Jika Anda ditanya oleh seseorang, apa tipe kepribadian investor Anda? Pernahkah Anda mengetahui tipe kepribadian investor diri Anda sendiri?

Ternyata untuk menjadi seorang investor, Anda perlu juga mengetahui dan mengenali tipe kepribadian investor, lho! Hal ini tentunya akan berguna bagi portofolio investasi Anda.

Apa saja tipe kepribadian investor dan bagaimana penjelasan dari masing-masing tipe? Yuk mari, simak penjelasan dari pertanyaan tadi melalui rubrik artikel Finansialku berikut ini.

Selamat membaca dan mendapatkan wawasan baru!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengenal Kepribadian Investor

Setiap manusia yang diciptakan memiliki keunikan masing-masing. Artinya, manusia memiliki perbedaan antar satu manusia dengan manusia lainnya. Setiap pribadi tidak ada yang sama, bahkan anak kembar pun tetap memiliki keunikan dan perbedaan tersendiri.

Bagaimana dengan kepribadian investor? Dalam dunia investasi, setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda dalam menyikapi potensi dan risiko saat melakukan investasi.

Hampir semua investor, baik investor pemula maupun investor kawakan, siap menerima segala bentuk keuntungan. Akan tetapi, hampir semua diantara mereka, tidak siap dengan risiko yang dialaminya.

Ada seorang investor yang lebih mengutamakan keamanan, maka mereka cenderung memilih jenis dan produk investasi yang memiliki risiko rendah dengan keuntungan yang rendah pula.

Berbeda dengan investor yang suka dengan tantangan dan risiko, maka investor tersebut akan memilih jenis dan produk investasi yang memiliki risiko tinggi. Hal ini sebanding dengan keuntungan besar yang akan mereka peroleh.

Seperti Apakah Tipe Kepribadian Investor Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Cari Tahu Tipe Investor Seperti Apakah Anda?]

 

Bicara tentang investasi, apakah Anda sudah tahu dengan jelas jenis investasi yang memiliki risiko rendah, risiko sedang dan risiko tinggi? Jika Anda belum tahu, maka Anda wajib membaca ebook investasi untuk pemula.

Ada 3 ebook yang Finansialku miliki, yaitu ebook emas, ebook reksa dana dan ebook saham. Ketiga ebook itu, sama-sama untuk investor pemula. Artinya, bagi Anda yang termasuk investor pemula, Anda bisa membaca dan memiliki ebook jika ingin berhasil dalam berinvestasi. Silakan download sekarang juga!

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Tipe Kepribadian Investor

Benarkah seorang investor perlu memiliki modal keberanian dalam menjatuhkan pilihan pada sebuah investasi?

Benarkah juga seorang investor perlu teliti dan cermat dalam memilih sebuah jenis dan produk investasi?

Dua pertanyaan tersebut adalah dua hal penting yang seharusnya dimiliki oleh seorang yang menyandang gelar investor, yaitu keberanian dan ketelitian. Tujuan dari dua hal ini adalah untuk memberikan suatu keputusan yang tepat dalam melakukan investasi.

Investor-Overconfidence-1-Finansialku

[Baca Juga: Para Investor, Kenali “Behavioral Finance” yang Dapat Mempengaruhi Anda dalam Mengambil Keputusan Investasi]

 

Dari sederetan investasi yang tersebar di Indonesia, ternyata bertebaran pula tipe kepribadian seorang investor.

Tahukah Anda, ternyata kepribadian seorang investor menentukan pilihan kepada jenis dan produk investasi apa yang dipilih oleh investor tersebut?

Supaya Anda tidak salah memilih jenis dan produk investasi yang sesuai dengan kepribadian Anda, kenali dulu tipe kepribadian investor.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Model Psikografi Dalam Perilaku Keuangan

Model psikografi merupakan sebuah model yang dirancang untuk mengkategorikan masing-masing individu berdasarkan suatu karakteristik, sifat atau perilaku seseorang. Pengkategorian dari psikografi ini sangat relevan dengan mempertimbangkan strategi individu dan toleransi terhadap risiko.

Latar belakang dan pengalaman masa lalu seseorang dapat menjadi peran yang signifikan dalam membuat keputusan selama proses alokasi aset investasi.

Jika seorang investor menyesuaikan profil psikografi, maka hal ini dapat digunakan untuk mengenali kecenderungan sifat perilaku yang relevan dari seseorang sebelum membuat keputusan investasi.

Harapan dari pengkategorian psikografi ini dapat menghasilkan pendapatan investasi yang lebih baik daripada sebelumnya.

Strategi Jitu Bagi Investor Properti Agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank! 99 Persen Berhasil! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Stop! Inilah 10 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Investor Saham]

 

Terkait dengan hal tersebut, ada dua penelitian, yaitu:

  • Penelitian Barnewall (1987), dan
  • Penelitian dari Bailard, Biehl dan Kaiser (1986).

 

Kedua penelitian mendapatkan suatu hasil tentang model psikografi seorang investor. Bagaimana model psikografi investor tersebut? Simak informasi selanjutnya.

 

Tipe Kepribadian Investor Berdasarkan Barnewall

Salah satu model psikografi investor yang tertua dan paling umum digunakan, yaitu dari hasil penelitian Marilyn MacGruder Barnewall. Penelitian ini dimaksudkan untuk membantu penasihat atau konsultan investasi ketika berinteraksi dengan klien.

Barnewall membedakan jenis investor menjadi dua jenis yang relatif sederhana, yaitu  investor pasif dan investor aktif.

 

Tipe 1 Barnewall: Investor Pasif

Investor pasif dapat didefinisikan sebagai investor yang memiliki kekayaan atau pendapatan pasif. Misalnya, investor tersebut mendapatkan warisan atau investor tersebut mempertaruhkan modal milik orang lain, bukan mempertaruhkan modal mereka sendiri.

Investor pasif memiliki kebutuhan keamanan yang lebih besar daripada kebutuhan toleransi terhadap risiko. Mengapa?

 

Silakan beri pendapat dan komentar Anda atas pertanyaan tersebut pada kolom yang tersedia di bagian akhir artikel.

 

Kelompok pekerjaan yang termasuk ke dalam investor kelompok pasif adalah:

  • Eksekutif atau pimpinan perusahaan,
  • Pengacara di sebuah perusahaan skala regional yang besar,
  • Akuntan publik bersertifikat di perusahaan akuntansi publik tersertifikasi (CPA) yang besar,
  • Pekerjaan non-ahli bedah medis dan gigi,
  • Seorang individu yang memiliki warisan kekayaan,
  • Pemilik usaha yang mewarisi usaha,
  • Para politisi,
  • Kelompok bankir, dan
  • Para jurnalis.

 

Miliki-10-Kunci-Sukses-Kepemimpinan-1-Finansialku

[Baca Juga: 5 Hal Menarik yang Harus Diketahui Investor Milenial yang Mulai Berinvestasi]

 

Semakin sedikit informasi dan sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh seorang investor, maka semakin besar kemungkinan orang tersebut menjadi investor pasif.

Kurangnya informasi dan sumber daya inilah, salah satu yang mengakibatkan seorang individu memiliki lebih tinggi kebutuhan keamanan dan memiliki lebih rendah kebutuhan toleransi terhadap risiko.

 

Tipe 2 Barnewall: Investor Aktif

Investor aktif dapat didefinisikan sebagai investor yang memperoleh penghasilan mereka sendiri atas pekerjaan yang mereka selesaikan.

Mereka telah terlibat secara aktif dalam mendapatkan kekayaan. Mereka juga mempertaruhkan modal mereka sendiri untuk mencapai tujuan kekayaan mereka.

Orang-orang yang tergolong investor aktif, yaitu:

  • Para entrepreneur,
  • Pemilik bisnis yang membangun bisnis sendiri, dan
  • Para profesional yang memimpin perusahaan mereka sendiri.

 

Investor aktif memiliki toleransi risiko yang lebih tinggi daripada kebutuhan akan keamanan yang cenderung lebih rendah.

Maksud dari toleransi risiko yang tinggi adalah mereka, para investor yang lebih suka mempertahankan kendali atas investasi mereka sendiri. Mereka senang memegang atau mengontrol kendali sendiri akan investasinya.

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik di Tahun 2018 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Langkah Menjadi Seorang Investor Sukses]

 

Jika mereka terlibat aktif dalam investasi jenis agresif yang tidak mereka kendalikan sendiri, maka toleransi risiko mereka akan turun dengan cepat.

Mengapa toleransi risiko investor aktif tinggi? Jawabannya sederhana, karena mereka percaya pada diri mereka sendiri.

Selain itu, mereka yang sangat terlibat pada investasi mereka sendiri akan membuat mereka banyak sekali mengumpulkan segala informasi terkait investasi.

Dengan adanya keterlibatan dan kontrol dari diri sendiri, mereka merasa bahwa mereka akan mengurangi risiko pada tingkat yang dapat diterima oleh mereka.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tipe Kepribadian Investor Berdasarkan Bailard, Biehl, and Kaiser (BB&K)

Tipe kepribadian investor dari Bailard, Biehl dan Kaise (BB&K) mengutamakan beberapa prinsip dari model Barnewall.

Pengklasifikasian kepribadian investor yang dilakukan yaitu berdasarkan dua sumbu, yaitu tingkat kepercayaan (sumbu vertikal) dan metode tindakan (sumbu horizontal).

Secara lebih jelas, Thomas Bailard, David Biehl dan Ronald Kaiser menyediakan sebuah gambaran grafis untuk model mereka, yaitu:

Seperti Apakah Tipe Kepribadian Investor Anda 03 - Finansialku

Model Psikografis Tipe Kepribadian Investor dari Bailard, Biehl dan Kaise (BB&K)

 

Aspek Pertama

Aspek pertama dari kepribadian berhubungan dengan bagaimana kepercayaan diri seorang investor berpengaruh kepada kehidupan, entah kehidupan karier, kehidupan kesehatan atau kehidupan keuangan investor. Dengan kata lain, seberapa percaya diri seorang investor kepada kehidupannya?

Itu semua sangat penting kepada pilihan emosi. Bagaimana kepercayaan diri investor terhadap suatu hal? Seberapa banyak investor cenderung khawatir terhadap investasinya?

Aspek ini juga berbicara kepada diri sendiri tentang pilihan hidup, apakah investor dengan teguh dan yakin kepada diri sendiri atau malah mengalami kekhawatiran dan kecemasan?

 

Aspek Kedua

Aspek kedua berhubungan dengan metode tindakan seorang investor.

Apakah investor itu memiliki sifat metodis (memikirkan segala sesuatu secara terstuktur), berhati-hati dan analitis dalam kehidupannya? Atau, apakah investor tersebut memiliki sifat emosional, intuitif dan tidak sabaran?

Ini-13-Perilaku-yang-Dimiliki-Entrepreneur-Sukses-3-Finansialku

[Baca Juga: Inilah 7 Ciri-Ciri Investor Sukses yang Bisa Anda Contoh Agar Sukses Berinvestasi]

 

Kedua aspek dapat dijabarkan ke dalam dua sumbu psikologi individu, yaitu sumbu vertikal “confident-anxious” dan sumbu horizontal “careful-impetuous”.

  • Sumbu vertikal “confident-anxious” menyatakan tingkat kepercayaan investor, apakah investor percaya diri atau khawatir.
  • Sumbu horizontal “careful-impetuous” menyatakan suatu metode tindakan, apakah tindakan investor bertindak berhati-hati atau tidak sabaran.

 

Berikut ini sebuah deskripsi dari penelitian BB&K untuk 5 tipe kepribadian investor dalam sebuah model.

 

Tipe 1 BB&K: Adventurer (Percaya Diri – Tidak Sabaran)

Adventurer diterjemahkan sebagai petualang atau orang yang suka berspekulasi (mengadu nasib).

Adventurer adalah orang yang ingin menanamkan semua modal untuk berinvestasi karena mereka adalah tipe investor yang percaya diri.

Para-Investor,-Behavioral-Finance-Pengaruhi-Keputusan-Investasi-2-Percaya-Diri-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Tipe Investor yang Terlalu Percaya Diri? Kenali Gejala “Overconfidence Bias” agar Investasi Anda Aman!]

 

Mereka adalah orang yang sulit diberikan saran karena mereka memiliki ide sendiri tentang berinvestasi yang benar.

Mereka juga berani mengambil risiko dan mereka cenderung sering dan mudah berubah pendirian dari sudut pandang investasinya.

 

Tipe 2 BB&K: Celebrity (Khawatir – Tidak Sabaran)

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, celebrity adalah seorang yang terkenal atau termasyur.

Orang-orang ini seperti selalu beraksi dalam melakukan sesuatu karena mereka sering khawatir dan tidak percaya diri. Mereka takut ditinggalkan sendiri.

Para HRD Kenali 10 Tanda Karyawan Bahagia 02 Stres - Finansialku

[Baca Juga: Tujuh Tingkat Investor: Belajar Menjadi Investor Tingkat Tinggi]

 

Mereka sungguh tidak memiliki ide dan pemikiran terhadap investasi. Mungkin mereka memiliki ide dan pemikiran sendiri terhadap hal lain dalam hidupnya, tetapi tidak terhadap investasi.

Sebagai hasilnya, mereka adalah investor yang cocok dijadikan mangsa terbaik bagi pergantian broker (pialang).

 

Tipe 3 BB&K: Individualist (Percaya Diri – Berhati-hati)

Individualist dalam bahasa Indonesia, yaitu individualis atau orang yang mengutamakan diri sendiri.

Orang yang individualis merupakan orang yang cenderung pergi mencari jalannya sendiri, tanpa bantuan dari pihak lain.

Orang seperti ini mencoba membuat keputusan mereka sendiri dalam kehidupannya dan berhati-hati pada segala sesuatu karena mereka menganggap dirinya memiliki kemampuan.

Orang individualis memiliki kepercayaan diri yang tinggi serta bertindak hati-hati.

8 Cara Meningkatkan Antusiasme 01 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Berinvestasi Tanpa Menjadi Investor? Apakah Bisa?]

 

Mereka memiliki tingkat kepercayaan tertentu terhadap dirinya sendiri, tetapi juga adalah orang yang berhati-hati, metodis dan analitis. Jika mereka mengalami suatu ketidakpastian dan risiko, mereka kerasan berlama-lama memikirkan jalan keluarnya sendiri dengan versinya sendiri.

Inilah tipe kepribadian investor yang sering dicari oleh nasabah, yaitu investor rasional dan memiliki pola pikir yang baik.

 

Tipe 4 BB&K: Guardian (Khawatir – Berhati-hati)

Guardian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, yaitu sebagai wali, pengawal atau penjaga.

Investor yang termasuk dalam tipe kepribadian guardian adalah orang yang sudah berumur dan ingin memulai mempersiapkan dana pensiun dan masa tuanya.

Mereka adalah para investor yang sangat berhati-hati dalam bertindak dan memiliki kekhawatiran tentang uangnya sendiri. Investor berhati-hati dalam mempertimbangkan untung ruginya sebuah jenis dan produk investasi.

Karyawan Milenial 02 Mengatur Keuangan - Finansialku

[Baca Juga: Cerita Dongeng Singa, Ayam Jantan dan Keledai serta Pesan Moral untuk Para Investor]

 

Mereka menyadari bahwa mereka menghadapi sebuah waktu yang terbatas dan mereka cenderung senang memelihara atau melindungi aset kepunyaannya. Mereka tentunya tidak tertarik terhadap kehebohan atau kegemparan.

Orang-orang ini adalah orang yang kurang percaya diri dalam kemampuan meramalkan masa depan atau memahami dimana untuk menyimpan uang atau berinvestasi. Hal ini menyebabkan mereka selalu kehilangan sebuah kesempatan “emas”.

Jadi, mereka mencari seorang petunjuk atau penasihat.

 

Tipe 5 BB&K: Straight Arrow

Straight Arrow adalah orang-orang yang memiliki keseimbangan antara tingkat kepercayaan diri dan metode tindakan. Mereka tidak dapat ditempatkan pada suatu kuadran tertentu. Mereka berada di posisi tengah-tengah kuadran.

Para HRD 8 Alasan Pentingnya Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan di Perusahaan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kiat Sukses Menjadi Investor Andal untuk Para Investor]

 

Rata-rata orang seperti ini adalah investor yang memiliki komposisi seimbang pada setiap 4 tipe investor. Dampaknya, mereka menginginkan jenis dan produk investasi dengan risiko medium atau sedang.

 

Bagaimana Dengan Anda? Seperti Apa Tipe Kepribadian Investor Anda?

Setelah membaca seluruh informasi terkait dengan tipe kepribadian investor, maka Anda sekarang dapat menilai diri Anda sendiri.

Sudahkah Anda mengetahui tipe kepribadian investor Anda dan masuk di kategori manakah Anda?

Ketika Anda sudah mengetahui tipe kepribadian investor ini, maka Anda harus pandai memilih jenis dan produk investasi mana yang cocok dengan Anda.

 

Silakan berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom yang sudah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Michael M. Pompian. 2006. Behavioral Finance and Wealth Management: How to Build Optimal Portfolios That Account for Investor Biases. John Wiley & Sons, Inc. New Jersey, USA.
  • Admin. 27 Oktober 2014. 4 Tipe Kepribadian Investor. Marketing.co.id – https://goo.gl/YxN5jR

 

Sumber Gambar:

  • Tipe Kepribadian Investor – https://goo.gl/HcjPQ7
  • Investor Sukses – https://goo.gl/2wmVqx
Summary
Seperti Apakah Tipe Kepribadian Investor Anda?
Article Name
Seperti Apakah Tipe Kepribadian Investor Anda?
Description
Jika Anda ditanya oleh seseorang, apa tipe kepribadian investor Anda? Pernahkah Anda mengetahui tipe kepribadian investor diri Anda sendiri?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo