Akuisisi adalah situasi dimana satu perusahaan membeli sebagian besar atau seluruh saham perusahaan lain untuk mengambil kendali. Ingin tahu definisi akuisisi lebih lanjut?

Simak pembahasan definisi akuisisi dan berbagai hal terkait definisi akuisisi melalui pembahasan artikel Finansialku berikut ini. Selamat membaca!

 

Definisi Akuisisi Adalah…

Menurut Merriam Webster Dictionary:

“Tindakan memperoleh sesuatu; Pembelian semua atau sebagian aset perusahaan atau perusahaan target; sesuatu yang diperoleh terutama melalui usaha.”

 

Menurut Collins English Dictionary:

“Tindakan memperoleh atau memperoleh kepemilikan; Sesuatu yang diperoleh; Seseorang atau hal istimewa yang ditambahkan ke grup; tindakan membeli perusahaan lain atau bagian dari perusahaan.”

 

Menurut Business Dictionary:

“Mengambil hak asuh catatan; Mengambil kepemilikan aset dengan membeli; Mengambil kendali perusahaan dengan membeli 51 persen (atau lebih) saham voting-nya.”

 

Definisi Akuisisi Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kisah Inspirasi Usaha Para Pengusaha Sukses di Indonesia. 5 Diantaranya Usia 20 an – 30 an]

 

Menurut Para Ahli, Definisi Akuisisi Adalah…

M.A. Weinber

Menurut M.A. Weinber definisi akuisisi adalah:

“Sebuah transaksi atau serangkaian transaksi dimana seseorang atas aset-aset dari suatu perusahaan, baik secara langsung dengan menjadi pemilik aset-aset tersebut, atau secara tidak langsung dengan mengambil pengendalian atas manajemen perusahaan tersebut.”

 

Charles A. Scharf

Menurut Charles A. Scharf, definisi akuisisi adalah:

“Suatu transaksi dimana pihak pembeli (terbatas pada perusahaan) memperoleh seluruh maupun sebagian aset-aset atau usaha dari pihak penjual (terbatas pada perusahaan), atau seluruh maupun sebagian saham atau sekuritas lain dari pihak penjual, dimana transaksi tersebut dilakukan berdasarkan kesepakatan antara pihak pembeli dan pihak penjual. Pengertian umum istilah akuisisi mencakup bentuk-bentuk transaksi yang lebih spesifik misalnya merger, konsolidasi, akuisisi, aset dan akuisisi saham.”

 

Definisi Akuisisi Adalah 03 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Pemain Bola Termahal dalam Dunia Sepak Bola, Siapakah Mereka?]

 

Summer N. Levine

Menurut Summer N. Levine, definisi akuisisi adalah:

“Transaksi yang terjadi antara dua pihak, dimana salah satu pihak, sebagai pembeli, pada akhirnya mendapatkan dan menjadi pemilik sebagian besar atau seluruh kekayaan dari pihak yang lain, sebagai penjual.”

 

Munir Fuady

Menurut Munir Fuady definisi akuisisi adalah:

“Satu komponen dari tiga serangkaian perbuatan hukum, yaitu merger, konsolidasi dan akuisisi.”

 

Brealy, Myers, & Marcus (1999, p. 598)

Menurut Brealy, Myers, & Marcus, definisi akuisisi adalah:

“Pengambilalihan (takeover) sebuah perusahaan dengan membeli saham atau aset perusahaan tersebut dimana perusahaan yang dibeli tetap ada.”

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan)

Menurut PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) No. 22, definisi akuisisi adalah:

“Bentuk pengambilalihan kepemilikan perusahaan oleh pihak pengakuisisi (acquirer), sehingga mampu dalam mengakibatkan berpindahnya kendali atas perusahaan yang diambil alih (acquiree) tersebut.”

 

Peraturan Pemerintah RI No. 27 Tahun 1998

Menurut Peraturan Pemerintah RI No. 27 Tahun 1998, definisi akuisisi adalah:

“Perbuatan hukum yang dilakukan oleh badan hukum atau perseorangan untuk mengambil alih baik seluruh atau sebagian besar saham perseroan yang dapat mengakibatkan beralihnya pengendalian terhadap perseorangan tersebut.”

Membangun Kerja Sama Tim 04 Meeting - Finansialku

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Motivasi Dave Ramsey, Seorang Ahli Perencana Keuangan Pribadi]

 

Pasal 1 Angka 3 PP 57/2010

Menurut Pasal 1 Angka 3 PP 57/2010, definisi akuisisi adalah:

“Perbuatan hukum yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk mengambil alih saham badan usaha yang mengakibatkan beralihnya pengendalian atas badan usaha tersebut.”

 

P.S. Sudarsanan

Menurut P.S. Sudarsanan, definisi akuisisi adalah:

“Sebuah perjanjian, sebuah perusahaan membeli aset atau saham perusahaan lain, dan para pemegang dari perusahaan lain yang menjadi sasaran akuisisi, berhenti menjadi pemilik perusahaan.”

 

Michael A. Hitt

Menurut Michael A. Hitt, definisi akuisisi adalah:

“Memperoleh atau membeli perusahaan lain dengan cara membeli sebagian besar saham dari perusahaan sasaran.”

 

Sudana (2011)

Menurut Sudana, definisi akuisisi adalah:

“Penggabungan dua perusahaan yang mana perusahaan akuisitor membeli sebagian saham perusahaan yang diakuisisi, sehingga pengendalian manajemen perusahaan yang diakuisisi berpindah kepada perusahaan akuisitor, sementara kedua perusahaan masing-masing tetap beroperasi sebagai suatu badan hukum yang berdiri sendiri.”

 

Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Pasal 1 Angka 11

Menurut Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Pasal 1 Angka 11, Pengambilalihan adalah:

“Perbuatan hukum yang dilakukan oleh badan hukum atau orang perorangan untuk mengambil alih saham perseroan yang mengakibatkan beralihnya pengendalian atas perseroan tersebut.”

 

Penggunaan Definisi Akuisisi Adalah….

Menurut Collins English Dictionary, istilah akuisisi digunakan ketika:

  • Perusahaan atau pelaku bisnis membuat suatu akuisisi, mereka membeli perusahaan lain atau bagian dari perusahaan.
  • Anda sedang melakukan akuisisi, Anda membeli atau memperoleh sesuatu; sering untuk menambah hal-hal yang sudah Anda miliki.
  • Merujuk ke objek yang Anda beli atau dapatkan; sering kali untuk menambah hal-hal yang sudah Anda miliki.
  • Digunakan dalam istilah pengetahuan – proses mempelajarinya atau mengembangkannya.

 

Manfaat Kredit Mikro Bagi Usaha Kecil 01 Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Resign Kerja, Hidup Sejahtera, Mencapai Financial Freedom dan Bekerja Karena Passion?]

 

Menurut Investopedia, Definisi Akuisisi Adalah…

Situasi dimana satu perusahaan membeli sebagian besar atau seluruh saham perusahaan lain untuk mengambil kendali. Akuisisi terjadi ketika perusahaan pembeli memperoleh lebih dari 50% kepemilikan di perusahaan target.

Sebagai bagian dari pertukaran, perusahaan yang mengakuisisi sering membeli saham perusahaan target dan aset lainnya, dimana memungkinkan perusahaan yang mengakuisisi untuk membuat keputusan mengenai aset yang baru diperoleh tanpa persetujuan pemegang saham dari perusahaan target.

Perusahaan melakukan akuisisi karena berbagai alasan. Mereka mungkin berusaha untuk mencapai skala ekonomi, pangsa pasar yang lebih besar, peningkatan sinergi, pengurangan biaya, atau penawaran di tempat baru.

Jika mereka ingin memperluas operasi mereka ke negara lain, maka membeli perusahaan yang sudah ada mungkin menjadi satu-satunya cara yang layak untuk memasuki pasar luar negeri, atau setidaknya cara termudah.

Bisnis yang dibeli tentu sudah memiliki personelnya sendiri (baik tenaga kerja dan manajemen), nama merek, dan aset tidak berwujud lainnya, yang membantu memastikan bahwa perusahaan yang mengakuisisi akan memulai dengan basis pelanggan yang solid.

Akuisisi sering menjadi bagian dari strategi pertumbuhan perusahaan ketika lebih menguntungkan untuk memperoleh operasi perusahaan yang ada daripada memperluasnya.

Untuk menemukan pertumbuhan yang lebih tinggi dan keuntungan baru, perusahaan besar mungkin mencari perusahaan muda yang menjanjikan untuk memperoleh pemasukan baru ke dalam aliran pendapatannya.

7 Faktor Underwriting pada Asuransi Kecelakaan Diri 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Franchise Bakmi Paling Tua yang Berdiri Sejak 1979, Bakmi Naga Resto]

 

Ketika sebuah industri menarik terlalu banyak perusahaan pesaing atau ketika pasokan dari perusahaan yang ada terlalu banyak, perusahaan mungkin akan mencari akuisisi untuk mengurangi kelebihan kapasitas, menghilangkan persaingan, atau fokus pada penyedia yang paling produktif.

Jika sebuah teknologi baru muncul dan dapat meningkatkan produktivitas, perusahaan mungkin memutuskan bahwa lebih hemat biaya untuk membeli perusahaan yang telah berhasil menerapkan teknologi daripada menghabiskan pada penelitian dan pengembangan internal, yang sering kali terlalu mahal dan menghabiskan waktu.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Apa Perbedaan Antara Akuisisi dan Pengambilalihan (Take Over)?

Meskipun tidak ada perbedaan teknis antara akuisisi dan pengambilalihan, dan kedua kata tersebut sering digunakan secara bergantian, mereka memiliki konotasi yang sedikit berbeda.

Biasanya, “pengambilalihan” menunjukkan bahwa perusahaan target menolak atau menentang pembelian.

Sebaliknya, “akuisisi” menggambarkan transaksi yang lebih bersahabat dan sering digunakan bersamaan dengan “merger“.

 

Kesalahpahaman Definisi Akuisisi Adalah…

Akuisisi umumnya disalahartikan dengan kata “merger”, dimana ini terjadi bila dua perusahaan atau lebih bergabung untuk membentuk perusahaan baru.

Ketika suatu perusahaan diakuisisi oleh perusahaan lain, secara hukum perusahaan tersebut menjadi bagian dari perusahaan yang membeli perusahaan tersebut.

Akta Pendirian Perusahaan 02 Pendirian Perusahaan - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

Akuisisi biasanya dilakukan dengan menggunakan uang tunai atau utang untuk membeli saham yang beredar, tetapi perusahaan juga dapat menggunakan saham mereka sendiri dengan menukarnya dengan saham perusahaan target. Mari simak contohnya berikut ini.

Kita asumsikan Perusahaan XYZ ingin mengakuisisi Perusahaan ABC.

Perusahaan XYZ mulai membeli saham ABC di pasar terbuka, tetapi begitu Perusahaan XYZ mengakuisisi 5% dari ABC, maka secara formal menyatakan kepada Securities and Exchange Commission (SEC) berapa banyak saham yang dimilikinya.

Perusahaan XYZ juga harus menyatakan apakah berniat membeli ABC atau hanya menahan saham yang ada sebagai investasi.

Jika Perusahaan XYZ ingin melanjutkan akuisisi, maka Perusahaan XYZ akan membuat “penawaran tender” kepada dewan direksi ABC, diikuti dengan pengumuman kepada pers.

Tawaran tender akan menunjukkan seberapa besar Perusahaan XYZ bersedia membayar untuk ABC dan berapa lama pemegang saham ABC harus menerima tawaran itu.

Setelah penawaran tender dibuat, ABC dapat menerima syarat-syarat penawaran, menegosiasikan harga yang berbeda, menggunakan strategi pertahanan lain untuk menghindari kesepakatan, atau mencari perusahaan lain yang mudah-mudahan akan memberikan penawaran yang lebih besar dari penawaran Perusahaan XYZ.

Jika ABC menerima tawaran itu, badan pengatur akan meninjau transaksi untuk memastikan kombinasi tersebut tidak menciptakan monopoli atau keadaan anti persaingan lainnya dalam industri yang terlibat.

Jika badan pengatur menyetujui transaksi, setiap pihak akan bertukar dana dan kesepakatan ditutup.

12 Personaliti Menjadi Bos Hebat Untuk Bisnis Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Tak Ada Kesuksesan yang Instan dan Mudah, Yuk, Ketahui 5 Hal Untuk Meraih Kesuksesan!]

 

Perusahaan melakukan akuisisi sebagai bentuk strategi pertumbuhan karena dapat menciptakan entitas yang lebih besar, lebih kompetitif, dan lebih efisien biaya.

Gagasan tersebut berarti bahwa bila kedua perusahaan bergabung maka akan lebih bernilai bagi para pemegang saham daripada terpisah.

Namun, gagasan tersebut terkadang sulit dipahami, tetapi itu adalah ide yang digunakan untuk membenarkan sebagian besar kegiatan akuisisi.

Akuisisi yang dijalankan dengan baik dapat menjadi sebuah “batu loncatan” dalam karier seorang CEO.

Dengan mengetahui bagaimana cara menganalisis akuisisi maka dapat menempatkan investor individu dalam posisi yang bagus untuk mendapatkan keuntungan dari fluktuasi harga saham yang menyertainya.

 

Sifat Akuisisi Ramah atau Perselisihan

Akuisisi bisa bersifat perselisihan atau berlangsung dalam situasi ramah dan damai. Akuisisi yang ramah terjadi ketika perusahaan target menyatakan kesepakatannya untuk diakuisisi.

Sedangkan akuisisi yang bermusuhan tidak memiliki perjanjian yang sama dari perusahaan target, dan perusahaan yang mengakuisisi harus secara aktif membeli saham besar dari perusahaan target untuk menjadi dominan.

Kenali Sifat-sifat Orang yang Dapat Dipercaya untuk Bisnis Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: 20 Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol Sampai Jadi Pengusaha Sukses]

 

Akuisisi yang ramah biasanya bekerja menuju keuntungan bersama baik untuk perusahaan yang membeli maupun perusahaan yang dibeli.

Perusahaan mengembangkan strategi untuk memastikan bahwa perusahaan yang membeli aset, termasuk peninjauan laporan keuangan dan penilaian lainnya.

Setelah kedua belah pihak menyetujui persyaratan dan memenuhi ketentuan hukum, pembelian pun dilakukan.

Akuisisi yang tidak bersahabat biasanya disebut sebagai pengambilalihan yang tidak ramah, karena terjadi ketika perusahaan target tidak menyetujui akuisisi.

Dalam hal ini, perusahaan yang mengakuisisi harus mengumpulkan saham mayoritas untuk memaksa terjadinya akuisisi.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Untuk memperoleh saham yang diperlukan, perusahaan yang mengakuisisi dapat menghasilkan penawaran tender yang dirancang untuk mendorong pemegang saham saat ini untuk menjual kepemilikan mereka sebagai imbalan atas harga nilai pasar diatas.

Pemberitahuan akuisisi setidaknya harus diajukan dalam waktu 30 hari ke Securities and Exchange Commission (SEC) dengan salinan yang ditujukan kepada dewan direksi perusahaan target.

 

Harga Saham dan Akuisisi

Perusahaan yang mengakuisisi sering menawarkan premium pada harga pasar dari saham perusahaan target untuk menarik para pemegang saham agar menjual saham mereka.

Ketika perusahaan mengakuisisi entitas lain, biasanya ada efek jangka pendek yang dapat diprediksi terhadap saham milik kedua perusahaan. Secara umum, saham perusahaan yang mengakuisisi akan jatuh, sementara saham perusahaan target akan naik.

Saham perusahaan target biasanya naik karena adanya premi yang dibayar oleh perusahaan yang diakuisisi.

Mengenal Model Bisnis Saham 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Freelance, Mau Bebas Keuangan? 20 Usaha Sampingan yang Dapat Anda Jalankan]

 

Saham perusahaan yang mengakuisisi biasanya turun karena beberapa alasan. Pertama, seperti yang telah disebutkan di atas, perusahaan yang mengakuisisi harus membayar lebih mahal daripada perusahaan yang ditargetkan saat ini.

Di luar itu, sering ada beberapa ketidakpastian yang terlibat dengan akuisisi. Berikut adalah beberapa masalah yang mungkin dihadapi perusahaan yang mengambil alih selama masa akuisisi:

  • Proses integrasi yang bergejolak seperti masalah yang terkait dengan integrasi budaya tempat kerja yang berbeda
  • Kehilangan produktivitas karena perjuangan kekuasaan manajemen
  • Utang tambahan atau pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk melakukan pembelian
  • Masalah akuntansi yang memperlemah posisi keuangan perusahaan yang mengambil alih, termasuk biaya restrukturisasi

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Pasca Akuisisi

Sebagian besar perhatian selama masa akuisisi akan berjalan menuju penilaian, pangsa pasar, dan legalitas.

Meskipun keberhasilan akuisisi biasanya bergantung pada bagaimana perusahaan baru menangani banyak tanggung jawabnya, struktur perusahaan yang baru dan logis tetap perlu ditetapkan.

Sumber daya perlu dialokasikan kembali ke tujuan mereka yang paling berharga. Proses dan informasi akuntansi harus dikombinasikan dengan cara yang legal, termasuk efisien pajak.

Hubungan bisnis yang sudah ada sebelumnya harus ditinjau kembali, termasuk hubungan dengan staf.

Silkchain, Proyek Blockchain yang Akan Perbaiki Ekosistem Perdagangan 2 Finansialku

[Baca Juga: Simak 50 Kata-kata Bijak Dale Carnegie Yang Membuat Anda Semakin Sukses Dan Bersemangat]

 

Selain itu, perusahaan yang mengakuisisi harus belajar dan berkenalan dengan operasi, pelanggan dan pemasok yang baru. Pemilik baru harus bertemu dengan karyawan baru, yang mungkin khawatir tentang status pekerjaan mereka dan budaya yang berubah.

Kepemimpinan yang baru juga bertanggung jawab untuk berkomunikasi secara efektif, membuat keputusan yang jujur ​​dan adil, dan mencoba meminimalkan risiko dan biaya yang terlibat selama masa transisi ini.

Diperlukan juga adanya logistik baru untuk pengiriman barang dan jasa juga untuk integrasi teknologi. Karena merger melibatkan sejumlah besar karyawan baru, struktur komando yang perlu dirancang, diartikulasikan, dan dijalankan.

 

Anda dapat membagikan artikel di atas kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda mengalami masalah dalam perencanaan keuangan pribadi, keluarga atau bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Definition of ‘Acquisition’. Businessdictionary.com – https://goo.gl/ukKm9x
  • Admin. Definition of ‘Acquisition’. Collinsdictionary.com – https://goo.gl/8V2gDM
  • Admin. AcquisitionInvestinganswers.com – https://goo.gl/CRNbPY
  • Admin. Definition of Acquisition. Merriam-webster.com – https://goo.gl/sPFDW6
  • Admin. Acquisition. Investopedia.com – https://goo.gl/kTsxvR

 

Sumber Gambar:

  • Definisi Akuisisi 1 – https://goo.gl/kBVRbi
  • Definisi Akuisisi 2 – https://goo.gl/2akznx
  • Definisi Akuisisi 3 – https://goo.gl/oMdvhb