Bagi kamu yang lagi work from home (WFH), apakah kamu merasa kesulitan dalam memahami cara atur keuangan saat WFH karena kamu malah sering jajan online?

Jawabannya ada pada artikel ini, yuk simak informasi selanjutnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Work From Home (WFH)

Saat perusahaanmu mengumumkan kalau kamu akan work from home, tentunya kamu seneng dong ya. Kapan lagi dibolehin kerja dari rumah tanpa harus datang ke kantor.

Keuntungan kamu kerja di rumah pun banyak banget. Pertama, kamu ga usah menghabiskan waktu di jalan sehingga waktu yang kamu punya pun cukup efisien.

Kedua, ga mandi? Ga masalah tuh. Ketika kamu kerja dari rumah, mandi atau ga mandi merupakan masalah yang tidak perlu diributkan. Kamu bisa bekerja tanpa harus mandi dan tanpa mengganggu rekan kerja kamu. Yang penting tetap hidup bersih ya.

Ketiga, fleksibel. Ketika kamu kerja di rumah, kamu memiliki fleksibilitas dalam mengatur waktu kamu. Kamu juga bisa menggunakan waktu istirahat kamu dengan tidur siang.

Keempat, ga usah jajan-jajan yang ga sehat lagi. Karena kamu bekerja dari rumah, kamu pun tidak perlu jajan di daerah kantor yang mungkin tidak sehat. Kamu malah punya waktu untuk masak sendiri dan sesuaikan dengan menu kesukaan kamu.

5 Hal yang Bisa Dilakukan Supaya Work From Home Efektif 02

[Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Dilakukan Supaya Work From Home Efektif]

 

Selain itu juga, ketika kamu bekerja di rumah, kamu sudah membantu dalam memutus rantai penularan covid-19 lho. Kamu pun bisa meningkatkan sistem imun tubuh atau kekebalan tubuh saat bekerja di rumah.

Cek video berikut ini untuk mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh:

 

Wah, kalau diurutkan memang sangat banyak sekali manfaat dari kerja dari rumah. Selain untuk menjaga kesehatan kita, tapi malah bisa membuat kita menjadi lebih mudah mengatur waktu kita.

Eits, tapi kalau kamu yang kerja dari rumah dan anaknya mageran, biasanya nih suka jajan online gitu ga sih? Hayo, siapa yang suka jajan online?

Tanpa disadari, karena kemudahan teknologi juga, kamu jadi mudah banget buat jajan. Tinggal pakai aplikasi antar online atau malah belanja di e-commerce untuk membunuh kebosanan kamu ketika kerjaan kamu sudah selesai.

Tapi ya, kalau kamu coba sadari tentang jajan online ini, bisa memakan budget yang besar lho. Anggaplah kamu dalam sehari ada jajan online sebesar Rp50.000, coba kita hitung selama 2 minggu ya.

  Kopi (Rp) Camilan (Rp) Makanan (Rp) Ongkir (Rp) Total (Rp)
Senin 35.000 25.000   6.000 66.000
Selasa 15.000   38.000 6.000 59.000
Rabu 25.000 15.000   10.000 50.000
Kamis 15.000 15.000   12.000 42.000
Jumat 25.000   30.000 6.000 61.000
Sabtu 35.000 15.000   6.000 56.000
Minggu 35.000 15.000   6.000 56.000
Total 390.000
Total 2 Minggu 780.000

 

Ini contoh kalau kamu jajan dari jajan online, dalam waktu 2 minggu saja kamu bisa menghabiskan sebesar Rp780.000.

Nah, pernah ga sih ngebayangin kalau kamu juga beli camilan dan makanan lain?

  Kopi (Rp) Camilan (Rp) Makanan (Rp) Ongkir (Rp) Total (Rp)
Senin 35.000 25.000 40.000 6.000 106.000
Selasa 15.000 25.000 38.000 6.000 84.000
Rabu 25.000 15.000 40.000 10.000 90.000
Kamis 15.000 15.000 45.000 12.000 87.000
Jumat 25.000 20.000 30.000 6.000 81.000
Sabtu 35.000 15.000 40.000 6.000 96.000
Minggu 35.000 15.000 38.000 6.000 94.000
Total 638.000
Total 2 Minggu 1.276.000

 

Wah, kalau kamu beli camilan dan juga beli makanan, kamu bisa habis sebanyak Rp1.276.000 hanya dalam 2 minggu saja loh. Hayo, siapa disini yang masih belum bikin catatan pengeluaran kaya contoh di atas?

Kalau belum, tenang, saya mau bantu kamu biar keuangan kamu ga boros kaya contoh tersebut. Cara mudahnya adalah kamu cukup download Aplikasi Finansialku terlebih dahulu di Google Play Store atau Apple App Store.

playstore icon
appstore icon

 

Cara Atur Keuangan Saat WFH

Setelah saya kasih datanya, bisa habis Rp1,2 jutaan dalam waktu 2 minggu, cukup kaget juga ya. Ini baru jajan aja loh, belum beli makanan yang tiap hari, 3 kali sehari kamu konsumsi.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Daripada bingung, yuk ikutan tips berikut ini, supaya kamu bisa mengontrol keuangan kamu.

 

#1 Punya Rekening Terpisah Untuk Jajan Online

Buat kamu yang susah mengontrol jajan online, coba deh buat rekening terpisah yang sudah kamu anggarkan per bulan kamu hanya boleh menghabiskan berapa rupiah per bulannya.

Ketika di rekening tersebut sudah habis uangnya, maka kamu pun harus berhenti jajan online ya. Kamu boleh mencoba tips berikut ini, kalau kamu merasa menambah rekening hanya membuat kamu bingung, tidak usah dipraktikkan.

Pembuatan rekening ini bertujuan untuk mempermudah kamu mengontrol pengeluaran kamu dalam hal jajan online dan membuat kamu lebih aware dari setiap pengeluaran yang kamu lakukan.

Jangan Mengeluh! Ini yang Harus Disyukuri dari Work From Home! 01

 [Baca Juga: Mengenal Persamaan dan Perbedaan Antara Rekening Tabungan, Rekening Giro, dan Rekening Koran]

 

#2 Buatlah Anggaran Jajan Online

Cara kedua, kamu bisa membuat anggaran jajan online kamu ya. Kamu bisa mengalokasikannya mulai dari sekarang.

Dalam pembuatan anggaran, selalu utamakan pengeluaran yang produktif terlebih dahulu ya.

Cara Atur Keuangan Saat WFH Work From Home Buat Pecinta Jajan Online 02 - Finansialku

Tampilan menu anggaran pengeluaran Aplikasi Finansialku

 

Pengeluaran produktif adalah pengeluaran yang kamu keluarkan hari ini tetapi kamu mendapatkan manfaatnya di masa depan, seperti tabungan/investasi, cicilan, asuransi, sedekah atau donasi.

Jangan lupa, kita tidak bisa terhindar dari yang namanya pajak.

Selanjutnya, adalah pengeluaran yang kita konsumsi sehari-hari. Berikut ini adalah saran budgeting buat kamu yang masih susah menabung tetapi masih ingin bisa jajan.

Pengeluaran Persentase Anggaran
Tabungan dan Investasi 20% dari pendapatan
Kebutuhan Sehari-hari 50% dari pendapatan
Self Reward 20% dari pendapatan
Jajan Online 10% dari pendapatan

 

Disclaimer: Tabel tersebut hanyalah saran, semua orang tidak harus mengikuti ketika tidak cocok, kamu bisa temukan formula budgeting kamu tersendiri karena kondisi keuangan setiap individu pasti berbeda.

 

Jadi, sebisa mungkin anggaran jajan online kamu lebih kecil daripada tabungan dan investasi ya. Sekali lagi, tabel tersebut hanyalah saran, jika tidak cocok buat kamu, kamu tidak perlu panik atau takut ya.

Kamu bisa konsultasi dengan saya supaya kamu bisa menentukan budget sesuai kebutuhan dan kondisi kamu. (Pakai menu Tanya Perencana Keuangan di Aplikasi Finansialku).

 

#3 Buatlah Rencana Kamu Ingin Jajan Apa Saja

Saya yakin, kamu pasti punya rencana ingin jajan apa saja dari aplikasi jajan online. Maka, selama 2 minggu ke depan, kamu bisa merencanakan keinginan jajan apa saja dan berapa budget-nya.

Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan budget yang kamu inginkan dan budget yang bisa kamu alokasikan untuk jajan online ini. Sehingga, yang namanya boros saat work from home ini bisa kamu hindari.

 

#4 Memburu Diskon

Buat kamu yang tetap ingin jajan dan hemat, kamu harus mencari diskon sebanyak-banyaknya. Kamu bisa mulai dengan cara pantengin Instagram dari restoran yang kamu inginkan.

Selain-Kartu-Kredit,-Ini-Alat-Bayar-Belanja-Online-yang-Aman-Digunakan-2-Finansialku

[Baca Juga: Tips Memperbaiki Keuangan Buat Kamu Si Korban Promo dan Diskon]

 

Sering-sering juga cek di aplikasi, untuk hari ini, apa saja sih yang sedang promo.

Jangan lupa untuk cek syarat dan ketentuannya, kalau ternyata syaratnya hanya membuat kamu semakin boros, jangan jajan sesuai promo deh.

 

#5 Catat Pengeluaran Jajan Online

Karena kamu udah bikin anggarannya dan rencananya, jangan lupa bikin catatan pengeluaran harian kamu buat jajan online. Jangan jadikan anggaran keuangan hanyalah rencana tanpa adanya review dari implementasinya.

Jadi, biasakan diri kamu untuk selalu #LangsungCatat pengeluaran kamu apa saja ya. Tidak hanya untuk jajan online, tetapi juga untuk pengeluaran harian kamu lainnya.

 

Saatnya Work From Home, Saatnya Pengaturan Keuangan Yang Lebih Baik

Meskipun kamu work from home, bukan berarti kamu bisa jajan semaunya tanpa melihat anggaran keuangan kamu. Ada baiknya kita selalu melakukan pengeluaran sesuai dengan budget-nya yaaa..

Kalau kamu ada masalah kesehatan, kamu bisa langsung menghubungi dokter. Tapi, kalau kamu punya masalah keuangan, kamu bisa langsung menghubungi para perencana keuangan.

Jangan ragu untuk meminta bantuan pada ahlinya. Kamu bisa menghubungi saya atau perencana keuangan Finansialku lainnya, melalui aplikasi Finansialku.

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Sobat Finansialku, masa pandemi belum terlihat akan segera berakhir, tapi makin banyak saudara-saudara kita yang terseok-seok memenuhi kebutuhan sehari-hari karena PHK dampak COVID-19. Tidak ada yang bisa membantu mereka, selain kita.

Jika kita tidak mau membantu mereka, apa jadinya dengan keluarga yang harus diberi makan? Bagaimana dengan nasib anak-anak mereka yang kelaparan?

Belum terlambat untuk membantu mereka! Segera klik tombol di bawah ini sekarang untuk memberi Donasi bersama Finansialku, terima kasih…

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui cara atur keuangan saat WFH untuk kamu pecinta jajan online.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudaramu yang belum mengetahui tentang cara atur keuangan saat WFH. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Cara Atur Keuangan Saat WFH – https://bit.ly/2J5CdM8