5 Manajemen Keuangan Anak Kost yang Perlu Dipraktikkan Agar Tidak Bokek Berkepanjangan

Bagaimana ya cara manajemen keuangan anak kost yang baik agar tidak bokek berkepanjangan?

Kesulitan dan masih tidak pahamnya manajemen keuangan bagi anak kost merupakan salah satu penyebab masalah keuangan mahasiswa.

Dibawah ini terdapat 5 manajemen keuangan anak kost agar kamu tidak bokek berkepanjangan.

Silakan dicoba!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5 Manajemen Keuangan Anak Kost yang Perlu Dipraktekkan

Sudah menjadi masalah klasik dan umum kalau anak kost kerap kali mengalami kesulitan keuangan.

Kecenderungan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti contohnya kiriman uang yang macet, adanya pengeluaran mendadak yang tidak direncanakan, tidak pernah menabung dan melakukan investasi atau memiliki gaya hidup yang boros dan tidak disiplin.

Masalah-masalah keuangan tersebut tidak akan dialami jika kamu pintar mengatur dan memiliki manajemen keuangan yang baik.

Akan tetapi, masih banyak mahasiswa kost yang merasa kesulitan dan bingung bagaimana cara manajemen keuangan anak kost yang baik sehingga kondisi keuangan selalu stabil setiap bulannya.

Nah, di bawah ini terdapat 5 cara manajemen keuangan anak kost yang dapat kamu praktekan, diantaranya adalah:

 

#1 Punya Anggaran dan Catatan Keuangan

Langkah pertama dan yang terpenting adalah kamu harus menyusun anggaran keuangan dan membuat catatan keuangan.

Anggaran keuangan sendiri merupakan rencana penggunaan uang pada periode waktu tertentu. Biasanya, anggaran keuangan disusun dalam satuan waktu bulanan dan akan sangat ideal jika disusun pada awal bulan berjalan.

Hal pertama yang harus kamu data adalah dari mana saja sumber uang kamu dalam sebulan. Seperti misalnya uang saku dari orangtua, uang tambahan dari beasiswa, hingga hasil kerja sampingan atau dari bisnis usaha sampingan.

Semua pemasukan tersebut kamu catat dan susun.

5 Manajemen Keuangan Anak Kost 02 Mahasiswa Belajar - Finansialku

[Baca Juga: 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Bisa Menghasilkan Pemasukan Puluhan Juta Rupiah]

 

Akan lebih baik jika kamu memiliki lebih dari 1 sumber pemasukan karena semakin banyak pemasukan yang kamu miliki maka kondisi keuangan juga akan semakin stabil.

Jika terdapat masalah pada salah satu sumber pemasukan, kamu masih memiliki pemasukan dari sumber yang lainnya.

Setelah menyusun segala pemasukan, selanjutnya kamu data segala macam jenis pengeluaran dalam sebulan.

Contohnya adalah:

Kebutuhan PengeluaranBiaya (Rp)
Biaya membeli buku200.000
Biaya sewa kamar kos1.000.000
Biaya fotokopi dan alat tulis50.000
Bensin atau biaya transportasi300.000
Biaya makan sehari-hari1.000.000
Pulsa dan paket data handphone100.000
Biaya nongkrong300.000
Biaya laundry pakaian100.000
Uang untuk beramal100.000
Uang untuk ditabung200.000

 

Perlu kamu ingat, utamakanlah rencana anggaran untuk hal-hal yang sifatnya kebutuhan.

Masih banyak anak kost yang belum bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan sehingga seringkali membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan hanya sekadar keinginan.

Terutama biaya nongkrong, karena menjadi anak kost membuat jam malam menjadi fleksibel. Kamu akan merasa bebas sehingga seringkali kamu berkumpul bersama teman hingga larut malam dan tanpa sadar sudah mengeluarkan uang yang banyak.

Investasi Forex Untuk Mahasiswa Yang Mendatangkan Keuntungan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Keterampilan yang Harus Dimiliki Mahasiswa Agar Sukses Berbisnis]

 

Setelah mendata seluruh pemasukan dan pengeluaranmu, pastikan bahwa pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukkan yang kamu miliki. Kamu harus mengatur sedemikian rupa agar rencana anggaranmu tidak sampai besar pasak daripada tiang.

Pada akhirnya, pengeluaran yang dianggarkan harus disesuaikan dengan pemasukan yang kamu miliki.

Bila memaksakan diri untuk memiliki pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan maka akan terjadi krisis keuangan dan akhirnya kamu akan bokek.

Setelah rencana anggaran keuangan disusun, langkah selanjutnya adalah selalu catat segala macam pengeluaran ataupun pemasukkan tambahan. Lakukan apa yang telah kamu susun dalam anggaran keuangan tersebut.

Dengan mencatat setiap dana masuk dan dana keluar beserta tujuannya akan membuatmu mengetahui jumlah uangmu secara akurat. Kamu bisa menganalisis kebiasaan belanja dan menentukan pos pengeluaran apa saja yang masih bisa ditingkatkan efisiensinya.

Mahasiswa Mau Belajar Saham Yuk Ketahui Lebih Dekat Tentang Saham 01 - Finansialku

[Baca Juga: Penting! Mahasiswa juga Perlu Belajar Menyusun Anggaran]

 

Terakhir, rencana anggaran tersebut sekuat mungkin harus selalu ditaati dan dilaksanakan dalam kegiatan sehari-hari.

Bila kondisi normal dan sesuai dengan prediksi, maka dengan menjalankan rencana anggaran keuangan yang telah disusun kamu akan terhindar dari krisis keuangan.

Jika terjadi kondisi yang tidak sesuai dengan rencana yang telah disusun, kamu perlu melakukan penyesuaian, seperti melakukan pengurangan biaya untuk sesuatu yang sifatnya bukanlah merupakan kebutuhan.

Hal tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat susunan rencana anggaran keuangan bulan berikutnya.

 

Untuk mempermudah kamu dalam menyusun anggaran dan juga catatan keuangan, kamu dapat men-download Aplikasi Finansialku di Google Play Store.

Dengan Aplikasi Finansialku, menyusun anggaran dan catatan keuangan serta mengontrol keuanganmu akan menjadi lebih mudah.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Punya Dana Darurat

Mengapa memiliki dana darurat itu penting bagi seorang anak kost?

Sebagai seorang anak kost seringkali kamu akan menghadapi kondisi-kondisi yang tidak terduga dan mengharuskan kamu untuk mengeluarkan biaya yang terkadang tidaklah kecil nominalnya.

Jika kamu tidak memiliki dana darurat maka akan sangat memungkinkan kamu untuk meminjam uang ke temanmu dan akibatnya akan menambah beban biaya kamu.

Apakah Dana Darurat untuk Mahasiswa Diperlukan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Dana Darurat untuk Mahasiswa Diperlukan?]

 

Dengan memiliki dana darurat, saat kamu menghadapi kondisi yang bersifat mendadak dan memerlukan uang kamu tidak perlu lagi khawatir.

Biasakan untuk memisahkan dana darurat dengan pengeluaranmu agar dana tersebut tidak terpakai selain untuk kondisi darurat.

 

#3 Belajar Berinvestasi

Mulailah untuk belajar berinvestasi dari sekarang, agar dapat menambah pundi-pundi kekayaanmu di masa depan.

Saat ini, sudah terdapat beragam jenis investasi yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan dapat dilakukan walau dengan modal yang tidak besar.

Investasi seperti tabungan, reksa dana, dan bahkan investasi ilmu merupakan investasi yang paling cocok dilakukan oleh anak-anak muda.

Akan tetapi, perlu kamu ingat dalam berinvestasi selain modal dibutuhkan juga keberanian untuk memulainya. Karena jika ilmu dan informasi yang dimiliki atas investasi masih minim, bukan profit yang akan kamu dapatkan tapi malah kerugian.

Tips Investasi Untuk Mahasiswa yang Ingin Mulai Belajar Berinvestasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mumpung Masih Mahasiswa, Yuk Mulai Menabung Untuk Masa Depan]

 

Oleh sebab itu, sebelum memulai berinvestasi kamu harus memiliki pengetahuan dan sudah paham betul mengenai investasi, macam-macam investasi, dan juga proses berjalannya investasi.

Dengan Aplikasi Finansialku, kamu dapat mempelajari secara dalam mengenai investasi melalui artikel-artikel yang sudah disediakan.

Selain itu, Finansialku juga menyediakan ebook Panduan Berinvestasi yang dapat kamu download di bawah ini.

 

#4 Cari Penghasilan Tambahan

Disamping tugas mahasiswa untuk menimba ilmu dan menyelesaikan kuliah dengan baik, kamu juga dapat mencari pekerjaan sampingan untuk menambah uang saku.

Menurut Perencana Keuangan di Finansialku, terdapat 3 jenis penghasilan yaitu:

  1. Penghasilan Aktif, yaitu penghasilan yang didapatkan karena menukar waktu, tenaga dan pikiran untuk mendapatkan pemasukan.
  2. Penghasilan Investasi, yaitu penghasilan yang didapatkan dari hasil investasi yang sudah kamu lakukan.
  3. Penghasilan Pasif, yaitu penghasilan yang didapatkan karena menukar aset yang kamu miliki sekarang, untuk mendapatkan pemasukan.

 

#1 Penghasilan Aktif

Beberapa pekerjaan dengan cara bekerja (penghasilan aktif) yang dapat dilakukan oleh mahasiswa adalah:

  • Asisten Dosen, buat kamu yang sekiranya mampu untuk mengajarkan orang lain, menjadi asisten dosen akan sangatlah cocok. Selain dapat penghasilan bulanan, menjadi asisten dosen juga akan membuat kamu lebih dikenal dosen dan tentunya menambah koneksi yang mungkin akan membantu kamu saat lulus kuliah nanti.
  • Freelance Content Writer, kamu dapat menjadi penulis lepas yang sesuai dengan hobi atau bidang studi yang kamu geluti. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, nama dan tulisan kamu akan berada di website dan dapat dibaca oleh banyak oran Bukan hanya itu saja, pengetahuan kamu pun akan bertambah.
  • Liaison Officer (LO), saat ini banyak acara-acara musik, olahraga, bahkan pernikahan yang mempekerjakan LO diluar event organizer Dengan menjadi LO, koneksi dan teman kamu akan bertambah selain itu juga kamu memiliki kesempatan untuk bertemu dengan artis yang kamu sukai.
  • Freelance Photografer, kalau kamu mempunyai hobi di bidang fotografi dan memiliki kemampuan yang baik dalam menggunakan kamera, pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu. Terutama berkembangnya sosial media, membuat kebutuhan fotografer semakin dibutuhkan.
  • Pengemudi Ojek atau Taksi Online, jika kamu memiliki kendaraan pribadi, kamu dapat mendaftar sebagai pengemudi ojek atau taksi online. Waktu luangmu yang biasanya kosong dapat lebih bermanfaat untuk menambah penghasilan.

 

Kredit-Motor-untuk-Ojek-Online-02-Finansialku

[Baca Juga: Ada 9 Kerja Sampingan Yang Bisa Dilakukan Untuk Para Mahasiswa Sambil Kuliah]

 

#2 Penghasilan Investasi

Pada poin sebelumnya sudah disinggung mengenai pentingnya belajar investasi.

Setelah kamu memiliki ilmu dan keberanian untuk melakukan investasi, pilihlah produk investasi yang dirasa paling cocok untuk keuangan dan keinginan kamu.

Setelah kamu mulai berinvestasi, tentunya ada pemasukan dari hasil investasi tersebut.

 

#3 Penghasilan Pasif

Apakah kamu tau apa yang dimaksud dengan aset?

Menurut Robert T. Kiyosaki aset adalah segala sesuatu yang dapat menghasilkan pemasukan ke dompet atau ke rekening kamu.

Saat ini, dengan berkembangnya teknologi dan sosial media yang semakin banyak, aset yang paling cocok untuk mahasiswa adalah menjadi content creator.

Kamu dapat membuat blog, website, video YouTube, atau foto dan juga video di sosial media seperti Instagram. Pikirkanlah konten yang menarik dan memiliki tema yang digemari oleh banyak orang seperti makanan, fashion, traveling, dan lainnya.

Semakin banyak orang yang mengunjungi konten buatan kamu, maka kamu dapat mendapatkan keuntungan dari penghasilan iklan atau endorsement.

Selain itu, jika kamu memilih YouTube sebagai platform, maka ada keuntungan lebih yang akan kamu dapatkan. Semakin banyak pengikut dan penonton videomu, semakin besar pula uang yang diberikan YouTube secara langsung ke rekening kamu.

Penghasilan Tambahan Cara Menghasilkan Uang dari Channel YouTube 01 - Finansialku

[Baca Juga: Penghasilan Tambahan: Cara Menghasilkan Uang dari Channel YouTube]

 

Tapi perlu kalian ingat, tujuan utama kalian sebagai mahasiswa adalah untuk belajar dan menyelesaikan kuliah dengan baik.

Jangan sampai pekerjaan sampingan yang kalian lakukan sangat menyita waktu dan pikiran sehingga kuliah kamu menjadi keteteran dan tidak dapat menyelesaikan kuliah. 

 

#5 Memanfaatkan Fasilitas yang Disediakan untuk Mahasiswa

Cara terakhir adalah manfaatkanlah fasilitas-fasilitas yang sudah disediakan untuk mahasiswa.

Terdapat banyak hal yang dapat berkurang harganya dengan memanfaatkan kartu mahasiswa.

Seperti, promosi produk yang akan memberikan potongan harga pada mahasiswa. Lalu seringkali juga kegiatan seminar, simposium, konferensi ilmiah yang memberikan potongan biaya registrasi bagi mahasiswa.

Mahasiswa, Ini 3 Langkah Memulai Trading Saham yang Realistis dan Dapat Dimulai Sekarang Juga 1 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kunci Sukses Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Manfaatkanlah status sebagai seorang mahasiswa untuk mendapatkan potongan-potongan harga ini.

Selain itu, tidak setiap buku yang digunakan harus kamu fotokopi atau membelinya, kamu dapat meminjam dari perpustakaan. Lalu, kamu juga dapat menghemat pengeluaran kuota internet dengan menggunakan fasilitas wifi yang terdapat di kampusmu.

Dan masih banyak fasilitas lainnya yang dapat kamu nikmati dan manfaatkan agar pengeluaranmu dapat lebih efisien.

 

Apa yang Dapat Kamu Lakukan Sekarang?

Untuk tahap pertama, manajemen keuangan anak kost yang dapat kamu langsung praktekan adalah pembuatan anggaran dan catatan keuangan serta memanfaatkan fasilitas yang dikhususkan untuk mahasiswa.

Secara bertahap kamu dapat memulai membiasakan untuk mengalokasikan uang untuk dana darurat dan mulai belajar mengenai investasi dan pada saat sudah kamu siap, segerakan untuk melakukan investasi sebelum uang tersebut terpakai untuk hal yang lain.

Jika kamu merasa sudah mampu untuk membagi waktu dengan baik, kamu dapat mulai untuk mencari pekerjaan sampingan untuk menambah uang saku bulananmu.

 

Dalam melakukan ini semua diperlukan disiplin. Sudah siapkah kamu untuk mengatur keuangan pribadi Anda?

Jika Anda setuju dengan artikel ini silakan tinggalkan komentar di bawah ini dan kasih tahu artikel ini ke teman-teman kamu.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 9 Maret 2017. 17 Rahasia Cara Mengatur Keuangan Pribadi Mahasiswa. Idehidup.com – https://goo.gl/KtkgDk

 

Sumber Gambar:

  • Manajemen Keuangan Anak Kost 01 – https://goo.gl/irtM7F
  • Manajemen Keuangan Anak Kost 02 – https://goo.gl/Db3Xqt

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

R. Ajeng Ratna Mustika, S.E.
R. Ajeng Ratna Mustika, S.E. merupakan lulusan S1 di Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Parahyangan. Memiliki ketertarikan pada bidang ekonomi industri dan perdagangan.

2 Comments

  1. lukas 8 April 2018 at 19:33 - Reply

    Good

    • Finansialku
      Finansialku 9 April 2018 at 15:16 - Reply

      Hi Pak Lukas
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment