Buktiin deh, hidup enak dan nyaman walau gaji pas-pasan itu bisa banget lho guys! Ini caranya, cekidot! No tipu tipu!

 

Hidup Enak dan Nyaman

Punya rumah bak istana, bisa punya mobil ferrari, liburan ke resort tiap minggu, makan di cafe dan resto mahal tiap weekend, dan berbagai kehidupan glamor lainnya memang impian banyak orang.

Termasuk kamu kan

Tapi masalahnya, kamu bukan anak sultan yang terlahir dengan segala harta sudah tersedia hingga tujuh turunan!

Wake up guys!

Banyak orang bermimpi untuk punya hidup yang enak dan merasa bahwa harta yang melimpah itu adalah satu-satunya cara agar bisa menikmati hidup. 

Tak selamanya punya harta melimpah itu merasakan kenikmatan dan kenyamanan yang hakiki, lho! Bahkan dengan gaji pas-pasan pun, kamu bisa kok hidup nyaman!

Gimana caranya?

 

Tips Pertama Hidup Enak, Singkirkan Hambatan Ini!

Kamu tahu ga kalau kebanyakan orang itu punya hambatan yang sama untuk meraih hidup enak dan nyaman? Coba cek deh, apa kamu punya salah satu hambatan ini? Kalau ada, ayo perbaiki!

 

Gaya Hidup Tidak Seimbang

Hingar bingar kehidupan glamor terutama yang ditunjukkan oleh para artis memang tak jarang membuat iri dan bikin banyak orang terjangkit penyakit “besar pasak daripada tiang”.

Gaya hidup jadi tidak seimbang dimana pengeluaran lebih besar dari pendapatan

Karena tuntutan gaya hidup, ingin dipandang mewah dengan kebiasaan berfoya-foya malah membuat kita jatuh pada jurang kemiskinan. 

Inilah salah satu hambatan mencapai hidup yang nyaman. 

Gaji hanya 3 juta tapi pengeluaran bisa lebih dari penghasilan. Alhasil pinjam sana-sini dan gali lubang tutup lubang. 

Udah pasti hidupnya ga nyaman dan dikejar-kejar rentenir deh!

 

Malas Cari Kerjaan Tambahan

Pengennya hidup nyaman dan bisa beli ini itu tapi untuk bekerja saja malas. 

Jangankan menambah pekerjaan sampingan, kerjaan utama aja kadang suka bolos dan malas-malasan. 

Hambatan berikutnya seseorang gagal untuk hidup nyaman adalah tidak mau mengambil tanggung jawab lebih dalam pekerjaan sehingga yang dihasilkan ya itu-itu saja. 

Penghasilan tidak bertambah dan kebutuhan semakin meningkat bahkan ditambah dengan keinginan yang tidak terkendali. 

 

Malas Menabung dan Kurang Pengetahuan Berinvestasi

Penyebab ketidaknyamanan dalam finansial adalah tidak membiasakan diri untuk menabung dan menambah pengetahuan dalam investasi untuk mengembangkan keuntungan. 

Bahkan bagi mereka yang sudah berkeluarga sekalipun, menabung adalah sebuah kebiasaan yang tidak boleh ditinggalkan meski kebutuhan hidup meningkat. 

Itulah pentingnya budgeting, mencatat arus keuangan, membuat perencanaan keuangan dan mengembangkan pengetahuan dalam investasi.

Sekarang jaman sudah berkembang, membuat perencanaan keuangan bukan lagi hal tersier yang hanya dilakukan orang kaya. Kamu, selama punya penghasilan, harus bisa mengelola dan merencanakan keuanganmu.

Bahkan kalau bisa dibilang, mengatur keuangan adalah hal mendasar yang harus kamu lakukan selama kamu punya pemasukan. Bagaimana caranya? Simak tips berikutnya.

 

Tips Kedua, Atur Gajimu

Buat kamu yang mau hidup nyaman meski gaji masih pas-pasan, beberapa tips sederhana mengatur gaji ini bisa kamu lakukan!

 

Bayar Tagihan Utama

Saat menerima gaji, kamu harus bayarkan dahulu tagihan utama yang perlu kamu bayarkan, misalnya seperti biaya asuransi kesehatan/jiwa, biaya listrik dan kebutuhan hidup lainnya

Jika kamu memiliki utang, sebaiknya lunasi utang dan cicil sesuai kemampuan hingga utangmu terlunasi. 

Usahakan untuk tidak mengambil utang lagi yang akan membebani finansialmu dan membuatmu sulit untuk menabung. 

 

Prioritaskan Kebutuhan

Karena gaji pas-pasan, kamu perlu memprioritaskan kebutuhan diatas keinginan. 

Tidak ada ruang untuk berfoya-foya dan menghabiskan uangmu untuk keinginan semata yang nantinya malah bikin kamu stres karena kebutuhanmu belum terpenuhi. 

Bahkan jika ada uang lebih sekalipun, usahakan untuk mengalokasikan ke tabungan dan investasi. 

Nah, supaya uang untuk kebutuhan utama ini tidak terpakai, kamu bisa membuat anggaran keuangan per bulannya. Anggaran ini bakal bantu kamu untuk lebih terarah dalam menggunakan uang.

Jadi, jika kamu sudah membuat anggaran atau budget, kamu bisa mengerem pengeluaran saat sudah mendekati atau bahkan melebihi budget.

Kamu bisa manfaatkan aplikasi Finansialku yang bisa bantu kamu membuat budget bulanan. Selain membuat budget, kamu juga bisa mencatat keuangan, buat rencana keuangan, belajar keuangan dan investasi, cek kesehatan keuangan, hingga konsultasi langsung dengan Perencana Keuangan profesional.

[Baca Juga: 4 Metode Terbaik dalam Mengelola Anggaran Bulanan]

 

Tabung Dana Darurat

Dana darurat harus kamu prioritaskan dan besarnya adalah 6 kali pengeluaran bulanan jika kamu masih single atau belum menikah. 

Apabila kamu sudah menikah, kamu perlu menabung 9 kali pengeluaran bulanan untuk memenuhi tabungan dana darurat.

Bagi keluarga yang sudah memiliki tanggungan anak, 12 kali pengeluaran bulanan harus kamu tabung untuk dana darurat. 

Dana darurat ini wajib sebagai pondasi awal agar kamu mencapai kehidupan finansial yang nyaman. 

[Baca Juga: GAWAT! Dana Darurat Ternyata Sepenting Ini Dalam Hidup!]

 

Miliki Jadwal Belanja 

Selain jadwal belanja bulanan yang merupakan kebutuhan pokok, kamu pun perlu membahagiakan diri dengan berbelanja kebutuhan sekunder dan tersier seperti sepatu baru, atau aksesoris tertentu. 

Tentunya kamu perlu menabung terlebih dahulu agar tujuan keuangan jangka pendek itu bisa diwujudkan. 

Belanja kebutuhan sekunder dan tersier juga diperlukan agar kamu tidak stres dan tetap bisa menikmati hidup dengan nyaman. 

 

Mulai Belajar Berinvestasi

Tahukah kamu bahwa uangmu bisa berkembang dan menggulung berkat bunga majemuk dari instrumen investasi. 

Ada banyak instrumen investasi yang bisa kamu gunakan sebagai alat untuk mengembangkan uang tabunganmu dan mencapai kehidupan yang nyaman serta merealisasikan mimpi. 

Sedini mungkin kamu belajar, maka kamu akan semakin ahli dalam memanfaatkan waktu yang ada untuk meningkatkan keuntungan investasi. 

Setidaknya investasikan penghasilanmu sebesar 10% hingga 15% ke dalam beberapa instrumen investasi untuk meminimalkan risiko investasi. 

Kalau kamu masih pemula dan ingin mencoba investasi, salah satu instrumen yang kamu bisa coba adalah investasi reksa dana.

Reksa dana adalah sebuah wadah untuk mengumpulkan uang dari investor yang dikelola oleh manager investasi dan diinvestasikan ke produk-produk investasi seperti efek ekuitas, efek utang, pasar uang, deposito dan yang lainnya.

Kamu bisa cari tahu apa itu reksa dana secara lengkap dan bagaimana cara investasinya melalui audiobook ini.

banner -mudah cara memilih reksa dana yang tepat

 

Tips Ketiga, Tambah Pemasukanmu

Bergantung hanya pada satu penghasilan saja nampaknya sudah tidak relevan, apalagi jika kebutuhan semakin meningkat dan kamu tinggal di kota besar. 

Tambah penghasilanmu dengan beberapa hal berikut ini!

 

Menekuni Hobi yang Menghasilkan

Apakah hobimu bisa dijadikan pekerjaan sampingan dan menambah penghasilan? 

Misalnya, kamu suka memasak, kamu bisa membuat open pre order untuk masakan tertentu kepada teman atau kenalan melalui media sosial. 

Jika dirasa perlu untuk mengembangkan keahlian, kamu bisa mengambil online course atau membaca buku-buku dan mengikuti webinar. 

 

Cari Pekerjaan Sampingan

Sepulang kerja, kamu mungkin punya waktu lebih yang bisa digunakan untuk bekerja sampingan dan menambah penghasilan. 

Ada banyak ide pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan, seperti penulis lepas, guru privat, fotografer freelance dan lain sebagainya. 

 

Menyewakan Aset

Apa yang kamu miliki dan bisa disewakan agar menghasilkan. 

Entah itu rumah, kamar atau kendaraan. Itu bisa jadi aset yang menghasilkan. 

Salah satu kamarmu bisa saja disewakan untuk pelancong yang sedang berlibur dalam jangka waktu yang tidak lama dan dipromosikan secara online melalui marketplace

Menyewakan mobil juga bisa jadi pemasukan tambahan yang tak diragukan keuntungannya. 

 

Kembangkan Tabungan Investasi

Buat kamu yang mulai mengerti cara kerja investasi, mungkin kamu bisa belajar untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang cukup pendek dengan cara trading

Pahami risiko trading dengan benar agar tidak merugi dan bikin kamu malah stres. 

Pengelolaan risiko yang baik dan memiliki pengetahuan yang mumpuni dalam berinvestasi bisa semakin meningkatkan pendapatan dan mendapatkan kenyamanan finansial. 

 

Jadi hidup enak dan nyaman meski gaji pas-pasan pun bisa banget kan!? Ikuti tips di atas, buktikan bahwa kamu juga bisa hidup nyaman meski gaji pas-pasan dan terima kasih sudah membaca artikel Finansialku kali ini!

 

 

Editor: Eunice Caroline

Sumber Referensi: 

  • Ade Miranti Karunia. 5 November 2019. 3 Penyebab Masih Hidup Pas-pasan di Usia 30 Tahun. Kompas.com – https://bit.ly/2W0IdiV
  • Nurcholis Maarif. 11 Desember 2020. Pengin Investasi tapi Gaji Pas-pasan? Begini Caranya. Detik.com – https://bit.ly/3stez23
  • Charlina. 12 Juli 2020. 4 Cara Mudah Menambah Penghasilan Bulanan. Wartadana.com https://bit.ly/3gfPna9