Sudahkah Anda memilih produk asuransi? Apakah Asuransi Umum sesuai dengan kebutuhan Anda?

Banyak sekali produk asuransi yang tersedia di pasaran. Namun, masih banyak pula orang yang belum memahami jenis asuransi apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jika Anda belum mengerti dan sedang mencari info mengenai produk asuransi, maka Anda berada di tempat yang tepat!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Memahami Apa Itu Asuransi Umum

Pagi hari menjadi waktu yang paling sibuk. Semua orang bertemu di jalan raya sebelum melakukan aktivitas sehari-harinya.

Saat saya sedang menyetir, banyak pengendara mobil maupun motor yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Tiba-tiba, ada seorang pengendara motor menabrak mobil yang sedang parkir. Kecelakaan lalu lintas pun terjadi dan kerugian dialami oleh kedua pihak.

Sebelum mereka menyelesaikan bagaimana ganti rugi akan dilakukan, mereka pun beradu argumen tentang siapa yang salah dan benar.

Belum lagi, kalau salah satu atau keduanya terluka, pasti ada ganti rugi yang harus dikeluarkan juga.

Melihat kejadian ini, tentu Anda ingin menghindari segala kemungkinan buruk dan selalu merasa aman.

Jika benar, maka jawaban akan keinginan Anda adalah dengan memiliki asuransi. Namun, jenis asuransi apa yang harus Anda miliki untuk mengantisipasi kejadian tersebut?

Anda pasti langsung berpikir untuk mengasuransikan kendaraan. Apakah Anda sudah tahu bahwa asuransi kendaraan merupakan salah satu asuransi umum?

Asuransi umum memiliki beragam jenis. Kita akan membahasnya mulai dari pengertian dari asuransi umum.

Namun, sudahkan Anda tahu bahwa investasi juga merupakan salah satu hal yang harus  dimiliki? Jika Anda belum mengetahui investasi apa yang cocok, Anda dapat membaca salah satu ebook Finansialku di bawah ini:

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Pengertian Asuransi Umum

Asuransi umum adalah sebuah program penanggulangan risiko atau kerugian yang disebabkan oleh peristiwa yang tidak pasti.

Risiko-risiko yang timbul tidak bisa diduga namun setidaknya pihak asuransi sebagai pihak penanggung memberikan jaminan penggantian berupa uang yang disebut santunan pada pihak tertanggung yang mengalami peristiwa tersebut.

Menurut kitab Undang-Undang Hukum Dagang Pasal 246 asuransi umum dibagi menjadi tiga pengertian, yaitu:

#1 Adanya Kepentingan

Maksud dari kepentingan tersebut adalah pihak pertanggungan yang merupakan hal bersifat subjektif yang bisa rusak, hilang, atau berkurang nilainya karena peristiwa tidak terduga terjadi.

Unsur kepentingannya bersifat mutlak dan harus segera diselesaikan.

Pada kondisi seperti yang dijelaskan sebelumnya, klaim asuransi umum dapat dilakukan.

 

#2 Adanya Peristiwa Tak Tentu

Definisi yang kedua ini dapat menyebabkan kerugian secara materiil maupun imateriil.

Klaim asuransi bisa diajukan jika peristiwa tak terduga tersebut tidak dilakukan secara sengaja untuk tujuan tertentu, tetapi murni karena kecelakaan.

 

#3 Adanya Kerugian

Kerugian yang didapatkan merupakan tanggung jawab pihak penanggung untuk mengganti berupa jaminan uang dengan jumlah tertentu sesuai kesepakatan yang dibuat oleh pihak penanggung dan tertanggung.

Besarnya jumlah dana ditentukan oleh besarnya program asuransi yang dipilih.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dari pengertian di atas, asuransi umum berbeda dengan asuransi jiwa. Asuransi jiwa melindungi Anda dari risiko yang tak terduga, seperti sakit atau meninggal dunia.

Sedangkan, asuransi umum dapat melindungi aset-aset berharga Anda, seperti mobil, bangunan, rumah beserta isinya, dan lain lain.

Asuransi umum ini dilindungi oleh sebuah badan yang bernama Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

 

Apa Saja Contoh Asuransi Umum?

Asuransi umum memiliki banyak sekali pilihan produknya karena yang dilindungi bisa untuk perorangan bahkan bisa untuk bisnis.

Contoh asuransi umum untuk perorangan adalah asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi kendaraan, asuransi kebakaran dan asuransi rumah, serta asuransi perjalanan.

#1 Asuransi Kesehatan (Health Insurance)

Asuransi kesehatan memberikan perlindungan terhadap biaya kesehatan atau berobat.

Manfaat yang diberikan oleh asuransi kesehatan meliputi manfaat harian ruang rawat inap, ICU, serta pelayanan rumah sakit lainnya.

Selain itu juga, terdapat manfaat untuk pembedahan, konsultasi dokter (sebelum dan sesudah pembedahan), manfaat rawat jalan darurat karena kecelakaan, pemulangan jenazah, evakuasi medis, santunan kematian karena kecelakaan, dan lain-lain.

Asuransi-Umum-02-Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Kriteria Asuransi Kesehatan yang Bagus? Ketahui Sebelum Anda Membeli]

 

Termasuk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat kesehatan untuk ibu hamil, kesehatan mata, dan lain sebagainya.

Biasanya produk asuransi kesehatan ini ditawarkan satu paket dengan asuransi jiwa unitlink.

Jika ingin membeli terpisah, Anda dapat menghubungi perusahaan asuransi umum atau membeli BPJS Kesehatan.

 

#2 Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident)

Asuransi ini akan memberikan santunan kepada tertanggung jika terjadi kecelakaan, seperti santunan meninggal dunia (jika tertanggung meninggal), santunan catat tetap, biaya pengobatan dan santunan kecelakaan sepeda motor.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Pemerintah juga memiliki produk asuransi kecelakaan diri yang disebut dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Beberapa perusahaan asuransi menawarkan asuransi kecelakaan diri dengan sebutan Asuransi Mikro,

Disebut Asuransi Mikro karena preminya sangat terjangkau, nilai pertanggungan tidak terlalu besar, dan dapat dijual di gerai minimarket dan supermarket.

 

#3 Asuransi Kendaraan : Mobil dan Motor

Asuransi ini akan meberikan uang pertanggungan jika terjadi pencurian, kehilangan motor (total lost only), dan/atau risiko-risiko umum (all risk insurance).

Namun Anda perlu perhatikan kembali isi polis, karena definisi all risk insurance bukan berarti semua risiko dapat ditanggung.

 

#4 Asuransi Kebakaran dan Asuransi Rumah

Memberikan manfaat uang pertanggungan jika terjadi FLEXAS: kebakaran (fire), tersambar petir (lightning), peledakan (explosion), kejatuhan pesawat (aircraft impact) dan asap (smoke).

Beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan asuransi rumah yang disebut PAR: property all risk.

Asuransi Isi Rumah 02 Asuransi Rumah 1 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Rumah Diasuransikan? Inilah Cara Mudah Memilih Asuransi Rumah Terbaik]

 

#5 Asuransi Perjalanan (Travel Insurance)

Memberikan manfaat uang pertanggungan jika, terjadi kehilangan koper, sakit di temat tujuan wisata, pembatalan keberangkatan karena kesalahan airline, keterlambatan pemberangkatan, hingga tindakan terorisme di dalam pesawat.

Tidak hanya itu saja, asuransi perjalanan ini juga memberikan perlindungan terhadap perlengkapan golf, perlindungan terhadap isi rumah selama Anda pergi berlibur, dan lain sebagainya.

 

Selain untuk perorangan, asuransi umum pun memiliki produk untuk Anda yang berbisnis dan ingin bisnis yang sedang dijalankan aman.

Berikut adalah contoh produk asuransi umum yang dapat Anda pertimbangkan untuk dimiliki:

 

#6 Asuransi Pengangkutan Barang (Marine Cargo)

Asuransi ini memberikan jaminan perlindungan terhadap harta benda dan kepentingan tertanggung seperti barang dagangan, bahan baku, bahan jadi, mesin dan barang lainnya terhadap risiko kerugian.

Risiko kerugian mungkin timbul selama perjalanan melalui pengangkutan laut, darat, dan udara, baik untuk pengangkutan dalam negeri maupun ekspor dan impor.

 

#7 Asuransi Rekayasa Teknik (Engineering Insurance)

Asuransi Rekayasa Teknik memberikan jaminan perlindungan terhadap kerugian atau kerusakan konstruksi, alat-alat konstruksi, peralatan elektronik, alat-alat berat atau mesin, pada saat masa pembangunan atau pemasangan mesin.

 

#8 Asuransi Tanggung Gugat (Liability Insurance)

Asuransi ini memberikan jaminan perlindungan terhadap tanggung jawab hukum (tanggung gugat). Misal tanggung gugat pribadi, tanggung gugat umum dan tanggung gugat majikan.

Alasan-Perlunya-Asuransi-Jiwa-04-Finansialku

[Baca Juga: WASPADA! 5 Ciri Agen Asuransi Jiwa yang Bakal Merugikan Klien]

 

#9 Asuransi Kapal Laut (Marine Hull Insurance)

Asuransi ini memberikan jaminan terhadap risiko yang terjadi di laut (cuaca buruk, tabrakan, tenggelam, dan kandas), kebakaran, Ejusdem Generis (kerusakan teknis) dan risiko perampokan/pembajakan di tengah laut.

 

#10 Asuransi Telecom Tower (BTS)

Asuransi ini memberikan jaminan terhadap risiko property all risk, perluasan gempa bumi, hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga dan kejadian alam.

 

#11 Asuransi SPBU (Gas Station Insurance)

Asuransi SPBU mungkin belum sering didengar oleh Anda. Namun, terbukti benar adanya. Asuransi ini memberikan jaminan terhadap properti di setiap SPBU.

 

#12 Asuransi Uang

Asuransi uang memberikan jaminan atas risiko kerugian uang dan/atau surat berharga lainnya dari dalam lemari besi (brankas), laci, mesin hitung uang (cash register), atau dalam pengiriman terhadap risiko pencurian, kehilangan, atau penggelapan.

 

Milikilah Kehidupan yang Aman

Anda tidak akan pernah tahu kejadian apa yang akan terjadi. Tentu Anda selalu ingin menghindari kejadian yang tidak terduga tersebut.

Memiliki asuransi menjadi salah satu alternative yang tepat sehingga Anda dapat menjadikan hidup lebih aman daripada sebelumnya.

Sesuaikan kebutuhan sebelum memilih asuransi. Pastikan selalu lindungi diri maupun keluarga Anda dengan perlindungan yang tepat.

 

Bagikan informasi ini kepada teman Anda yang mungkin belum mengetahui apa itu asuransi umum. Buat mereka merasa aman dan tenang dalam menjalankan hidup. Tinggalkan komentar jika Anda memiliki saran dan informasi tambahan mengenai asuransi umum.

 

Sumber Referensi:

  • Apa Itu Asuransi Umum dan Produknya?. Asuransime.com – https://goo.gl/Sx7Btm

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Umum 1 – https://goo.gl/F8qjEF
  • Asuransi Umum 2 – https://goo.gl/LQ2ALW
Summary
Aman Dengan Asuransi Umum! Pahami Asuransi Umum dan Contoh Asuransi Umum
Article Name
Aman Dengan Asuransi Umum! Pahami Asuransi Umum dan Contoh Asuransi Umum
Description
Sudahkah Anda memilih produk asuransi? Apakah Asuransi Umum sesuai dengan kebutuhan Anda?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo