Kamu yang akan menikah dengan Adat Sunda, sudah menghitung biaya lamaran Adat Sunda, belum?  Yuk, simak artikel ini jika kamu punya rencana untuk menikah dengan mengusung adat Sunda.

Konsep lamaran pernikahan bernuansa tradisional memang punya daya tarik tersendiri. Walaupun cukup banyak persiapan yang harus dilakukan termasuk kesiapan dari segi finansial.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Lamaran, Menapaki Langkah Awal Sebelum Pernikahan

Halo Sobat Finansialku, apa kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat, ya. Apalagi kalo kamu punya rencana untuk melaksanakan lamaran, pastinya kondisi harus fit dan prima dong karena ada banyak hal yang harus dipersiapkan.

Buat yang masih bingung antara lamaran dan pernikahan, jadi lamaran itu proses awal sebelum dilakukan pernikahan antara kedua mempelai.

Bisa dibilang, lamaran adalah momen untuk menunjukan bukti keseriusan sekaligus pengenalan masing-masing keluarga dalam konteks yang lebih resmi.

Ngomongin tentang lamaran, saya jadi flachback ke pengalaman tiga tahun lalu, nih. Momen yang bikin perasaan campur aduk, antara bahagia, haru, sedih, ah nano-nano deh.

Teteh dan Akang, Tengok Biaya Lamaran Adat Sunda, Yuk! 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Bawaan Lamaran atau Hantaran Lamaran Pernikahan]

 

Meskipun zaman sudah modern, tapi karena pasangan saya dari background keluarga Sunda, dan saya pun tinggal di tanah Sunda jadi prosesi lamaran dilakukan dengan nuansa tradisional adat Sunda.

Melansir laman mahligai-indonesia.com, prosesi lamaran adat Sunda dikenal dengan istilah Narosan, ada juga yang menyebutnya Neundeun Omong.

Menariknya di prosesi ini, pihak keluarga calon mempelai pria yang datang ke kediaman keluarga pihak wanita akan membawa beberapa barang atau istilah lainnya seserahan.

Seserahan menjadi salah satu rangkaian dalam prosesi lamaran. Selain seserahan, kira-kira apa saja yang harus dipersiapkan jelang lamaran? Kita bahas berikut ini!

 

Penting, Inilah Persiapan Jelang Lamaran

Seserahan Lamaran Adat Sunda

Prosesi seserahan menjadi bagian yang identik dengan pernikahan, biasanya dilakukan bersamaan dengan lamaran sekitar tiga sampai tujuh hari jelang pernikahan.

Umumnya, proses lamaran disimbolkan dengan pertukaran cincin, tapi lain halnya dengan adat Sunda di mana seserahan yang dibawa itu menjadi pengikat antara kedua calon mempelai.

Seserahan biasanya terdiri dari barang-barang yang bisa digunakan oleh calon mempelai wanita. Beberapa di antaranya adalah perhiasan (umumnya berupa cincin) dan pakaian untuk wanita yang dilamar.

Selain itu, ada juga beberapa calon mempelai pria yang masih membawa beberapa barang ‘wajib’, yaitu lemareun–seperti daun sirih, apu atau kapur sirih, dan gambir.

Tak lupa beubeur tameuh–ikat pinggang yang dipakai oleh wanita sebagai penanda ikatan lahir batin.

Mengutip dari laman jalanbenar.com, tujuan dari seserahan adalah simbol dan tanda pengikat. Jadi ketika seserahan tersebut diterima, maka itu menandakan bahwa lamaran pihak pria diterima.

Setelah proses lamaran diterima, acara selanjutnya yaitu tunangan. Barulah pada acara ini, pihak pria menyematkan cincin tunangan di jari manis wanita yang dilamarnya.

Teteh dan Akang, Tengok Biaya Lamaran Adat Sunda, Yuk! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Jurus Jitu Menyiapkan Lamaran Pernikahan Sederhana yang Tak Terlupakan]

 

Susunan Acara Lamaran

Selain seserahan, dalam merancang konsep acara lamaran juga harus dipikirkan tentang susunan acara yang akan digelar sesuai dengan yang diinginkan.

Oh ya, kalau kamu bingung dalam hal ini, kamu bisa meminta bantuan jasa event planner.

Nantinya planner akan memberikan beberapa referensi konsep hingga saran supaya acara lamaran pernikahanmu menjadi momen berkesan dan tak terlupakan.

Nah, untuk susunan acara lamaran dalam tradisi Sunda, umumnya sebagai berikut:

 

#1 Kedatangan Keluarga Calon Mempelai Pria

Sobat Finansialku, prosesi lamaran pernikahan umumnya dimulai ketika keluarga mempelai pria tiba di rumah mempelai wanita. Kemudian, pihak mempelai wanita akan menyambut serta mempersilakan keluarga mempelai pria untuk masuk.

 

#2 Acara Pembukaan Lamaran

Acara pembukaan lamaran akan dibuka dengan kata sambutan oleh pembawa acara. Biasanya akan disertai dengan doa untuk kelancaran acara tersebut.

 

#3 Pengutaraan Tujuan Keluarga Calon Mempelai Pria

Pada tahap ini, keluarga calon mempelai pria mengutarakan maksud kedatangan mereka, yaitu untuk melamar sang mempelai wanita.

 

#4 Penyampaian Jawaban dari Keluarga Calon Mempelai Wanita

Selanjutnya, menanggapi pengutaraan calon mempelai pria, maka pertanyaan tadi disambut dengan jawaban dari perwakilan keluarga wanita.

 

#5 Pemberian Seserahan Kepada Keluarga Calon Mempelai Wanita

Setelah mendengar jawaban dari keluarga calon mempelai wanita, maka pihak calon mempelai pria akan memberikan seserahan atau peningset kepada ibu calon mempelai wanita.

Teteh dan Akang, Tengok Biaya Lamaran Adat Sunda, Yuk! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Biaya Lamaran Rp 2 Juta? Bisa Diatur Kok! Simak Simulasinya Ya!]

 

#6 Pemberian Perhiasan Secara Simbolis

Pemberian perhiasan secara simbolis umumnya berupa prosesi tukar cincin tunangan. Nantinya dilakukan pemasangan cincin tunangan oleh ibu pihak calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita.

Begitupun sebaliknya, cincin dipasangkan oleh ibu calon mempelai wanita kepada calon mempelai pria. Pemasangan cincin atau pertunangan tersebut merupakan salah satu tradisi lamaran adat Sunda sejak dulu.

 

#7 Perkenalan Antar Keluarga Kedua Calon Mempelai

Selanjutnya, setelah penyematan cincin tunangan dilakukan sesi perkenalan antara keluarga kedua calon mempelai. Tujuannya untuk mempererat hubungan antara dua keluarga.

 

#8 Penutupan Acara Lamaran Pernikahan

Pada tahap ini, seluruh prosesi lamaran sudah selesai. Biasa ditandai dengan doa singkat sebagai ungkapan syukur atas proses lamaran dan harapan agar seluruh perencanaan pernikahan dapat berjalan dengan lancar.

 

#9 Acara Menyantap Hidangan dari Calon Mempelai Wanita

Setelah acara lamaran ditutup, kedua keluarga kemudian akan menikmati santapan siang atau malam bersama.

Selama prosesi lamaran berlangsung, juga sering dilakukan pembicaraan mengenai kapan dan bagaimana acara akad nikah diselenggarakan. Lalu soal biaya yang diperlukan juga termasuk pembahasan dalam acara lamaran.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Perlengkapan Pendukung Prosesi Lamaran

Momen lamaran adalah momen yang berharga, pastinya kamu ingin segala sesuatunya berjalan lancar serta maksimal. Nah, ada beberapa perlengkapan yang bisa jadi referensi untuk mendukung acara lamaranmu, antara lain:

 

#1 Seragam

Mengingat acara lamaran adalah momen berkesan, pastinya penampilan gak boleh dilupakan, ya. Perlengkapan lamaran lainnya yaitu seragam. Biasanya pihak keluarga akan menggunakan pakaian yang seragam atau paling tidak dengan warna senada.

 

#2 Hidangan atau Tempat

Persiapan berikutnya adalah soal hidangan dan tempat pelaksanaan. Seiring perkembangannya, acara lamaran juga bisa digelar lebih fleksibel dan dilakukan di mana saja. Hal ini tidak terlepas dari budaya-budaya luar yang mulai masuk ke Indonesia.

Kamu bisa memilih untuk mengadakan acara lamaran di rumah pihak calon pengantin wanita, bisa juga di gedung atau restoran yang terpilih.

 

#3 Dekorasi

Acara lamaran yang diadakan sekali dalam seumur hidup tidak mungkin dilewati begitu saja tanpa adanya dekorasi. Tujuannya supaya tampilan tempat lamaran tidak kosong dan hampa serta mempercantik foto kenangan acara lamaranmu.

Dekorasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak harus selalu mahal. Asalkan dekorasi sesuai dengan tema acara lamaranmu dan meninggalkan kesan yang indah.

 

#4 Undangan

Umumnya, undangan ditunjukkan pada kerabat serta teman-teman dekat untuk hadir ke acara lamaranmu. Undangan ini dapat berbentuk hardcopy dan juga digital.

 

#5 Kelengkapan Lainnya

Selain kebutuhan di atas, ada juga kelengkapan yang umumnya bersifat pilihan. Artinya kamu bebas untuk memilih menggunakannya atau tidak.

Beberapa hal yang dimaksud seperti Planner Acara, Master of Ceremony (MC), Penata rias, serta jasa fotografi dan videografi. Tanpa kehadiran mereka, Sobat Finansialku akan lebih sulit mengatur jalannya acara lamaran.

Teteh dan Akang, Tengok Biaya Lamaran Adat Sunda, Yuk! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Simak Simulasi Biaya Lamaran yang Anda Butuhkan!]

 

Membuat Anggaran Biaya Prosesi Lamaran

Nah Sobat Finansialku, ketika sudah mengetahui apa saja yang kamu perlukan dalam merencanakan acara lamaran, ada hal penting dari setiap yang penting lainnya yaitu soal biaya lamaran Adat Sunda.

Semua konsep acara, sampai berbagai perlengkapan yang diperlukan akan terwujud jika kamu sudah mengatur dan mengalokasikan anggaran dana untuk acara lamaran pernikahan.

 

Misalnya, kamu memutuskan untuk membuat anggaran biaya lamaran Adat Sunda yang dapat dialokasikan sebagai berikut:

  1. Pertama, yaitu venue atau tempat pelaksanaan acara lamaran. Agar dapat menekan anggaran, kamu bisa menggunakan rumah pasangan atau calon mempelai wanita.
  2. Kedua adalah dekorasi, meliputi dekorasi sederhana di rumah pasangan dan seluruh perlengkapan acara adat atau menyesuaikan konsep. Taksiran anggaran yang diperlukan sekitar Rp 5 juta.
  3. Selanjutnya rias dan sewa kebaya termasuk rias kedua orangtua calon pengantin dengan anggaran Rp 10 juta.
  4. Keempat adalah katering dengan 5 menu buffet, 2 dessert, dan 2 minuman untuk 50 undangan. Hitung dengan anggapan 2 orang per undangan, kurang lebih dianggarkan sebesar Rp 10 juta.
  5. Selanjutnya jasa fotografer dan videografer untuk mengabadikan momen bahagiamu. Tapi jika kamu punya teman atau yang bersedia membantu, kamu hanya perlu menganggarkan sebesar Rp 2 juta.
  6. Kemudian undangan. Kamu cukup membuat dan menyebarkan undangan dalam bentuk soft cover masing-masing seharga Rp 5 ribu, sehingga total dana yang dibutuhkan adalah Rp 250 ribu. Alternatif lainnya, saat ini sudah banyak undangan yang disebarkan dalam bentuk soft file dan dikirimkan melalui media sosial sehingga lebih menekan anggaran.
  7. Terakhir adalah master ceremony atau MC serta hiburan musik bagi tamu undangan dengan anggaran Rp 2 juta karena menggunakan jasa teman.

Teteh dan Akang, Tengok Biaya Lamaran Adat Sunda, Yuk! 03 - Finansialku

[Baca Juga: IRIT! Rincian Biaya Lamaran Sederhana Gak Sampe 5 Juta Rupiah]

 

Dalam menyusun anggaran dana lamaran, sangat penting untuk menjabarkan detail kebutuhanmu, sehingga kamu dapat menganggarkan dana yang sesuai dengan keinginanmu.

Supaya mempermudah kamu dalam menyusun anggaran biaya lamaran Adat Sunda, kamu dapat memanfaatkan salah satu fitur dalam aplikasi Finansialku, lho. Aplikasi Finansialku memiliki kelebihan dibandingkan aplikasi sejenis lainnya yaitu:

  1. Kamu bisa mengunduhnya secara GRATIS.
  2. Aplikasi Finansialku menyediakan berbagai fitur keuangan yang lengkap dan mudah digunakan.
  3. Kamu bisa menghitung dan merencanakan kebutuhan akan dana lainnya dengan mudah di sini.

 

Nah, khusus untuk merencanakan biaya lamaran Adat Sunda, aplikasi Finansialku punya fitur “Dana Pernikahan” yang bisa bantu kamu untuk menghitung dana pernikahan secara detail termasuk dana acara lamaran.

Caranya gampang, kamu cukup upgrade saja aplikasi Finansialku sekarang dan rancang dana lamaranmu seperti berikut:

  1. Jika kamu adalah pengguna baru, kamu bisa mendapatkan aplikasi Finansialku dengan klik link di bawah ini.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

  1. Selanjutnya, masuklah ke dalam aplikasi Finansialku, kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”
  2. Lalu pilih menu “Dana Pernikahan”.
  3. Kemudian masukkan data yang berkaitan dengan acara lamaran kamu
  4. Terakhir kamu tinggal men-klik “Hitung”.

 

Maka secara otomatis akan muncul hasil perhitungan dana yang harus mulai disiapkan setiap periodenya untuk mengumpulkan seluruh dana lamaran pernikahan kamu.

 

Menyambut Momen Tak Terlupakan

Itulah beberapa persiapan dan biaya lamaran Adat Sunda. Sobat Finansialku boleh memilah dan memilih perlengkapan acara lamaran yang sekiranya tidak bermanfaat.

Kamu bisa mengeliminasi beberapa hal yang memang tidak memberi nilai lebih dan mengalokasikan dana tersebut untuk hal lain yang mungkin lebih penting. Saatnya melakukan persiapan matang untuk menyambut momen tak terlupakan.

 

Semoga informasi biaya lamaran Adat Sunda ini bisa memberikan manfaat. Jangan lupa bagikan artikel kepada teman dan kerabat yang punya rencana lamaran dalam waktu dekat. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Redaksi. Seserahan Adat Sunda. Jalanbenar.com- https://bit.ly/3eRHN3J
  • Redaksi. 10 April 2017. Melamar Mojang Parahiyangan Melalui Tradisi Narosan. Mahligai-indonesia.com- https://bit.ly/32uOOm9

 

Sumber Gambar:

  • Lamaran 1 – https://bit.ly/3nS18VK
  • Lamaran 2 – https://bit.ly/2J8qVdt
  • Lamaran 3 – https://bit.ly/3m6mRsq
  • Lamaran 4 – https://bit.ly/33fGJ58