Apakah karyawan Anda menghadapi permasalahan keuangan? Permasalahan keuangan pribadi adalah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kehidupan seseorang. Jika karyawan mengalami masalah keuangan, produktivitas perusahaan juga bisa terganggu. Berikut adalah 5 tanda karyawan Anda mengalami stres akibat permasalahan keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Permasalahan Keuangan Karyawan Anda, juga Masalah Anda

Salah satu faktor yang memiliki andil besar dalam mempengaruhi produktivitas perusahaan adalah karyawan. Setiap manusia memiliki permasalahan masing-masing, termasuk karyawan di perusahaan Anda. Semua bisa memiliki latar belakang yang berbeda-beda, karyawan yang belum berkeluarga mungkin memikirkan untuk membeli rumah, melunasi berbagai cicilan hingga memikirkan mencari pasangan hidupnya. Sementara bagi karyawan yang sudah berkeluarga mungkin memikirkan biaya pendidikan anak, permasalahan rumah tangga, permasalahan dengan orangtua dan berbagai masalah lainnya. Masalah-masalah ini memang seolah terdengar remeh dan tidak profesional, tetapi pada kenyataannya hal-hal yang seolah kecil ini bisa mempengaruhi kinerja karyawan pada perusahaan.

Salah satu permasalahan yang paling sering membebani karyawan adalah masalah keuangan. Uang adalah sumber kehidupan setiap orang, jika pribadi atau keluarga mengalami permasalahan keuangan maka tentu kehidupannya bisa terganggu. Akhirnya hal ini mempengaruhi performa di kantor. Banyak orang yang ahli (atau terpaksa menjadi ahli) dalam multi tasking karena harus memikirkan pekerjaan sekaligus permasalahan keuangannya. Akibatnya pikiran terpecah dan seringkali karyawan yang memiliki permasalahan akan lebih fokus pada masalah pribadinya daripada pekerjaan di kantor. Pada akhirnya permasalahan keuangan karyawan akan menjadi permasalahan keuangan perusahaan Anda juga.

HR Apakah Karyawan Anda Menghadapi Permasalahan Keuangan Ini 5 Tandanya 02 - Finansialku

[Baca Juga: HR: 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan]

 

Sementara itu, perlu diketahui bahwa kapasitas masing-masing orang dalam mengatasi permasalahan bisa berbeda-beda. Ada orang yang mampu bersikap profesional dan mengabaikan permasalahan pribadinya dan tetap berfokus pada pekerjaan, tetapi ada juga orang yang tidak mampu menanggulangi permasalahannya. Walaupun masalah tersebut mungkin terlihat sepele bagi orang lain. Sebagai HR, Anda tidak dapat mengeneralisasi ketahanan seseorang dalam menghadapi permasalahan. Selama ada peluang permasalahan tersebut mengganggu kinerja perusahaan, maka sebaiknya Anda segera mengantisipasinya.

 

Hubungan Antara Permasalahan Keuangan dan Produktivitas Kerja di Perusahaan

Permasalahan keuangan seperti lilitan utang, kekurangan biaya pendidikan anak, biaya kebutuhan sehari-hari, dan berbagai permasalahan lainnya dapat menyebabkan financial stress pada karyawan Anda. Financial stress adalah perasaan negatif terhadap kondisi keuangan seseorang. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan keuangan yang buruk serta keputusan pengeluaran yang tidak bijaksana. Permasalahan seperti ini dapat berdampak buruk pada produktivitas kerja di perusahaan.

Sebuah penelitian di Amerika menunjukkan adanya kaitan antara permasalahan keuangan dan produktivitas kerja seorang karyawan di perusahaan. Permasalahan keuangan dapat mempengaruhi absensi, waktu bekerja yang digunakan untuk mengurus kepentingan pribadi, bahkan dapat mempengaruhi tingkah laku seorang karyawan di lingkungan kerjanya.

HR 6 Masalah Keuangan Karyawan yang Dapat Terselesaikan dengan Literasi Keuangan 02 - Finansialku

[Baca Juga: HR: 6 Masalah Keuangan Karyawan yang Dapat Terselesaikan dengan Literasi Keuangan]

 

Setiap perusahaan pasti memiliki aturan yang mengharapkan karyawannya untuk bersikap profesional ketika bekerja, tetapi seringkali permasalahan pribadi memiliki andil lebih besar dalam pikiran seseorang. Contoh ekstremnya, bagaimana mungkin seorang karyawan dapat bekerja dengan tenang jika sedang memikirkan rumahnya akan disita untuk menutupi utang? Akibatnya bukan mustahil karyawan ini melakukan kesalahan fatal dalam pekerjaannya yang dapat merugikan perusahaan. Jika kesalahan seperti ini terus terjadi, maka lama kelamaan perusahaan juga yang menjadi korban. Inilah mengapa permasalahan keuangan pribadi karyawan Anda adalah permasalahan keuangan perusahaan juga.

 

5 Tanda Karyawan Anda Mengalami Stres Karena Masalah Keuangan

Permasalahan keuangan pribadi karyawan harus segera diatasi atau setidaknya diminimalkan. Sebagai HR, Anda dapat membantu para karyawan dengan meningkatkan literasi keuangan karyawan. Dengan begitu diharapkan karyawan dapat lebih bijaksana dalam mengelola keuangannya baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Sebelumnya Anda perlu mengetahui sejauh mana permasalahan keuangan pribadi karyawan di perusahaan dengan mengenali ciri-ciri karyawan yang sedang mengalami stres karena masalah keuangan.

Berikut adalah 5 tanda bahwa karyawan Anda sedang mengalami stres akibat masalah keuangan:

 

#1 Menjual Berbagai Aset Investasi

Investasi adalah alat untuk mencapai tujuan keuangan seseorang. Biasanya ketika berinvestasi seseorang ingin mencapai sebuah tujuan keuangan tertentu yang sudah ditentukan nominal dan jangka waktunya. Seharusnya dana investasi tersebut tidak digunakan untuk keperluan lain. Jika seseorang mendadak mencairkan dana investasinya, baik itu berupa reksa dana, logam mulia, properti atau aset-aset lainnya, ada kemungkinan ia sedang menghadapi masalah keuangan. Aset investasi umumnya akan semakin menguntungkan jika disimpan dalam jangka waktu yang panjang, jika seseorang terpaksa mencairkannya maka kemungkinan ada kebutuhan darurat yang tidak bisa ditunda. Misalnya untuk membayar utang yang sudah melilit dan mengganggu arus kas.

Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Ketahui 7 Keuntungan Meningkatkan Literasi Keuangan Karyawan Anda]

 

#2 Meminta Gaji Dimajukan

Ada dua kemungkinan jika karyawan Anda meminta gajinya diberikan lebih cepat dari yang seharusnya. Kemungkinan pertama ia sedang membutuhkan uang tunai untuk mengatasi permasalahan keuangannya yang biasanya berupa utang. Misalnya keharusan membayar tunggakan tagihan listrik, air, internet, kartu kredit, dan lain sebagainya. Kemungkinan lainnya adalah karyawan tersebut ingin membeli sebuah barang, mungkin karena sangat membutuhkan atau menginginkannya hingga tidak dapat menunggu atau ada penawaran tertentu yang terlihat sangat menguntungkan.  

Namun, baik karyawan meminta gaji dimajukan karena harus membayar kewajiban atau karena harus membeli sesuatu, keduanya adalah masalah keuangan. Jika seseorang sedang terlilit utang maka jelas itu adalah satu masalah keuangan. Tetapi jika seorang karyawan harus meminta gaji dimajukan karena kebutuhan atau keinginan tertentu berarti karyawan tersebut tidak dapat mengelola keuangannya dengan baik. Seharusnya gaji yang didapatkan setiap bulan diatur sedemikian rupa agar mencukupi kebutuhan bulanan serta jangka panjangnya. Memang tidak tertutup kemungkinan adanya keadaan darurat yang membuat Anda harus mengeluarkan uang lebih dari biasanya, tetapi hal ini seharusnya dapat ditanggulangi dengan dana darurat. Jika tidak memiliki dana darurat maka itu juga adalah indikasi seseorang memiliki masalah keuangan. Seluruh rangkaian mengelola keuangan dan dana darurat adalah prioritas utama dalam keuangan yang harus dipenuhi bagi setiap orang.

 

#3 Ketidakhadiran yang Tidak Diduga

Sebuah perusahaan bisa berjalan jika karyawannya memenuhi jam kerja. Produktivitas perusahaan sudah pasti terganggu jika karyawan tidak masuk kerja. Salah satu penyebab utama absennya karyawan adalah masalah keuangan. Banyak perusahaan besar di Amerika yang mengaku salah satu penyebab absen tertinggi di perusahaan adalah karena masalah keuangan. Misalnya, karyawan harus mengurus tagihannya, harus pergi ke bank, dan mengurusin urusan lain sebagainya. Salah satu contoh lainnya adalah ketika kendaraannya rusak, karena tidak memiliki biaya untuk memperbaiki kendaraannya maka transportasinya ke kantor akan terhambat. Terdengar sepele, tetapi nyatanya hal ini banyak terjadi di kalangan karyawan pada berbagai perusahaan.

HR Bagaimana Perencanaan Dana Hari Tua Dapat Mempersiapkan Masa Pensiun Karyawan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: HR: Bagaimana Perencanaan Dana Hari Tua Dapat Mempersiapkan Masa Pensiun Karyawan Anda]

 

#4 Menghabiskan Waktu Mengurus Keuangan Pribadi Selama Bekerja

Ketika bekerja seringkali karyawan menyempatkan waktunya untuk mengurus berbagai kebutuhan pribadi. Jika karyawan Anda terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengurus keuangan pribadinya, maka ini adalah salah satu indikasi ia sedang menghadapi permasalahan keuangan. Mengangkat telepon dari perusahaan kartu kredit, mengurus pembayaran A sampai Z selama berjam-jam, dan lain sebagainya.

 

#5 Penyakit yang Tidak Seharusnya

Jatuh sakit adalah hal yang wajar dan bisa dialami oleh siapa saja. Semakin bertambahnya usia maka kondisi tubuh semakin tidak fit dan kemungkinan terserang penyakit akan semakin besar. Tetapi bagaimana jika karyawan yang masih relatif muda terkena penyakit yang dirasa tidak sewajarnya? Nyatanya, saat ini usia bukan lagi patokan untuk seseorang jatuh sakit, tetapi tingkat stres juga dapat memberi pengaruh yang besar. Seseorang yang mengalami stres berlebihan dan terus menerus bisa saja tiba-tiba jatuh sakit, misalnya mengalami sakit jantung, stroke, dan penyakit lainnya. Penyakit yang dirasa tidak seharusnya ini bisa jadi merupakan salah satu ciri karyawan Anda sedang mengalami stres berat. Tentunya salah satu pemicu stres berat pada kebanyakan orang adalah uang atau ketiadaan uang.

Kapan Sebaiknya HR Siapkan Masa Persiapan Pensiun, karena Batas Usia Pensiun Tidak Dibatasi Oleh UU Ketenagakerjaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kapan Sebaiknya HR Siapkan Masa Persiapan Pensiun, karena Batas Usia Pensiun Tidak Dibatasi Oleh UU Ketenagakerjaan]

 

Menghindarkan Karyawan dari Permasalahan Keuangan Pribadi

Permasalahan keuangan pribadi adalah salah satu faktor yang memiliki andil besar dalam mempengaruhi kehidupan karyawan. Ketika seorang karyawan merasa tidak nyaman dengan kehidupan pribadinya, bagaimanapun juga hal itu akan mengganggu performa kerjanya di perusahaan. Jika kinerja karyawan terganggu, maka produktivitas perusahaan pun bisa menurun. Akibatnya permasalahan keuangan pribadi karyawan secara tidak langsung juga akan menjadi permasalahan keuangan perusahaan. Karena itu, pastikan Anda mengenali ciri-ciri karyawan Anda mengalami stres akibat masalah keuangan sehingga dapat segera diatasi dengan peningkatan literasi keuangan. Dengan begitu karyawan diharapkan lebih bijaksana dalam mengatasi permasalahannya dan bertindak lebih bijaksana dalam keuangan untuk ke depannya.

 

Permasalahan keuangan apa yang biasanya dihadapi oleh kebanyakan karyawan? Silakan beri jawaban Anda pada kolom yang disediakan di bawah ini. Jangan lupa untuk share kepada orang terdekat Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Suzanne Lucas. 8 April 2013. Your Employees’ Financial Problems Are Your Problems. Inc.com – https://goo.gl/ob732e
  • Narges Delafrooz. 2010. Effects of Financial Wellness on the Relationship Between Financial Problem and Workplace Productivity. Idosi.org – https://goo.gl/L6LHhP
  • Marlene Y. Satter. 5 Januari 2016. 5 Signs of Employee Financial Stress. Benefitspro.com – https://goo.gl/8VSHX6

 

Sumber Gambar:

  • Asian Employee – https://goo.gl/wrSLMe
  • Asian Businesswoman – https://goo.gl/0jp4aN

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana