Bagaimana prospek bisnis properti selama new normal pandemi? Ketahui informasi lengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Peluang Bisnis Properti Saat New Normal Pandemi

Bisnis properti setelah pandemi memiliki nasib sama seperti bisnis pada umumnya, namun tidak dalam keadaan yang sangat terpuruk. Bisnis ini masih memiliki secercah harapan karena perubahan pola pikir masyarakat yang telah diprediksi oleh para pakar dan ahli properti di Indonesia.

Masyarakat tetap akan membutuhkan properti ini karena merupakan salah satu dari tiga kebutuhan primer yaitu papan atau rumah.

Ibaratnya, rumah semahal dan seluas apapun tidak akan menjadi hal penting saat kebutuhan untuk tempat tinggal menjadi yang utama bagi keluarga.

 

Prospek Bisnis Properti Saat New Normal Pandemi Berlangsung

Jika sudah berkeluarga, apapun kondisinya tetap akan melirik sektor bisnis properti karena selain digunakan sebagai tempat berlindung, pada saat new normal setelah pandemi COVID-19 ini bisnis ini juga dapat digunakan sebagai ajang investasi yang potensial.

Seperti yang Anda ketahui bahwa di tengah naiknya semua bahan bangunan dan biaya operasional pembuatan rumah dan kelengkapannya juga berbanding lurus dengan nilai jual rumah tersebut saat telah selesai pembangunan.

Berikut adalah prospek bisnis di bidang properti setelah adanya COVID-19 yang dapat Anda manfaatkan.

 

#1 Menyewakan dan Menyewa Properti

Prospek ini akan berjalan dikarenakan perubahan mindset masyarakat setelah terdampak COVID-19.

Jadi, pihak investor akan menjual properti mereka dengan cara menyewakan dan masyarakat akan lebih ‘suka’ untuk menyewa per tahun saja dikarenakan menyesuaikan dengan faktor pekerjaan dan penghasilan.

Terawang Prospek Bisnis Properti Saat New Normal Pandemi 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bagi Para Juragan Indekos, Simak Tips Dapatkan Uang Lebih Dari Kost-Kostan]

 

Prospek ini sebaiknya dimanfaatkan bagi orang yang memiliki uang untuk membeli properti kemudian bisa disewakan.

Uang sewa yang diterima pada setiap tahunnya bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Uang tersebut juga harus disisihkan sebagian untuk biaya perawatan properti yang disewakan.

 

#2 Beli Properti dan Dijual Lagi Sebagai Investasi Jangka Panjang

Pembelian yang dilakukan masyarakat pada sektor properti pun hanya akan bersifat sebagai investasi jangka panjang baik untuk hunian saat ini dan pada akhirnya dijual atau memang dikosongkan untuk dijual ke depannya.

 

#3 Mencoba Membeli Rumah Melalui KPR Untuk Dikontrakkan

Untuk para generasi milenial yang sudah berkeluarga dan memiliki cukup dana, pengambilan properti ini akan sangat menguntungkan jika mereka ‘mengambilnya’ melalui KPR.

KPR adalah wadah untuk memiliki properti rumah dengan cara mencicil dan berbunga rendah per tahunnya.

 

#4 Memanfaatkan Market Under Value Untuk Mencoba Bisnis Kos

Masyarakat harusnya jeli karena pada saat setelah adanya virus Corona, banyak perusahaan properti yang menawarkan harga di bawah pasaran untuk huniannya untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Prospek lainnya dari sisi investor adalah berpromosi dan melakukan touring lahan dengan cara digital. Ini memang tren terbaru dan masyarakat akan terbiasa dengan tren ini.

Penjualan properti untuk yang satu ini bergantung pada kreativitas investor dalam berpromosi.

Terawang Prospek Bisnis Properti Saat New Normal Pandemi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Pencari Kost Murah yang COCOK Untuk Mahasiswa]

 

Pembeli adalah raja, maka memperlakukan masyarakat yang tertarik properti sesuai protokol kesehatan saat ini adalah keharusan yang wajib diterapkan setiap perusahaan properti sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan bersama.

Jangan lupakan promosi kontribusi masyarakat. Cara promosi ini bisa dengan memasukkan unsur acara amal.

Jadi, setiap pembelian properti maka masyarakat sama dengan telah menyumbangkan sekian persen uangnya untuk pembuatan APD tenaga medis. Dengan cara ini, prospek bisnis ini akan tergambar nyata kontribusinya bagi sesama.

Segala macam cara wajib dicoba saat ini dengan perubahan pola bisnis properti dalam ‘menjual’ produk mereka secara inovatif.

Penggunaan media sosial akan sangat berpengaruh sebagai media promosi bisnis ini dan mendongkrak penjualan. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas properti sebagai salah satu penyebaran informasi dan media promosi. Gabung sekarang!

Bergabung Dengan Komunitas MUDA, KEREN, PUNYA PROPERTI Finansialku Sekarang!

komunitas properti

SAYA MAU JOIN

 

Minat Masyarakat Pada Bisnis Properti Setelah Pandemi COVID-19

Dilihat dari setiap promosi pada media sosial, minat masyarakat pada bisnis bidang properti ini tidaklah terlalu surut, hanya saja tertunda. Pembatasan gerak di setiap daerah setelah merebaknya COVID-19 dan PSBB yang diberlakukan di beberapa daerah yang membatasi ruang gerak bisnis ini.

Namun, terawangan masa depan untuk keuntungan bisnis properti telah tergambar jelas akan meningkat tajam sejalan dengan kemampuan daya beli masyarakat dari pertambahan pendapatan mereka.

Terawang Prospek Bisnis Properti Saat New Normal Pandemi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Para Investor Properti! Kenali Cara Berpikir Bank Sebelum Mengajukan Permohonan Kredit]

 

Jika Anda tertarik dengan bisnis properti, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan ahli keuangan agar mendapat rekomendasi yang tepat untuk permulaan bisnis Anda.

Anda bisa terhubung dengan ahli keuangan di aplikasi Finansialku yang merupakan aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang tercatat dan diawasi OJK.

Download aplikasinya dan dapatkan potongan Rp 50 ribu dengan kode CUAN50 untuk upgrade aplikasi ke premium.

playstore icon
appstore icon

 

Jadi, apakah Anda jadi semakin berminat untuk mencoba bisnis properti di saat new normal? Jika ya, ayo bagikan artikel menarik ini pada teman-teman, terima kasih.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Ilham Budhiman. 2 Mei 2020. Ini Peluang Investasi Properti pada Masa Pandemi Covid-19. ekonomi.bisnis.com – https://bit.ly/3fCs5Jk
  • 02 Mei 2020. Peluang Investasi Properti di Tengah Pandemi Korona. medcom.id – https://bit.ly/396QODh
  • Ilham Budhiman. 15 April 2020. Nasib dan Kiat Agen Properti di Tengah Pandemi Covid-19. ekonomi.bisnis.com – https://bit.ly/32yaq1B
  • Hilda B Alexander. 17 April 2020. 3 Faktor Kunci Bertahan di Bisnis Properti Saat Pandemi. properti.kompas.com – https://bit.ly/2WAIExI

 

Sumber Gambar:

  • Properti 1 – https://bit.ly/396QODh
  • Properti 2 – https://bit.ly/3jdDX6Z
  • Properti 3 – https://bit.ly/3jlXhPw