Pernahkah Anda membayangkan bagaimana denah rumah 2 lantai jika Anda memiliki rumah bertingkat impian Anda?

Ternyata rumah minimalis 2 lantai kini menjadi sebuah tren di kalangan milenial, karena terkesan simple dan modern, namun tetap menarik. Nah, berikut inspirasi denahnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mewujudkan Rumah Idaman dengan Aplikasi Finansialku

Kini, alternatif rumah yang dapat Anda pilih sudah sangat bervariasi. Mulai dari rumah mewah klasik hingga rumah minimalis sederhana. Ini sangat bergantung kepada selera Anda.

Seperti Anda ketahui, tren rumah minimalis memang sedang naik pesat belakangan ini. Hal ini disebabkan banyak sekali keuntungan membangun tempat tinggal minimalis.

Selain karena hemat tempat, pembangunan landed house minimalis sederhana membutuhkan dana yang lebih rendah dibandingkan dengan hunian mewah.

Hah Penjualan Rumah Mewah di Atas Rp30 M Hanya Dikenakan Pajak 1% 01 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Ingin Membeli Rumah dengan KPR Sekaligus Membuat Bisnis, Apakah Mungkin?]

 

Ditambah lagi, biaya perawatannya pun akan jauh lebih murah dibanding dengan hunian mewah.

Hunian tapak minimalis modern dewasa ini seringkali diadopsi oleh para keluarga muda yang terkendala biaya.

Namun jangan khawatir, semuanya bisa Anda peroleh selama ada perencanaan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam merencanakan dana untuk membeli rumah minimalis idaman, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Rumah adalah kebutuhan pokok (NEEDS), tetapi rumah mewah adalah keinginan (WANTS). Prioritaskan terlebih dahulu kebutuhan Anda dan pilih rumah yang sesuai dengan kondisi finansial Anda.
  • Persiapkan uang muka rumah, kurang lebih 30%. Berdasarkan Surat Edaran No. 15/40/DKMP tanggal 24 September 2013, Bank Indonesia mewajibkan calon pembeli rumah membayar uang muka minimal 30% dari harga total rumah.
  • Pastikan juga Anda mempersiapkan biaya-biaya tambahan, seperti biaya balik nama, biaya notaris, biaya KPR, PPN dan lain sebagainya. Biasanya besaran biaya tambahan ini mencapai 5%-10% dari harga rumah.
  • Pastikan angsuran bulanan yang harus Anda bayarkan tidak melebihi 30% pendapatan per bulan Anda.
  • Sebisa mungkin ambil KPR dengan rentang waktu 5-15 tahun.

Polling 10 Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern dan Nyaman 10 - Finansialku

 [Baca Juga: Jika Punya Uang Lebih: Mempercepat Pelunasan KPR atau Melakukan Investasi?]

 

Nah, mungkin terlihat ribet kan melihat semua angka-angka tersebut? Bagaimana kita bisa tahu rumah seperti apa yang sesuai dengan kondisi finansial kita?

Untuk mempermudah perhitungan, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku dengan fitur Perencanaan Dana Membeli Rumah. Jika Anda pengguna baru silakan daftar di sini atau download secara gratis di Google Play Store.

Jika sudah memiliki aplikasinya, Anda dapat mengatur pembelian rumah Anda dengan mengikuti tahap-tahap berikut ini:

  1. Buka menu aplikasi Finansialku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik tanda + pada bagian kanan bawah kemudian pilih Dana Membeli Rumah.
  3. Masukkan lokasi rumah yang akan Anda beli.
  4. Masukkan harga barang saat ini.
  5. Masukkan uang muka (DP) dalam persen (%)
  6. Masukkan berapa lama lagi Anda akan membeli barang tersebut, contoh 1 tahun lagi, 2 tahun lagi dan seterusnya.
  7. Masukkan dana atau uang yang sudah Anda miliki saat ini.
  8. Masukkan angka kenaikan harga rumah, hasil estimasi investasi serta bunga KPR (satuan persen % per tahun).
  9. Masukkan periode pinjaman Anda.
  10. Klik Hitung.

 

Dengan aplikasi Finansialku, Anda bisa melihat simulasi perhitungan dana yang dibutuhkan sesuai dengan rumah 2 lantai idaman Anda. Dari sini Anda bisa tahu harus berinvestasi berapa dan memilih instrumen investasi seperti apa.

Jadi, Anda tidak lagi meraba-raba dan memiliki gambaran jelas soal rumah yang bisa Anda miliki dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Praktis sekali bukan?

Lantas sudah terbayang belum rumah 2 lantai seperti apa yang Anda inginkan? Yuk lihat beberapa inspirasinya berikut ini:

 

10 Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai

Memang betul setiap orang memiliki desain rumah idamannya masing-masing. Tapi tak jarang juga Anda kebingungan mendesain rumah idaman agar tetap nyaman dan modern bukan?

Terutama keluarga muda yang ingin rumah minimalis 2 lantai untuk keluarganya, harus desain seperti apa?

Oleh karena itu Finansialku akan menjabarkan beberapa denah rumah 2 lantai yang bisa dilirik. Semoga ini dapat menjadi inspirasi Anda dalam mendesain rumah Anda:

 

#1 Kamar di Lantai 2

Jika luas tanah terbatas, kamu bisa membangun rumah modern sederhana yang tetap terkesan nyaman dan luas. Caranya, maksimalkan lahan yang ada dengan desain yang minimalis dan praktis.

10 Inspirasi Denah Rumah 2 Lantai Untuk Keluarga Muda 02 - Finansialku

id.pinterest.com

 

Sebagai contoh, cobalah taruh seluruh kamar tidur di lantai 2. Dengan demikian, lantai 1 berisi ruang tamu, toilet tamu, serta dapur saja. Dengan begini rumah akan terasa jauh lebih luas.

 

#2 Ruang Kerja Diminimalisasi

Siapa bilang rumah minimalis nggak bisa punya ruang kerja sendiri? Bisa kok, asalkan ruang kerja diminimalisasi agar bisa memanfaatkan space dengan maksimal.

10 Inspirasi Denah Rumah 2 Lantai Untuk Keluarga Muda 03 - Finansialku

id.pinterest.com

 

Contohnya buatlah meja kerja dengan rak di atasnya sehingga tidak perlu ruang tambahan untuk rak buku.

Buat juga laci meja yang banyak untuk menyimpan alat tulis dan sebagainya, sehingga meja tidak sempit dengan berbagai perabotan.

 

#3 Sedikit Kamar Mandi

Kamar mandi memang sebuah kebutuhan utama dalam sebuah rumah. Namun siapa bilang tiap kamar perlu 1 kamar mandi? Ini hanya akan menghabiskan tempat.

10 Inspirasi Denah Rumah 2 Lantai Untuk Keluarga Muda 04 - Finansialku

id.pinterest.com

 

Sebaiknya kamar mandi dibuat secukupnya saja agar tidak menghabiskan lahan. Sebagai contoh, untuk keluarga dengan 4 orang, cukup 2 kamar mandi saja.

Untuk keluarga dengan 3 orang cukup 1 saja. Mandi bisa bergiliran, sedangkan untuk kebutuhan mendesak bisa berbagi toilet tamu.

 

#4 Balkon untuk Kesan Lebar

Jika luas tanah terbatas namun Anda ingin memaksimalkan lahan, Anda bisa mengakalinya dengan membuat balkon sederhana. Caranya adalah dengan menyisihkan sedikit lahan untuk balkon di kamar utama lantai 2.

Balkon ini akan menambah kesan luas dan bisa Anda manfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

10 Inspirasi Denah Rumah 2 Lantai Untuk Keluarga Muda 05 - Finansialku

 [Baca Juga: Kredit Rumah: Kalkulator KPR, Contoh Produk dan Cara Cepat Lunasi KPR]

 

Misalnya saja jika di lantai 1 tidak ada kebun, Anda bisa mengakali ketidakadaan kebun dengan menambahkan banyak tanaman hias di dalam balkon, atau bisa juga gunakan balkon ini untuk menjemur pakaian. Keren kan?

 

#5 Upayakan Fungsionalitas

10 Inspirasi Denah Rumah 2 Lantai Untuk Keluarga Muda 06 - Finansialku

id.pinterest.com

 

Dalam membangun rumah 2 lantai untuk keluarga muda, tentunya yang terpenting adalah fungsionalitas dari desain itu sendiri. Anda dan pasangan pastinya ingin rumah yang kecil namun tetap berfungsi maksimal.

Jadi, upayakan agar desain maksimal sehingga Anda tidak menghabiskan tempat. Selain itu, desain menggunakan trik-trik agar Anda bisa menaruh perabot pada tempat yang tepat dan mudah dijangkau.

 

#6 Banyak Anak Tak Masalah

Jika rumah Anda tidak terlalu besar namun Anda punya banyak anak, jangan khawatir. Anda bisa mengakalinya dengan kamar yang digabung dengan ranjang single atau ranjang susun. Dengan demikian, banyak anak bukan berarti banyak kamar.

10 Inspirasi Denah Rumah 2 Lantai Untuk Keluarga Muda 07 - Finansialku

id.pinterest.com

 

Jika tetap ingin 1 anak 1 kamar, buatlah desain kamar layaknya anak kost dengan perabot seadanya ukuran 3×4. Ini akan memungkinkan rumah 2 lantai dengan 3 hingga 4 kamar tidur.

 

#7 Balkon Samping

Memiliki ruang terbuka luas bukan lagi impian hanya karena bangunan sempit. Siasati dengan membuat balkon yang lebar di samping rumah.

10 Inspirasi Denah Rumah 2 Lantai Untuk Keluarga Muda 08 - Finansialku

id.pinterest.com

 

Selain untuk sumber cahaya dalam rumah, balkon samping juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat cuci baju dan menjemur. Dengan demikian balkon tidak hanya menghabiskan tempat dan tetap multifungsi.

 

#8 Kamar Mandi Dalam

Jika keluarga tidak suka berbagi kamar mandi, Anda bisa menggunakan kamar mandi dalam mini berukuran 2×1,5 meter. Kamar mandi dalam akan membuat floorplan menjadi lebih rapi.

10 Inspirasi Denah Rumah 2 Lantai Untuk Keluarga Muda 09 - Finansialku

id.pinterest.com

 

Selain itu, akan lebih praktis juga bagi para pengguna kamar karena jarak menuju kamar mandi lebih dekat.

 

#9 Rumah Minimalis Standar

Tidak ingin desain atau denah yang neko-neko? Gunakan saja denah rumah minimalis standar dengan 1 ruang tamu, 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, dapur, dan kebun.

10 Inspirasi Denah Rumah 2 Lantai Untuk Keluarga Muda 10 - Finansialku

[Baca Juga: Langkah Yang Harus Diperhatikan Saat Mengajukan KPR dan Peminjaman Renovasi di BPJS Ketenagakerjaan, Agar Lolos Verifikasi]

 

Meski terkesan kaku, desain semacam ini sudah terbukti memanfaatkan lahan dengan maksimal dan juga memenuhi fungsinya. Jadi, tidak ada salahnya kan terkadang mengikuti contoh yang sudah ada?

 

#10 Rumah Sekaligus Tempat Kerja

Ingin rumah dengan kesan minimalis namun tetap bisa dimanfaatkan untuk bekerja atau berbisnis? Buat saja desain rumah sekaligus tempat kerja.

10 Inspirasi Denah Rumah 2 Lantai Untuk Keluarga Muda 11 - Finansialku

id.pinterest.com

 

Caranya, Anda bisa mendesain satu ruangan di lantai 1 sebagai tempat kerja. Biasanya bisa memanfaatkan lahan garasi mobil, namun sisi negatifnya adalah mobil harus diparkir di depan.

Tetapi dengan begini Anda bisa memiliki tempat kerja di rumah yang nyaman dan juga praktis.

 

Kesimpulan

Secara singkat, saat Anda merencanakan untuk membangun rumah 2 lantai yang modern dan nyaman, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Pilih model rumah yang sesuai preferensi Anda dan temanya
  • Tentukan denah yang sesuai dengan kebutuhan
  • Utamakan fungsionalitasnya
  • Pilih perabot yang sesuai dengan model rumah
  • Yang terpenting semuanya harus sesuai dengan kondisi keuangan Anda

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa share artikel ini bagi teman-teman atau kerabat yang juga sedang galau dalam membangun rumah 2 lantainya. Terima kasih!

 

Nah, apa Anda sudah terinspirasi untuk membuat denah rumah 2 lantai versi Anda? Masih banyak teman-teman Anda yang mungkin tidak tahu informasi bermanfaat ini.

Yuk, jadilah penolong yang baik dengan membagikan artikel ini kepada teman-teman dalam grup Anda.

Punya pertanyaan seputar masalah finansial Anda? Tinggalkan komentar Anda di bawah ini, Perencana Keuangan kami siap membantu Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Olphi Disya. 11 September 2017. Ingin Punya Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit? 10 Denah ini Jadi Referensimu!. Yukepo.com – http://bit.ly/2lYqQxk

 

Sumber Gambar:

  • Cover – http://bit.ly/2kq3lN2
  • Denah rumah dua lantai – http://bit.ly/2lYqQxk

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang