Investasi untuk pensiun: Apakah kamu ingin menyiapkan dana untuk masa pensiun? Kamu harus tahu produk-produk investasi untuk pensiun yang bisa kamu pilih.

Simak selengkapnya informasi yang akan bermanfaat untukmu.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengapa Harus Investasi untuk Pensiun?

Pensiun adalah saat seseorang tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut atau masa tugasnya sudah berakhir. Rata-rata, usia pensiun di Indonesia adalah sekitar 55 tahun sampai 60 tahun.

Nah, mengapa kamu harus berinvestasi untuk masa pensiun?

 

#1 Kebutuhan Sehari-Hari Tetap Terpenuhi

Saat pensiun, kamu akan mendapatkan tunjangan atau dana pensiun dari perusahaan tempat kamu bekerja. Namun, dana pensiun biasanya lebih kecil dari gaji bulanan kamu saat sedang bekerja.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan hanya mengandalkan dana pensiun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ada kalanya, biaya hidup saat pensiun bisa meningkat, misalnya, karena faktor kesehatan.

Selain Uang, Apa Lagi Persiapan Masa Pensiun yang Tepat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Milenials Mau Siapin Dana Pensiun? Gini Caranya!]

 

Jadi, supaya kebutuhan kamu tetap terpenuhi saat pensiun nanti, caranya adalah dengan berinvestasi sedini mungkin saat masih muda.

 

#2 Kondisi Keuangan Tetap Sehat Saat Hari Tua

Masa pensiun adalah masa ketika kamu hanya ingin menikmati sisa hidup kamu. Kamu mungkin memiliki keinginan-keinginan tertentu seperti liburan ke berbagai tempat, menjadi relawan di kegiatan sosial, berorganisasi, dan mengajar di sekolah-sekolah.

Untuk mewujudkan keinginan-keinginan seperti di atas, berinvestasi saat muda adalah langkah yang sangat tepat.

Kondisi keuangan kamu akan tetap sehat walaupun harus memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keinginan tertentu. Lagi-lagi, jangan hanya mengandalkan dana pensiun.

 

#3 Tidak Membebani Anak

Usahakan jangan bergantung kepada anak untuk menafkahi masa pensiun kamu. Anak yang sudah berkeluarga tentu memiliki berbagai macam kebutuhan seperti membeli rumah, membeli mobil, menyiapkan dana pendidikan anak, dan lain-lain.

Jadi, alangkah baiknya jika kamu tidak membebani biaya hidup mereka. Berinvestasi-lah sedini mungkin untuk menikmati masa pensiunmu nanti.

Itulah 3 alasan mengapa kamu harus berinvestasi untuk masa pensiun kamu. Apakah ada tambahan? Jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya.

 

Produk-Produk Investasi untuk Pensiun

Untuk menyiapkan dana pensiun, berikut ini adalah ciri-ciri produk investasi yang cocok untuk pensiun.

Ciri-ciri Produk Investasi Untuk Pensiun 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Investasi Deposito, Kenali Cara Kerja Deposito, Strategi Investasi Deposito dan Cara Menghitung Bunga Deposito]

 

  1. Risiko rendah. Sebaiknya, pilihlah produk investasi yang berisiko rendah, mengingat return-nya digunakan sebagai dana pensiun.
  2. Keuntungan tetap. Produk investasi yang menawarkan bunga di atas angka inflasi sangat cocok untuk dana pensiun.
  3. Investasikan penghasilan kamu di produk-produk investasi yang aman. Artinya, uang dalam produk investasi tersebut tidak bisa sembarangan kamu tarik dan belanjakan, apalagi untuk hal-hal yang tidak penting.
  4. Mudah diakses. Saat ini, sudah ada banyak produk investasi yang bisa diakses secara online. Hal ini akan menghemat lebih banyak waktu dan tenaga.

 

Nah, setelah mengetahui 4 ciri-ciri produk investasi untuk pensiun di atas, apa saja produk investasi yang cocok untuk menyiapkan dana pensiun?

 

#1 Deposito

Deposito termasuk investasi yang cocok dan aman untuk masa pensiun kamu, sesuai dengan ciri nomor 3 di atas.

Kamu tidak bisa menarik uang kamu dalam jangka waktu tertentu. Tapi, kamu akan mendapatkan imbalan bunga yang stabil yaitu sebesar 6-8% per tahun. Angka tersebut lebih tinggi dari angka inflasi saat ini. Risikonya juga lebih rendah karena sudah dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Berinvestasi di deposito sangat mudah karena hampir semua bank di Indonesia sudah memiliki produk tabungan deposito.

 

#2 Reksa Dana

Reksa Dana adalah salah satu produk investasi yang sangat cocok untuk jangka panjang, termasuk masa pensiun.

Menariknya, berinvestasi di reksa dana sangat mudah, tak terkecuali untuk pemula. Hal ini karena uang yang kamu investasikan akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional.

Ada 4 jenis reksa dana yaitu Pasar Uang, Obligasi, Campuran, dan Saham.

Untuk menyiapkan dana pensiun, sebaiknya kamu memilih reksa dana Pasar Uang karena memiliki risiko yang rendah. Return yang kamu terima bisa mencapai 5-7% per tahun.

Kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana melalui aplikasi atau website seperti Bareksa, Tanamduit, dan lain-lain.

Mau tau lebih jauh tentang investasi reksa dana? Kamu bisa Download ebook Panduan Berinvestasi Reksa Dana dari Finansialku di bawah ini. GRATIS!!

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#3 P2P Lending

Kamu juga bisa mencoba investasi P2P (peer-to-peer) Lending untuk menyiapkan dana pensiun. Return yang akan kamu terima bisa mencapai 18-24% per tahun.

Dalam investasi P2P Lending, kamu meminjamkan uang kepada orang lain selama periode tertentu.

Pada saat pinjaman tersebut jatuh tempo, kamu akan mendapatkan return yang lebih tinggi atas bunga yang dikenakan kepada peminjam.

Ingin Jadi Lender Atau Pemberi Pinjaman di P2P Lending Ini Cara dan Syaratnya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cek Info P2P Lending untuk Milenial yang Lagi Nge-Hits]

 

Investasi ini dapat berisiko tinggi seperti peminjam tidak sanggup melunasi pinjamannya. Namun, hal ini bisa diakali dengan meminjamkan uang ke peminjam-peminjam yang berbeda, jangan hanya 1 peminjam.

Untuk mencoba P2P Lending, kamu bisa menggunakan aplikasi atau website seperti KoinWorks, Danain, dan lain-lain.

 

#4 ORI

Berinvestasi di ORI (Obligasi Ritel Indonesia) bisa memberikan return sebesar 8% per tahun. Uang yang kamu investasikan di ORI akan dikunci selama 1 hingga 5 tahun.

Karena ada jaminan dari pemerintah, investasi ini memiliki risiko yang sangat rendah. Jadi, kamu bisa mencoba berinvestasi di ORI untuk persiapan masa pensiun kamu.

Kalau kamu tertarik untuk berinvestasi di ORI, kamu bisa membaca artikel berikut ini ya: Investasi di ORI (Obligasi Ritel Indonesia).

 

#5 Emas

Emas adalah salah satu produk investasi jangka panjang yang sebaiknya kamu coba. Terlebih lagi, emas termasuk komoditas yang mahal di dunia.

Kabar baiknya, untuk berinvestasi emas saat ini, caranya sangat mudah dan gak harus punya modal yang banyak. Kamu bisa membuka tabungan emas di Pegadaian dan membeli emas mulai dari 0,01 gram dengan harga hanya Rp7.000. Sangat mudah kan?

Nah, buat kamu yang mencari panduan tentang investasi emas, Finansialku memiliki ebook GRATIS yang bisa kamu download sekarang di bawah ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Itulah 5 produk investasi yang bisa kamu coba untuk mempersiapkan masa pensiun kamu.

 

Berinvestasilah untuk Pensiun

Berdasarkan hasil survei Bank HSBC yang menyasar 1000 responden, ternyata hanya 30% yang sadar akan investasi untuk pensiun. Padahal, 68% dari responden tersebut ingin memiliki masa tua yang nyaman.

Maka dari itu, mulai dari sekarang, alokasikanlah penghasilan kamu untuk dana pensiun. Porsi 2,5% sampai 5% sebulan sudah cukup. Investasikan porsi tersebut ke produk-produk investasi yang menguntungkan.

Seperti yang disebutkan di atas, ada Deposito, Reksa Dana, ORI, P2P Lending, dan Emas yang bisa kamu pilih.

Jadi, pesan terakhir saya adalah berinvestasi-lah sekarang maka kamu akan memiliki hari tua yang nyaman dan tanpa beban.

 

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja produk-produk investasi yang cocok untuk pensiun?

Supaya teman-teman kamu juga bisa mempersiapkan masa pensiun yang baik, jangan lupa bagikan artikel ini kepada mereka ya.

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 03 Juli 2019. Tak Harus Tunggu Tua, Investasi Ini Bila Ingin Pensiun Dini. Liputan6.com – https://intip.in/rf0X
  • Admin. 5 Produk Investasi Demi Masa Pensiun yang Sejahtera. Cigna.co.id – https://intip.in/pptY
  • Maizal Walfajri. 12 Februari 2019. Survei HSBC: Sembilan dari 10 Orang Tidak Siap Pensiun. Kontan.co.id – https://intip.in/QrCY

 

Sumber Gambar:

  • Emas – https://intip.in/21No
  • Ilustrasi Pensiun – https://intip.in/GL3r
  • Ilustrasi Investasi – https://intip.in/MG1T

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang