Penasaran dengan Harga Tiket dan Cabang Olahraga Asian Para Games 2018

Tidak berhenti sampai Asian Games 2018, kini INAPGOC dihadapkan dengan kesibukan dalam acara Asian Para Games 2018 yang sedang berlangsung. Sudah tahu harga tiket dan cabang olahraga yang akan dipertandingkan?

Mari simak pembahasan lengkap mengenai Asian Para Games 2018 yang akan memberikan semangat positif olahraga kepada diri Anda dan dukung tim atlet Indonesia agar menjadi juara dan mengharumkan nama Indonesia!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Asian Para Games 2018, Seri Lanjutan Asian Games 2018

Setelah acara Asian Games 2018 yang sukses mengguncang negara Indonesia sebagai tuan rumah, kini giliran seri lanjutannya bertajuk Asia Para Games 2018 yang sedang berlangsung sejak tanggal 6 hingga 13 Oktober mendatang.

Acara ini merupakan acara pertama bagi Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga difabel tingkat Asia.

Acara yang diselenggarakan oleh INAPGOC ini melanjutkan konsep area publik di kawasan Gelora Bung Karno, seperti yang dilakukan ketika Asian Games 2018.

Dilansir dari Tempo.co, Ketua Indonesia Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari,mengungkapkan bahwa,

“Konsep Asian Para Games lebih humanis karena kami harus mempertimbangkan faktor aksesibilitas.”

 

Banyak hal yang harus dipersiapkan oleh tim penyelenggara, mulai dari tempat tinggal atlet, transportasi dan administrasi, termasuk pengelolaan tiket. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan Asian Para Games 2018 mencapai Rp1,6 triliun.

Jumlah yang dikeluarkan memang tidaklah sedikit. Tentu terdapat perencanaan keuangan yang dilakukan oleh tim penyelenggara agar uang yang dikeluarkan tidak terbuang percuma.

Perencanaan keuangan harus dilakukan dengan baik melalui minimalisasi kesalahan yang bisa saja terjadi.

Anda juga bisa melakukan perencanaan keuangan dengan baik asal tahu ilmu yang tepat saat melakukannya.

Miliki panduan dalam perencanaan keuangan melalui ebook Finansialku yang dapat langsung Anda download berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Perencanaan keuangan terlaksana baik, kondisi keuangan pun akan baik. Lakukan sekarang juga!

 

Cabang Olahraga Asian Para Games 2018

Berbeda dengan acara Asian Games 2018 sebelumnya, cabang olahraga untuk Asian Para Games 2018 ini sebanyak 18 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan 568 nomor.

Banyaknya nomor per tiap cabang olahraga disebabkan karena para games memiliki nomor berbeda untuk mengklasifikasikan atlet sesuai latar belakang fisiknya.

Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah: panahan, atletik, badminton, boccia, bowling, catur, balap sepeda, goalball, judo, bowling lapangan, angkat besi, shooting, renang, tenis meja, voli duduk, basket kursi roda, panahan kursi roda, dan tenis kursi roda.

Hal yang paling membanggakan ialah Indonesia yang siap mengirimkan perwakilannya untuk semua cabang olahraga.

Bagi yang belum mengetahui, ada dua cabang khusus yang berbeda dengan acara sebelumnya, yaitu:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Boccia

Mungkin masih banyak yang merasa asing dengan olahraga jenis ini.

Boccia adalah jenis olahraga yang dimainkan di atas kursi roda dan dirancang untuk dimainkan oleh orang-orang dengan keterbatasan kemampuan motorik, termasuk di antaranya penderita cerebral palsy.

Tujuan permainan ini adalah melemparkan bola kulit warna merah atau biru, sedekat mungkin dengan target. Atlet yang tidak dapat melempar bola dengan tangan bisa memakai alat bantu.

Asian Para Games 2 Finansialku

[Baca Juga: Pemborosan Dana Pertemuan IMF World Bank, Pemerintah Bela Diri]

 

#2 Goalball

Olahraga goalball adalah permainan yang didesain untuk para tuna netra atau yang memiliki kekurangan dalam penglihatan.

Atlet yang sama sekali tidak dapat melihat dan atlet yang punya gangguan penglihatan bisa bermain dalam satu pertandingan, karena setiap atlet harus bermain dengan penutup mata.

Setiap tim terdiri dari tiga peserta. Bola dilempar ke gawang lawan, dan lawan berusaha mencegah masuknya bola dengan badan mereka.

Pemain hanya berada di area depan gawangnya sendiri sepanjang pertandingan.

Karena tidak ada yang bisa melihat bola, maka bola diisi dengan lonceng agar pemain bisa mengetahui arah datangnya bola.

Maka, penonton pertandingan ini pun diminta untuk tidak berisik agar pemain dapat berkonsentrasi mendengar datangnya bola.

Dua cabang olahraga di atas memang diperuntukkan untuk para kaum difabel dengan fasilitas khusus yang diberikan.

 

Prestasi dan Harga Tiket Asian Para Games 2018

Hingga saat ini, prestasi atlet Indonesia tidak kalah jauh dengan negara lain. Indonesia sudah menduduki posisi ke-6 dengan perolehan 8 medali emas, 13 medali perak, dan 18 medali perunggu.

Prestasi ini sangat membanggakan mengingat kondisi atlet yang sedang bertanding dengan semangat juangnya yang sangat tinggi.

Untuk semakin menambah semangat, pemerintah Indonesia sendiri sudah menghimbau agar masyarakat Indonesia dapat turut hadir sebagai penonton dan tim suporter bagi atlet Indonesia.

Bagi Anda yang tertarik untuk menonton acara ini, harga tiketnya jauh lebih murah dibandingkan dengan Asian Games 2018.

Ada 3 sistem untuk harga tiket yang diberikan. Untuk satu cabang olahraga, harga tiket hanya sebesar Rp25.000, untuk harga tiket terusan perhari harga tiket yang diberikan sebesar Rp100.000, sedangkan untuk tiket terusan semi final dan final sebesar Rp50.000.

Harga ini sudah dipertimbangkan sedemikian rupa oleh tim penyelenggara mengingat kekurangan yang terjadi pada acara Asian Games 2018 sebelumnya.

Tak hanya dapat menikmati cabor yang dipertandingkan, para penonton juga bisa menikmati festival Asian Para Games 2018 yang diselenggarakan di area GBK.

Untuk menikmati festival tersebut, hanya tiket yang perlu dibayar hanya sebesar Rp10 ribu.

Untuk semakin memudahkan penonton, tiket dapat dibeli di tempat maupun secara online melalui situs asianparagames2018.loket.com.

Eits, selain itu banyak promo menarik yang ditawarkan oleh merchant dari Asian Para Games 2018. Langsung saja kunjungi situs resminya untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

 

Ayo Dukung Tim Atlet Indonesia di Asian Para Games 2018

Indonesia memang baru pertama kali menjadi tuan rumah pesta olahraga difabel tingkat Asia, namun semangat tim penyelenggara dengan segala persiapannya patut kita hargai dan didukung agar acara ini dapat sukses hingga penutupan.

Selain itu, semangat para atlet pun wajib kita dukung karena prestasi yang mereka peroleh dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Lalu tunggu apalagi? Ayo dukung atlet Indonesia menjadi pemenang dalam acara Asian Para Games 2018.

 

Apakah informasi di atas bermanfaat? Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda! Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan di kolom komentar bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 5 September 2018. Semua Tentang Asian Para Games 2018: Tiket, Cabang Olahraga, dan Prediksi Prestasi Indonesia. Tempo.co – https://goo.gl/GM1fQD
  • Novita Desy Prasetyowati. 6 Oktober 2018. Yuk Intip Harga Tiket Asian Para Games 2018 dan Dapatkan Diskon 50%. Grid.id – https://goo.gl/mcQMqb

 

Sumber Gambar:

  • Asian Para Games 2018 1 – https://goo.gl/d2EkR8
  • Asian Para Games 2018 2 – https://goo.gl/zXs7Aq