Yuk, kenali investasi tepat untuk Ibu Rumah Tangga. Jangan sembarangan dalam memilih investasi apalagi sampai salah pilih, ya Moms.

Kali ini Finansialku akan membahasnya secara tuntas.

 

Memahami Konsep Berinvestasi

Moms, dalam berinvestasi kita tidak bisa melakukannya dengan sembarangan dan asal-asalan. Sebab, akan mempengaruhi keberhasilan dalam mencapai tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Kendati demikian, investasi bukan berarti hal yang rumit dan sulit dipelajari. Melainkan hanya perlu pemahaman soal konsep investasi itu sendiri sehingga dapat membuat perencanaan matang saat akan terjun di dalamnya.

 

For the first, menurut Moms investasi itu apa, sih?

Menyimpan sejumlah uang untuk mendapat keuntungan? Join dengan bisnis teman agar memperoleh bagi hasil keuntungan? Atau Moms punya pemikiran lain soal investasi?

Supaya lebih mudah memahami konsep investasi, perlu diketahui bahwa investasi sering disebut dengan penanaman modal atau pembentukan modal.

Jangan Salah Pilih! Kenali Ragam Investasi untuk Ibu Rumah Tangga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sekaranglah Waktunya Ibu Rumah Tangga Berinvestasi, Moms Setuju?]

 

Lebih lanjut, investasi adalah pengeluaran yang berhubungan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva untuk membeli barang-barang modal dan peralatan-peralatan produksi dengan harapan memperoleh keuntungan di masa yang akan datang atau masa depan.

Oh ya, investasi ini berbeda dengan menabung seperti tabungan di bank. At least, tabungan itu lebih tepat disebut sebagai sarana menyimpan uang dengan aman.

Tapi sayangnya, pertumbuhan hasil yang diperoleh dari bunga bank tidak dapat mengalahkan laju inflasi dan tingkat kebutuhan hidup. Mengapa? Sebab, dalam jangka panjang uang tabungan akan habis tergerus inflasi.

Karena itulah, pilihan yang tepat untuk melipatgandakan aset supaya pertumbuhannya lebih cepat dari laju inflasi, yaitu dengan berinvestasi.

 

Analogi Sederhana: Investasi Seperti Berkendara

Moms, sudah mulai paham dengan konsep berinvestasi?

Kali ini saya akan memberikan gambaran atau analogi sederhananya, bahwa investasi itu seperti tengah berkendara untuk sampai di suatu tempat.

Ada banyak jenis investasi yang bisa Moms pilih. Nah, instrumen investasi inilah diibaratkan sebuah kendaraan. Sementara, target atau tujuan Moms berinvestasi adalah tempat yang ingin dituju.

Tentu, Moms bisa memperkirakan berapa lama waktu tempuh untuk mencapai tempat tersebut. Apakah menggunakan kendaraan roda empat? Atau yang lebih cepat lagi, harus menggunakan jalur udara?

Pastinya setiap kendaraan memiliki kemampuan waktu tempuh yang berbeda. Tinggal Moms tentukan, akan menggunakan kendaraan apa untuk sampai di tempat tersebut sesuai dengan waktu yang diharapkan?

Nah, begitu pula dengan investasi. Sebelumnya, Moms harus tentukan tujuan investasinya, apakah untuk dana darurat? dana pendidikan anak? dana pensiun? dan sebagainya.

Jangan Salah Pilih! Kenali Ragam Investasi untuk Ibu Rumah Tangga 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ketahui Investasi Saham Sebelum Melangkah, Jangan Gegabah!]

 

Lalu, berapa lama waktu yang Moms harapkan untuk bisa mencapai tujuan tersebut?

Setelah semua direncanakan, saatnya Moms memilih kendaraan yang memungkinkan untuk bisa mencapai tujuan tersebut.

Sebelum memilih investasi, pastikan Moms sudah mengetahui jenis-jenis investasi tersebut, baik segi keuntungan maupun risiko yang mungkin saja dihadapi.

Berbagai informasi tersebut perlu diketahui sejak awal, sebelum benar-benar terjun di dalamnya. Sehingga, Moms bisa memperoleh kenyamanan dalam berinvestasi.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan informasi tersebut?

Tenang, saat ini sudah banyak informasi yang mudah sekali diakses. Mulai dari buku bacaan sampai berbagai sumber referensi online. Seperti yang dimiliki Finansialku.

Moms, bisa menggali informasi dari audiobook, Youtube, podcast, ataupun e-book Finansialku mengenai investasi dan berbagai panduannya bagi pemula. Sangat fleksibel, bukan?

Supaya lebih mudah mengakses informasi tersebut, silakan download aplikasi Finansialku di Google Playstore atau Appstore.

Jadi, gak ada alasan Ibu Rumah Tangga sulit belajar investasi. Moms bisa upgrade pengetahuan tanpa mengesampingkan pekerjaan rumah sehari-hari.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Ragam Investasi yang Bisa Jadi Pilihan Ibu Rumah Tangga

Moms, sebagai Ibu Rumah Tangga ingin mencoba peruntungan di dunia investasi. Maka, bisa dikatakan bahwa kita ini sebagai investor pemula.

Sehingga untuk meminimalisasi kesalahan dalam memutuskan atau memilih investasi yang tepat, sebaiknya ketahui dan kenali terlebih dahulu ragam investasi yang bisa jadi pilihan untuk Ibu Rumah Tangga.

Sehingga, Moms bisa mencapai tujuan keuangan yang diharapkan dengan investasi tersebut.

Apa saja ragam investasi tepat untuk Ibu Rumah Tangga? Berikut penjelasannya:

 

#1 Investasi Reksa Dana

Pertama adalah investasi reksa dana, yaitu pola pengelolaan modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi tanpa harus dibebankan pikiran soal instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar.

Dana yang diinvestasikan di reksa dana akan digabungkan dengan orang lain, setelah itu baru dikelola bersama demi memperoleh keuntungan. Sehingga, tidak dibutuhkan modal besar untuk berinvestasi di dalamnya.

Reksadana juga menekankan konsep diversifikasi dalam investasinya, di mana akan dilakukan penempatan dana atau aset investasi kedalam beberapa instrumen yang berbeda dengan pertimbangan potensi keuntungan (return), risiko, serta likuiditasnya.

Kelebihan Investasi Reksa Dana:

  • Manajer Investasi professional adalah yang mengelola dana investasi, sehingga Moms tidak harus mengelola investasi sendiri.
  • Likuiditasnya tinggi, artinya investasi dapat dicairkan/dijual kapan saja dengan menggunakan harga NAB yang berlaku saat penjualan.
  • Tidak membutuhkan banyak modal.
  • Mudah diakses, sudah sangat banyak yang menawarkan transaksi reksa dana secara online, sehingga bisa melakukan pembelian atau penjualan unit lewat situs yang telah disediakan oleh beberapa perusahaan Manajemen Investasi saja.
  • Imbal hasilnya cenderung besar.

 

Kekurangan Investasi Reksa Dana:

  • Adanya risiko berkurangnya nilai investasi yang dipengaruhi oleh turunnya harga dari efek (saham, obligasi, dan surat berharga lainnya) yang masuk dalam portfolio.
  • Adanya risiko likuiditas, yakni terlambat dibayarnya perintah penjualan, biasanya dikarenakan adanya kesalahan administrasi penjualan.
  • Adanya risiko kebangkrutan perusahaan saham dan obligasi yang menjadi portofolio reksa dana.

 

Supaya lebih memahami soal investasi Reksa Dana, Moms bisa menggali informasi lebih lanjut melalui Audiobook Cara Memilih Reksa Dana yang Tepat  berikut ini.

banner -mudah cara memilih reksa dana yang tepat

 

#2 Emas

Investasi tepat untuk Ibu Rumah Tangga yang kedua, Moms bisa berinvestasi dalam bentuk emas. Jenis investasi ini pun cukup menjadi primadona.

Selain mudah didapatkan, wujudnya pun terlihat, dan ketika memerlukan dana mendesak emas lebih mudah untuk dijual kembali. Investasi emas cocok untuk Ibu Rumah Tangga yang mempunyai planning jangka panjang.

Kelebihan Investasi Emas:

  • Emas bersifat likuid dan tidak mudah tergerus inflasi.
  • Emas atau logam mulia harganya cenderung stabil bahkan naik.
  • Emas tidak mudah rusak dan mudah disimpan, misalkan dalam kasus banjir atau kebakaran, emas lebih aman daripada uang tunai.

 

Tapi, di samping kelebihannya, beberapa hal yang harus jadi perhatian Ibu Rumah Tangga saat berinvestasi emas dan bisa menjadi titik kelemahan atau kekurangannya, yaitu:

  • Sulit mencari tempat penyimpanan
  • Tidak sesuai untuk pembiayaan jangka pendek.
  • Tidak adanya pembagian keuntungan bertahap.

 

#3 Saham

Ketiga, yaitu investasi saham. Salah satu instrumen investasi ini masih menawarkan hasil yang relatif paling tinggi di antara instrumen investasi yang lainnya.

Tapi di Indonesia sendiri, investor saham masih terbilang minim. Umumnya disebabkan keterbatasan pengetahuan masyarakat akan saham, dan anggapan bahwa investasi saham memiliki risiko tinggi.

Jangan Salah Pilih! Kenali Ragam Investasi untuk Ibu Rumah Tangga 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Nyaman Investasi Saham Ala Ibu Rumah Tangga]

 

Tidak sedikit pula masyarakat menilai bahwa saham sama dengan berjudi karena mengeluarkan uang tanpa tahu pasti hasilnya dengan kemungkinan merugi yang tinggi.

Kelebihan Investasi Saham:

  • Memiliki potensi keuntungan yang cukup tinggi.
  • Penghasilan yang didapatkan dari dua sumber yaitu dividen dan capital gain.
  • Tidak memerlukan perawatan.

 

Kekurangan Investasi Saham:

  • Risiko cukup tinggi.
  • Harga yang sangat fluktuatif.
  • Kurangnya pengetahuan akan saham dan mengakibatkan kesalahan investasi.

 

#4 Properti

Investasi tepat untuk Ibu Rumah Tangga yang keempat adalah bisnis properti. Banyak dari Ibu Rumah Tangga terjun ke investasi ini karena dinilai properti menjadi bisnis yang tidak pernah mati.

Selain itu, jenis investasi ini tergolong dalam investasi real asset, yakni berupa benda yang berwujud.

Moms, coba bayangkan. Saat ini tanah yang tersedia tidak akan bertambah (kecuali dilakukan proses perluasan tanah oleh pemerintah). Sedangkan populasi penduduk terus meningkat.

Artinya, permintaan akan tanah dan properti akan lebih tinggi dari persediaannya, dan mengakibatkan harganya semakin tinggi. Beberapa hal inilah yang membuat setiap orang berlomba-lomba berinvestasi tanah dan properti.

Jangan Salah Pilih! Kenali Ragam Investasi untuk Ibu Rumah Tangga 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ternyata! Begini Caranya Investasi yang Menguntungkan untuk Ibu Rumah Tangga dan Ibu Bekerja]

 

Kelebihan Investasi Properti:

  • Umumnya imbal hasil investasi properti selalu positif jika cerdas mencari lokasi yang baik.
  • Mempunyai keuntungan ganda, selain nilainya yang terus meningkat, keuntungan lain bisa diperoleh dari penghasilan pasif selama belum menjualnya.
  • Dapat dijadikan agunan atau jaminan kredit.
  • Nilai investasi tidak akan turun seperti nilai mata uang yang tergerus inflasi.
  • Berbentuk real asset yang wujudnya dapat dilihat dengan jelas. Umumnya investasi dengan fisik yang terlihat lebih digemari para investor.

 

Meskipun memiliki banyak keuntungan, memulai bisnis properti juga tentunya memiliki risiko. Apabila gagal memperoleh keuntungan, atau lokasi tidak mendukung maka bisa terjebak dengan properti itu selamanya.

Kekurangan Investasi Properti:

  • Kemungkinan adanya kekosongan pada jangka waktu yang tidak dapat ditentukan.
  • Umumnya kurang likuid apabila dibandingkan dengan instrumen lainnya (misalnya: emas atau reksa dana).
  • Adanya potensi kerusakan terhadap aset berwujud.

 

Setelah Mengenal, Saatnya Memilih

Moms, keempat ragam investasi yang sudah dibahas sebelumnya bisa menjadi pilihan investasi untuk Ibu Rumah Tangga. Agar sampai pada tahap kenyamanan berinvestasi, semuanya disesuaikan dengan tujuan masing-masing.

Setelah mengenal beberapa jenis instrumen investasi, dan Moms sudah menetapkan tujuan berinvestasi. Maka tinggal ditentukan, instrumen investasi apa yang cocok untuk mencapai tujuan tersebut sesuai dengan waktu yang diharapkan.

Cara mudahnya, Moms bisa gunakan aplikasi Finansialku untuk mendapat gambaran berupa simulasi investasi, sehingga lebih mudah menentukan instrumen yang tepat.

Jika masih mengalami kesulitan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan Finansialku yang siap membantu. Moms, bisa berkonsultasi melalui Aplikasi Finansialku atau melalui konsultasi.finansialku.com. Terima kasih.

 

Moms, jika Anda punya pengalaman seputar investasi. Yuk, jangan ragu untuk bagikan cerita tersebut melalui kolom komentar di bawah ini.

Semoga informasi kali ini memberikan manfaat dan pencerahan khususnya bagi Ibu Rumah Tangga yang baru akan memulai investasi. Selamat mencoba…

 

Sumber Gambar:

  • Investasi 1 – https://bit.ly/3m5Qxqv
  • Investasi 2 – https://bit.ly/3curjPx
  • Investasi 3 – https://bit.ly/3m1iKi6
  • Investasi 4 – https://bit.ly/3u8zJlJ