Temukan cara menjadi pengusaha sukses melalui artikel Finansialku berikut ini!

Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Layaknya membuat sebuah masakan yang nikmat dan memiliki cita rasa yang disukai oleh para pelanggan, membuat dan membangun sebuah bisnis memerlukan berbagai bahan dan resep tertentu sehingga Anda bisa disebut sebagai pengusaha sukses.

Ini dia caranya untuk menjadi pengusaha sukses yang berhasil.

 

#1 Semangat Membara

Menjadi seorang pengusaha sukses harus dimulai dari sebuah semangat membara untuk meraih cita-cita yang diinginkan.

Dengan semangat yang membara, Anda akan mengusahakan diri untuk mendapatkan apa yang Anda harapkan. Semangat membara ini juga yang akan terus mengingatkan Anda untuk terus berusaha ketika orang lain merasa lelah dan putus asa di tengah jalan.

Jika Anda ingin menjadi pebisnis yang sukses, miliki semangat yang membara dari dalam diri Anda sendiri.

Sebenarnya tanpa kerja keras dan ketekunan yang didorong oleh semangat yang membara, Anda tidak akan dapat meraih apa yang Anda harapkan.

 

#2 Tantang Diri Sendiri

Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis yang sukses, Anda perlu menantang diri Anda sendiri. Tidak ada seorangpun yang dapat mendorong Anda, karena ini adalah pilihan Anda sendiri.

Menantang diri sendiri dapat membuat Anda semakin gesit dan mengerti tantangan yang selanjutnya akan Anda hadapi.

Jika Anda senang dengan tantangan, secara sadar Anda akan menyiapkan diri untuk setiap tantangan yang ada di depan dan memprediksi setiap kemungkinan yang bisa Anda lakukan untuk melewatinya dengan baik.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sebagai contoh, jika Anda pernah pergi ke pusat kebugaran dan melakukan olahraga, Anda melatih bisep Anda dengan beban seberat 5kg. Kemudian setelah 2×3 repetisi misalnya, Anda beralih untuk menambah berat barbell sebesar 10 kg dan menyelesaikannya dalam 2×3 repetisi.

Ketika Anda mencoba kembali barbell dengan berat 5kg, Anda akan merasa bahwa berat beban sebelumnya lebih ringan dan Anda bisa menyelesaikannya dengan sangat mudah karena Anda telah melakukan angkat barbell dengan beban yang lebih berat (10kg).

Sekarang Anda bisa melihat, ketika Anda bisa menyelesaikan yang lebih berat, tentu Anda akan merasa lebih mudah menyelesaikan yang lebih ringan.

Tiru 8 Cara Menjadi Pengusaha Sukses yang Berhasil 02 Olahraga Fitness - Finansialku

[Baca Juga: Para Pemimpin, Kenali 5 Tantangan Seorang Pemimpin Sekarang Juga!]

 

Sama seperti seorang pebisnis yang sukses, mereka harus mencari tantangan yang lebih berat untuk bisa menghadapi beban yang lebih berat dan melatih diri mereka semakin hebat.

 

#3 Cintai Pekerjaan Anda

Jika Anda tidak mencintai apa yang Anda lakukan, sebaiknya Anda tidak perlu melakukannya. Kesuksesan sebetulnya sesederhana itu.

Sebagai seorang pebisnis, Anda akan mengorbankan setiap jam dalam hidup Anda untuk bisnis yang Anda jalankan.

Ketika Anda bergairah dengan apa yang Anda lakukan dengan mencintai pekerjaan Anda, melakukan sesuatu selama berjam-jam tidak akan Anda rasakan sebagai sebuah pengorbanan lagi.

Sebaliknya, jika Anda tidak bergairah melakukan apa yang Anda kerjakan, Anda tidak akan memiliki motivasi untuk terus melangkah ketika Anda mengalami kelelahan dan frustasi.

Tips Praktis Menemukan Pekerjaan untuk Generasi Milenium - Finansialku

[Baca Juga: Mau Cepat Naik Jabatan di Pekerjaan? Ikuti Dulu 10 Kebiasaan Sederhana Berikut!]

 

Pernahkah Anda melihat pebisnis yang tidak pernah nampak lelah? Para pebisnis yang matanya tetap bersinar dengan gairah mencintai pekerjaan mereka?

 

Tips sukses berbisnis ala Jack Ma, simak video selengkapnya di Youtube Finansialku.

 

Itulah kekuatan dari sebuah gairah mencintai pekerjaan!

Setidaknya sebanyak 44 persen pengusaha memulai bisnis mereka karena menemukan peluang untuk menciptakan sesuatu yang hebat. Mereka sangat bergairah dengan pekerjaan mereka.

Miliki gairah untuk melakukan pekerjaan Anda dan Anda akan menjadi salah seorang pebisnis sukses!

Selain itu, miliki gairah untuk berinvestasi demi masa depan keuangan yang lebih baik dengan mengunduh ebook Gratis Panduan Berinvestasi dari Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#4 Berani Ambil Risiko

Manusia umumnya menghindari risiko, tetapi bagian dari menjadi seorang pengusaha sukses adalah mengenali risiko yang harus Anda ambil dan berani untuk menghadapinya.

Salah satu bagian penting yang tidak pernah lepas dari seorang pengusaha sukses adalah komitmen mereka dalam mengambil risiko dan menghadapinya dengan berani.

Apakah semua risiko harus diambil? Tentu saja tidak semua risiko harus diambil.

Pengusaha sukses juga tahu risiko mana yang harus diambil dan mana yang tidak. Melalui pengalaman, para pengusaha sukses belajar untuk mengenali risiko yang akan menguntungkan bisnis mereka.

Dengan pertimbangan yang matang, tentu Anda cepat atau lambat akan mengenal risiko mana yang sebetulnya membawa keuntungan dan harus diambil.

Mengambil risiko memiliki sisi yang berbahaya, tetapi peluang yang mereka hadirkan seringkali jauh lebih besar daripada potensi bahayanya.

Pelajari cara mengidentifikasi risiko mana yang pantas diambil dan Anda akan belajar bagaimana menjadi pengusaha yang sukses.

 

#5 Percaya Pada Diri Sendiri

Coba Anda pikirkan, jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, maka siapa yang akan percaya pada Anda?

Menjadi pengusaha sukses berarti Anda telah belajar untuk mendengarkan intuisi Anda sendiri dan mengandalkan kebijaksanaan Anda saat membuat keputusan.

Jika Anda melihat seorang pemimpin yang merasa ragu dengan keputusannya sendiri, tentu Anda akan menilai bahwa pemimpin tersebut tidak percaya diri dalam pengambilan keputusan dan apakah Anda mau mengikuti pemimpin yang demikian?

Para-Investor,-Behavioral-Finance-Pengaruhi-Keputusan-Investasi-1-Percaya-Diri-Finansialku

[Baca Juga: Pikirkan Terus 5 Hal Ini Bagi Anda yang Tidak Percaya Diri dan Minder! Ayo Bangkit!]

 

Orang lebih cenderung mengikuti dan percaya pada pemimpin yang percaya diri. Kemampuan Anda untuk percaya pada diri sendiri akan menunjukkan kepercayaan diri Anda.

Setiap orang tentu pernah merasa tidak yakin tentang suatu hal yang ia pikirkan dan sesuatu yang akan mereka putuskan, termasuk Anda. Ketika Anda merasa tidak yakin, ingatlah berapa banyak pengalaman dan pengetahuan yang Anda miliki.

Anda bisa juga belajar dari pengalaman orang lain, kehidupan orang lain, atau kisah sukses orang-orang yang telah melewati sepenggal pengalaman yang mirip dengan Anda.

Tidak ada yang salah dengan meminta bantuan saat Anda membutuhkannya atau meminta bantuan seorang mentor. Tetapi Anda juga harus belajar mempercayai diri sendiri dan menilai Anda sendiri tanpa masukan dari orang lain.

Belajarlah untuk mempercayai diri sendiri dan Anda sudah mulai menyusuri jalur kesuksesan bisnis.

 

Jika Anda baru akan memulai bisnis Anda, jangan ragu untuk memulainya. Percayalah pada kemampuan diri Anda.

Tahukah Anda bahwa sebagian besar pengusaha memulai bisnis mereka setelah bertahun-tahun bekerja untuk orang lain menjadi pegawai atau karyawan?

Mereka bisa, Anda pun tentu bisa!

Miliki kepercayaan diri atas keberhasilan finansial yang bisa Anda persiapkan sejak dini dengan memiliki ebook Perencanaan Keuangan yang dapat Anda download secara gratis dari Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#6 Hadapi Ketakutan Anda

Cepat tanggap atas suatu masalah adalah atribut yang diperlukan para pengusaha sukses.

Takut untuk bertindak membuat kita tidak akan melakukan apapun.

Rasa takut bisa memberikan 2 pilihan, entah itu mundur dari masalah atau berpikir secara kreatif bahwa akan selalu ada peluang positif dalam sebuah masalah.

Pengusaha sukses akan memilih pilihan yang kedua.

Dengan segera memutar otak dan membuat strategi tambahan untuk sebuah masalah yang sering kali tidak terprediksi sebelumnya.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Sebagai pengusaha, jika Anda membiarkan ketakutan dan kebimbangan memimpin langkah Anda, pada akhirnya Anda tidak akan dapat berpikir dan mendengarkan intuisi Anda. Selain itu, Anda akan takut untuk mengambil risiko yang diperlukan, dan penilaian Anda akan tertutupi oleh emosi.

Temukan cara untuk mengurangi dan mengelola rasa takut Anda dan Anda akan menjadi pengusaha yang jauh lebih sukses.

Ingat, rasa takut berhubungan dengan perspektif atau cara pandang Anda terhadap masalah itu sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak TV kejahatan yang Anda tonton, semakin besar kemungkinan Anda takut akan kejahatan. Kurangi ketakutan Anda dengan mengubah perspektif Anda.

Ketakutan Entrepreneur! Jadikanlah Ketakutan Menjadi Kekuatan! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah 30 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Bersarang Dalam Diri Anda! Penasaran?!]

 

Bangun kepercayaan diri dapat menjadi sebuah langkah strategi untuk mengurangi dan mengatur rasa takut dalam diri Anda.

Renungkan setiap keputusan Anda setiap hari. Jika ada keputusan yang salah, segera pikirkan jalan keluar untuk memperbaikinya.

Kegiatan ini akan membangun kepercayaan diri Anda pula dan mengurangi ketakutan dengan cepat.

Inflasi membuat harga semakin melambung tinggi setiap tahunnya. Tak terasa uang sekolah yang harus dipersiapkan oleh para orangtua bagi sang buah hati harus dipersiapkan dari sekarang.

Tak perlu khawatir dengan persiapan dana pendidikan sang buah hati! Unduh saja ebook Perencanaan Dana Pendidikan Sang Buah Hati dari TK hingga mereka masuk ke Universitas.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

#7 Visualisasikan Tujuan Anda

Pengusaha yang sukses sudah terbiasa untuk memvisualisasikan tujuan atau sasaran mereka dan mendefinisikan secara jelas tujuan tersebut secara nyata.

Menurut Anda, manakah pernyataan yang lebih mudah untuk dicapai:

  1. Saya ingin menjadi pengusaha yang sukses.
  2. Saya akan menjadi wirausahawan yang sukses dengan memulai bisnis yang memecahkan masalah dari para konsumen atau klien saya.

 

Pernyataan ke-2 di atas lebih mudah dicapai karena tujuannya jelas.

Ketika Anda dapat dengan jelas mengartikulasikan dan memvisualisasikan tujuan Anda, maka tujuan tersebut dapat lebih bisa dicapai.

Ada banyak cara untuk memvisualisasikan sasaran Anda jika Anda tidak yakin cara memulainya. Anda dapat menuliskannya atau menggambarnya.

Ketika Anda bertanya kepada seorang pengusaha yang sukses tentang apa tujuannya, mereka dapat memberi tahu Anda secara detail apa yang sedang mereka usahakan untuk dicapai.

Bagaimana-Langkah-Menggapai-Resolusi-dan-Tujuan-Hidup-2-Finansialku

[Baca Juga: Contoh Aplikatif dan Tips Ampuh Dalam Membuat Tujuan SMART]

 

#8 Miliki Rekan Kerja yang Solid

Tak mudah mendapatkan rekan kerja yang solid. Ada banyak kesempatan dengan pengalaman yang akan membuat Anda menemukan rekan kerja yang mampu bekerja sama dengan Anda bahkan mengerti karakter satu sama lain ketika bekerja.

Anda mungkin bisa berhasil dengan bekerja sendiri, tapi dengan rekan kerja yang solid, Anda akan menjadi luar biasa.

Anda dan mitra Anda akan bekerja berjam-jam bersama dan membuat keputusan yang penuh tekanan. Jika pasangan Anda memiliki karakter yang tidak Anda hormati, tim Anda tidak akan bertahan lama.

Isilah tim Anda dengan orang-orang yang memiliki karakter hebat dan Anda akan menuju kesuksesan yang Anda inginkan.

Ketika memilih mitra dan anggota tim Anda, selalu ingat bahwa Anda dapat mengajarkan keterampilan, tetapi Anda tidak dapat mengajarkan karakter.

 

Apakah yang menjadi kendala awal yang biasanya dihadapi oleh para pengusaha ketika memulai usahanya? Berikan komentar Anda melalui kolom di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan artikel di atas kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang ingin menjadi pengusaha sukses.

Jika Anda membutuhkan konsultasi dalam merencanakan keuangan pribadi, keluarga dan juga bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan dari Finansialku yang siap menolong Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. How To Be A Successful Businessman – 50 Rules Of Entrepreneurship Only The Rich And Ruthless Know. Nextluxury.com – https://goo.gl/ftCaQ3
  • Neil Patel. 30 Ways to Become a More Successful Entrepreneur. Neilpatel.com – https://goo.gl/o3pSSS
  • Forbes. Five Must-Follow Rules To Becoming A Successful Entrepreneur. Forbes.com – https://goo.gl/G2Pjt8

 

Sumber Gambar:

  • Cara Menjadi Pengusaha Sukses – https://goo.gl/2m2WTs
  • Angkat Barbell – https://goo.gl/2uBi12