Menjadi single parents tidaklah mudah, apalagi harus mengimbangi kehidupan kerja dan mengurus keluarga. Hampir seluruh single parents mengalami hal yang serupa, yakni sibuk bekerja tapi tetap harus mengurus keluarga agar tidak terbengkalai. Lalu bagaimana solusinya? Mari kita lihat tips bagaimana cara mengimbangi kehidupan kerja bagi single parents.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

1 Orang, 2 atau Lebih Tanggung Jawab: Bagaimana Mengimbanginya?

Bagi Anda yang sudah menjadi orangtua tentunya paham sulitnya mengurus rumah tangga. Mulai dari merawat sang buah hati, mengurus kebutuhan pendidikannya, merawat dan membersihkan rumah, hingga menyediakan makan bagi keluarga.

Lalu apakah terbayangkan bagaimana nasib single parents yang harus mengerjakannya sendirian? Belum lagi jika ditambah dengan pekerjaan, tentunya sulit menyeimbangkan semuanya.

Single Parents, Ini Tips Bagaimana Cara Mengimbangi Kehidupan Kerja 02 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Single Parents Mengatur Keuangan Keluarga: Harta Gono Gini dan/atau Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa]

 

Namun, itulah kehebatan single parents, keadaan membuatnya menjadi kuat. Di samping tantangannya, mereka selalu menganggap bahwa kerja keras mereka sepadan dengan rewards yang mereka dapatkan.

Sebagai satu orang dengan 2 atau lebih tanggung jawab, tidak pernah sekalipun mereka mengeluh. Yang ada malah mereka dikritik, padahal tidak terbayangkan seberapa sulitnya menjadi single parents.

Jika Anda juga merupakan salah satu single parents, Finansialku akan membantu Anda dengan memberikan tips bagaimana cara mengimbangi kehidupan kerja sebagai berikut:

 

#1 Carilah Dukungan di Sekitar Anda

Menjadi single parents terkadang membuat Anda merasa terisolasi dan kesepian. Namun, bukan berarti Anda malah membatasi diri dari orang lain.

Untuk dapat terus maju kearah yang lebih baik, Anda butuh dukungan dari orang-orang di sekitar Anda. Anda bisa meminta dukungan mulai dari keluarga, teman, tetangga, bahkan kepada komunitas tempat Anda beribadah.

Perlu Anda ketahui, terkadang ada seseorang yang berniat membantu dan mendukung Anda, namun terlalu takut untuk memasuki kehidupan Anda. Oleh karena itulah, sebaiknya Anda yang terlebih dahulu membuka diri dan meminta bantuannya.

Meminta bantuan bukan berarti lemah lho, namun Anda hanya meminta demi kebaikan Anda dan buah hati Anda.

Anda bisa merasakan energi lebih positif dengan menerima bantuan dan kebaikan orang lain. Anda dapat membalas jasanya dengan perilaku serupa. Sebagai contoh, Anda dan tetangga bisa bergiliran membantu menjaga buah hati masing-masing.

 

#2 Memiliki Rencana Cadangan

Mobil Anda mogok di saat Anda harus menjemput sang buah hati, kemudian tiba-tiba orangtua mengajak bertemu dan kebetulan Anda sedang demam parah?

Tentunya, rasanya sangat putus asa dan entah mau melakukan apa.

Namun, disinilah fungsi dari rencana cadangan. Anda bisa mengatasi kondisi darurat dengan rencana B atau cadangan.

11 Langkah Keuangan agar Hidup Kaya Sebagai Single Moms 01 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Langkah Keuangan agar Hidup Kaya Sebagai Single Moms]

 

Antisipasi kekacauan dengan memiliki nomor telepon darurat yang bisa dihubungi seperti nomor rumah sakit atau bengkel terdekat.

Miliki langkah pengendalian untuk kondisi darurat dan beritahukan kepada keluarga dan pengasuh buah hati untuk mengatasi hal-hal yang tidak terduga.

 

#3 Utamakan Kesehatan Anda

Di tengah kesibukan yang melanda seperti pekerjaan, mengajari anak dan membantunya mengerjakan pekerjaan rumah, kemacetan, dan mengurus rumah, terkadang single parents melupakan kepentingan diri sendiri dan kesehatannya.

Namun, ingatlah selalu bahwa kesehatan Anda penting, karena jika Anda sakit segalanya malah akan lebih berantakan.

Semoga poin-poin berikut ini bisa membantu Anda mengingat pentingnya kesehatan diri sendiri:

 

#1 Konsumsi makanan yang bergizi

Menjamin gizi buah hati memang yang utama, namun Anda juga harus memperhatikan cakupan gizi bagi diri sendiri.

Cobalah biasakan untuk memasak sehat bagi buah hati sekaligus diri Anda sendiri. Karena terus-terusan memakan junk food dan makanan instan yang praktis tidak akan menyehatkan Anda.

 

#2 Jangan melupakan pentingnya olahraga

Olahraga selalu penting bagi siapapun dalam usia berapa pun. Namun, banyak orang yang terlalu sibuk bahkan untuk berolahraga. Bagi Anda single parents jangan khawatir, Anda bisa berolahraga sambil bermain dengan buah hati Anda.

Ajaklah sang buah hati untuk bermain bersama dalam permainan yang aktif dan menyehatkan. Dengan demikian, olahraga tidak lagi melelahkan dan membosankan.

8 Tips Mengelola Keuangan untuk Wanita Single Parents 02 - Finansialku

[Baca Juga: 8 Tips Mengelola Keuangan untuk Wanita Single Parents]

 

#3 Istirahatlah yang cukup

Banyak orangtua yang mengorbankan waktu tidurnya demi merawat rumah dan keluarga, Begitu pula halnya, dengan single parents. Namun, studi membuktikan bahwa tidur merupakan kebutuhan utama dan serius.

Kurang tidur dapat menimbulkan penyakit dan menjadikan tubuh Anda rentan terhadap penyakit. Anda juga tidak akan bisa bekerja dengan efektif jika kurang tidur.

Tidurlah dengan cukup dan Anda akan bisa mengoptimalkan energi dengan lebih baik.

 

#4 Istirahatkan dan tenangkan pikiran

Menjadi single parents memanglah sulit, terutama jika itu bukanlah pilihan Anda. Namun bergelut dalam kesedihan dan penyesalan akan masa lalu tidak akan memperbaiki apa-apa.

Lebih baik berikan penutupan yang baik bagi diri dan pikiran Anda, sehingga Anda bisa memulai lembaran yang baru dengan lebih indah, nyaman, dan bahagia.

Fokuskan perhatian kepada masa kini dan bukan masa lalu sehingga akan mendorong kepercayaan diri dan kebahagiaan diri Anda sendiri.

 

#5 Jangan lupakan kebutuhan “Me time

Mengurus rumah dan buah hati tentunya penting bagi seorang single parents. Namun, jika Anda terus-terusan menyibukkan diri tanpa menyisihkan waktu bagi diri sendiri, lama-lama Anda bisa gila.

Luangkan waktu, misalnya, pada saat buah hati sedang sekolah atau tidur siang, tuangkan segelas teh hangat sambil melakukan aktivitas kegemaran Anda.

Waktu bagi diri sendiri akan memberikan energi baru yang akan semakin baik dampaknya bagi Anda dan buah hati Anda.

Konsultasi Apa Saja Tips Praktis Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Apa Saja Tips Praktis Mempersiapkan Dana Pendidikan dan Asuransi Dana Pendidikan]

 

#4 Miliki Waktu Bersenang-senang

Siapa bilang menjadi single parents harus mendedikasikan seluruh waktu untuk mengurus rumah dan keluarga? Nyatanya, single parents juga memiliki hak untuk bersenang-senang sesekali.

Anda bisa mempersiapkan aktivitas dengan anggaran yang sedikit namun tetap menyenangkan. Sebagai contoh:

 

#1 Piknik bersama sang buah hati

Makan bersama sang buah hati bisa menjadi momen berharga jika dilakukan dengan sedikit berbeda.

Buatlah bekal sederhana dan siapkan sebuah tikar di kebun terdekat. Jadi deh, piknik sederhana ala Mom and Children.

 

#2 Menghabiskan waktu tenang dengan membaca buku di perpustakaan

Membaca buku bisa memberi ketenangan dan waktu untuk bebas dari beban pikiran. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas di perpustakaan untuk melakukan diskusi atau bedah buku.

 

#3 Menikmati konser atau festival terdekat

Menikmati konser atau festival juga bisa menjadi hiburan di sela-sela kesibukan sebagai seorang single parents.

Jangan cemas dengan harganya, banyak kok konser atau festival yang tidak dikenakan biaya atau yang murah harganya. Anda bisa mencari informasi terkait konser atau pagelaran terdekat di kota Anda.

 

#5 Carilah Zona Nyaman

Anda harus menemukan zona nyaman untuk dapat menikmati kehidupan sebagai seorang single parents. Carilah komunitas atau lingkungan yang nyaman dan menerima Anda apa adanya, baik formal maupun informal.

Kini juga banyak organisasi yang menjadi sarana bagi komunitas positif seperti komunitas single parents yang bisa Anda ikuti.

Jangan pernah mengisolasi diri karena bercerita dan berbagi dengan orang lain bisa mencegah depresi dan meringankan beban hidup Anda.

Ibu Muda Kenali dan Praktikkan Cara Merencanakan Keuangan Berikut Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Muda Kenali dan Praktikkan Cara Merencanakan Keuangan Berikut Ini]

 

Single Parents juga Manusia: Jangan Sepelekan Kehidupan Anda

Meski selalu sibuk dan memiliki banyak tanggung jawab, namun single parents bukanlah superhero yang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk orang lain.

Single parents juga manusia lho, artinya Anda juga berhak untuk mementingkan hidup Anda. Mengutamakan kebahagiaan keluarga dan buah hati memang penting, tapi bukan dengan mengorbankan kebahagiaan diri sendiri.

Dengan demikian, cobalah menyeimbangkan  kehidupan dengan cara mengimbangi kehidupan pekerjaan dan waktu bagi diri sendiri.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tips bagaimana cara mengimbangi kehidupan kerja bagi single parents lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Kara Aragona. 17 Juli 2017. Women in Business: Get Work-Life Balance Tips for Single parents. Thebalance.com – https://goo.gl/Juo7oL

 

Sumber Gambar:

  • Single Parents – https://goo.gl/LrtjGX dan https://goo.gl/Dy7Xsf

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana