Apa itu Bitcoin? Bagaimana Bentuknya? Dan Apa Fungsinya?


Apa itu bitcoin? Anda mungkin saja satu dari sekian banyak orang yang penasaran kok harga bitcoin terus melonjak. Sebenarnya apa itu bitcoin?

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Luno-Cryptocurrency-Wallet-Logo

 

Apa itu Bitcoin?

Banyak orang berpikir bahwa Bitcoin adalah hal yang sangat membingungkan, padahal Bitcoin adalah sesuatu yang dapat dimengerti secara sederhana.

Jika ditanya apa itu bitcoin (disingkat BTC), maka penjelasan yang paling sederhana adalah:

Bitcoin adalah sistem kas transaksi global yang terdesentralisasi.

 

Berdasarkan jurnal yang ditulis oleh penemunya (dilansir dalam Bitcoin.org), sebenarnya Bitcoin adalah:

A purely peer-to-peer version of electronic cash would allow online payments to be sent directly from one party to another without going through a financial institution.

 

Pernahkah Anda terbayang bagaimana sistem transaksi (jual, beli, transfer uang) terjadi? Ya selalu ada pihak ketiga yang menjadi penengah, misal: bank (transfer antar bank), Visa, Mastercard, Paypal dan lain sebagainya.

Apakah Anda (dari Indonesia) pernah membeli barang di Amazon atau Paypal? Seperti apa kira-kira sistem pembayaran ke luar negeri? Contoh Anda menggunakan kartu kredit yang ada logo Visa, nah kira-kira bagaimana pembayaran tersebut bisa berjalan?

Apa Bedanya Kartu Kredit Visa dan Kartu Kredit MasterCard 02 - Finansialku

Kartu kredit visa dan mastercard, dua jenis kartu kredit yang sering digunakan untuk pembayaran online di Indonesia.

 

Seperti yang kita ketahui bersama setiap institusi penyedia jasa keuangan (termasuk bank) pasti memiliki buku akuntansi mereka. Pastinya ada waktu, tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat menjalankan transaksi tersebut. Itu sebabnya kita (para customer) dikenai biaya tambahan (charge).

Melanjutkan diskusi awal kita, apa itu Bitcoin? Bitcoin mengganti dan mengubah sistem buku-buku kas tersebut ke dalam satu sistem akuntansi global. Tentu saja manfaatnya adalah mengurangi waktu dan biaya.

 

Siapakah yang Menciptakan Bitcoin?

Ada banyak orang yang mengatakan bahwa Bitcoin diciptakan oleh seseorang, padahal setiap penemuan besar selalu dilakukan oleh sekelompok orang (satu tim).

Bitcoin ditemukan oleh tim atau sekelompok orang dengan nama Satoshi Nakamoto.

Sistem Bitcoin yang dirancang oleh Satoshi bersifat open manner, artinya kode pemrograman tersebut dapat dilihat dan diperiksa oleh semua orang di dunia.

Jadi, tidak ada rahasia yang tersembunyi dan penciptanya tidak memiliki konflik kepentingan (conflict of interest).

Apa itu Bitcoin, Satoshi Whitepaper - Finansialku

Dokumen Satoshi Whitepaper yang menjelaskan sistem Bitcoin

 

Jika Anda tertarik untuk mengetahui seperti apa bahasa pemrograman atau algoritma Bitcoin, maka Anda dapat riset Satoshi Whitepaper.

Jurnal berisi 9 halaman tersebut menjelaskan matematika dan algoritma sebuah Bitcoin. Anda dapat men-download materi jurnal tersebut di Bitcoin.org (documentation).

 

3 Karakteristik Bitcoin

Penulis yakin, selain ingin tahu apa itu Bitcoin, Anda masih ingin tahu kan sebenarnya apa fungsinya? Apakah aman transaksi dengan Bitcoin? dan lain sebagainya.

Yuk langsung saja kita bahas karakteristik Bitcoin.

Pernahkah Anda terbayang bagaimana sistem pembayaran itu berlangsung?

Ribuan tahun yang lalu, ketika manusia masih belum mengenal mata uang (currency), mereka melakukan perdagangan dengan menggunakan sistem barter.

Contoh mereka menukarkan beras dengan jagung dan lain sebagianya.

Setelah manusia mengenal mata uang (currency), maka manusia melakukan perdagangan dengan menggunakan uang tunai.

Sama seperti saya dan Anda yang melakukan proses perdagangan dengan sistem bayar tunai, debit atau kartu kredit.

Apa itu Bitcoin Bagaimana Bentuknya dan Apa Fungsinya 2 - Finansialku

Sekarang ini belanja online dengan kartu kredit, ke depan belanja online dapat memanfaatkan mata uang digital (Cryptocurrency)

 

Sekarang sudah zamannya perdagangan online, Anda tentunya tidak hanya membeli barang melalui  website di Indonesia (misal: Tokopedia, BukaLapak, Shopee, dan lain sebagainya), tetapi Anda juga dapat membeli barang-barang dari website luar negeri (misal: Amazon, eBay, dan lain sebagainya).

 

Pertanyaannya bagaimana cara memindahkan uang secara online?

Harus diakui sistem yang ada memang cukup rumit, karena bank dan layanan kartu kredit menggunakan sistem ledger system (sistem kas).

Sistem kas tersebut menunjukkan sejarah (riwayat akun) serta menunjukkan siapa (orangnya) yang membeli apa (mata uang) dan berapa (besarnya).

Contoh:

Ketika Budi melakukan transfer uang online ke Anton, bank yang akan menjalankan transfer uang dari Budi ke Anton. Apakah proses transfer tersebut dapat dilakukan sendiri? Maksudnya apakah Budi dapat berperan sebagai bank?

Budi tentu saja tidak dapat berperan sebagai bank. Budi harus menggunakan fasilitas bank (contoh mesin ATM, internet banking, sms banking, mobile banking, dan lain sebagainya) untuk melakukan sendiri proses transfer.

Kenapa tidak bisa?

Karena ditakutkan ada risiko kecurangan. Bank memastikan proses tersebut aman, artinya tidak dapat disalin (copy), tidak dapat di tempel (paste) dan tidak dapat dikirimkan kepada dua orang yang berbeda.

Dibalik layar, semua proses pembayaran online tersebut adalah perpindahan data angka dari satu bank ke bank lainnya.

 

Apakah ada kemungkinan oknum bank atau pihak ketiga ada yang berbuat nakal? Selalu ada saja, oleh karena itu bank melakukan proses manajemen risiko. Kita sebagai nasabah bank, pastinya percaya bahwa bank yang kita gunakan jujur dan tidak melakukan kecurangan.

Proses transfer dalam satu bank adalah hal yang mudah dilakukan, karena sistem kas nya sama dan berada dalam satu sistem besar. Permasalahan timbul jika transfer antar bank (baik di dalam negeri maupun transfer ke luar negeri).

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Bank yang menerima uang pastinya akan mencocokkan sistem kas dengan bank pengirim. Bank harus bekerja dengan sistem yang prudent dan penuh kehati-hatian.

Oleh sebab itu jangan heran, jika Anda sebagai nasabah dikenai biaya transfer. Plus ada waktu (bisa jadi langsung atau menunggu satu hari).

Sistem tersebut akan menjadi lebih kompleks jika berbeda negara. Bank harus mencocokkan sistem pembayaran, regulasi antar negara, biaya, waktu transfer bertambah dan lain sebagainya.

 

Bitcoin sebagai Solusi Pembayaran

Bitcoin datang sebagai salah satu solusi mata uang digital. Bitcoin adalah satu sistem kas yang melakukan sinkronisasi di seluruh internet. Jadi, semua orang dapat mengakses akun kas yang sama secara real time terlepas siapa dan dimana ia berada.

Apa manfaatnya untuk Anda? Uang dapat ditransfer dari ke pihak lainnya tanpa keterlambatan (proses real time) dan tanpa biaya yang tinggi. Seperti ketika uang digunakan dulunya, sebelum dunia menjadi begitu besar dan rumit.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kita dapat menggunakan Bitcoin untuk mengirim uang ke teman dan keluarga (baik lokal dan luar negeri), beli barang online, terima gaji dan sebagainya.

Bitcoin memudahkan kita memindahkan uang. Bitcoin adalah sistem pembayaran, sama seperti metode transfer bank atau kartu kredit, namun Bitcoin sedikit lebih baik.

 

Semakin banyak orang menggunakan Bitcoin untuk pembayaran, semakin berharga pula sistem pembayaran ini.

Salah satu investasi yang paling tua adalah investasi emas. Orang-orang (dari zaman dahulu sampai zaman sekarang) memandang emas sebagai objek yang bernilai tinggi.

Apakah sebenarnya emas itu bernilai? Emas sendiri tidak memiliki nilai, emas hanyalah sebuah bongkahan batu.

Lalu darimana nilai sebuah emas? Memang agak membingungkan, karena semua orang menyetujui emas memiliki nilai tertentu (Anda dapat melihat: harga emas hari ini untuk tahu harga terbaru).

 

Kenapa orang-orang menganggap emas lebih berharga daripada batu yang lain?

Jawabannya emas memiliki karakteristik unit yang menjadikannya sebagai “penyimpan nilai atau store of value” yaitu:

Jumlah emas yang ada di dunia ini terbatas dan langka. Emas memiliki sifat yang lunak dan dapat dicairkan serta dibentuk ke dalam unit-unit yang kecil.

Contoh: koin emas, logam mulia 1 gram dan lain sebagainya. Emas juga stabil, tidak mengalami degradasi, mudah dikenali dan susah dipalsukan.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai investasi emas, silakan download ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula.

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Bitcoin memiliki semua karakteristik yang sama seperti emas, seperti:

  1. Jumlah Bitcoin terbatas, yaitu hanya ada 21.000.000 Bitcoin di dunia.
  2. Bitcoin dapat dipecah menjadi unit-unit lebih kecil tanpa kehilangan nilai unit tersebut (1 Bitcoin = 100,000,000 Satoshi – unit terkecil dari Bitcoin, sama seperti gram di Emas). Kita dapat membeli kurang dari satu Bitcoin.
  3. Teknologi Bitcoin juga stabil dan tidak akan mengalami degradasi.
  4. Sangat sulit dibuat Bitcoin palsu, karena adanya sistem Blockchain.
  5. Anda dapat memindahkan Bitcoin kemanapun di dunia dalam hitungan menit, terlepas dari jumlah Bitcoin tersebut.

 

Itulah mengapa orang menyebut Bitcoin sebagai emas digital, namun emas digital yang lebih baik. Intinya, Bitcoin mirip seperti emas – inilah mengapa banyak orang menyebut Bitcoin sebagai ‘emas digital’ atau ‘Emas 2.0’.

Salah satu karakteristik yang sangat unik adalah tidak ada orang yang dapat mengontrol Bitcoin. Seperti internet yang dapat digunakan oleh setiap orang, begitupula karakter Bitcoin.

Harus diakui bahwa internet adalah kemajuan terbesar dalam sejarah manusia dan terbukti mengubah cara hidup serta cara kerja masyarakat di dunia.

Internet modern didesain dalam sebuah sistem yang terbuka sehingga setiap orang dapat menggunakannya sesuka hati. Sistem internet tidak dimiliki oleh siapa pun (tidak ada gate keeper). 

Apa itu Bitcoin Bagaimana Bentuknya dan Apa Fungsinya 3 - Finansialku

Internet menjadi kebutuhan pokok, sehingga orang-orang mulai mencari cara menghemat kuota

 

Hal ini menyebabkan adanya “inovasi tanpa izin” – semua orang boleh mencoba hal-hal baru tanpa perlu meminta akses dari gatekeeper. Internet juga didesain “interoperable” – artinya internet yang kita gunakan di Indonesia tersambung dengan internet di negara lain.

Bitcoin disebut “desentralisasi”, karena Bitcoin seperti internet yang tidak dimiliki oleh siapa pun (tidak ada gate keeper). Oleh sebab itu Bitcoin mendukung adanya “inovasi tanpa izin” yang memungkinkan orang berinovasi dan berkembang.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Bitcoin juga bersifat interoperable – artinya Bitcoin saya, Bitcoin Anda dan Bitcoin orang-orang di luar negeri berada dalam satu sistem yang sama. Bitcoin adalah satu kas transaksi global. Bitcoin dapat dikatakan mata uang global pertama di dunia.

 

Youtube courtesy, Finansialkucom – Apa Itu Bitcoin

 

Apakah Bitcoin Menjadi Revolusi Mata Uang Digital?

Jadi, jika ditanya, apa itu Bitcoin? Anda dapat membayangkan sebuah wadah (ember) yang didalamnya ada kartu debit (atau kartu kredit), emas dan internet.

Semuanya jadi satu itulah Bitcoin.

Disclaimer:

  • Tulisan di atas berasal dari Luno dan dikurasi oleh tim editor Finansialku dengan menambahkan beberapa informasi tambahan dari sumber referensi tambahan.
  • Tulisan di atas bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan sebagai saran berinvestasi atau berspekulasi.

 

Sumber Referensi Tambahan:

  • CNN Money. What is Bitcoin? Money.cnn.com – https://goo.gl/S8tsmi
  • Nakamoto Satoshi. Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System. Bitcoin.org – https://goo.gl/mEYmqQ

 

Sumber Gambar:

  • Apa itu Bitcoin – https://goo.gl/L9jKVz

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By |2018-08-08T15:47:40+00:00November 21st, 2017|Categories: Bitcoin, Investasi|Tags: , , , |18 Comments

About the Author:

Luno
Luno (sebelumnya BitX) adalah perusahaan Bitcoin yang berdiri pada tahun 2013 dan berpusat di Singapura, dan telah beroperasi di sejumlah negara lainnya seperti Indonesia, Malaysia, Afrika Selatan, Nigeria, dan Kenya.Luno masuk dan mulai beroperasi di Indonesia pada awal 2015. Luno Indonesia menyediakan layanan untuk menyimpan Bitcoin, serta membeli dan menjual Bitcoin dengan Rupiah. Pengguna aplikasi BitX di iOS dan Android dapat menyimpan, menjual, dan membeli Bitcoin tanpa membayar biaya apapun.

18 Comments

  1. Tonny 6 December 2017 at 14:01 - Reply

    Permisi, Info 1 btc = 184jt

    • Finansialku
      Finansialku 7 December 2017 at 11:10 - Reply

      Hi Pak Tonny
      Terima kasih atas sharringnya, sangat bermanfaat.

  2. Frank 13 February 2018 at 11:06 - Reply

    apakah aman bitcoin tersebut?

    • Finansialku
      Finansialku 14 February 2018 at 08:31 - Reply

      Hi Pak Frank
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Sejauh ini kami di Finansialku.com sedang mempelajari dengan teliti mengenai produk Bitcoin.
      Jadi kami belum dapat menyimpulkan apakah aman atau tidak.
      Satu hal yang jelas adalah Bitcoin tidak memiliki aset dasar (underlying asset).
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

      • Yoga 23 March 2018 at 03:23 - Reply

        Jika Bitcoin tidak memiliki aset dasar (underlying asset), mengapa bisa disejajarkan dengan Emas,?

        • Finansialku
          Finansialku 14 April 2018 at 12:38 - Reply

          Hi Pak Yoga
          Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
          Menjawab pertanyaan Anda:
          Menurut penjelasan Luno, disejajarkan emas karena jumlahnya terbatas.
          Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  3. Ester 23 February 2018 at 11:33 - Reply

    Seberapa besar keuntungan yang mungkin dapat diraih di Bitcoin ?

    • Finansialku
      Finansialku 25 February 2018 at 10:06 - Reply

      Hi Bu Ester
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Keuntungannya tergantung Ibu beli diharga berapa dan jual di harga berapa.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

      a

  4. alaminteak 7 March 2018 at 22:31 - Reply

    Penjelasan yang Bagus dan Mudah dimengerti pak. Terimakasih

    • Finansialku
      Finansialku 8 March 2018 at 16:08 - Reply

      Hi Pak
      Terima kasih atas apresiasinya. Semoga artikel kami dapat bermanfaat.

  5. Rahmad 25 March 2018 at 20:02 - Reply

    Apakah bitcoin sewaktu waktu dapat d hapus, atau ada produk sejenis bitcoin, contoh midcoin yg kegunaanya sama persis dgn bitcoin?

    • Finansialku
      Finansialku 14 April 2018 at 12:35 - Reply

      Hi Pak Rahmad
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Kami saat ini sedang mempelajari Bitcoin dan belum dapat menjawab pertanyaan Bapak.
      Sejauh ini kesimpulan kami adalah produk Bitcoin tidak memiliki aset dasar, sehingga tidak stabil.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

  6. Aries Yuangga 30 April 2018 at 04:47 - Reply

    Terimakasih atas informasinya mengenai Bitcoin. Saya berpendapat bahwa Bitcoin sangat baik untuk menjadi salah satu asset untuk jangka panjang setiap investor. Saya membuat channel youtube yang membahas mengenai cryptocurrency serta ada grup telegram yang berdiskusi khusus mengenai teknologi blockchain dan digital asset. 🙂

    Thanks,

    • Miriam Fajria
      Miriam Fajria 17 May 2018 at 13:47 - Reply

      Halo Kak Aries,
      Terima kasih atas apresiasinya!
      Terima kasih juga sudah memberikan pendapat Anda mengenai Bitcoin. Semoga informasi dari Anda dapat menginspirasi pembaca lainnya.

      Sukses selalu!

  7. Elizabeth 8 May 2018 at 22:09 - Reply

    kok masih belum paham ya saya apa itu bitcoin

  8. Elizabeth 8 May 2018 at 22:14 - Reply

    bagaimana mendapatkan bitcoin?

Leave A Comment