Asian Para Games 2018 kini menjadi ajang nomor satu yang paling banyak dicari informasinya oleh banyak orang, salah satunya bonus atlet Asian Para Games.

Kira-kira berapa ya besaran jumlah bonus para atlet? Simak pembahasannya melalui artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kesuksesan Para Atlet di Ajang Asian Para Games 2018

Asian Para Games 2018 kini semakin marak diperbincangkan, terlebih saat jumlah medali yang diraih para atlet meningkat drastis dari sebelumnya.

Meskipun masih menduduki posisi ke-6, namun kini Indonesia telah berhasil memperoleh 24 medali emas, 33 medali perak, dan 39 medali perunggu di mana jumlah medali yang diperoleh sebelumnya pada hari Rabu hanya 8 medali emas, 13 medali perak, dan 18 medali perunggu.

Perolehan ini cukup tipis dengan Negara Uzbekistan yang menduduki posisi ke-5. Namun Indonesia yakin bahwa para atlet akan terus berjuang hingga akhir demi mengharumkan nama Indonesia.

Dilansir dari Sport.detik.com, sebanyak 15 medali emas didapat pada hari Rabu, yang enam di antaranya bersumber dari catur. Sedangkan empat medali emas lainnya disumbangkan atlet-atlet dari lawn ball

Indonesia menguasai podium lari 100 meter T13 putri, dengan Putri Aulia, yang menyabet medali emas mengalahkan rekan-rekan senegaranya, yakni Ni Made Arianti yang memperoleh medali perak, dan Endang Sari Sitorus yang memperoleh medali perunggu. 

Karisma Evi Tiara juga naik podium tertinggi di nomor lari 100 meter T42/43 putri. Evi menjadi yang terbaik usai mengungguli wakil-wakil Jepang Kaede Maekawa, dan Tomomi Tozawa.

Sedangkan di hari Kamisnya, medali emas itu datang dari cabang olahraga renang.

Jendi Pangabean berhasil naik podium tertinggi di nomor gaya punggung 100 meter S9 putra usai mengemas waktu 1 menit 7,45 detik, dalam final yang digelar di Stadion Akuatik GBK.

Indonesia masih menjadi negara ASEAN terbaik, di atas Thailand dan Malaysia. China tidak terhentikan di puncak usai mendulang 137 medali emas, 69 perak, 49 perunggu.

Jepang naik satu peringkat ke urutan empat dengan 31 emas, 52 perak, 56 perunggu.

 

Desain Unik dari Medali dan Bonus Para Atlet Asian Para Games 2018

Terdapat hal unik dari medali yang dimenangkan oleh para atlet jika dibandingkan dengan medali Asian Games 2018.

Dari segi bahan dasar, medali Asian Para Games 2018 terbuat dari besi solid yang dilapisi emas dengan teknik semprot.

Desain ukuran medali dirancang langsung oleh Wakil Sekretaris Jenderal INAPGOC, Ferry Kono.

Di bagian depan medali, terdapat logo Asian Para Games 2018, serta slogan bertuliskan “The Inspiring Spirit and Energy Of Asia“.

Di bagian belakang, terdapat logo lain yaitu Asian Paralympic Committee (APC), serta kode yang menggunakan huruf braille, huruf dengan sistem tulisan sentuh untuk penyandang tuna netra.

Menariknya, medali Asian Para Games 2018 juga menghasilkan suara gemerincing jika digoyangkan.

Suara itu berasal dari bola-bola kecil yang terdapat di dalam kepingan medali dengan jumlah 26 bola-bola kecil untuk medali emas, 20 untuk medali perak, dan 16 untuk medali perunggu.

Medali sengaja diciptakan seperti itu untuk memudahkan atlet tuna netra dalam mengenali medali yang dia raih.

Asian Para Games 2018 2 Finansialku

[Baca Juga: Penasaran dengan Harga Tiket dan Cabang Olahraga Asian Para Games 2018? Cek Di Sini!]

 

Selain medali yang unik, banyak orang yang merasa penasaran dengan bonus yang akan diberikan kepada para atlet peraih medali di ajang Asian Para Games 2018.

Dilansir dari Merahputih.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan bonus bagi atlet peraih medali di ajang Asian Para Games 2018 sama dengan Asian Games 2018.

Usai meninjau latihan atlet APG Indonesia, di Kompleks GBK Senayan Jakarta, Jokowi mengatakan:

“Sudah saya sampaikan bonus tidak ada perbedaan, sama.”

 

Maka hal ini sudah terbukti bahwa jumlah bonus yang akan diperoleh oleh para atlet peraih medali sebesar bonus Rp1,5 miliar untuk medali emas, Rp500 juta untuk peraih medali perak, dan Rp250 juta untuk peraih medali perunggu.

Selain itu, peraih medali emas juga berkesempatan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Untuk atlet beregu juga sama, yaitu bonus sebesar Rp750 juta untuk medali emas per orang, Rp300 juta untuk medali perak per orang dan Rp150 juta untuk medali perunggu per orang.”

 

Disiapkan juga hadiah sebesar Rp20 juta bagi masing-masing atlet yang belum berhasil mendapatkan medali dalam ajang Asian Para Games 2018. Jumlah yang fantastis bukan?

728x90 hitung sekarang Rencanakan Keuangan
300x250 - Hitung Sekarang Rencanakan Keuangan

 

Namun jika jumlah uang tersebut tidak dimaksimalkan dengan baik, tentu uang tersebut akan terbuang percuma tanpa alasan yang jelas.

Itulah mengapa dibutuhkan perencanaan keuangan yang baik agar arus kas lebih jelas. Miliki perencanaan keuangan sejak dini menjadi salah satu hal yang penting.

Bagi Anda yang baru memulainya, panduan Finansialku dapat membantu dalam melakukan perencanaan keuangan yang tepat melalui ebook berikut ini, GRATIS!

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Perencanaan keuangan dapat terlaksana dengan baik, arus kas lebih terpantau, kondisi keuangan pun akan membaik!

 

Bonus yang Akan Disumbangkan

Terdapat kabar menarik yang datang dari atlet tenis meja Indonesia, David Jacobs, sebagai peraih medali emas, Selasa lalu.

Saat diwawancara, ia mengungkapkan bahwa dirinya sudah memiliki rencana akan mengalokasikan bonus senilai Rp1,5 miliar untuk berbagai kebutuhan.

Rencananya, akan digunakan untuk kebutuhan pribadi dan sebagian untuk korban bencana gempa dan tsunami.

Setelah berlaga di Ecovention Ancol, Jakarta, David mengatakan:

“Bonus yang pasti saya akan gunakan untuk kebutuhan saya untuk membantu keluarga dan rencananya untuk membantu korban bencana alam di Palu dan Donggala.”

 

Usai Asian Para Games 2018 ini, David rencananya akan terbang ke Slovenia untuk mengikuti kejuaraan dunia para tenis meja. Selanjutnya, ia juga berjuang untuk lolos kualifikasi di Paralympic Tokyo 2020.

Menpora Imam Nahrawi yang sempat hadir menyampaikan keberhasilan tenis meja meraih medali emas adalah kabar yang menggembirakan untuk bangsa.

Ia pun berharap atlet cabang olah raga lain akan tetap semangat untuk mengharumkan nama Indonesia.

 

Ayo, Dukung Atlet Indonesia di Ajang Asian Para Games 2018!

Banyaknya prestasi yang diraih oleh para atlet tentu membanggakan semua warga negara Indonesia.

Untuk mendapatkannya, tentu dibutuhkan perjuangan yang melelahkan hingga akhirnya mampu membesarkan nama Indonesia untuk bertanding dengan negara lain di ajang internasional.

Dukungan akan selalu dibutuhkan oleh para atlet agar semangat juang tidak meredup hingga akhir ajang.

Jadi tunggu apalagi? Ayo dukung dan berikan semangat bagi atlet Indonesia yang sedang berjuang demi Indonesia.

 

Apakah informasi ini bermanfaat? Jangan lupa untuk download ebook dan gunakan aplikasi Finansialku agar kondisi keuangan tetap stabil dengan arus kas yang terkontrol.

Jangan lupa untuk membagi informasi ini kepada teman atau saudara Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Wisnu Cipto. 27 Septembe r2018. Jokowi: Bonus Atlet Para Games Sama dengan Asian Games. Merahputih.com – https://goo.gl/fUbCTe
  • Fajar Nugraha. 4 Oktober 2018. Ini besaran bonus atlet Asian Para Games 2018. Elshinta.com- https://goo.gl/sYMucZ
  • Benedikta Desideria. 10 Oktober 2018. Atlet Asian Para Games 2018 Ini Akan Donasikan Bonus Medali Emas untuk Korban Gempa. Liputan6.com – https://goo.gl/vCaYuh
  • Okdwitya Karina Sari. 11 Oktober 2018. Klasemen dan Perolehan Medali Asian Para Games 2018 Hari Kelima. Sport.detik.com – https://goo.gl/6Schkb
  • Okdwitya Karina Sari. 12 Oktober 2018. Klasemen Medali Asian Para Games 2018, Indonesia 24 Emas. Sport.detik.com – https://goo.gl/66QcDu

 

Sumber Gambar:

  • Asian Para Games 2018 1 – https://goo.gl/JsWsx9
  • Asian Para Games 2018 2 – https://goo.gl/rYwg8A