Tahukah Anda negara manakah yang merupakan negara terkorup di dunia? Berdasarkan sebuah tolak ukur (persepsi), maka Anda bisa mengetahui negara dengan hasil korupsi terbesar di dunia loh! Penasaran? Cek peringkatnya berikut ini yuk!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Negara Terkorup di Dunia

Bagi mayoritas orang, negara merupakan sebuah tempat tinggal. Tempat untuk menjalani kehidupan sambil mencari pekerjaan dan membangun keluarga.

Tapi tidak disangka, ternyata beberapa negara merupakan negara terkorup di dunia. Dengan demikian, akan sulit bagi warganya untuk menikmati kesejahteraan sebagaimana mestinya.

Korupsi kerap kali terjadi sangat besar, namun tidak diketahui oleh masyarakatnya. Ini menyangkut kepercayaan pelakunya mengenai apa yang benar dan apa yang salah.

Negara paling korupsi cenderung memiliki karakteristik umum penegakan hukum korupsi yang sangat rendah, pemerintahan yang amburadul, serta institusi yang lemah.

Nigeria, negara di benua Afrika dengan populasi terbanyak disebut-sebut sebagai negara terkorup di dunia.

10 Negara Terkorup 02 Korupsi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Wow! Ini Dia 17 Material Termahal Di Dunia Sepanjang Masa]

 

Data ini diperoleh 2018 Best Countries Rankings, karakterisasi dari 80 lebih negara berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 21.000 warga negara secara global.

Dalam survei tersebut, para responden menjawab bagaimana mereka merelasikan setiap negara terhadap istilah korupsi, sebuah kata kerja yang sering kali dikaitkan dengan definisi Merriam-Webster juggling akan “tainted or rotten” hingga “morally debased.”

Responden sendiri tidak diberikan spesifikasi akan masing-masing istilah tersebut, sehingga interpretasinya sepenuhnya berada di tangan mereka.

Nuhu Ribadu, former chairman dari Nigeria’s Economic and Financial Crimes Commission saat ditemui di 2015 TedX talk di Berlin mengungkapkan:

“When you fight corruption, it fights back.”

 

Nah, jadi apa saja negara yang akan melengkapi Nigeria dalam 10 negara terkorup di dunia ini? Penasaran apa saja negara terkorup di dunia? Apa mungkin negara Anda adalah salah satunya?

Langsung saja kita lihat seperti apakah 10 negara dengan biaya hidup termurah di dunia versi Finansialku berikut ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#10 Guatemala

Rumah bagi suku Maya, Guatemala merupakan negara dengan populasi tertinggi di Amerika Tengah. Guatemala menyentuh perbatasan Mexico dan memiliki area di sepanjang pesisir Samudera Pasifik dan Laut Caribbean.

Penduduk Guatemala sudah menjalani hidup yang sulit dalam mencapai demokrasi. Negara ini memperoleh kemerdekaannya dari Spanyol pada awal abad ke-19, dengan meninggalkan banyak sejarah pahit.

United Nations-commissioned panel yang mengecek civil war pada tahun 1960-1996 mencatat banyaknya pelanggaran hak asasi manusia, mayoritas dilakukan oleh sayap kanan pemerintahan yang dibentengi Amerika Serikat.

Panel juga menemukan bahwa lebih dari 200.000 orang terbunuh pada periode tersebut, mayoritasnya merupakan suku Maya.

 

Guatemala merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Amerika Tengah, menurut World Bank, dan telah bertumbuh secara stabil di abad ke-21 ini. Jasa, produksi, dan agrikultur merupakan sektor utamanya.

Meski ukuran pertumbuhan perekonomiannya stabil, kemiskinan tersebar luas di Guatemala.

Perekonomian masyarakatnya sangat tidak proporsional, dimana jarak antara yang kaya dan miskin sangat tinggi. Bahkan tertinggi di Amerika Latin.

Ketegangan muncul pada tahun 2017 antara pemerintahan dan U.N. anti-corruption panel karena tingginya kasus korupsi di negara ini.

Guatemala juga merupakan anggota dari organisasi regional dan internasional, termasuk the United Nations, the Organization of American States, World Trade Organization, International Monetary Fund dan the Latin American Economic System.

10 Negara Terkorup 03 Guatemala - Finansialku

[Baca Juga: Believe It or Not! Inilah 15 Makanan Termahal Di Dunia. Apakah Anda Mau Mencobanya?]

 

#9 Kenya

Saat Kenya mengklaim kemerdekaannya dari U.K pada tahun 1963, pemimpin dari negara yang baru saja merdeka ini membentuk jiwa nasionalitas warganya dengan sebuah moto “harambee” yang merupakan bahasa Swahili untuk pulling together”.

Moto ini terus dijalankan hingga kini, dimana negara ini merupakan negara yang kaya akan budaya dan tradisi dari berbagai suku yang menganggap Kenya sebagai rumahnya.

Saat ini, hampir 75% penduduk yang mencapai 47 juta orang hidup di area rural, dan hampir separuhnya hidup di bawah garis kemiskinan.

Agrikultur yang berpusat pada ekspor teh dan kopi serta pariwisata menjadi akar perekonomiannya.

Kebanyakan turis dapat menikmati safari di negara ini, karena adanya lebih dari 45 taman nasional yang tersedia disana.

 

Populasi dan perekonomian Kenya meningkat dengan pesat. Tingkat pertumbuhan di Kenya adalah salah satu yang tertinggi di dunia, dengan kurang lebih 4 anak lahir dari setiap wanita.

Sayangnya, Kenya kesulitan mempertahankan servis bagi masyarakatnya di tengah angka pertumbuhan yang tinggi ini. Tingkat penganggurannya menjadi salah satu yang tertinggi di dunia dengan kurangnya infrastruktur.

Ketegangan politik disini juga terkadang berujung tindakan kekerasan. Lebih dari 1.000 orang di Kenya meninggal dan 500.000 lainnya diestimasikan akan menyusul akibat pemilihan pemimpin selanjutnya.

Hal ini dicontohkan pada pemilihan presiden pada 2017 yang berujung kematian akibat perseteruan.

Meski demikian, Kenya tetap merupakan negara dengan perekonomian cukup kuat di Afrika, sehingga tetap dijadikan daerah tujuan bagi para imigran negara tetangga.

Kenya merupakan bagian dari banyak organisasi internasional, termasuk the United Nations, the African Union dan the International Monetary Fund.

10 Negara Terkorup 04 Kenya - Finansialku

[Baca Juga: Kasus Mega Korupsi e-KTP Triliunan Rupiah, Menurut Anda Mengapa Korupsi Masih Terjadi?]

 

#8 Russia

Skala Rusia sulit untuk dibayangkan, karena ini adalah negara terbesar di dunia, hampir 2 kali lipat lebih besar dari Canada yang merupakan negara terbesar kedua.

Rusia berbatasan dengan hampir 12 negara lain, dan juga berbatasan dengan perairan Jepang dan Amerika Serikat.

Russia telah merdeka lama sekali, dan merupakan negara terbesar yang terdepan di Republic of the Soviet Union yang terbentuk pada tahun 1922.

Pada 1991, Russia menjadi negara yang independen. Masyarakat Russia kemudian memilih presidennya secara langsung.

Pemerintahan dan organisasi barat mengkritik pemerintahan Russia “terlalu mengatur” dan “melanggar hak asasi manusia”.

Meski demikian, Russia merupakan salah satu negara dengan perekonomian terkuat di dunia, karena kekayaan sumber daya alamnya.

Industri utamanya antara lain adalah minyak dan gas alami, serta agrikultur, perhutanan, perikanan, dan masih banyak lagi.

Penurunan harga komoditi secara global serta Western Sanctions Over the Annexation of Crimea, mendorong Rusia pada resesi di awal 2014.

Russia adalah anggota permanen dari the United Nations Security Council, dan juga anggota dari banyak organisasi internasional, termasuk the Group of 20, the Asia-Pacific Economic Cooperation, the Council of Europe dan the World Trade Organization.

10 Negara Terkorup 05 Russia - Finansialku

[Baca Juga: Daftar 20 Gedung Termahal Di Dunia! Check It Out!]

 

#7 Angola

The Republic of Angola merupakan negara yang kaya minyak di Afrika selatan, berbatasan dengan Namibia dan Congo di sepanjang Samudera Atlantis.

Angola terkenal dengan pantainya yang sangat indah. Awalnya negara ini dijajah oleh Portugal pada abad ke-16, yang kemudian mundur pada tahun 1975.

Angola, negara merdeka baru kemudian masuk ke tengah civil war. Perekonomian dan warganya baru saja berusaha bangkit dari konflik yang menyebabkan kematian ribuan warganya pada tahun 2002.

Agustus 2017, warga Angola memilih Presiden Joao Lourenco, yang menggantikan Jose Eduardo dos Santos, yang berujung pada Soviet-backed People’s Movement for the Liberation of Angola.

 

Banyak dari kekayaan minyak Angola terletak di Cabinda, sebuah provinsi yang terpisah dari negara itu karena adanya Congo River.

Industri minyaknya sendiri menghasilkan hampir separuh gross domestic product dari negara ini, dan mendukung 90% dari produk ekspornya.

Selain minyak, Angola juga kaya akan berlian. Namun sayangnya, warganya masih saja hidup dalam kemiskinan. Sepertiga warga Angola tidak bisa membaca, dan mendukung petani dan peternak disana.

Tingkat kelahiran di Angola juga merupakan salah satu yang tertinggi di dunia, dan pertumbuhan yang tinggi ini berdampak pada perekonomiannya.

Angola merupakan bagian dari organisasi regional dan internasional,  termasuk the United Nations, the African Union dan OPEC.

10 Negara Terkorup 06 Angola - Finansialku

[Baca Juga: 6 Realita Kehidupan di Negara Termiskin di Dunia]

 

#6 Ghana

Negara Ghana diberi nama karena kekayaannya akan metal berharga. Ghana menjadi the Republic of Ghana pada tahun 1957 saat memperoleh kemerdekaannya dari penjajahan Inggris.

Penemuan emas menjadikan Ghana sebagai tempat pertama di sub-Saharan Africa yang menarik perhatian trader Eropa.

Ghana menjadi contoh dan menyebabkan banyak dari negara Afrika lainnya yang menyatakan kemerdekaannya. Ghana pun dinyatakan sebagai salah satu negara dengan demokrasi yang stabil dengan bentuk perekonomian yang baik.

Air Force Flight Lieutenant Jerry Rawlings mengklaim kekuasaan pada tahun 1981 dan melarang partai politik hingga munculnya konstitusi baru pada 1992, menyebabkan negara Ghana memiliki demokrasi multi partai.

Negara ini kemudian memilih Nana Addo Dankwa Akufo-Addo sebagai presiden selanjutnya pada Desember 2016.

Batas trading dan lingkungan bisnis yang kompetitif membuat perekonomian Ghana menguat, didukung juga oleh kekayaan sumber daya alamnya. Namun sayangnya seperempat warga Ghana hidup di bawah garis kemiskinan.

Negara ini bahkan kesulitan mempertahankan pasokan listrik untuk warganya. Karena beberapa kelemahan ini, Ghana dikalahkan oleh Eropa dan Amerika Utara dari segi jumlah imigrannya.

Ghana merupakan bagian dari organisasi internasional, termasuk the United Nations, the African Union dan the World Trade Organization.

10 Negara Terkorup 07 Ghana - Finansialku

[Baca Juga: Perhiasan Termahal dan Termewah di Dunia, termasuk Gelang Emas]

 

#5 Mexico

Dibatasi oleh Samudera Pasifik di bagian barat dan Gulf of Mexico di bagian timur, Mexico merupakan negara terbesar ketiga di Amerika Latin dan juga negara dengan perekonomian terbesar kedua.

Pernah menjadi rumah dari suku Maya, Aztec dan suku lainnya, Mexico awalnya dikuasai oleh Spanyol sejak awal abad ke-16.

Setelah dikuasai selama 3 abad lebih, akhirnya Mexico memperoleh kemerdekaannya pada awal abad ke-19, dan kemudian berubah menjadi negara republik pada tahun 1824.

Mexico merupakan republik federal dengan ekonomi yang berkembang dan hubungan baik dengan U.S.

Pekerja Mexico hidup di bawah uang miliaran dolar yang dikirim oleh U.S setiap tahunnya.

Mayoritas ekonomi Mexico bergantung pada jasa, pertukaran, transportasi, keuangan, dan akuntansi. Negara ini mulai berpindah ke bagian produksi, dan menjadi produsen serta eksportir minyak yang besar.

Mexico merupakan rumah dari populasi terbesar yang berbahasa Spanyol, dan negara ini juga telah meninggalkan jejak budaya Amerika Latin.

Namun sayangnya Mexico menghadapi banyak tantangan domestik, termasuk upah yang rendah, ketidakadilan pemasukan, dan kurangnya peluang kerja untuk populasinya yang besar.

Kekerasan dan kejahatan menjadi salah satu kecemasan utama disini, termasuk salah satu tingkat penculikan tertinggi di dunia, dan kekerasan akibat penjualan obat-obatan terlarang yang memecahkan rekor di tahun 2017.

Mexico merupakan bagian dari organisasi internasional, termasuk the United Nations dan the Organization of American States.

10 Negara Terkorup 08 Mexico - Finansialku

[Baca Juga: Para Pebisnis, Miliki Pola Pikir Miliarder Dunia Mengejar Harta!]

 

#4 Iran

Iran pernah menjadi jantung Persian Empire, yang terletak di South Western Asia, dan berbatasan dengan Afghanistan dan Iraq. Iran memiliki perekonomian terbesar di Middle East dengan populasi terbanyak, dengan hampir 80 juta orang.

Meski tampak luar biasa dan demokrasinya sudah tampak sejak pertengahan abad ke-20, saat ini Iran dikuasai oleh rezim otoritas.

Sejarah Iran dimulai 2.500 tahun yang lalu, pada zamannya Achaemenids. Negara ini sudah lama mencolok akan kekuatan global karena lokasinya yang strategis dan pasokan minyak serta sumber daya lainnya.

Iran menjadi negara modern sejak 1925, dan negara ini menjadi negara Islam di tahun 1979.

Pada Mei 2017 dilakukan pemilihan presiden, dengan calon presidennya termasuk Hassan Rouhani, dan pesaingnya Ebrahim Raisi.

Mayoritas warga Iran adalah Shiite Muslim, yang merupakan agama legal disana. Persian, atau Farsi, adalah bahasa utamanya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Perekonomian Iran utamanya bergantung pada ekspor minyak dan gas, dimana Iran juga memiliki industri jasa dan agrikultur.

Sanksi internasional yang dikenakan atas program nuklir Iran dicabut oleh PBB pada tahun 2016 dengan perjanjian untuk membatasi aktivitas nuklir, namun hal ini memberi dampak negatif pada perekonomiannya.

Inflasi dan tingkat pengangguran tetap menjadi perhatian. Tidak berhenti sampai disana, Iran juga memiliki masalah dengan perdagangan seks, kecanduan obat-obatan terlarang, dan korupsi.

Iran kesulitan berhubungan dengan negara tetangganya karena banyak pemimpin yang menolak terorisme.

Iran merupakan bagian dari the Organization of the Petroleum Exporting Countries dan merupakan bagian dari organisasi internasional the United Nations.

10 Negara Terkorup 09 Iran - Finansialku

[Baca Juga: Halo Ladies, Ini dia 7 Kota Ramah untuk Traveling Walau Hanya Sendirian]

 

#3 Pakistan

Pakistan, sebuah negara yang dituduh menyembunyikan bekas al-Qaeda yaitu almarhum Osama bin Laden yang meninggal pada tahun 2011, menempati posisi ketiga pada indeks korupsi.

Republik Islam Pakistan lahir pada tahun 1947 ketika satu bagian umat Islam memisahkan diri dari mayoritas Hindu, India Britania untuk memerintah negara mereka sendiri.

Terletak di Lembah Indus kuno di Timur Tengah, pemukiman di kawasan ini, di antara Jalur Khyber, Himalaya dan Laut Arab, adalah beberapa yang tertua di dunia dan paling banyak dijalani dalam sejarah.

Konflik atas wilayah Kashmir, salah satu yang terbesar dari wilayah yang disengketakan, meletus menjadi perang dengan India, dan pada tahun 1971 orang-orang Bengali di sebelah timur memisahkan diri dari Pakistan untuk membentuk Bangladesh modern.

Kekuasaan telah berpindah antara pemerintah sipil dan militer di republik federal Pakistan selama bertahun-tahun, membina lingkungan ketidakstabilan dan korupsi yang telah menghambat pertumbuhan dan perkembangan bangsa.

Negara ketujuh yang paling padat penduduknya juga merupakan salah satu yang termuda di dunia, dengan mayoritas warga di bawah usia 22 tahun.

Industri utamanya adalah tekstil, karpet dan permadani. Ekonomi yang digerakkan oleh ekspor telah gagal dalam menarik investasi asing dan membantu pengurangan kemiskinan.

Kemajuan dalam pembangunan manusia seperti pendidikan, perawatan kesehatan, infrastruktur dan banyak lagi telah menderita dalam bayang-bayang konflik internal dengan kelompok-kelompok ekstremis.

Pakistan adalah anggota organisasi internasional, termasuk the United Nations, the World Trade Organization, and the International Monetary Fund.

Pada 2013, negara itu menjadi bagian dari Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC), kemitraan dengan China yang bertujuan memodernisasi infrastruktur dan sektor ekonomi Pakistan.

Hingga US$62 miliar, ini telah dianggap sebagai salah satu investasi asing terbesar di Pakistan.

10 Negara Terkorup 10 Pakistan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Hemat dan Murah Membangun Rumah Idaman]

 

#2 Colombia

Kolombia terletak di sudut barat laut Amerika Selatan dan merupakan negara berbahasa Spanyol yang paling padat di benua itu.

Kira-kira dua kali ukuran geografis Perancis, Kolombia dibatasi oleh Samudera Pasifik dan Laut Karibia, serta Panama, Venezuela, Brasil, Peru, dan Ekuador.

Kolombia memenangkan kemerdekaan dari Spanyol pada awal abad ke-19, dan merupakan salah satu dari tiga negara yang terbentuk dari runtuhnya Gran Kolombia pada abad ke-19, dua negara lainnya adalah Ekuador dan Venezuela.

Saat ini Kolumbia adalah republik demokratis dengan hak pilih universal, dengan cabang eksekutif, legislatif dan yudisial terpisah dari pemerintah federal.

Dimulai pada tahun 1960-an, pemerintah Kolombia mengalami berbagai tingkat konflik dengan gerilya sayap kiri dan kelompok paramiliter sayap kanan, terutama Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC).

Perdagangan obat-obatan terlarang sangat membiayai konflik itu.

Amerika Serikat telah memberikan bantuan untuk pertempuran pemerintah melawan kelompok-kelompok paramiliter ini, dan pada tahun 2016 pemerintah mencapai kesepakatan damai dengan FARC, sebuah pakta yang masih kontroversial.

Kolombia diklasifikasikan sebagai negara dengan ekonomi menengah ke atas dan merupakan salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Amerika Latin, menurut International Monetary Fund.

Perekonomian negara dibentuk oleh tanahnya dan seperti banyak negara Amerika Selatan yang berbasis sumber daya alamnya yang kaya.

Industri-industri berbasis pertanian dan komoditas adalah bagian besar dari ekonomi, dengan minyak bumi, batu bara, emas dan kopi sebagai ekspor teratas. Industri seperti tekstil dan jasa seperti telekomunikasi bersama dengan pariwisata juga merupakan komponen ekonomi yang kuat.

Pengangguran di Kolombia telah menurun pada abad ke-21, tetapi masih tinggi dibandingkan dengan negara-negara Amerika Selatan lainnya.

Tingkat kemiskinan yang tinggi menjadi salah satu permasalahan di Amerika Latin dan dunia.

Colombia adalah bagian dari organisasi internasional, termasuk the Organization of American States dan the United Nations.

10 Negara Terkorup 11 Colombia - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Coba-coba Melakukan Aksi Pencucian Uang di 10 Negara Ini!]

 

#1 Nigeria

Federal Republic of Nigeria merupakan negara yang mengumumkan kemerdekaannya dari penjajahan United Kingdom pada tahun 160, yang kemudian menjadi negara dengan populasi terbanyak di Afrika.

Niger River menghubungkan Nigeria dengan negara tetangganya di West African hingga Gulf of Guinea. Sebelum berpindah ke Abuja, ibukota Nigeria adalah Lagos.

Lagos merupakan salah satu kota dengan populasi terbesar di Nigeria dan merupakan kota dengan pertumbuhan sangat pesat.

Nigeria adalah anggota kunci OPEC, Organisasi Negara Pengekspor Minyak. Minyak merupakan ekspor utamanya dan telah menjadi sumber kehidupan bagi pertumbuhan ekonomi negara itu. Ekspor lainnya yaitu kakao dan karet.

Pendapatan nasional bruto telah mengalami pertumbuhan tambahan setidaknya selama 15 tahun. Namun mayoritas penduduk negara ini hidup dalam kemiskinan.

Sepertiga anak-anak bangsa tidak pernah terdaftar di sekolah. Nigeria juga memiliki tingkat kematian terkait HIV/AIDS tertinggi di dunia.

Sekitar setengah penduduk Nigeria teridentifikasi sebagai Muslim, dan sistem hukum Islam juga dilaksanakan pada tahun 1999, terutama di wilayah utara negara itu.

Boko Haram, sebuah kelompok ekstremis Islam yang selaras dengan al-Qaeda, telah membangun kehadirannya di wilayah tersebut dan penerapan hukum Islam yang keras telah menyebabkan banyak orang Kristen melarikan diri dari negara itu.

Nigeria telah membentuk aliansi dengan beberapa negara di sekitarnya untuk memerangi ancaman separatis dan teroris.

Nigeria adalah anggota organisasi internasional yang signifikan seperti the United Nations, International Monetary Fund, World Bank dan the World Trade Organization.

Selain list di atas, masih ada beberapa negara terkorup lainnya seperti, Amerika Serikat yang ternyata berada di urutan ke-61, kemudian Australia dan Canada menempati urutan ke 79 dan 80 secara berurutan.

10 Negara Terkorup 12 Nigeria - Finansialku

[Baca Juga: Tahukah Anda 25 Negara Terkaya di Dunia Tahun 2017?]

 

Bagaimana dengan Indonesia?

Itulah 10 negara terkorup di dunia. Bagaimana dengan Indonesia? Untungnya Indonesia tidak berhasil masuk dalam list ini ya! Dan jangan sampai Indonesia masuk ke dalam daftar 10 negara terkorup ini.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai 10 negara terkorup di dunia lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Megan Trimble. 12 April 2018. The 10 Most Corrupt Countries, Ranked by Perception (Countries in Africa, Asia and Latin America Dominate the List). Usnews.com – https://goo.gl/9tQXzA

 

Sumber Gambar:

  • Korupsi 1 – https://goo.gl/vXHsAQ
  • Korupsi 2 – https://goo.gl/J5WGDB
  • Guatemala – https://goo.gl/Uehma4
  • Kenya – https://goo.gl/AtXzms
  • Russia – https://goo.gl/SFJ9By
  • Angola – https://goo.gl/GHmnxD
  • Ghana – https://goo.gl/FydUH5
  • Mexico – https://goo.gl/dZHWdU
  • Iran – https://goo.gl/S3mGL4
  • Pakistan – https://goo.gl/Uu4JGu
  • Colombia – https://goo.gl/BwMJaH
  • Nigeria – https://goo.gl/azrvuR