BPJS Ketenagakerjaan: Antara Digitalisasi vs Efisiensi

Untuk menjangkau semua lapisan masyarakat pekerja, ada berbagai cara yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Bagaimana hubungan antara proses digitalisasi dengan efisiensi pada badan BPJS Ketenagakerjaan untuk melayani masyarakat?

Sebagai pekerja profesional, jangan lewatkan pembahasannya melalui artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

BPJS Ketenagakerjaan dan Pelayanan Untuk Semua Lapisan

Indonesia sebagai negara berkembang memiliki banyak proyek yang melibatkan para pekerja mulai dari tenaga profesional hingga buruh.

Faktanya kecelakaan kerja kerap terjadi di berbagai titik sehingga para pengusaha harus memberikan proteksi baik berupa standar keselamatan kerja maupun penanggungan biaya atas kecelakaan.

BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya merupakan instansi yang memberikan pelayanan untuk semua lapisan masyarakat pekerja.

Namun, masih ada juga sebagian orang yang berpendapat bahwa BPJS Ketenagakerjaan lebih mengutamakan para pekerja kantoran.

Anggapan ini tentu tidak benar, karena semua pekerja boleh menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Bahkan seorang freelancer pun bisa mendaftar dan memperoleh hak yang sama terkait proteksi.

Bukan hanya proteksi kecelakaan kerja, instansi ini juga memiliki aneka program yang berkaitan dengan hari tua atau lainnya.

 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dana hari tua memang diperlukan oleh setiap orang. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika Anda sudah tidak bekerja untuk menikmati hari tua dengan bahagia.

Langkah awal dalam menyiapkan dana hari tua ialah dengan melakukan perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan dilakukan untuk mengetahui apa saja yang harus direncanakan secara keuangan untuk Anda sesuai usia.

Miliki panduannya dengan men-download ebook Finansialku berikut ini secara gratis:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Lakukan sekarang juga agar tujuan keuangan Anda dapat terwujud. Selamat mencoba!

 

Digitalisasi vs Efisiensi BPJS Ketenagakerjaan

Semakin banyaknya peserta BPJS Ketenagakerjaan membuat banyak inovasi dilakukan sebagai penunjang layanan. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi digital untuk efisiensi.

Jadi, tanpa harus melakukan pemberkasan yang lama seseorang bisa semakin mudah mengakses klaim atau cek saldo dan transaksi lainnya via smartphone.

Sistem Digital BPJS Ketenagakerjaan 02 Finansialku

[Baca Juga: Apa Fasilitas BPJS Ketenagakerjaan Untuk Karyawan Kontrak?]

 

Beberapa perubahan yang terjadi dalam BPJS Ketenagakerjaan di antaranya:

 

#1 Sistem Digital Sebagai Media Meningkatkan Kepesertaan

Tujuan dari sistem digital yang digagas oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah untuk meningkatkan kepesertaan dari setiap lapisan masyarakat pekerja.

Jaminan sosial sangat dibutuhkan oleh orang banyak sehingga proteksi ketika bekerja pun maksimal.

Jika mendaftar secara online di BPJS Ketenagakerjaan, besar harapan para calon peserta bisa merasa langkah ini tidak sulit dan semangat menjadi peserta.

 

#2 Aplikasi BPJSTK Mobile

Saat ini, ada aplikasi BPJSTK Mobile yang dapat diakses oleh para pesertanya.

Anda cukup mengirim SMS ke nomor 2757 untuk apa yang dibutuhkan, maka akan tersedia jawaban untuk pengirim. Aplikasi ini bisa sangat membantu tanpa harus mengantre lama di kantor BPJS.

Tidak hanya SMS, ada juga aplikasi yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Dengan aplikasi tersebut maka para peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa lebih mudah memaksimalkan pelayanan serta memperoleh informasi.

Jika mencari di Google Play Store, akan muncul aneka aplikasi yang cukup membantu para peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk bisa mengakses informasi saldo atau update lainnya.

Misalnya aplikasi Cek Saldo BPJSTK, Saldo JHT Tenaga Kerja Online, dan e-klaim BPJS Ketenagakerjaan.

Sekarang Kita Sudah Bisa Daftar BPJS Ketenagakerjaan Online 01 Finansialku

[Baca Juga: Alasan Inilah Yang Menyebabkan BPJS Ketenagakerjaan Dibutuhkan]

 

Untuk melakukan e-klaim, aplikasi di Google Play Store diunduh terlebih dahulu dan lakukan pendaftaran.

Setelah itu, pilih pengajuan klaim dan lakukan prosedur yang tertera pada info aplikasi. Misalnya apa saja dokumen yang dibutuhkan, panduan e-klaim, dan langkah untuk diambil.

Data untuk e-klaim juga perlu diunggah supaya tidak menimbulkan masalah. Karena saat ini semua data harus bisa diakses secara digital maka e-klaim akan terekam jejaknya untuk segera diproses pengajuan klaim oleh kantor cabang pilihan.

 

#3 Aplikasi BPJSTKU

BPJSTKU adalah sebuah aplikasi yang resmi untuk layanan digital para peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Ada 4 informasi program perlindungan yang disediakan oleh aplikasi ini seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian.

Para peserta juga bisa mengakses diskon spesial pada 1500 merchant di seluruh Indonesia.

Selain itu, ada pula informasi tentang rincian saldo JHT, lihat kartu dan saldo JHT, serta kirim saldo JHT. Jangan ketinggalan juga berita yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan lewat aplikasi ini supaya terhindar dari hoax.  

Pada aplikasi BPJSTKU, ada informasi juga seputar kantor wilayah sesuai daerah masing-masing.

Selain itu ada juga simulasi JHT yang akan muncul secara otomatis perhitungannya dari jumlah upah, jumlah tahun dan saldo awal.

Masing-masing orang yang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mendaftar aplikasi ini. Lalu jika sudah pernah login, maka akan muncul profil serta informasi terkait akun kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

 

#4 Finger Print dan E-KTP Untuk Verifikasi Online

Dengan adanya sistem digital untuk verfikasi online BPJS Ketenagakerjaan, maka ada banyak hal yang bisa dilakukan hanya dengan satu akses.

1 kartu digital akan dapat membantu para pesertanya untuk mengakses semua program.

Tidak hanya itu, proses tersebut juga lebih aman karena ada QR code untuk memastikan aksesnya tidak disalahgunakan orang lain.

Klaim-JHT-BPJS-Ketenagakerjaan-Aplikasi-eKlaim-1-Finansialku

[Baca Juga: Jika Karyawan Resign atau Kena PHK, Bagaimana Status Kepesertaan BPJS Kesehatan?]

 

Adanya kartu digital yang serbaguna tidak hanya membantu para peserta BPJS Ketenagakerjaan, tetapi juga para manajer yang melakukan pemantauan maupun pihak penanggung jawab keselamatan karyawan. Jadi, tanpa harus ribet dengan aneka kartu maupun dokumen semuanya bisa diakses.

Hal yang lebih menyenangkan lagi, dengan adanya kartu ini maka para peserta BPJS Ketenagakerjaan akan bisa mendapatkan aneka diskon menarik yang ditawarkan.

Jadi, mengikuti prosedur yang berlaku pada BPJS Ketenagakerjaan memang sangat menguntungkan bagi semua peserta dari berbagai lapisan masyarakat pekerja.

 

#5 Voice Assistant GINA 24 Jam Via Smartphone

Karena masalah yang muncul bisa terjadi kapan saja, maka BPJS Ketenagakerjaan juga menawarkan Voice Assistant GINA 24 jam via smartphone.

Jadi, ketika ada kecelakaan atau kebutuhan mendadak meskipun waktunya kurang tepat, maka pasien akan segera dilayani secara maksimal.

Ketika bekerja, tentu tidak banyak orang akan memikirkan soal bagaimana menghubungi BPJS Ketenagakerjaan ketika kecelakaan terjadi.

Oleh sebab itu, layanan ini tentu sangat membantu para peserta untuk dapat memaksimalkan proteksi terhadap dirinya maupun ketika ada rekan mengalami musibah.

 

Ikuti Prosedur dan Patuh Standar Keselamatan Kerja

Sebagai warga negara yang baik, maka jangan lupa untuk selalu mengikuti standar keselamatan kerja.

Selain patuh pada prosedur, jadilah peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk memaksimalkan proteksi baik sebagai upaya pencegahan maupun penanggulangan.

Melalui sistem digital, maka akan banyak pekerja baik dari sektor formal maupun informal yang akan bisa mendapatkan bantuan penanganan kecelakaan kerja maupun jaminan hari tua.

 

Silakan tinggalkan komentar Anda melalui kolom di bawah ini. Jangan lupa bagikan informasi penting di atas pada rekan kerja atau keluarga Anda, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Firdaus Baderi. Digitalisasi vs Efisiensi Pekerja. Bpjsketenagakerjaan.go.id – https://goo.gl/nnP47o

 

Sumber Gambar:

  • Sistem Digital BPJS Ketenagakerjaan 1 – https://goo.gl/SX5fN7
  • Sistem Digital BPJS Ketenagakerjaan 2 – https://goo.gl/fi7yMe
Summary
BPJS Ketenagakerjaan: Antara Digitalisasi vs Efisiensi
Article Name
BPJS Ketenagakerjaan: Antara Digitalisasi vs Efisiensi
Description
Untuk menjangkau semua lapisan masyarakat pekerja, ada berbagai cara yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Shara Nurrahmi, S.Pd
Shara Nurrahmi, S.Pd adalah seorang guru SLB di SMALB Putra Jaya Malang yang aktif membuat konten untuk berbagai website. Harapannya adalah membagikan informasi yang bermanfaat bagi banyak orang, terutama para penyandang disabilitas untuk mengukir masa depan yang lebih baik.

Leave A Comment