Seiring dengan rencana penutupan perusahaan, Aberdeen Standard bubarkan sejumlah reksa dana besutan perseroan.

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kegiatan Usaha Aberdeen Standard di Indonesia Akan Tutup

PT Aberdeen Standard Investments Indonesia mengumumkan rencana penutupan kegiatan usahanya. Seiring dengan hal tersebut dilakukan juga pembubaran sejumlah reksa dana besutan perseroan.

Aberdeen Standard mengumumkan di harian Kontan, Kamis (28/01), Standard Life Aberdeen sebagai penerima manfaat utama atau ultimate beneficial owner dari manajer investasi menutup kegiatan bisnis di Indonesia.

Di harian tersebut juga disebutkan ada tiga pengumuman pembubaran untuk tiga produk reksa dana.

Ketiganya yaitu Reksa Dana Aberdeen Standard Indonesia Equity Fund, Reksa Dana Aberdeen Standard Indonesia Government Bond Fund, dan Reksa Dana Aberdeen Standard Indonesia Money Market Fund.

Aberdeen Standard Bakal Tutup, Produk Reksa Dana Dibubarkan 02

[Baca Juga: TOP 10 Reksa Dana Pendapatan Tetap Kinerja Terbaik 2020]

 

Pada saat yang sama dengan pengumuman tersebut, Aberdeen Standard telah menyampaikan rencana pembubaran reksa dana kepada Otoritas Jasa Keuangan per tanggal 28 Januari 2021.

“Keputusan untuk keluar dari pasar Indonesia adalah bagian dari rencana perusahaan yang lebih luas untuk mengonfigurasi ulang operasi global kami seputar strategi pertumbuhan kami,” kata juru bicara Aberdeen Standard Investments Asia Pacific mengutip dari kontan.co.id.

Selain memiliki produk Aberdeen Standard Indonesia Government Bond Fund, total manajer investasi ini memiliki sembilan reksa dana lain.

Dua diantaranya reksa dana pendapatan tetap yakni, Aberdeen Standard Indonesia Bond Fund dan Aberdeen Standard Indonesia Government Bond Fund.

Aberdeen Standard Indonesia juga memiliki satu reksa dana saham bernama Aberdeen Standard Indonesia Equity Fund. Satu reksa dana campuran bernama Aberdeen Standard Indonesia Balanced Growth Fund.

Satu reksa dana pasar uang bernama Aberdeen Standard Indonesia Money Market Fund. Dua reksa dana terproteksi bernama Aberdeen Proteksi Pendapatan Berkala USD dan Aberdeen Standard Standard Proteksi 1.

Total Aberdeen Standard Indonesia memiliki dana kelolaan Rp 1,9 triliun, sebagaimana mengutip dari kontan.co.id.

Per 31 Desember 2020, mayoritas atau 94,6% alokasi aset reksa dana Aberdeen ini berada di saham. Sisanya 5,4% ada di pasar uang.

Nah, berikut 10 portofolio saham terbesar reksa dana Aberdeen Standard Indonesia Equity Fund:

  1. Bank Central Asia (BBCA) dengan alokasi 9,8% dari total alokasi aset.
  2. Bank Rakyat Indonesia (BBRI) dengan porsi 9,4%.
  3. Telkom Indonesia (TLKM) dengan alokasi 8,4%.
  4. Bank Mandiri (BMRI) dengan alokasi 7,7%.
  5. Astra International (ASII) dengan alokasi 4,1%.
  6. Bank Negara Indonesia (BBNI) dengan alokasi 3,7%.
  7. United Tractors (UNTR) dengan porsi 3,5%.
  8. Pakuwon Jati (PWON) dengan alokasi 3,4%.
  9. Ciputra Development (CTRA) dengan alokasi 3,3%.
  10. Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) dengan alokasi 3,2%.

Sekedar informasi, Aberdeen Standard Investments adalah manajer investasi global terkemuka, yang memiliki kantor cabang di lebih dari 40 lokasi di seluruh dunia.

Telah berinvestasi dalam bentuk ekuitas Indonesia selama lebih dari 30 tahun (sejak 1987).

Manajer investasi asal Inggris ini memutuskan membuka cabang di dalam negeri dan secara resmi mengakuisisi 80 persen saham dari NISP Sekuritas pada 2014 untuk mendirikan PT Aberdeen Asset Management.

Pada 2018, perseroan akuisisi 19 persen saham tambahan di PT Aberdeen Asset Management, sehingga kepemilikan saham menjadi 99 persen.

PT Aberdeen Asset Management kemudian diubah namanya menjadi Aberdeen Standard Investments Indonesia (PT ASII) setelah merger antara Standard Life dan Aberdeen pada Agustus 2017.

10 Panduan Investasi Reksadana Pemula

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

 

Sumber Referensi:

  • Khomarul Hidayat. 28 Januari 2021. Reksadana Aberdeen Standard Indonesia Equity Fund dibubarkan, ini isi portofolionya. Investasi.kontan.co.id – https://bit.ly/2MbI8nS
  • Rivki Maulana. 28 Januari 2021. Aberdeen Standard Hengkang, Produk Reksa Dana Dibubarkan. Market.bisnis.com – https://bit.ly/3py9NOo
  • Agustina Melani. 28 Januari 2021. Standard Life Aberdeen Tutup Bisnis Manajer Investasi di Indonesia. Liputan6.com – https://bit.ly/3oBv34J
  • Avanty Nurdiana. 28 Januari 2021. Aberdeen Standard Indonesia tutup bisnis di Indonesia. Investasi.kontan.co.id – https://bit.ly/3t9gbxC
  • Hikma Dirgantara. 28 Januari 2021. Aberdeen Indonesia bubar, pengembalian dana investor dinilai akan mudah. Investasi.kontan.co.id – https://bit.ly/2Mz1jIa
  • Intan Nirmala Sari. 28 Januari 2021. Cabut dari Indonesia, Aberdeen akan membubarkan 10 produk reksadana. Investasi.konta.co.id – https://bit.ly/3os8e3f

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3aav5LG
  • 02 – https://bit.ly/3pt9J2x