Saat memasuki bulan suci Ramadan 2018, sudah memikirkan ide bisnis waralaba seperti apa yang bisa membawa keuntungan di bulan Ramadan ini?

Hari raya umat Muslim ini merupakan salah satu hari besar paling dinanti di Indonesia, dan pada tahun ini diperkirakan akan jatuh pada tanggal 14 hingga 16 Juni 2018.

Nah, seperti apa ya ide bisnis waralaba menguntungkan yang bisa dikembangkan pada momen bulan Ramadan 2018 ini?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Peluang Bisnis Waralaba di Bulan Ramadan 2018

Hari Raya Idul Fitri merupakan sebuah momen yang dalam konteksnya berarti kembali kepada asalnya yang suci dan mengikuti petunjuk Islam yang benar.

Umat Muslim yang selesai melaksanakan ibadah puasanya di bulan Ramadan akan diampuni dosanya sehingga menjadi suci kembali seperti bayi yang baru dilahirkan dari kandungan ibunya.

Hal ini juga ditunjukkan oleh makanan khas Idul Fitri, yakni ketupat. Dalam bahasa Jawa, ketupat diartikan dengan “ngaku lepat” alias mengaku bersalah.

Revisi-SKB-Tiga-Menteri-Terkait-Libur-Lebaran-3-Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Tidak terasa tahun ini kita sudah hampir mencapai Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah. Bukan hanya perayaan bagi mereka yang merayakan, namun hari raya ini juga bisa menjadi peluang bisnis bagi mereka yang tidak merayakannya. Banyak sekali pintu rejeki yang terbuka seiring hari raya ini.

Memang betul ladang bisnis ini bersifat musiman, dan hanya datang setahun sekali. Tetapi tidak ada salahnya memperoleh keuntungan di tengah kemeriahan ini bukan?

Hal yang paling penting jika ingin membuka bisnis musiman ini adalah menyasar target pasar tertentu sejak awal bisnis dengan memilih produk yang lebih tepat, lokasi yang baik serta memberikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat selama bulan Ramadan.

Dengan demikian produk atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan permintaan konsumen pada musim tersebut.

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan peluang bisnis musiman di tahun 2018 ini, yuk simak ide bisnis waralaba yang menguntungkan menjelang Bulan Ramadan 2018 ini!

 

Bisnis Waralaba Makanan & Minuman

Dalam kondisi ekonomi yang sedang melemah akhir-akhir ini, terdapat sebuah bisnis yang terus berkembang. Bisnis apakah itu? BISNIS MAKANAN.

Nyatanya, tidak peduli seberapa sedikit uang yang diperoleh, setiap hari semua orang membutuhkan makan. Oleh karena itu, bisnis yang satu ini tidak pernah surut.

Bagi Anda para pebisnis, jangan asal pilih jenis makanan ya. Saat ini fokuskan pada kebutuhan masyarakat di bulan Ramadan.

Bisnis Waralaba di Bulan Ramadan 2018 1 Finansialku

[Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga (Salah Satunya Makanan Ringan)]

 

 

Sebagai contohnya, menjalankan bisnis kue kering atau warung makan sahur serta buka puasa adalah pilihan usaha yang tepat di bulan puasa.

Adapun beberapa contoh bisnis waralaba makanan dan minuman yang umum diperdagangkan saat bulan Ramadan adalah sebagai berikut:

 

#1 Kurma

Kurma merupakan jenis buah musiman yang identik di kala bulan Ramadan tiba. Umat Muslim biasa mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa karena rasanya yang manis ini.

Buah asal Timur Tengah ini biasa dijadikan makanan pembuka di saat berbuka puasa.

Melihat hal tersebut tentunya peluang bisnis berjualan kurma bisa dijadikan pilihan bisnis yang tepat selama bulan puasa. 

 

#2 Minuman Manis dan Dingin

Setelah menahan lapar dan dahaga seharian, salah satu yang tentunya sangat dicari saat berbuka adalah sesuatu yang bisa menyegarkan tenggorokan dengan rasa manisnya.

Apalagi jika bukan minuman manis yang dingin, tentunya membuat semua orang menelan ludah membayangkannya. Terlebih negara Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, jadi minuman yang dingin tentunya sangat sesuai.

Bisnis Waralaba di Bulan Ramadan 2018 3 Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

 

Bagi Anda yang tertarik berbisnis waralaba, Anda bisa memilih beberapa bisnis minuman yang sedang trend akhir-akhir ini, misalnya saja:

  • Bubble tea atau milk tea (misalnya: Chatime, Koi)
  • Thai tea (misalnya: Dumdum)
  • Jus segar

 

#3 Dessert Segar

Selain minuman, sebuah dessert yang menyegarkan sekaligus mengisi perut juga kerap dicari umat muslim yang akan berbuka puasa. Dessert ini dijadikan pengganjal perut sebelum memakan makanan berat.

Selain itu, bisnis dessert ini memang sedang tren belakangan ini, terbukti dari banyaknya bisnis dessert yang viral hingga membuka peluang waralaba kemana-mana.

Adapun beberapa contoh bisnis waralaba dessert segar yang bisa Anda incar adalah:

  • Es kepal (Milo, Dancow, dan lainnya)
  • Kolak
  • Manisan atau asinan
  • Dessert ala Taiwan (misalnya: Sumoboo, Blackball, dan sebagainya)

 

#4 Kue Kering

Kue kering biasanya disajikan sebagai hidangan para tamu ketika bulan Ramadan tiba. Tak heran jika umat Muslim sudah mulai mempersiapkan aneka jajanan termasuk kue kering toplesan sebelum hari rayanya tiba.

Anda bisa jadikan ini sebagai peluang usaha yang menjanjikan di bulan puasa. Misalnya dengan menjadi mitra penyalur kue kering grosir dan mengemasnya menjadi toplesan untuk dijual satuan.

Sebelum kita lanjut, sudahkah Anda memisahkan keuangan pribadi dan hasil bisnis?

Penting untuk Anda ketahui, mencampur uang pribadi dan uang bisnis dapat berdampak buruk untuk perkembangan bisnis Anda! Pelajari tips dan manfaat memisahkan arus kas uang pribadi dan uang bisnis di ebook gratis dari Finansialku berikut ini!

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Bisnis Waralaba Pakaian

Selain makanan, produk kedua yang banyak dicari adalah produk fashion atau pakaian. Mengingat umumnya umat Muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan pakaian baru untuk menandakan awal yang baru pula.

Evi Diah Puspitawati, pengamat waralaba dari International Franchise Business Management (IFBM) dalam keterangan resminya yang dilansir Franchiseglobal.com, Selasa (1/5/2018) menjelaskan bahwa bisnis waralaba pakaian merupakan salah satu bisnis yang akan mengalami panen di bulan Ramadan ini.

 

Namun lagi-lagi bukan sembarang pakaian, karena pakaian yang akan diburu para umat Muslim adalah pakaian muslim, sebagai contohnya:

  • Hijab
  • Gamis
  • Tunik

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Bisnis Waralaba Pariwisata

Selain bisnis pakaian, Evi Diah Puspitawati juga meyakini bisnis pariwisata akan mengalami peningkatan:

“Sementara bisnis lain yang akan terkena imbasnya biasanya itu terkait dengan pariwisata, misalnya seperti hotel, tiket pesawat, kereta api, dan bahkan penyewaan mobil ikut kena imbas dari momen ini.”

 

Jadi, tidak ada salahnya mulai melirik beberapa bisnis waralaba berbasis pariwisata ini, misalnya saja:

  • Hotel atau penginapan
  • Penjualan tiket kereta, pesawat, atau penyewaan mobil

 

Bisnis Waralaba Parcel

Belum berhenti sampai disini, biasanya Anda juga berpeluang membuka bisnis parcel menjelang Hari Raya Idul Fitri. Parcel ini biasanya diberikan pada rekan atau kerabat sebagai tanda ucapan.

Nah, jika Anda berminat membuka bisnis parcel, 3 hal yang harus diutamakan adalah kreativitas, kualitas, dan harga.

Bisnis Waralaba di Bulan Ramadan 2018 2 Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

Pertama, isi parcel haruslah kreatif dengan penempatan yang menarik, dan biasanya isinya haruslah makanan atau barang-barang berbau Ramadan.

Kedua, kualitas isinya tentu harus top dan memuaskan. Biasanya isinya adlaah kue kering, kurma, asinan khas Ramadan, permen, dan masih banyak lagi.

Ketiga, yang pasti harganya harus masuk akal dan bersaing. Jika cocok, biasanya orang akan berbondong-bondong memesan dalam jumlah banyak sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba.

 

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

TIPS: Memilih Bisnis Waralaba yang Tepat di Bulan Ramadan 2018

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, saat mengincar bisnis musiman Anda sebaiknya menyasar target pasar tertentu sejak awal bisnis dengan memilih produk yang lebih tepat.

Dalam kasus ini yaitu menyasar umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa dan merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Namun, masih banyak tips dalam memilih bisnis waralaba agar Anda tidak merugi nantinya, yaitu sebagai berikut:

 

#1 Tentukan Bidang yang Anda Minati

Sebelum Anda memilih bisnis waralaba, telusuri terlebih dahulu minat dan keterampilan Anda. Jangan sampai Anda memilih bidang yang tidak Anda sukai dan kuasai, karena tidak akan berujung kesuksesan.

Seperti pepatah “The only way to do great work is to love what you do”, kesuksesan hanya dapat dicapai jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan.

HR, Ini Cara Membuat Karyawan Loyal 1 Finansialku

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

Sebagai contoh, jika Anda gemar memasak, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli franchise sebuah produk makanan atau minuman di bulan Ramadan ini.

Salah satu kelebihan bisnis waralaba adalah Anda dapat menyumbangkan ide-ide menarik yang menurut Anda akan memperbesar bisnis Anda yang tidak dapat Anda sampaikan saat Anda bekerja di sebuah perusahaan.

Jika Anda memahami minat dan kemampuan Anda, maka Anda dapat memberi kontribusi lebih dalam pengembangan bisnis waralaba yang Anda jalani.

 

#2 Perhitungkan Biaya Bisnis yang Dibutuhkan

Jika Anda sudah menentukan bisnis waralaba yang Anda inginkan, maka Anda harus mulai memperhitungkan berapa banyak biaya yang harus Anda siapkan untuk menjalankan bisnis tersebut.

Bisnis waralaba tentunya beragam dari yang membutuhkan modal sedikit hingga modal yang sangat besar. Yang perlu diingat adalah modal besar belum menjamin kesuksesan bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan keunikan produk atau jasa yang akan ditawarkan dan mencari tahu bagaimanakah potensi bisnis waralaba tersebut melalui kinerja cabang-cabang lainnya.

Jika ternyata bisnis waralaba yang Anda pilih sudah berdiri sejak lama dan terus berkembang di seluruh dunia, mungkin terdapat potensi besar di baliknya.

 

#3 Pahami Bisnis Waralaba yang Akan Anda Jalani

Kenali dan pahami bisnis waralaba Anda mulai dari brand-nya, bagaimana sistem operasionalnya, aspek finansialnya, hingga bagaimana sistem pemasaran atau marketingnya.

Umumnya, franchisor memiliki peraturan dan standar operasional yang ketat dan tertata agar brand yang telah ia bangun tidak akan rusak oleh pihak franchisee.

Semakin jelas dan ketat sistem yang telah disediakan, maka bisnis waralaba tersebut lebih pantas untuk dipertimbangkan.

Siapkan-Modal-Waralaba-2-Finansialku

[Baca Juga: Kenali 10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pilih Lokasi Bisnis Waralaba]

 

Selain itu Anda juga harus memahami bagaimana sistem pembagian keuntungan atau fee yang diterapkan agar tidak dirugikan.

Yang terakhir adalah sistem pemasaran atau marketing. Anda perlu memahami sistem pemasaran yang baik dan sesuai bagi produk Anda, karena tidak peduli seberapa bagus produk atau jasa yang ditawarkan, produk tidak akan terjual dengan sendirinya tanpa sistem pemasaran yang baik.

 

#4 Jalani dengan Fokus dan Pantang Menyerah

Tips terakhir adalah jangan pernah menyerah dan tetaplah semangat dalam menjalani bisnis Anda. Dalam bisnis tentunya ada berbagai masalah dan hambatan, tapi semua itu dapat Anda lalui jika Anda fokus dan semangat menjalaninya.

Usaha yang baik belum tentu sukses dalam semalam, namun kesuksesan dapat dicapai dengan langkah yang perlahan namun pasti.

Kembangkan bisnis Anda dengan bertahap dan tetap fokus pada intinya, sehingga bisnis Anda dapat berkembang sebagaimana mestinya.

 

Carilah Inspirasi dan Mulai Dari Sekarang

Jika Anda lelah bekerja sebagai pegawai dan tertarik untuk memulai sebuah bisnis waralaba sampingan, bulan Ramadan ini bisa menjadi saat yang tepat.

Mulailah mencari inspirasi dan mulailah bisnis waralaba milik Anda sebelum terlambat. Apapun jenis bisnisnya, lakukan perencanaan yang baik dan menyeluruh agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

Sebagai contoh, salah satu yang terpenting adalah perencanaan keuangan bisnisnya. Saya menyarankan Anda langsung menghubungi perencana keuangan Finansialku. Mengapa Finansialku?

Finansialku merupakan perencana keuangan dengan tenaga kerja yang profesional. Dengan demikian, Finansialku selalu memberikan fakta dan solusi keuangan yang bermanfaat bagi Anda. Anda pun bisa menghemat waktu dan tenaga untuk membangun bisnis waralaba Anda sendiri.

Manfaatkan jasa perencanaan keuangan Finansialku sekarang juga dengan menghubungi kontak berikut ini:

Telepon: (022 – 2056 5890)

Email: solusi@finansialku.com

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang bisnis waralaba di bulan Ramadan 2018 lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Dedi Hidayat. 2 Mei 2018. Ini Dia Bisnis Franchise yang Bakal Panen di Bulan Puasa dan Lebaran. com – https://goo.gl/2ast9x
  • Admin. 2 Juni 2017. Meraup Untung Dari Usaha Di Bulan Puasa. Ayowaralaba.com – https://goo.gl/1NNik6
  • Admin. 6 Mei 2017. 9 Contoh Bisnis di Bulan Ramadhan – Bisnis di Bulan Puasa yang Menguntungkan. Waralabakan.com – https://goo.gl/PWY6DN
  • Kang Yuda. 29 April 2016. Tips Bagaimana Cara Memulai Bisnis Waralaba Bagi Pemula.com – https://goo.gl/nJiVo2

 

  • Sumber Gambar:
  • Bisnis Waralaba di Bulan Ramadan 1 – https://goo.gl/9iq8hd
  • Bisnis Waralaba di Bulan Ramadan 2 – https://goo.gl/JV6v64
  • Bisnis Waralaba di Bulan Ramadan 3 – https://goo.gl/qkS8c9