gym di alamat berikut:

Gold’s Gym Indonesia
Jl. Tanah Abang II no.19
Petojo Selatan,
Jakarta Pusat 10160

 

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis yang solid dan terjamin.

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai waralaba Gold’s Gym atau pusat kebugaran lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Gold’s Gym. About Gold’s Gym. Goldsgym.co.id – https://goo.gl/ThtmMU
  • Gold’s Gym. Entrepreneur.com – https://goo.gl/jLd7vG
  • Andhika Putra. 21 Desember 2017. Perjalanan 10 Tahun Gold’s Gym Menyehatkan Masyarakat Indonesia. Bola.com – https://goo.gl/xouyn1
  • https://goo.gl/2QbHdj
  • Yeffrie Yundiarto Prahadi. 20 Juli 2015. Gold’s Gym Sasar Komunitas. Swa.co.id – https://goo.gl/2QbHdj
  • Ani Mulyani. 7 Mei 2015. Kebugaran: peluang bisnis dari tubuh berpeluh. BBC.com – https://goo.gl/48VMzG
  • Admin. Keuntungan dan Kekurangan Bisnis Waralaba. Franchise-expo.co.id – https://goo.gl/RvrFWY

 

Sumber Gambar:

  • Gym – https://goo.gl/MqBRBu
  • Arnold Schwarzenegger – https://goo.gl/QiFDAL
  • Gold’s Gym – https://goo.gl/57f247
  • Gold’s Gym 2 – https://goo.gl/uZzQtn
  • Gold’s Gym 3 – https://goo.gl/jRTdNv