Apa Perbedaan BPJS Kesehatan, JKN dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)?

Anda tentunya sudah pernah mendengar informasi mengenai BPJS Kesehatan, JKN, dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) bukan? Bantuan kesehatan dari pemerintah ini ditujukan untuk mendukung Indonesia sehat, namun nyatanya masyarakat masih kebingungan akan perbedaan ketiganya. Agar tidak bingung, yuk kita lihat apa perbedaan BPJS Kesehatan, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Berkenalan dengan BPJS Kesehatan, JKN, dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Sebelum Anda memanfaatkannya, ada baiknya Anda mengenal dan mempelajari mengenai ketiga bantuan kesehatan dari pemerintah ini. Mengapa harus mengenal terlebih dahulu?

Faktanya, banyak masyarakat yang gagal menikmati manfaatnya akibat tidak mengetahui kebijakan dan fungsi serta cakupan pelayanannya. Hal inilah yang menjadi kecemasan pemerintah, dimana masyarakat cenderung tidak mau tahu akan produk bantuan yang diberikan, namun hanya menuntut manfaatnya saja.

 

BPJS Kesehatan, JKN dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) = program kesehatan untuk… Click to Tweet

 

Supaya dapat menikmati manfaatnya, Finansialku mengajak Anda untuk mengenal dan membedakan BPJS Kesehatan, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) seperti di bawah ini:

 

#1 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan

BPJS Kesehatan mulai diberlakukan sejak 1 Januari 2014 sebagai badan hukum publik yang bertugas menyelenggarakan bantuan jaminan sosial dalam bidang kesehatan. Dari segi struktur perusahaan, BPJS Kesehatan merupakan bagian dari ASKES, dimana fungsinya adalah melayani bantuan sosial kesehatan layaknya asuransi kesehatan dari pemerintah.

Berdasarkan Peta Jalan JKN dan Perpres Nomor 12 tahun 2013, BPJS Kesehatan mengklasifikasi penggunanya ke dalam 2 kategori besar, yaitu:

  1. Non Penerima Bantuan Iuran (non-PBI) merupakan golongan masyarakat mampu yang bisa membayar premi secara mandiri.
  2. Penerima Bantuan Iuran (PBI) merupakan golongan masyarakat tidak mampu yang preminya dibayarkan oleh negara.

 

Apa Perbedaan BPJS Kesehatan, JKN dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Lengkap dan Cara Berobat Menggunakan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit]

 

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 111 Tahun 2013 tentang jaminan kesehatan, jenis iuran atau premi yang wajib dibayar dalam BPJS Kesehatan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Iuran Jaminan Kesehatan untuk penduduk miskin dan tidak mampu yang didaftarkan oleh Pemerintah daerah
    • Dibayar oleh Pemerintah Daerah
    • Sebesar Rp19.225 per orang per bulan
  • Iuran Jaminan Kesehatan untuk Pekerja Penerima Upah (PNS, Anggota TNI atau POLRI, pejabat negara, serta pegawai pemerintah non pegawai negeri dan pegawai swasta)
    • Dibayar oleh pemberi kerja dan pekerja
    • Sebesar 5% dari gaji atau upah per bulan dengan ketentuan sebagai berikut:
      • 3% dibayar oleh Pemberi Kerja; dan
      • 2% dibayar oleh Peserta.
  • Iuran Jaminan Kesehatan untuk Pekerja Bukan Penerima Upah (pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri) dan Peserta Bukan Pekerja (investor, perusahaan, penerima pensiun, veteran, perintis kemerdekaan, janda, duda, anak yatim piatu dari veteran atau perintis kemerdekaan)
    • Dibayar oleh peserta yang bersangkutan
    • Besaran iuran sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya dan untuk saat ini sudah ditetapkan bahwa:
      • Iuran Rp25.500 dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas III
      • Iuran Rp42.500 dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas II
      • Iuran Rp59.500 dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas I

 

Askes dan BPJS Kesehatan, Apa Persamaan dan Perbedaannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: ASKES dan BPJS Kesehatan, Apa Persamaan dan Perbedaannya?]

 

#2 Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

JKN merupakan sebuah bentuk jaminan sosial dari pemerintah untuk masyarakat Indonesia yang menggunakan sistem asuransi. Perihal jaminan kesehatan ini sudah tercantum dalam UU No 40 tahun 2004 mengenai Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN). SJSN mengandung 5 komponen, yakni:

  1. Jaminan Kesehatan Nasional
  2. Jaminan Kecelakaan Kerja
  3. Jaminan Hari Tua
  4. Jaminan Pensiun
  5. Jaminan Kematian

Awalnya, JKN diberikan secara beragam kepada beberapa kalangan masyarakat sesuai status kepegawaian atau kondisi keuangannya. Adapun beberapa contoh JKN pada masa lalu adalah:

  1. ASKES: bagi pegawai negeri dan tentara
  2. JAMSOSTEK: bagi pegawai swasta
  3. JAMKESMAS atau JAMKESDA atau JAMKESKOT: bagi masyarakat tidak mampu (wajib menyerahkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan setempat)

 

Per 1 Januari 2014, produk jaminan kesehatan dilebur menjadi satu, yaitu menjadi layanan jaminan kesehatan BPJS Kesehatan.

Dana JKN sangatlah besar dan cenderung mudah disalah gunakan, oleh karena itu terdapat badan yang bertugas mengawasi pemanfaatan dana tersebut, yaitu sebagai berikut:

  1. Secara Internal, dilakukan oleh dewan pengawas satuan pengawas internal
  2. Secara Eksternal, dilakukan oleh DJSN (Dewan Jaminan Sosial Nasional) dan lembaga pengawas independen

 

BPJS Kesehatan Online Daftar, Cara Cek Iuran dan Faskesnya 01 - Finansialku

[Baca Juga: BPJS Kesehatan Online: Daftar, Cara Cek Iuran dan Faskesnya]

 

#3 Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Produk inilah yang saat ini masih banyak menimbulkan kebingungan bagi masyarakat. Apa bedanya dengan BPJS Kesehatan dan apa tujuan dibuatnya KIS? Akankah terjadi ketimpangan fungsi dari keduanya? Presiden Joko Widodo menjawab seluruh pertanyaan yang muncul dari masyarakat dan memperjelas tujuan, fungsi, prosedur, serta sistem pendanaan dari KIS tersebut.

KIS diresmikan pada tanggal 3 November 2014 oleh Presiden Joko Widodo. KIS saat ini layaknya sebuah kartu keanggotaan BPJS Kesehatan, dimana anggota baru BPJS Kesehatan akan memperoleh kartu anggota berwajah “Kartu Indonesia Sehat” secara bertahap terhitung Maret 2015. Sedangkan mengenai sumber pendanaan serta prosedur akan mengikuti seluruh aturan yang sudah berlaku pada BPJS Kesehatan.

Tujuan dibentuknya KIS awalnya adalah untuk mengakomodasi kaum marginal atau disebut sebagai Penyandangan Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) seperti gelandangan. Keterbatasan surat berharga dan identitas seperti KTP dan kartu keluarga tidak akan menjadi masalah dalam pendaftaran KIS, karena akan terdaftar secara otomatis melalui data dari dinas sosial.

Apakah Asuransi Kesehatan dan BPJS Kesehatan Mengcover Perawatan Gigi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Asuransi Kesehatan dan BPJS Kesehatan Mengcover Perawatan Gigi?]

 

Rencana pengembangan ke depannya adalah seluruh anggota BPJS Kesehatan baik PBI maupun non-PBI akan memperoleh kartu yang sama. Dengan demikian, tidak peduli dengan status ekonomi Anda, seluruh masyarakat berhak mendapat kartu keanggotaan yang sama.

 

Perbedaan BPJS Kesehatan, JKN, dan Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Setelah mengenal dan memahami ketiga bantuan kesehatan tersebut, kini tentunya Anda sudah mengetahui perbedaan mendasarnya yaitu:

  • BPJS Kesehatan merupakan lembaga atau badan pengelola yang menjalankan jaminan sosial di bidang kesehatan.
  • Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program jaminan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.
  • Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan pengembangan kartu keanggotaan BPJS Kesehatan yang disertai dengan beberapa perubahan seperti tambahan cakupan layanan dan perluasan wilayah penggunaan, serta beberapa perubahan lainnya.

 

Tahukah Anda, Sekarang Beli Kacamata Ditanggung BPJS Kesehatan Ini Syarat dan Caranya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda, Sekarang Beli Kacamata Ditanggung BPJS Kesehatan? Ini Syarat dan Caranya!]

 

Kesimpulannya, JKN hanyalah produk dari BPJS Kesehatan sehingga tidak akan diikutsertakan dalam perbandingan. Dengan demikian, Finansialku hanya akan merangkum perbedaan BPJS Kesehatan yang menawarkan program JKN dan KIS dengan upgrade programnya.

Tabel perbedaan ini ditujukan untuk mempermudah Anda untuk memaksimalkan manfaat ketiga produk tersebut dan menikmati manfaatnya.

NoKarakteristikBPJS KesehatanKartu Indonesia Sehat (KIS)
1Fungsi UtamaLembaga atau badan pengelola yang menjalankan jaminan sosial di bidang kesehatanPengembangan kartu keanggotaan BPJS Kesehatan dengan penambahan cakupan layanan
2Cakupan PelayananHanya dapat digunakan untuk pengguna yang telah sakit dan membutuhkan perawatanDapat digunakan untuk segala perawatan kesehatan, baik untuk pencegahan maupun pengobatan. 
3Sumber PendanaanPremi yang harus dibayarkan setiap bulanSubsidi pemerintah melalui APBN
4Wilayah PenggunaanTerbatas (terbatas di wilayah yang didaftarkan)Bebas (klinik, puskesmas, dan rumah sakit mana pun yang tersebar di seluruh Indonesia)
5Biaya yang harus dibayarAda (berupa premi yang harus dibayar setiap bulan)Tidak ada (seluruh pembayaran ditanggung oleh pemerintah)
6Klasifikasi PenggunaPBI (masyarakat tidak mampu) dan non-PBI (masyarakat mampu)Seluruh peserta jaminan kesehatan (sementara khusus untuk masyarakat kurang mampu)
7Rencana PengembanganDapat digunakan secara setara dan adil bagi seluruh peserta jaminan kesehatan (PBI dan non-PBI)

 

Manfaatkan Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Setelah mengetahui perbedaannya dari segi keanggotaan, premi, serta cakupan layanannya, kini Anda tidak perlu bingung lagi bukan? Bagi Anda yang belum pernah menggunakan bantuan kesehatan dari pemerintah ini, cobalah dari sekarang dan manfaatkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya bantuan jaminan kesehatan ini akan membantu masyarakat Indonesia, termasuk Anda dalam meningkatkan kesejahteraan kesehatan bersama.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai perbedaan BPJS Kesehatan, JKN, dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Annisa Icha. 24 Juli 2015. Apa Beda Antara BPJS, JKN dan Kartu Indonesia Sehat?. https://goo.gl/E8vjyH
  • Pratama Nugroho, S.Kep, Ners. 28 Juli 2016. Perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan. Panduanbpjs.com – https://goo.gl/PNFkGr
  • Panduan BPJS. 15 April 2016. Perbedaan Antara BPJS dan KIS. Panduanbpjs.com – https://goo.gl/6eWhUy
  • Sepulsa. 26 Oktober 2016. Apa itu KIS, Apa Saja Perbedaan Dengan Kartu BPJS Biasa? Sepulsa.com – https://goo.gl/bYqsN8
  • Rizki Abadi. 30 November 2015. BPJS: JKN, Apa Bedanya dengan BPJS Kesehatan?.Cermati.com – https://goo.gl/hMJ3X2
  • Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2013. Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan. https://goo.gl/q5aeJJ

 

Sumber Gambar:

  • Dokter – https://goo.gl/f78TwX dan https://goo.gl/RWJ4RE

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-11-08T10:45:44+00:00 July 11th, 2017|Categories: BPJS, BPJS Kesehatan|Tags: , , , , , |38 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

38 Comments

  1. ida 22 September 2017 at 06:15 - Reply

    Apa KIS bisa langsung d pakai d RS atau k puskesmas dlu

    • Finansialku
      Finansialku 7 October 2017 at 01:22 - Reply

      Hi Bu Ida
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Harus tetap puskemas terlebih dahulu.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  2. Rini 29 September 2017 at 19:21 - Reply

    Jd kl sudah punya kartu bpjs apa boleh mengurus (kis)

    • Finansialku
      Finansialku 7 October 2017 at 01:22 - Reply

      Hi Bu Rini
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Seharusnya BPJS Kesehatan sudah menanggung biaya pengobatan
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  3. triyono 11 October 2017 at 22:41 - Reply

    Untuk mendapatkan kartu KIS,apa harus ke kantor BPJS juga

    • Finansialku
      Finansialku 13 October 2017 at 07:42 - Reply

      Hi Pak Triyono
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:

      Seperti halnya kartu BPJS Kesehatan dan BPJSTK, KIS juga merupakan bagian dari BPJS Kesehatan. Hal ini didasari karena KIS diterbitkan oleh BPJS Kesehatan bagi seluruh peserta jaminan kesehatan.

      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  4. Latifah 12 October 2017 at 00:00 - Reply

    Jika py dua kartu BPJS & Kis apakah kedua kartu itu bs dipake

    • Finansialku
      Finansialku 13 October 2017 at 07:40 - Reply

      Hi Bu Latifah,
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Hal yang dapat dilakukan adalah segera melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat untuk menon-aktifkan salah satunya agar tidak terjadi input data ganda. Input data ganda akan menimbulkan kesalahan dan kesulitan dalam pengakomodasian pasien secara menyeluruh.
      Kami sarankan ibu konfirmasi ke BPJS Kesehatan di nomor call center 500400
      Informasi selengkapnya: Bagaimana Bila Saya Punya BPJS dan KIS Serta Kasus Dobel Kartu
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  5. Fitri 12 October 2017 at 14:17 - Reply

    Suami mengupgrade kartu BPJS ke faskes 1..
    tp koq malah dpt kartu KIS…
    Berarti setiap bulan sy tdk perlu membayar iuran atau tetap membayar iuran bulanan… krn dr yg sy baca klu kartu KIS kan di subsidi pemerintah full…?

    • Finansialku
      Finansialku 13 October 2017 at 07:38 - Reply

      Hi Bu Fitri,
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Kami sarankan ibu konfirmasi ke BPJS Kesehatan di nomor call center 500400
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  6. Adhi Prism 13 October 2017 at 09:17 - Reply

    Maaf secara gamblangnya sya menyimpulkan,jadi kalo sya tidak keliru BPJS kesehatan untuk mereka yang mampu(membayar iuran) sedangkan KIS untuk yg kurang mampu( karena ditanggung penuh oleh pemerintah).

    • Finansialku
      Finansialku 16 October 2017 at 21:07 - Reply

      Hi Pak Adhi
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Sebenarnya tidak bisa dibilang seperti itu juga Pak, karena kurang lebih mirip dan merupakan pengembangan.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  7. Rizal 17 October 2017 at 02:41 - Reply

    Awal nya saya buat kartu bpjs kesehatan di perusahaan saya bekerja dan setelah saya menikah . Saya masukan bpjs kesehatan istri saya ke dalam iuran di bpjs kesehatan di perusahaan saya. Guna nya agar istri saya tidak bayar sendiri dan masuk ke pembayaran di prusahaan . Tpi malah di kasih ato di ganti KIS. Apa kah perusahaan ato saya tetap d beban kn iuran tsb. Trus saya lihat di staus jenis peserta melalui aplikasih online tidak terkategori pesrta mandiri ato bukan pekerja. Knapa bisa sperti itu

    • Finansialku
      Finansialku 19 October 2017 at 11:29 - Reply

      Hi Pak Rizal
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Kami sarankan coba tanyakan terlebih dahulu dengan pihak perusahaan, kenapa ada pergantian menjadi KIS?
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  8. Puji Astuti 17 October 2017 at 07:01 - Reply

    Maaf pak/bu…saya mau tanya.bagaimana kalau pindah alamat rumah.apa kartu KIS nya masih bisa digunakan difaskes dialamat rumah yg baru…
    Terimakasih

    • Finansialku
      Finansialku 19 October 2017 at 11:29 - Reply

      Hi Bu Puji
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Ibu perlu mengganti faskes agar lebih dekat dengan lokasi tempat tinggal Ibu.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  9. puad hasim 22 October 2017 at 23:02 - Reply

    Ass.bpk/ibu.saya sama istri saya sudah masuk bpjs dri perusahaan saya.terus saya mengajukan lagi anak saya setelah jadi dikasihnya kartu kis bagaimana

    • Finansialku
      Finansialku 6 November 2017 at 22:15 - Reply

      Wassalamu’alaikum
      Hi Pak Puad
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Bapak boleh saja minta diturka dengan kartu BPJS Kesehatan
      Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi call center BPJS Kesehatan di 1500-400
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  10. wieny 24 October 2017 at 05:42 - Reply

    Bapak/ibu mw tanya. Saya Uda terdaftar kis tp blm dpt kartu nya. Terus saya Uda pindah ke Bandung. Dan saya melihat layanan kis ga ada di Bandung. Klo mw di non aktifkan kis gmn ya.? Saya heran deh padahal saya khn BPJS knp pindah ke kis?

    • Finansialku
      Finansialku 6 November 2017 at 22:16 - Reply

      Hi Bu Wieny
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Ibu dapat hubungi call center BPJS Kesehatan di 1500-400
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  11. Efi 25 October 2017 at 14:55 - Reply

    Saya PNS, apakah ada masalah di kemudian hari jika saya tetap memilih BPJS dan tidak melapor untuk perubahan menjadi peserta KIS ?

    • Finansialku
      Finansialku 6 November 2017 at 22:17 - Reply

      Hi Bu Efi
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Seharusnya tidak ada masalah Bu.
      Untuk informasi selengkapnya, Ibu dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan 1500-400
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  12. Sunainah, S.Pd 26 October 2017 at 15:38 - Reply

    Sy pernah ngajukan pergantian Askes ke BPJS. Kata petugas, “Tidak perlu ganti, krn BPJS dan Askes sama”.
    Sementara sekarang hrs ganti KIS.
    1. Apa saya langsung mengganti Kartu Askes dg Kartu KIS?
    2. Sy PNS sementara suami swasta. Apa suami langsung dibuatkan KIS!
    Trim, Finansialku…

    • Finansialku
      Finansialku 6 November 2017 at 22:18 - Reply

      Hi Bu Sunainah
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      1. Ibu dapat mengganti sesuai dengan saran petugas atau ibu dapat hubungi call center.
      2. Pekerja swasta biasanya menggunakan BPJS Kesehatan.
      Untuk informasi selengkapnya, Ibu dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan 1500-400
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  13. Evelyn 31 October 2017 at 16:21 - Reply

    Saya baru mau daftar BPJS pak, sebaiknya langsung ambil KIS atau BPJS. kok saya belum mengerti. KIS tidak bayar iuran? atau bayar? terima kasih

    • Finansialku
      Finansialku 6 November 2017 at 22:18 - Reply

      Hi Bu Evelyn
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Ibu dapat mendaftar BPJS Kesehatan.
      Untuk informasi selengkapnya, Ibu dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan 1500-400
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  14. Dhani jaya taruna 4 November 2017 at 07:20 - Reply

    Di tulisan yg bapak buat. Kartu kis cakupan wilayahnya bisa diseluruh indonesia. Sedangkan bpjs harus ke faskes yg didaftarkan.. mohon konfirmasinya.thanks

    • Finansialku
      Finansialku 6 November 2017 at 22:19 - Reply

      Hi Dhani
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Kami mendapat informasi seharusnya bisa nasional, namun saat ini pelaksanannya masih terbatas di beberapa faskes.
      Untuk informasi selengkapnya, Ibu dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan 1500-400
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  15. syanti 5 November 2017 at 19:19 - Reply

    Haloo Pak/ Ibu yg saya hormati…

    Jd persyaratan apa saja yg hrs saya bw ke kantor BPJS utk pembuatan Kartu KIS yah?
    Trima kasih byk sblmya utk informasinya

    • Finansialku
      Finansialku 6 November 2017 at 22:20 - Reply

      Hi Bu Syanti
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      a. masyarakat yang tak mampu, PMKS/disability, psikotik atau gangguan jiwa, lansia terlantar, anak jalanan, gelandangan dan pengemis, yang sudah terdaftar namanya di BPJS Kesehatan, dan penerima bantuan iuran dari pemerintah.

      b. Namanya tercantum dalam system data terpadu PPLS 2011 yang di data oleh BPS pada tahun 2011, dan telah memegang kartu Jamkesmas.

      c. Untuk mengetahui apakah namanya tercantum dalam data terpadu PPLS 2011, dapat di lakukan pengecekan di Puskesmas setempat atau BPJS Kesehatan cabang setempat, karena data PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari Pemerintah untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan sudah ada di Puskesmas setempat.

      d. Pemegang kartu Jamkesmas dapat menggantinya dengan kartu KIS setelah terlebih dahulu mendaftarkan di kantor cabang BPJS Kesehatan setempat.

      Untuk informasi selengkapnya, Ibu dapat menghubungi call center BPJS Kesehatan 1500-400
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  16. luthfi 7 November 2017 at 12:15 - Reply

    saya menggunakan kis dengan faskes dokter umum,
    apa benar tidak bisa di gunakan di puskesmas
    masalahnya saya td berobat ke puskesmas kartu kis saya ditolak
    m0h0n penjelasanya
    trims

    • Finansialku
      Finansialku 7 November 2017 at 22:24 - Reply

      Hi Pak Luthfi
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Pak sesuai dengan faskes yang terdaftar di KIS nya.
      Untuk informasi lebih lengkap, silakan menghubungi call center BPJS Kesehatan 1500 400
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  17. juanita 14 November 2017 at 11:15 - Reply

    kalau BPJS tertera kelas berapa, bagaimana dengan KIS apakah kita boleh pilih kelas pas masuk RS?

    • Finansialku
      Finansialku 15 November 2017 at 09:48 - Reply

      Hi Bu Juanita
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Untuk kelas perawatan, disesuaikan dengan ketentuan KIS.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  18. ibu handayani 4 December 2017 at 20:40 - Reply

    Mohon penjelasan. Ponakan sy pemakai kartu KIS dan dpt rujukan operasi keluar kota. Tapi karena kondisi pasien sdh tdk memungkinkan utk melakukan perjalanan maka lusa akan dilakukan operasi di kota tempat tinggal pasien. Yg jd pertanyaan…pasien harus membayar nominal yg disebutkan sebagai biaya peralatan operasi dan biaya mendatangkan dokter dr luar kota. Mohon penjelasannya

    • Finansialku
      Finansialku 7 December 2017 at 19:17 - Reply

      Hi Ibu Handayani
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Ibu dapat konsultasi dengan dokter perujuk
      Untuk mengenai harga, kami sarankan Ibu hubungi call center BPJS Kesehatan 1500 400
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  19. anang m 7 December 2017 at 12:17 - Reply

    di kantor saya kebetulan sebagai PNS/ASN, ada berita pemegang Kartu BPJS harus mengganti Kartu KIS apa betul beri itu

    • Finansialku
      Finansialku 7 December 2017 at 19:16 - Reply

      Hi Pak Anang
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Mohon maaf kami belum mendapatkan informasi mengenai hal tersebut.
      Namun memang ada kabar penggantian BPJS ke KIS.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download