Bingung!! Apa Bisa Gaji UMR Beli Rumah Bagaimana Caranya

Dimana ada kemauan di situ ada jalan, kata siapa gaji UMR gak bisa beli rumah? Bisa kok, inilah tips agar gaji UMR beli rumah!

Simak pembahasan selengkapnya

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Emang Bisa Beli Rumah Tapi Gaji Masih UMR?

Siapa sih yang gak mau punya rumah sendiri? Saya yakin semua orang berkeinginan untuk memiliki rumah sendiri, bahkan tak hanya mereka yang sudah berkeluarga, yang masih lajang pun sudah banyak kok yang mulai memikirkan cara beli rumah sendiri.

Seperti saya, semua berawal dari setahun lalu tepatnya di awal tahun 2018. Saya sudah mulai mencari perumahan dengan harga yang masih masuk akal dan masuk dengan budget. Saat itu gaji masih UMR.

Punya rumah sendiri adalah cita-cita saya sejak lama, seru aja gitu kalo masih muda udah punya rumah sendiri, bisa didesain sedemikian rupa sesuai dengan keinginan kita, iya gak?

Bingung!! Apa Bisa Gaji UMR Beli Rumah Bagaimana Caranya 02 Dana Rumah 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Keuangan: Keuntungan Take Over KPR Bagi Milenial]

 

Terlebih biasanya rumah dijadikan tolok ukur kesuksesan seseorang, “liat dong tetangga sebelah, anaknya belum lama kerja udah punya rumah sendiri” atau “kapan kamu punya rumah sendiri, masa mau ngontrak terus?”. 

Sering denger kan ungkapan-ungkapan seperti ini?

Apalagi buat pasangan yang mau nikah, pasti deh kalian bakalan ditanya, “nanti kalo udah nikah mau tinggal dimana? Udah ada rumahnya?”.

Itu mengapa banyak orang yang kerja keras banting tulang buat beli rumah, beli cash atau KPR (Kredit Perumahan Rakyat) yang penting punya rumah.

Alhamdulillah, di tahun baru ini saya bisa memiliki rumah baru, rumah sendiri yang bisa diapa-apain sesuai dengan keinginan sendiri.

Jadi, selama setahun kebelakang, saya sudah membuat perencanaan keuangan dengan goals membeli rumah. Ya meskipun gaji belum seberapa tapi dengan tekad yang kuat dan perencanaan yang matang, terbukti goals ini bisa terwujud.

Seiring berjalannya rencana ini, saya pun belajar untuk disiplin menabung, itung-itung latihan agar terbiasa untuk tidak bergantung dengan orang lain.

Oh ya, saat merencanakan membeli rumah, saya menggunakan Aplikasi Finansialku yang direkomendasikan teman, sebuah aplikasi yang simple tapi aplikasi ini dapat memandu saya untuk memulai rencana membeli rumah.

Kamu bisa dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Di aplikasi Finansialku terdapat berbagai menu rencana keuangan yang bisa membantu penggunanya merencanakan keuangan, salah satunya rencana membeli barang, fitur ini yang saya gunakan saat membuat rencana membeli rumah.

Tapi problemnya, banyak orang yang gak pede merencanakan untuk membeli rumah, ya alasannya itu tadi, gaji masi UMR, kebutuhan masih banyak, belum terlalu butuh, dan masih banyak alasan lainnya.

Seperti dikutip dari melaniacu.com, yaitu:

“Dalam sebuah penelitian, tepatnya di tahun 2021, generasi milenial yang bekerja dan bermukim di Jakarta, terancam tidak bisa membeli dan memiliki rumah. Generasi milenial yang dimaksud adalah mereka yang lahir antara tahun 1981-1994.”

Bingung!! Apa Bisa Gaji UMR Beli Rumah Bagaimana Caranya 03 Dana Rumah 3 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji UMR, Bagaimana Cara Mengatur Keuangannya dan Cara Investasi?]

 

So, apakah kamu bisa membeli sebuah rumah? Harga berapa?

Jawabannya, sangat bisa! Asalkan kamu bisa konsisten dengan rencana dan komitmen kamu, maka kamu bisa memiliki rumah meskipun harus membeli secara kredit.

Jika gaji kamu masih UMR, range 3 juta per bulan, kamu bisa membeli rumah yang harganya dibawah 130 juta.

Atau kamu bisa cari rumah yang bersubsidi, atau jika tidak ingin membeli rumah secara subsidi, kamu bisa cari bank yang menyediakan program tabungan perumahan, KPR ringan, dan sebagainya.

Sudah banyak kok program-program perbankan yang mempermudah masyarakat untuk membeli rumah dengan cicilan yang ringan.

Kamu bisa manfaatkan program-program tersebut, yang terpenting adalah memulai, tau sendiri lah kalo harga rumah makin tahun makin naik. Iya kan?

Biar kamu gak bingung, kamu boleh coba beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat merencanakan membeli rumah.

 

5 Tips dengan Gaji UMR Beli Rumah

Berikut ini 5 tips yang bisa kamu coba jika kamu ingin membeli rumah khususnya dengan gaji UMR, yaitu:

 

#1 Cari Informasi Terkait Rumah yang Kamu Inginkan

Carilah rumah yang sesuai dengan rencana kamu sebelumnya. Berapa harga rumahnya, berapa uang mukanya (DP) dan berapa cicilannya setiap bulan.

Untuk angsuran per bulan biasanya bank menghitung 30% dari gaji kamu, so kamu pun harus mencari yang angsuran per bulannya sesuai dengan gaji.

Carilah rumah yang menurut kamu nyaman untuk ditempati jangan sampai kamu kecewa dengan rumah yang telah kamu beli nanti.

Setelah rumah tersebut telah kamu dapatkan, maka langkah selanjutnya adalah membayarkan DP yang bersumber dari tabungan setiap bulannya tadi. Terkadang di langkah ini, banyak sekali godaannya.

Keinginan untuk membeli rumah dengan fasilitas mewah selalu mengaburkan rencana awal, bahkan kita seringkali lupa dengan kemampuan.

Saya ingin menegaskan kembali, komitmen serta konsisten akan kemampuan keuangan kamu. Ingat, bahwa KPR yang akan kamu jalani cukup panjang, mungkin bisa 10 hingga 20 tahun lamanya.

 

#2 Tentukan, Berapa Lama Lagi?

Buatlah target berapa lama lagi kamu ingin membeli rumah? Misalkan 2 tahun lagi rumah tersebut harus kamu dapatkan.

Dengan adanya target kamu bisa membuat langkah-langkah dan juga memastikan bahwa keinginan dan cita-cita akan tercapai.

Coba buka aplikasi Finansialku, kemudian masuk ke fitur “Rencana Keuangan” pilih menu rencana membeli barang. Kamu bisa buat rencana kamu disitu.

 

#3 Hitung Berapa Uang yang Harus Disiapkan Untuk DP

Bagian ini biasanya orang bingung, gak tau berapa uang yang harus disiapkan atau disisihkan perbulannya, ya minimal untuk mencapai DP pembelian rumahnya.

Contoh: dalam 1 tahun ini kamu siapkan uang untuk membayar uang muka (Down Payment). Misalkan dari pihak bank untuk kredit rumah harus ada DP 20%, maka selama 1 tahun kamu harus menyiapkan uang berapa?

Kalo kamu masih bingung, kamu bisa hitung kok lewat aplikasi Finansialku lewat menu rencana keuangan tadi.

 

#4 Hitung Berapa Uang yang Harus Ditabung/Investasi Setiap Bulan

Kamu harus menghitung berapa jumlah uang yang harus kamu tabung/investasikan per bulan dengan jangka waktu 1 tahun untuk memenuhi uang DP. Caranya gampang banget, lagi-lagi kamu cukup masuk ke menu rencana keuangan Finansialku dan hitung.

Setelah tau angkanya, kamu bisa cari produk tabungan atau produk investasi yang bisa memberikan hasil (return) sesuai dengan angka yang kamu butuhkan.

Jika bingung, kamu bisa konsultasikan secara online ke para Perencana Keuangan yang ada di aplikasi Finansialku. Klik menu “Tanya Jawab”.

 

#5 Segera Tempati Rumah Baru & dan Jangan Lupa Bayar Angsurannya

Seluruh kerja keras dan komitmen kamu akan diuji melalui pembayaran angsuran setiap bulannya. Pada kondisi ini, ada baiknya kalo kamu punya penghasilan tambahan di luar pekerjaan pokok, misalnya freelance atau sambil bisnis kecil-kecilan.

Hal ini untuk membantu keuangan kamu, karena banyak kemungkinan buruk yang bisa terjadi, ada baiknya disiapkan sebelum kemungkinan buruk itu benar benar terjadi.

Mungkin kamu bisa mulai berjualan online, atau menjadi driver online saat jam pergi dan jam pulang kerja.

 

Jangan Tunggu Nanti, Rencanakan Sekarang Juga!

Setelah mengetahui kelima tips diatas, sudah siapkah kamu untuk merealisasikannya? Yuk tunggu apalagi, jangan menunda untuk suatu hal yang baik.

Pilih rumah yang sesuai dengan keinginan, baik itu mengenai bangunannya, lingkungannya, terutama mengukur kemampuan kamu secara finansial ya.

Semakin dini kamu mempersiapkan perencanaan untuk membeli rumah, maka akan semakin baik kedepannya karena kamu dapat mengalokasikan kelebihan dana untuk investasi lainnya.

Pastikan bahwa keuangan kamu mampu menjangkau hunian tersebut dan lakukan semuanya dengan baik.

Sebesar apapun rencananya, selama kamu konsisten dan sungguh-sungguh untuk mewujudkannya gak ada yang mustahil, saya sudah membuktikannya, sekarang giliran kamu ya.

Jika kamu membutuhkan referensi tambahan untuk merencanakan keuangan, kamu bisa baca ebook perencanaan keuangan untuk usia 20an di bawah ini secara gratis. Semoga rumah idaman bisa segera kamu miliki. Semangat!!

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Saya berharap artikel ini bisa membuat kamu termotivasi dan lebih giat lagi mengejar goals-goals yang telah kamu susun di resolusi tahun 2019.

Jangan lupa share, dan jangan sungkan untuk berdiskusi ya, langsung aja tulis di kolom komentar!!

 

Sumber referensi:

  • Dian Rodiana. 3 Februari 2019. Gaji Umr Tidak Bisa Punya Rumah? Pakai 5 Jurus Sakti Ini. Melaniacu.com – https://goo.gl/rDbFbV

 

Sumber Gambar:

  • Dana Rumah – https://goo.gl/WtDUsX
  • Dana Rumah 2 – https://goo.gl/CnPgGP
  • Dana Rumah 3 – https://goo.gl/dqNY7f
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom,
Ismyuli Tri Retno Kusuma Wardani, S.I.Kom, seorang praktisi humas di salah satu perguruan tinggi di Kota Bandung. Memiliki background pendidikan S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Humas di Universitas Komputer Indonesia, dengan pengalaman menjadi bagian dari Media Mahasiswa Indonesia dan tertarik mengembangkan kemampuan di bidang penulisan.

Leave A Comment