Tertarik investasi berlian untuk dapat untung yang besar? Tunggu dulu… Simak dulu triknya dari Finansialku berikut ini supaya ga merugi!

Sebelum Anda benar-benar memulai investasi berlian, akan lebih baik Anda membaca artikel ini hingga selesai. Karena pada artikel ini Anda akan menemukan trik untuk berinvestasi berlian.

Tentunya Anda tidak ingin investasi Anda berujung rugi bukan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Berlian Bisa Jadi Alat Investasi? Ini Dia Alasannya!

Selain emas, ada juga berlian sebagai investasi kita. Lantas, kenapa berlian bisa menjadi salah satu komoditas yang disasar oleh para investor untuk berinvestasi dan melipatgandakan kekayaan mereka? Apa yang menjadi keistimewaan dari berlian? Simak pembahasannya berikut ini!

 

#1 Berlian Adalah Batuan Langka

Berlian dipercaya sebagai batuan yang dikenal sangat langka. Mengapa bisa langka? Batuan berlian ini menurut asal terbentuknya memerlukan proses yang sangat panjang, bahkan hingga miliaran tahun terbentuk di perut bumi.

Setelah terbentuk dengan waktu yang sangat lama tersebut, proses pengangkutannya pun tidaklah mudah karena perlu keahlian dan kecermatan yang tidak sembarangan, bahkan dalam pengolahannya sekalipun.

Hingga saat ini, dari berlian yang telah ditambang, setidaknya ada 50% yang dianggap memiliki kualitas tinggi dan layak untuk diperjualbelikan di pasaran. Ada 2 jenis berlian yang saat ini ada di pasaran dan dapat kita temukan, antara lain:

1. Berlian Permata

Berlian jenis ini biasa digunakan sebagai perhiasan karena nilai jualnya yang tinggi. Dalam menentukan kualitas dan harga dari sebuah berlian, setidaknya ada 4 komponen yang harus diperhatikan.

Antara lain potongannya yang unik, warna yang langka, karat dan juga kejernihan dari penampakkannya. Berat karat tidak dapat menentukan tingginya harga berlian tersebut. Mengapa?

Berlian 1

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

 

Misalnya, jika Anda memiliki berlian dengan nilai seberat 20 karat namun tingkat kejernihannya tergolong rendah, maka harga berlian tersebut tidaklah setinggi berlian yang beratnya 10 karat namun memiliki kejernihan yang lebih tinggi dibanding berlian yang pertama.

 

2. Berlian Bort

Berlian jenis yang kedua disebut dengan berlian bort dengan nilai kualitas yang buruk karena kondisinya yang buram dan gelap. Biasanya, berlian jenis ini tetap digunakan untuk proses industri seperti pemotongan.

 

#2 Proses Penggalian

Berlian adalah batuan yang tidak bisa dengan mudahnya diambil dari perut bumi. Setidaknya, proses penggaliannya dibutuhkan peralatan yang canggih untuk membawanya keluar dari perut bumi.

Dengan penggunaan berbagai alat yang canggih dan modern, tentu saja ini membutuhkan biaya yang tidak murah. Itulah sebabnya berlian termasuk salah satu batuan mulia yang dihargai begitu mahal.

 

#3 Jenis Batu Terkuat Yang Pernah Ada

Selain keindahannya, batu berlian pun memiliki kekuatan yang sangat kuat. Bahkan dikenal sebagai satu-satunya batuan yang tidak dapat hancur meski usianya semakin tua. Itulah sebabnya batu berlian juga dianggap sebagai batu bertuah.

Sejak berabad-abad silam, batu berlian selalu menjadi simbol dari sebuah kekuatan dan kejayaan yang tak terkalahkan. Tak heran jika berlian juga seringkali digunakan oleh kerajaan-kerajaan masa lalu untuk mempelihatkan kekokohan sebuah dinasti atau kerajaan.

 

#4 Simbol Cinta

Karena jenis batuan ini termasuk jenis yang tak lekang waktu, biasanya batuan mulia ini menjadi salah satu pilihan hadiah yang akan diberikan oleh seorang kekasih kepada pasangannya.

Konon, wanita mesir kuno meyakini bahwa mengenakan cincin berlian pada jari tengah kirinya akan memberi efek magis yang berkaitan dengan cinta. Hal inilah yang melatarbelakangi mengapa perempuan mendambakan berlian sebagai ungkapan cinta dari pasangannya.

 

#5 Dipakai Sebagai Penanda Status

Karena nilainya yang berharga, tak heran jika mereka yang memiliki berlian dipandang memiliki status sosial yang tinggi di masyarakat.

Berlian 2

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

Itulah sebabnya hingga di masa modern ini, berlian menjadi salah satu perhiasan yang biasa dikenakan oleh kaum hawa untuk menunjukkan status sosial mereka.

 

#6 Permintaan Pasar yang Tinggi

Jika menilik pasar batuan mulia, berlian adalah salah satu jenis batuan mahal yang memiliki permintaan yang tinggi. Tak heran karena proses pembentukan hingga proses pengolahannya yang membutuhkan keahlian dan presisi yang tinggi dalam penanganannya.

Lantas bagaimana dengan batuan langka lainnya seperti rubi dan zamrud yang juga termasuk batuan mulia yang langka, mengapa berlian masih menduduki posisi sebagai batuan yang memiliki permintaan yang tinggi?

Sentimen pasar adalah salah satu faktor yang membuat sebuah barang mulia memiliki permintaan yang tinggi.

Nyatanya, masyarakat umumnya memilih berlian dibandingkan batuan langka lainnya. Itulah sebabnya permintaan akan berlian begitu tinggi dibandingkan batuan langka lainnya yang juga termasuk batuan mahal nan mulia.

 

#7 Berlian Sebagai Komoditas Berharga Di Industri

Selain sebagai perhiasan dan juga instrument investasi, berlian juga digunakan di dunia industri tertentu untuk pengerjaan logam dan penambangan.

Jenis berlian yang digunakan tentu saja jenis berlian bort yang memiliki kualitas lebih rendah dari jenis berlian untuk perhiasan.

 

#8 Monopoli Kartel

Berdasarkan sejarahnya yang dilansir dari laman simulasi kredit, pada abad ke-19, berlian ditemukan di Kimberly, Afrika Selatan. Tambang berlian baru ini berpotensi membanjiri pasar dan menurunkan nilai batu berharga tersebut.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka perusahaan tambang De Beers membeli tambang tersebut guna melakukan kontrol ketat atas pasokan berlian secara global.

Mereka hanya meluncurkan berlian untuk memenuhi permintaan tahunan pasar, yang memberi ilusi bahwa berlian masih amat langkah. De Beers juga memulai kampanye penggunaan berlian sebagai cincin pertunangan dan pernikahan menggantikan ruby dan safir yang sebelumnya populer.

Berlian 3

[Baca Juga: Penuhi Kepuasan Pelanggan Dengan Mengenali Karakter Pelanggan Agar Strategi Promosi Berhasil]

 

Alhasil, kebutuhan serta harga berlian pun tetap meningkat tiap tahunnya. Itulah sejarah terbentuknya kartel memonopoli produksi serta pertambangan berlian membuat keberadaan berlian kian langkah. Mereka menyimpan berlian di gudang untuk menjaga harganya tetap tinggi.

 

#9 Berlian Merupakan Investasi Tahan Krisis

Jika Anda berinvestasi pada berlian, maka Anda akan menemukan, bahwa berlian merupakan satu-satunya investasi yang nilai permintaannya meningkat setiap tahun, dari 8% hingga 15% tanpa mengalami penurunan.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Keuntungan Investasi Berlian

Siapa yang tidak suka dengan berlian? Barang mulia ini dinilai begitu menguntungkan, apalagi jika dimiliki.

Tidak hanya bisa menjadi barang yang bisa dikenakan sebagai aksesoris, berlian juga bisa dipakai sebagai alat investasi. Keuntungan Berinvestasi berlian sebagai berikut, yang dilansir dari situs oriori.com:

 

#1 Alat Perlindungan

Berlian merupakan alat investasi yang kebal terhadap inflasi. Selain itu, berlian juga dapat memberikan perlindungan dari reformasi mata uang dan krisis pasar.


 

#2 Anonimitas

Tidak diperlukan pendaftaran khusus untuk membeli berlian. Dengan demikian, berlian dapat menjadi aset yang sifatnya sangat pribadi.

 

#3 Berlaku Di Seluruh Dunia

Sama halnya dengan emas, berlian juga dianggap sebagai mata uang pengganti dengan nilai yang setara di belahan dunia manapun.

 

#4 Harga Tidak Terikat

Harga berlian tidak ditentukan oleh pemerintah. Karena itulah, berlian mampu mempertahankan nilainya bahkan saat keadaan ekonomi sedang buruk sekalipun.

 

#5 Mampu Mempertahankan Nilainya

Jika barang mewah lain seperti mobil dan furnitur akan kehilangan nilainya seiring dengan berjalannya waktu, maka hal tersebut tidak berlaku untuk berlian. Hal ini dikarenakan berlian memiliki sifat yang tahan lama dan tidak mudah rusak.

 

#6 Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Karena ketahanannya tersebut, maka tidak diperlukan perawatan yang khusus dan mahal untuk menjaga kualitas batu berlian.

Berlian 4

[Baca Juga: Jarang Diketahui Orang! Ini Rahasia Meraih Kebebasan Keuangan Sebelum Pensiun]

 

#7 Permintaan Melebihi Persediaan

Kedepannya, jumlah permintaan dengan persediaan berlian diperkirakan akan semakin tidak seimbang, di mana permintaan terhadap berlian akan jauh melebihi persediaan berlian itu sendiri.

Hal ini tentu saja dapat memicu peningkatan harga berlian di masa yang akan datang.

 

#8 Nilai Emosional

Jangan lupa bahwa berlian menyimpan nilai yang emosional, sehingga cocok dijadikan hadiah yang bersifat long lasting maupun warisan turun temurun.

 

#9 Fungsi Ganda

Berlian adalah salah satu contoh barang yang memiliki fungsi ganda. Maksudnya adalah, selain dijadikan instrument investasi, batu berlian juga dapat dijadikan perhiasan untuk mempercantik penampilan penggunanya.

 

Kerugian Investasi Berlian

Berlian memang barang mulia, selain berbagai keuntungan yang melekat, ada juga berbagai kelemahan atau kerugian dalam melakukan investasi berlian yang perlu dipahami, terutama bagi Anda yang berminat untuk berinvestasi barang mulia ini.

Berikut ini berbagai kerugian atau kelemahan dalam berinvestasi berlian yang dilansir dari laman simulasi kredit:

 

#1 Harga Berlian Hanya Ditentukan Oleh Pasar

Berbeda dengan investasi emas dan perak yang memiliki indeks harga yang bisa diikuti dalam bursa saham, investasi berlian tidak bisa.

Faktor dasar yang menentukan harga berlian adalah potongan, karat, kejernihan, serta warnanya. Pada akhirnya, harga berlian akan ditentukan oleh pasar (supply and demand).

 

#2 Tidak Mudah Menjual Berlian

Tidak seperti emas, berlian memiliki pasar khusus dengan segala kerumitan di dalamnya. Anda mungkin bisa menawarkan berlian milik Anda kepada pengecer lainnya, tapi tentu saja mereka akan menjadi negosiator yang tangguh untuk mendapat harga terbaik.

Begitu pula menjual berlian di rumah lelang, belum tentu mereka membeli berlian Anda dengan harga tinggi. Mereka akan membeli berlian Anda dengan harga murah namun menjualnya dengan berkali-kali lipat.

Dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan pembeli yang tepat, karena bisnis berlian merupakan investasi jangka panjang.

 

#3 Berbisnis Berlian Tidak Bisa Langsung Untung

Jika Anda menginginkan hasil serta pengembalian modal yang cepat dari bisnis berlian, maka Anda keliru. Penjualan berlian secara cepat umumnya justru akan membawa kerugian.

Jika Anda belum seberapa ahli di bidang ini, hati-hati pula dalam membeli berlian. Berlian yang tidak disertai sertifikat memiliki risiko yang jauh lebih tinggi ke depannya.

Jadi, pastikan Anda membeli berlian di perusahaan yang telah memiliki reputasi baik, menawarkan sertifikat, spesifikasi laboratorium pemeringkat yang tepat untuk tujuan investasi, serta menjual dengan harga grosir bukan eceran.

 

#4 Memiliki Berlian Mengundang Risiko Pencurian

Sama halnya ketika Anda berinvestasi dalam emas, perak, atau pun aset riil lainnya, tentu risiko pencurian bisa datang kapan saja. Untuk menemukan tempat yang aman guna menyimpan harta karun Anda pun tidaklah mudah.

Berlian 6

[Baca Juga: Bong Chandra: “Insting Terbentuk dari Beberapa Kali Kesalahan” Baca 40 Kata Bijak Lainnya]

 

Jika ingin tingkat keamanan yang tinggi, Anda pun harus mengeluarkan uang ekstra untuk membayar sewa titip, membeli brankas, atau bahkan mengasuransikannya.

 

#5 Minat Akan Berlian Tidak Seantusias Dulu

Generasi milenial nampak tidak begitu tertarik dengan berlian atau segala sesuatu yang berbau simbolis, mereka lebih menghargai pengalaman nyata dibanding dengan sekedar batu berharga mahal.

Terlebih lagi, keadaan ekonomi dunia yang melambat menjadi faktor turunnya minat masyarakat terhadap berlian. Alih-alih membeli berlian yang berharga miliaran, orang cenderung ingin menginvestasikan uangnya kepada hal yang lebih nyata dan menghasilkan.

 

#6 Berlian Sintetis Menurunkan Nilai Permata Tersebut

Permintaan pasar yang besar terhadap berlian di masa lalu melahirkan ide untuk membuat berlian secara sintetis. Namun sayangnya, adanya berlian sintetis buatan manusia justru kian menurunkan nilai berlian.

Pasokan berlian pun tidak lagi bisa dikatakan langka. Nilai historis, keindahan, serta magis berlian tentu berkurang oleh sebab campur tangan manusia.

 

Tips Berinvestasi Berlian

Berminat investasi berlian? Simak dulu tips inivestasi berlian berikut ini:

 

#1 Ketahui & Pahami Dengan Jelas Investasi Berlian

Investasi memang menjadi sebuah strategi untuk mengembangkan kekayaan, namun tetap saja di samping keuntungan yang menggiurkan, tentu saja ada kerugian dan risiko yang harus dipahami dan diterima.

Oleh sebab itu, seperti investasi pada umumnya, kenali dan pelajari lebih dalam investasi berlian sejak awal. Ketahui risiko terbesar yang harus Anda tanggung supaya Anda dapat mengatur manajemen risiko dan memiliki strategi yang harus Anda lakukan ketika situasi terburuk terjadi.

 

#2 Pahami Secara Detail Karakter Berlian

Setiap instrument investasi memiliki karakter dan ciri tersendiri, itulah sebabnya Anda perlu mengenalinya sejak awal. Tentu Anda sudah tahu bahwa berlian dinilai tingkat berharganya dari kejernihan warna.

Semakin jernih warnanya, maka harganya akan semakin tinggi. Dalam menilai tingkat kemahalan berlian, dikenal sistem 4C, yaitu Color (warna), Cut (potongan), Carat (karat), dan juga Clarity (kejernihan).

Dilansir dari suara.com, meski pada umumnya berlian yang sudah dalam bentuk perhiasan memiliki setting (rangka) yang membuatnya semakin indah, namun setting biasanya tidak termasuk dalam penilaian.

Pastikan Anda memahami dengan baik seluruh karakter berlian ini sejak awal, agar Anda bisa melakukan investasi dengan lebih mudah dan aman.

 

#3 Tentukan Anggaran Investasi Berlian

Tiap individu tentu punya prioritas keuangan masing-masing, termasuk besaran alokasi untuk investasi. Perlu diingat untuk tidak mencampuradukkan dana investasi dengan dana yang lainnya agar tidak menimbulkan risiko masalah keuangan di kemudian hari.

Meski tergiur dengan harga berlian yang tergolong mahal, usahakan untuk sesuai dengan budget investasi Anda.

Coba Aplikasi Finansialku dengan fasilitas trial 30 hari untuk mengalokasikan anggaran Anda dengan lebih bijak dengan mengunduh aplikasi Finansialku di Playstore dan AppStore.

playstore icon
appstore icon

 

#4 Lakukan Diversifikasi

Meski keuntungan yang dijanjikan menggiurkan, para investor disarankan untuk melakukan manajemen risiko dengan melakukan diversifikasi. Gunakan instrument investasi lainnya yang sesuai dengan profil risiko dan pelajari lebih dalam tentang pengelolaan risikonya.

Berikut ini berbagai E-Book Gratis untuk menambah pengetahuan Anda dalam berinvestasi:

 

Lebih baik yang mana, investasi emas atau investasi berlian? Yuk simak video di bawah ini.

 

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Butuh konsultasi untuk merencanakan keuangan pribadi atau keluarga? Konsultasi Gratis saja dengan Perencana Keuangan Finansialku sekarang juga!

 

Sumber Referensi:

  • Arsito Hidayatulla. 8 Juni 2019. Ini Trik Bagi yang Berminat Untung Besar dari Investasi Berlian. Suara.com – https://bit.ly/3gDZAvC
  • Dewi Puri. 13 Februari 2019. Investor Pemula Bisa Untung Banyak lewat Investasi Berlian, Begini 6 Caranya!. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3cgLugu
  • Admin. Untung Rugi Investasi Berlian/Permata. Simulasikredit.com – https://bit.ly/3cgbOqX
  • Orori. 19 November 2015. 9 Keuntungan Investasi Berlian. Orori.com – https://bit.ly/2Ao7E2W

 

Sumber Gambar:

  • Berlian 1 – https://bit.ly/2YlTQP8
  • Berlian 2 – https://bit.ly/2A7VFXT
  • Berlian 3 – https://bit.ly/2MIJtiE
  • Berlian 4 – https://bit.ly/2zdx2s2
  • Berlian 5 – https://bit.ly/3dM4Rj6
  • Berlian 6 – https://bit.ly/2MJ36al