Lebih Hemat Mana: Beli Alat Fitness Sendiri Atau Ikut Membership Gym?

Lebih hemat mana, beli alat fitness sendiri atau ikut membership gym? Apakah Anda ingin punya bentuk badan ideal dan sehat? Berolahraga bisa menjadi salah satu solusinya. Contohnya adalah dengan mengikuti membership gym. Tapi terkadang muncul kendala, yaitu biayanya yang mahal. Apa lebih baik beli alat fitness sendiri ya? Mari kita lihat lebih hemat mana: beli alat fitness sendiri atau ikut membership gym.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Benar Gak Sih Fitness itu Harus Mahal?

“Haduh, buat apa sih nge-gym? Sudah mahal, bikin capek lagi.” Bagi sebagian orang, berolahraga itu hanyalah buang-buang uang dan bikin capek. Tapi kesehatan memang nyatanya mahal lho. Kalau tidak dijaga dari sekarang, kapan lagi? Nge-gym bisa dijadikan salah satu rutinitas untuk mencapai tubuh sehat dan bentuk tubuh ideal, tetapi terkadang biayanya mahal. Terlebih jika Anda sibuk bekerja, alhasil jarang nge-gym dan uang terbuang sia-sia.

Lebih Hemat Mana Beli Alat Fitness Sendiri Atau Ikut Membership Gym 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan]

 

Lantas, mengapa tidak beli alat fitness sendiri saja? Praktis kan, Anda bisa nge-gym di rumah sepulang kerja. Tetapi gosipnya, alat fitness itu mahal-mahal. Jadi sebenarnya lebih hemat mana? Beli alat fitness sendiri atau ikut membership gym? Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan membantu Anda membandingkan keduanya untuk mengambil keputusan.

 

Alternatif 1: Ikut Membership Gym

Jika Anda tidak mau repot, membership gym memang paling praktis. Tinggal datang ke gym, olahraga, mandi, lalu pulang. Tetapi benar tidak sih biayanya mahal? Coba kita lihat yuk beberapa fasilitas dan biaya membership gym di bawah ini:

 

#1 Gold’s Gym

Beberapa kelas yang tersedia di Gold’s Gym antara lain Body Combat, Sh’bam, Zumba, Latina, Belly Dance, hingga Yoga, Pilates, Body Balance, atau Jukari. Sedangkan fasilitas kebugaran yang disediakan seperti jogging track, kinesis, sauna, swimming poololympic games, basketball court, futsal area, hingga ladies only area.

Seperti dikutip dari Goldsgym.co.id, biaya administrasi Gold’s Gym adalah Rp648 ribu. Selain membayar biaya administrasi, setiap bulan ada iuran membership dengan harga:

  • Single membership: Rp280 ribu per bulan.
  • Club membership: Rp495 ribu per bulan

 

Lebih Hemat Mana Beli Alat Fitness Sendiri Atau Ikut Membership Gym 03 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Dengan Adanya Kewajiban Menggunakan BPJS Kesehatan, Apakah Kita Harus Tetap Memiliki Asuransi Swasta?]

 

Kabar baiknya, Gold’s Gym menerapkan sistem one price for lifetime yang berarti iuran per bulan tidak akan pernah naik walaupun gym ini berkembang. Tarif hanya naik untuk anggota baru yang akan mendaftar.

 

#2 Celebrity Fitness

Celebrity Fitness merupakan sebuah pusat kebugaran yang mewah dan berkelas, namun mengambil konsep minimalis. Beberapa fasilitasnya mencakup kelas body combat, RPM classbody pump, hingga body hit. Ada juga kelas untuk penggemar olahraga yang menenangkan diri seperti yoga class yang meliputi pilates, hatta yoga, vinyasa, basic, dan floating. Anda pun juga dapat mengikuti kelas capoeira dan mamba dance. Nah, fasilitas pelengkap yang disediakan oleh Celebrity Fitness meliputi kelengkapan alat olahraga, locker room, shower room, sauna, dan restroom untuk mandi.

Menurut Celebrityfitness.com, terdapat tiga jenis keanggotaan di Celebrity Fitness dengan harga yang berbeda pula, yaitu one club, merah putih club, dan VIP club.

Untuk biaya administrasi pada Celebrity Fitness, dipatok harga Rp199 ribu hingga Rp446 ribu, tergantung jenis keanggotaan yang dipilih. Serupa dengan Gold’s Gym, terdapat juga biaya iuran bulanan sebesar:

  • Onedan merah putih club: Rp580 ribu per bulan
  • VIP club: Rp625 ribu per bulan

 

Masih banyak alternatif fitness center lainnya. Anda juga bisa menghubungi gym terdekat dengan rumah Anda untuk mengecek harga dan fasilitas yang ditawarkan.

 

Disclaimer: Penyebutan merek tempat gym hanya bertujuan untuk sarana edukasi, bukan kepada tujuan lainnya. Finansialku tidak berafiliasi dengan merek-merek tersebut.

 

Alternatif 2: Beli Alat Fitness Sendiri

Jika Anda sibuk bekerja lembur setiap hari, maka mungkin membership gym bukanlah solusi yang tepat bagi Anda. Anda bisa mencoba untuk membuat gym di rumah dengan membeli alat fitness sendiri. Tapi bagaimana dengan biayanya? Jika Anda keburu kaget melihat harga alat-alat fitness dan membership gym. Jangan langsung menyerah berolahraga. Masih ada kok tips untuk bikin gym di rumah dengan modal di bawah Rp1 juta. Penasaran gimana caranya? Mari kita lihat tips-tips di bawah ini:

 

#1 Portable Pull Up Bar Murah: ± Rp175.000

Jika Anda ingin membentuk otot punggung sayap dan bisep menjadi kencang, Anda bisa melakukan latihan pull up bar. Untuk menghemat biaya, coba gunakan portable pull up bar yang bisa dikaitkan ke kusen pintu di rumah. Selain murah, alat ini juga bisa digunakan untuk sit up dan menjadi push up stand jika diletakkan di lantai.

5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Dipersiapkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan Cashless Baik Untuk Keluarga Anda]

 

#2 Bench Press: ± Rp190.000

Ingin membentuk otot dada tapi ga mau keluar uang banyak? Buat saja bench press dan incline bench sendiri hanya dengan bermodalkan alat dan bahan berikut:

  • Besi: ± Rp30.000 per meter. Kira-kira dibutuhkan 2 meter besi.
  • Semen 15 kilo: ± Rp3o.000
  • Pasir: ± Rp5.000 per sak. Dibutuhkan sebanyak 4 sak
  • Kayu, paku, dan lain-lain untuk incline bench: ± Rp80.000

Dengan bahan-bahan dan takaran tersebut, Anda bisa mendapatkan beban 5 kilo sebanyak 4 buah, 7 kilo sebanyak 4 buah, 9 kilo sebanyak 2 buah, dan 4 kilo sebanyak 2 buah yang bisa dipasangkan dengan besi membentuk bench press buatan sendiri. Murah sekali bukan?

 

#3 Matras Gym: ± Rp240.000

Matras atau karpet gym dibutuhkan agar Anda tidak kesakitan saat melakukan olahraga di lantai. Namun karena Anda hanya membutuhkan tempat untuk 1 orang saja, maka  estimasi matras yang dibutuhkan hanyalah 4 meter. Dengan estimasi harga matras atau karpet Rp60.000 per meternya, maka biaya yang dibutuhkan hanya Rp240.000.

 

#4 Samsak: ± Rp350.000

Jika Anda juga gemar berlatih bela diri, tidak perlu khawatir dengan harga samsak tinju yang mahal. Anda bisa mengakalinya dengan membuat samsak tinju sendiri dengan menggunakan karung samsak yang digantung menggunakan rantai dengan harga sekitar Rp200.000. Untuk isinya, gunakan campuran pasir, karet band, dan sebagainya dengan estimasi harga Rp150.000.

Ketahui 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan 1 - Finansialku

[Baca Juga: Waspada Deteksi Dini Kanker Serviks, Sudahkah BPJS Kesehatan Memproteksi Kanker?]

 

Total biaya:

Rp175.000 + Rp190.000 + Rp240.000 + Rp350.000 = Rp955.000

 

Bagaimana? Murah bukan? Hanya dengan Rp995.000 Anda bisa memiliki gym pribadi di rumah. Tidak perlu repot-repot pergi ke gym lagi deh.

 

Membership Gym vs. Alat Fitness Sendiri

Setelah membandingkan keduanya baik dari segi keuangan dan benefit-nya, maka kesimpulannya Anda bisa memilih sesuai dengan preferensi masing-masing. Saya sendiri lebih termotivasi saat ada teman gym bersama-sama, sehingga membership gym lebih sesuai dengan karakter saya.

Namun bagaimana dengan Anda? Agar tidak bingung, berikut beberapa petunjuk untuk membantu Anda mengambil kesimpulan:

 

#1 Pilih Membership Gym Jika…

  1. Lokasi gym dekat dengan rumah. Jika lokasi gym tidak terlalu jauh, Anda lebih baik berolahraga di gym. Anda bisa melakukannya sepulang kerja, sejalan dengan arah pulang. Selain lebih praktis, biaya bensin tidak akan boros, karena jaraknya dekat dan lalu lintas di malam hari cenderung tidak padat.
  2. Baru saja ingin memulai fitness (pemula). Jangan salah, olahraga atau fitness juga butuh arahan dan tidak boleh asal-asalan. Jika Anda memaksakan diri, bisa-bisa Anda malah cidera lho. Jika Anda memang masih pemula, lebih baik menggunakan jasa personal trainer (PT) di gym daripada coba-coba sendiri. Selain lebih aman, olahraga pun lebih maksimal dengan bantuan PT.
  3. Jam kerja fleksibel atau pekerja paruh waktu. Jam kerja tidak penuh dan bisa disesuaikan? Gym lebih sesuai bagi Anda karena Anda bisa berolahraga dengan sering dan rutin. Biaya membership akan sepadan jika Anda sering berolahraga dan memanfaatkan fasilitasnya.
  4. Membutuhkan motivasi lebih. Malas berolahraga karena sendirian dan tidak ada teman? Dengan mendaftar di gym terdekat, Anda bisa berolahraga bersama teman atau bahkan berkenalan dengan teman baru. Selain itu, berolahraga bersama bisa memotivasi diri karena ada teman yang menjadi perbandingan. Sekali dayung dua pulau terlampaui nih!
  5. Ada target tubuh ideal yang ingin dicapai. Jika Anda memiliki target untuk mengikuti lomba binaraga atau ingin memiliki tubuh ideal, maka ada rutinitas fitness yang berbeda. Untuk mencapainya, dibutuhkan bantuan personal trainer (PT) yang akan memberi arahan untuk memperbaiki bagian tubuh tertentu serta membantu mengatur porsi dan menu makanan.

 

Ketahui 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Hobi Fotografi, Sekedar Koleksi atau Bisa Menghasilkan Uang?]

 

#2 Pilih Membeli Alat Fitness Sendiri Jika…

  1. Waktu tidak fleksibel. Jika Anda bekerja penuh waktu dan hanya bisa berolahraga seminggu sekali, lebih baik hindari mendaftar membership di gym. Hasilnya hanya buang-buang uang saja. Lebih baik berolahraga di rumah, murah dan Anda bisa melakukannya kapan saja, termasuk malam hari sepulang lembur. Tetapi jangan lupa untuk berlatih cara berolahraga yang benar dan baik ya, jangan sampai Anda malah kelelahan dan cedera nantinya.
  2. Tidak ada anggaran untuk membayar biaya membership. Biaya membership di gym memang tidaklah murah, apalagi jika Anda memilih untuk menggunakan jasa personal trainer (PT). Akali dengan berolahraga di rumah. Tetapi bagaimana jika alat fitness mahal? Gunakan tips alat fitness murah seperti telah diungkapkan di atas dan peroleh gym pribadi murah meriah di rumah.
  3. Punya ruang yang luas di rumah. Jika rumah Anda tidak terlalu besar dan ruangnya terbatas, jangan pernah memaksakan untuk membuat gym Masa kamar tidur isinya diganti dengan peralatan gym? Tidak masuk akal bukan? Tetapi jika rumah Anda besar dan luas, maka buat apa bayar mahal untuk fitness di gym terkenal? Manfaatkan saja ruang di rumah untuk membuat ruang fitness sendiri.

 

Perhatikan Kesehatan Mental Karyawan untuk Menambah Keuntungan Bisnis Perusahaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Perbedaan BPJS Kesehatan, JKN dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)?]

 

Biayai Kesehatan dari Sekarang

Sudahkah Anda mengambil keputusan dari perbandingan di atas? Apapun keputusan Anda, jagalah kesehatan Anda sejak dini. Memang dibutuhkan biaya yang lumayan, tetapi kesehatan itu penting lho. Bayangkan jika Anda tidak menjaga kesehatan kemudian memerlukan rawat inap di rumah sakit, biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Daripada keluar uang banyak setelah sakit, lebih baik alokasikan uang untuk menjaga kesehatan bukan?

 

Apakah Anda juga kebingungan memilih antara membership gym dan beli alat fitness sendiri? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Akbar. 13 Juni 2017. Mau Punya Badan Ideal, Lebih Hemat Beli Alat Fitness Sendiri atau Ikut Membership ya? Duitpintar.com – https://goo.gl/44Bm6i
  • Rafly Aditia. 14 Januari 2016. Gak Sampai 1 Juta, Kamu Bisa Bikin Gym Sendiri di Rumah. Cekaja.com – https://goo.gl/27Er74
  • Abdul Kharis. 12 Mei 2016. Ini Biaya Keanggotaan di Pusat Kebugaran Ternama di Indonesia. Money.id – https://goo.gl/1eC4Vz

 

Sumber Gambar:

  • Push Up – https://goo.gl/TKvESK
  • Olahraga – https://goo.gl/dzGU9S
  • Fasilitas Olahraga – https://goo.gl/3pJBGS

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By |2017-07-31T09:39:06+00:00July 29th, 2017|Categories: Keuangan, Lifestyle, Perencana Keuangan|Tags: , , , , , |2 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Sudarto 7 March 2018 at 06:26 - Reply

    Pilih mana, punya alat fitnes sendiri atau menjadi member pusat kebugaran? Ya, tergantung tujuannya apa. Semua memiliki plus minus.

    Jika tujuannya hanya untuk berolahraga biar lebih sehat, ya murah beli alat fitnes sendiri. Kita bisa menggunakan alat sepuasnya, kapan saja dan di mana saja. Alat fitnes sendiri juga bisa dipakai orang serumah secara bergantian.

    Jika dipakai bersama orang serumah, ini membuat harga alat fitnes menjadi lebih murah. Ini dilihat dari segi kemanfaatannya dibandingkan dengan harga pembelian. Menggunakannya juga bebas. Apalagi jika Anda membelinya dengan sistem cicilan. Misalnya harga dibayar 3 kali, 4 kali dan seterusnya.

    Tetapi, jika tujuannya supaya ada pelatih, bisa ganti-ganti alat fitnes, punya banyak teman, atau bisa cari pacar, ya ikut klub fitnes. Apalagi biaya bulanan mahal tidak ada masalah. Menjadi member pusat kebugaran tentu lebih menguntungkan.

    Yang terpenting adalah Anda harus rajin berolahraga menggunakan alat fitnes sehingga Anda selalu sehat dan terhindar dari banyak penyakit.

    • Finansialku
      Finansialku 8 March 2018 at 16:11 - Reply

      Hi Pak Sudarto
      Terima kasih atas sharringnya, sangat bermanfaat.
      Semoga sharing Anda, dapat menginspirasi pembaca lainnya.

Leave A Comment

Thanks!

Hi, ada yang bisa Finansialku.com bantu?

Konsultasi ke Perencana Keuangan

Event Terdekat

In House Training

Cek Kondisi Keuangan

Buat Financial Planning