Kondisi ekonomi global masih tak kunjung stabil, artinya rupiah akan masih melemah untuk beberapa waktu ke depan. Tak mau terus berlarut-larut dalam kondisi tersebut, pemerintah lakukan beberapa langkah.

Bank Indonesia sebagai salah satu pihak yang berwenang telah mengeluarkan kebijakan. Sementara itu, kita sebagai masyarakat juga bisa turut berpartisipasi dalam menekan rupiah yang terus melemah.

 

Rubrik FinansialkuRubrik Finansialku and News

 

Rupiah Melemah, Bank Indonesia Terapkan Berbagai Kebijakan

Bank Indonesia (BI), sebagai salah satu pihak yang berwenang dalam menangani berbagai permasalahan ekonomi di Indonesia, akhirnya mengambil beberapa tindakan dalam menyikapi pelemahan rupiah.

Permasalahan ekonomi yang tengah terjadi saat ini adalah kondisi ekonomi global yang tengah tidak stabil. Penyebabnya adalah perang dagang antara Amerika Serikat dengan China.

Cegah Rupiah Terus Melemah 2 Finansialku

[Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Makin Ngamuk Rp14.200, Apakah Pertanda Krismon?]

 

Persaingan antara dua negara yang menjadi pusat perekonomian dunia ini pada akhirnya berdampak pada keadaan ekonomi negara berkembang.

Belum lagi keputusan Bank Sentral Amerika Serikat yang menaikkan suku bunga The Fed beberapa kali dalam setahun ini.

Indonesia sebagai salah satu negara berkembang akhirnya merasakan dampak dari keadaan ekonomi global tersebut. Dampak terbesar yang dirasakan oleh Indonesia adalah rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Saat ini (12/09/18) tercatat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS sebesar Rp14.828.

Kondisi ini telah cukup stabil selama seminggu belakangan ini. Namun tetap saja, angka tersebut masih cenderung tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan mungkin saja rupiah tembus di angka Rp15.000 seperti yang dikhawatirkan berbagai pihak.

Tak ingin kejadian tersebut terjadi, BI akhirnya mengambil beberapa kebijakan untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan pengendalian inflasi.

 

5 Langkah yang Diambil oleh BI untuk Cegah Pelemahan Rupiah

5 langkah yang bisa diambil oleh BI untuk mencegah pelemahan rupiah, yaitu:

 

#1 Menaikkan Suku Bunga Kebijakan

Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam menekan melemahnya nilai rupiah adalah menaikkan suku bunga.

BI dalam hal ini telah menaikkan suku bunga BI-7DRRR sebesar 125 bps menjadi 5,50% selama tahun 2018.

Cegah Rupiah Terus Melemah 3 Finansialku

[Baca Juga: Rupiah Melemah, Harga BBM Naik Dalam Waktu Dekat?]

 

Dengan dinaikkannya suku bunga hal ini akan mendorong kenaikan selisih antara suku bunga di Indonesia dengan suku bunga luar negeri.

Pelebaran selisih suku bunga ini akan mendorong investor untuk menanamkan modalnya. Pada akhirnya aliran modal yang masuk akan mendorong apresiasi nilai tukar rupiah.

 

#2 Melakukan Intervensi Ganda

BI melakukan langkah berupa intervensi ganda atau dual intervention. Langkah ini berupa melakukan intervensi di pasar valas dengan menggelontorkan cadangan devisa dalam operasi pasar stabilitas rupiah.

Sementara langkah lainnya adalah dengan memborong surat utang negara pada level pasar sekunder.

Kedua langkah ini diharapkan mampu membuat rupiah akan terdepresiasi secara gradual. Meski begitu, BI akan memastikan terdepresiasinya rupiah secara gradual sesuai dengan fundamental.

 

#3 Menyediakan Instrumen Swap Valas dan Swap Hedging

Langkah lain yang diambil adalah dengan menurunkan nilai minimal transaksi FX swap hedging. Tak hanya dipermurah, persyaratan dokumen sebagai underlying transaksi nilai lindung juga dipermudah.

Saat ini nilai minimal transaksi FX Swap Hedging adalah US$ 2 juta, sebelum diturunkan nilai tersebut sebesar US$ 10 juta.

Dengan nilai yang lebih rendah, diharapkan dapat menjangkau banyak nasabah lain, termasuk eksportir.

Bila target terpenuhi, maka nilai permintaan valuta asing atau valas di pasar spot bisa dipangkas.

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Melakukan Relaksasi Makroprudensial dan Akselerasi Pendalaman Pasar Keuangan

BI juga telah menerapkan relaksasi rasio pinjaman atau kredit terhadap nilai agunan (loan to value atau LTV). Melalui relaksasi makroprudensial ini diharapkan mampu semakin mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dengan adanya LTV tersebut, BI tak ingin momentum pertumbuhan ekonomi yang sedang naik terganggu oleh dengan menurunnya nilai tukar rupiah. Sehingga proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018 sebesar 5,2% tetap dapat tercapai.

 

#5 Memperkuat Sinergi dan Koordinasi

Langkah terakhir yang dilakukan BI dalam mengatasi permasalahan ini adalah memperkuat kerjasama dan koordinasi dengan pemerintahan yaitu jajaran Kementerian Keuangan.

Tak hanya pemerintahan, BI juga turut memperkuat sinergi dengan berbagai lembaga keuangan terkait, salah satunya adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Yuk, Lakukan Beberapa Hal Berikut Agar Rupiah Tidak Terus Melemah!

Rupiah yang terus melemah memang menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah dan berbagai instansi yang berwenang lainnya. Bila tidak, kondisi ini bisa memengaruhi keadaan ekonomi masyarakat.

Namun, tentu sebaiknya kita tidak berdiam diri dan membiarkan masalah ini diselesaikan sendiri oleh pemerintah.

Bila kita bisa memberikan bantuan untuk mengatasi permasalahan rupiah yang melemah ini, maka sebaiknya kita turut berpartisipasi secara aktif memberi bantuan tersebut.

Rupiah Melemah Indonesia Kembali ke 1998 Finansialku 1

[Baca Juga: Rupiah Hari Ini Terus Melemah, Apa Upaya Pemerintah?]

 

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah menyerukan beberapa hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat dalam permasalahan rupiah yang terus melemah ini.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam membantu pemerintah untuk mengentaskan permasalahan rupiah yang terus melemah ini.

 

#1 Bangga Produk Lokal

Dengan terus melemahnya rupiah, Anda harus mulai meningkatkan konsumsi produk dalam negeri. Dengan aktif membeli produk buatan lokal, maka Anda bisa menggenjot transaksi ekonomi dalam negeri.

Dengan begitu, nilai rupiah tidak akan melemah dan seiring berjalannya waktu akan kembali meningkatkan nilai rupiah. Dalam momen ini, pemerintah juga menyerukan tagar #BanggaProdukLokal.

 

#2 Stop Beli Barang Impor

Salah satu hal yang mendorong penguatan dolar AS terhadap rupiah adalah banyaknya barang impor yang masuk di Indonesia. Oleh karena itu, sejalan dengan peningkatan konsumsi produk lokal, penggunaan barang impor harus dibatasi.

Pengurangan barang impor bisa dimulai dengan cara menggunakan barang sejenis yang diproduksi oleh produsen lokal. Sedikitnya barang impor yang masuk akan menurunkan nilai mata uang dolar AS terhadap rupiah.

 

#3 Berwisata di Dalam Negeri

Sama halnya dengan produk impor, berwisata ke luar negeri juga menggunakan dolar AS dalam setiap transaksinya.

Semakin banyak uang dolar AS yang dikeluarkan maka akan semakin berkurang pula nilai rupiah terhadap dolar AS.

Oleh karena itu, tunda dulu rencanamu untuk berlibur ke luar negeri. Ubahlah destinasi Anda menjadi liburan di dalam negeri.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Ingat, Indonesia punya banyak tempat wisata menarik. Berwisata dalam negeri juga sekaligus bentuk promosi untuk menarik wisatawan mancanegara datang mengunjungi Indonesia.

 

#4 Berinvestasi di Dalam Negeri

Anda juga bisa mendorong penguatan rupiah terhadap dolar AS melalui investasi dari dalam negeri. Saat ini, pilihan investasi yang paling menarik adalah #SBR004.

Investasi tak hanya memiliki banyak penawaran yang menguntungkan. Tapi juga memberikan kesempatan pada Anda untuk ikut serta dalam menyukseskan pembangunan infrastruktur dan suprastruktur dalam negeri.

Tahukah Anda bahwa Anda bisa memulai sebuah investasi melalui reksa dana hanya dengan modal sebesar Rp100 ribu?

Jika Anda belum tahu informasi ini dan ingin mengetahui prosedur serta tata cara berinvestasi Reksa Dana, segera unduh secara gratis ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana Bagi Pemula dari Finansialku.
Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#5 Menukarkan Dolar AS

Salah satu penyebab nilai dolar AS yang dominan terhadap rupiah adalah banyaknya uang dolar AS yang beredar.

Dengan menukarkan dolar AS yang Anda simpan, maka nilai rupiah akan kembali menguat karena menambah supply di pasar.

 

Butuh Gerakan Masif agar Usaha Tersebut Berhasil

Gerakan swadaya yang coba diprakarsai beberapa kalangan ini tentu membutuhkan dukungan dari seluruh elemen.

Bila hanya sedikit orang saja yang tertarik mengikutinya, maka gerakan ini tidak akan memberikan dampak yang nyata.

Oleh karena itu, mari kita semua ikut serta dalam membantu pemerintah menstabilkan kondisi rupiah saat ini.

Bila rupiah terus menguat, maka kita semua juga yang akan merasakan manfaatnya. Bila rupiah terus melemah, maka kita juga yang akan merasakan dampak negatifnya.

 

Apakah Anda merasa artikel ini berguna dan informatif? Jangan ragu untuk membagikan pada teman Anda. Agar semua orang bisa mendapatkan manfaat dan merasakan keuntungannya.

 

Sumber Referensi

  • Rehia Sebayang. 30 Agustus 2018. Selamatkan Rupiah, BI Siap Lakukan Intervensi Ganda. CNBCIndonesia.com – https://goo.gl/7bX5t9
  • Adinda Ade. 21 Agustus 2018. Transaksi Swap Hedging Dipangkas. Kontan.co.id – https://goo.gl/1VoUu8
  • Ghina Ghaliya. 30 Mei 2018. RDG BI Akhir Juni Bakal Bahas Relaksasi Makroprudensial. Kontan.co.id – https://goo.gl/cq8GF7

 

Sumber Gambar:

  • Cegah Rupiah Melemah – https://goo.gl/pCXDjq
  • Cegah Rupiah Melemah 2 – https://goo.gl/MJnwqA
  • Cegah Rupiah Melemah 3 – https://goo.gl/KhZ47L