Apakah gaji kamu cepat habis? Yuk ketahui hal apa saja yang buat gaji kamu cepat habis.

 

Masalah Gaji Cepat Habis 

Hal yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang setiap bulannya adalah gaji. Namun, tak jarang orang yang baru gajian tapi gajinya cepat habis atau numpang lewat saja. Selain itu, masih ada beberapa orang yang live paycheck to paycheck

Tidak mengetahui pengeluarannya kemana saja. Tidak memiliki tabungan sama sekali. Bahkan gajinya habis begitu saja untuk hal-hal yang kurang perlu.

Padahal sering tidak disadari, ada beberapa hal yang membuat gaji cepat habis. Misalnya untuk nongkrong di café, beli gadget versi terbaru, beli tas branded, dan lain sebagainya. Bagaimana dengan kamu? 

 

Ciri-Ciri Kalau Kamu Boros

Kamu termasuk orang yang boros atau tidak? Yuk simak ciri-ciri kalau kamu boros menurut buku The One Week Budget.

 

Menggunakan Kartu Kredit Terlalu Sering

Sebelum kamu menggunakan kartu kredit, sebaiknya kamu pikirkan dengan matang terlebih dahulu. Jangan lupa bahwa menggunakan kartu kredit berarti kamu mengambil pinjaman. 

Namun, jika kamu sudah menggunakan kartu kredit tidak masalah. Akan tetapi, jika kartu kredit digunakan untuk setiap kali membeli kopi, roti, berarti kamu melakukan pengeluaran yang terlalu banyak.

Sebaiknya, kamu menggunakan uang tunai atau kartu debit untuk hal-hal tersebut. 

[Baca Juga: Finansialku Podcast Eps 82 – Cara Bijak Mengelola Kartu Kredit]

 

Membeli Barang Sama Berulang Tanpa Sadar Sudah Memilikinya

Tanpa disadari, kadang kita sering tergiur untuk membeli barang yang baru saja kita lihat. Bisa karena unik dan menarik.

Padahal, belum tentu kita membutuhkannya. 

Bahkan, tak jarang kita membeli satu barang yang fungsinya sama hingga dua kali atau lebih.

Jika demikian, maka kita termasuk orang yang boros. Sebelum membeli sesuatu, sebaiknya kita pikir dan ingat-ingat terlebih dahulu apakah kita sudah memilikinya atau belum.

Pertimbangkan juga apakah kita benar-benar membutuhkan barang tersebut atau tidak. 

 

Tidak Membuat Anggaran atau Sering Lebih Dari Anggaran

Jika tidak membuat anggaran, maka kita tidak tahu batasan pengeluaran kita seberapa besar. Selain itu, jika sering lebih dari anggaran, maka kita menjadi tidak disiplin, dan alhasil arus kas kita bisa bermasalah.

Walaupun kadang anggaran disepelekan, namun anggaran sangat penting. Dengan membuat anggaran maka kamu dapat menentukan seberapa besar anggaran pengeluaran untuk belanja kebutuhan pokok, serta anggaran untuk hiburan. 

Setelah membuat anggaran, kamu juga disarankan untuk memiliki setidaknya 2 rekening. Yang pertama rekening untuk tabungan dan investasi kamu. Sedangkan rekening satunya bisa kamu gunakan untuk anggaran pengeluaran. 

 

Sering Berbelanja atau Shopping Bersama Teman

Apakah kamu suka berbelanja bersama teman? Shopping bersama teman memang menyenangkan dan menjadi hiburan tersendiri.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan seberapa sering kamu melakukan kegiatan ini ya. Semakin sering kamu berbelanja atau nongkrong dengan teman, maka tanpa disadari pengeluaran kamu juga akan semakin banyak. 

[Baca Juga: Mau Tahu Cara Supaya Lebih Hemat? Simak Istilah Buyerarchy]

 

Tidak Memiliki Tabungan

Jika kamu sudah memiliki pendapatan namun tidak memiliki tabungan sama sekali, maka kamu perlu cek kembali pengeluaran bulanan kamu ya.

Selain itu, kamu juga perlu membuat anggaran untuk tabungan dan investasi. Pastikan bahwa kamu memiliki tabungan ya.

Tabungan ini juga dapat berguna sebagai cadangan kas jika ada hal yang tidak terduga. Bila kamu masih belum memiliki tabungan, yuk mulai menabung dari sekarang. Jangan sampai hasil kerja keras kamu terbuang sia-sia ya. 

 

Belum Memulai Menyiapkan Dana Pensiun

Masa pensiun adalah masa yang tidak dapat kita hindari. Setiap dari kita akan memasuki masa pensiun. Ketika di masa pensiun, biasanya kita sudah tidak produktif lagi.

Bahkan, kemungkinan penghasilan kita sudah berkurang atau tidak ada sama sekali. Padahal, kita masih perlu hidup dengan layak di masa pensiun kita.

Oleh karena itu, menyiapkan dana pensiun sejak dini merupakan hal yang penting. Semakin dini kamu menyiapkan dana pensiun, maka semakin terjangkau dana yang perlu kamu sisihkan setiap bulannya. 

Kamu bisa cari tahu kenapa dana pensiun itu penting dan bagaimana mengumpulkannya dari sekarang melalui audiobook Perencanaan Keuangan Usia 20-an Finansialku. 

 

Tidak Pernah Tahu Kenapa Uang Cepat Habis

Ciri yang terakhir adalah selalu mempertanyakan kemana uangnya habis. Apabila kamu sering bertanya kepada diri sendiri kenapa uang kamu habis, dan bahkan bertanya-tanya kemana, maka sebaiknya kamu lebih berhati-hati ya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kamu memiliki gaya hidup yang boros.

Jika demikian, kamu bisa mulai dari mencatat pengeluaran kamu. Setiap kali kamu mengeluarkan uang, kamu harus langsung mencatatnya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui selama ini uang kamu dipakai untuk apa saja. 

Sekarang kamu juga sudah bisa mencatat pengeluaran dengan mudah dan praktis di aplikasi Finansialku. Kamu bisa download aplikasi Finansialku di google play store atau app store secara gratis ya. 

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Kamu bisa berlangganan aplikasi Finansialku secara premium untuk bisa gunakan fasilitasnya secara maksimal. Tapi jangan khawatir! Finansialku tetap bantu kamu lebih irit dengan memberikan biaya langganan Rp 350 ribu satu tahun.

Ini artinya kamu bisa mencatat keuangan, membuat anggaran, belajar keuangan dari media favorit kamu, cek kesehatan keuangan, hingga konsultasi langsung dengan ahli keuangan bebas selama satu tahun tanpa mengeluarkan biaya lebih dari seribu rupiah per harinya.

Tambah lagi bonus buat kamu yang sungguh-sungguh ingin memperbaiki lifestyle keuangan kamu untuk masa depan yang lebih baik, dapatkan potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan voucher WEBTAHUNAN saat upgrade aplikasi Finansialku.

Makin irit, makin banyak yang bisa diinvestasikan untuk masa depan kamu.

Yuk coba aplikasinya. Kamu bisa ikutan free trial aplikasi Finansialku premium lho selama 30 hari.

 

Hal-Hal yang Membuat Gaji Cepat Habis 

Ada beberapa hal yang umumnya membuat gaji cepat habis. Jika kamu merasa gaji kamu cepat habis, coba simak hal-hal berikut. 

 

Hanya Fokus Hari Ini Tapi Tidak Memikirkan Hari Esok dan Selanjutnya

Istilah YOLO (You Only Live Once) cukup sering digunakan oleh kaum milenial yang hanya memikirkan hari ini tanpa memikirkan hari esok atau masa depan. Fokus dan menikmati kondisi kita hari ini memang baik.

Namun, di satu sisi kita juga perlu untuk menyiapkan masa depan kita.

Jangan sampai karena kita terlalu fokus dengan masa kini, membuat kita menjadi boros dan menghambur-hamburkan uang begitu saja tanpa ada tabungan untuk masa depan. Jadi, nikmati hari ini tapi juga mempersiapkan masa depan ya!

[Baca Juga: Terbebas Dari Jebakan YOLO (You Only Live Once)]

 

Malas untuk Mencatat Pengeluaran

Jika kita malas mencatat pengeluaran, maka kita tidak tahu kemana saja pengeluaran kita. Bahkan tak jarang kita bertanya-tanya setiap bulannya, karena gaji habis begitu saja.

Ketika tidak mencatat, maka kita juga tidak bisa mengevaluasi pengeluaran kita apakah pengeluaran kita sudah digunakan sesuai kebutuhan atau tidak.

Padahal mencatat pengeluaran sangat penting, kamu bisa review pengeluaran kamu dan bisa mempersiapkan anggaran untuk bulan selanjutnya yang lebih sesuai. Dengan mencatat pengeluaran juga membuat kamu lebih sadar terhadap setiap pengeluaran yang kamu lakukan. 

Jika mencatat pengeluaran secara manual menggunakan kertas dan bolpen, ataupun mencatat dalam file excel menyulitkanmu, kamu bisa coba aplikasi Finansialku lho!

Kamu cukup catat setiap transaksi menggunakan smartphone kamu di mana aja kapan aja.

 

Tidak Bisa Membedakan Mana Kebutuhan dan Keinginan

Yang membuat gaji cepat habis biasanya bukan kebutuhan, justru malah keinginan. Padahal, sebesar-besarnya gaji yang dimiliki tidak akan cukup jika selalu untuk memenuhi keinginan yang tak kunjung ada habisnya. 

Namun, terkadang kebutuhan dan keinginan ini berbeda-beda tipis. Misalnya membeli smartphone biasa atau membeli smartphone flagship. Keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu membeli smartphone.

Namun jika hanya untuk kebutuhan memiliki smartphone karena handphone nya sudah rusak, kita bisa memilih smartphone yang biasa saja dan sesuai dengan kebutuhan. 

Akan tetapi, jika keinginan, maka kita bisa ingin smartphone flagship yang harganya jauh lebih mahal dari smartphone biasa. Hal inilah yang biasanya membuat gaji cepat habis. 

Kebutuhan setiap orang memang bisa berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum membeli sesuatu pastikan sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Hal ini bukan berarti kamu tidak boleh membeli yang sesuai keinginan kamu.

Sebenarnya boleh saja kok, akan tetapi sebaiknya tetap dibatasi ya. 

 

Terlalu Mengikuti Perkembangan Teknologi

Teknologi terus menerus semakin berkembang. Oleh karena itu, kita sering melihat gadget tipe baru yang terus bermunculan dengan teknologi yang semakin canggih. 

Tak jarang, orang yang suka tergiur akan kecanggihan teknologi tersebut. Dengan begitu, masih ada beberapa orang yang selalu membeli gadget yang terbaru atau paling update. Biasanya gadget yang paling sering di-update adalah smartphone.

Jika setiap ada smartphone baru selalu beli, maka tak heran jika gaji kamu cepat habis. Mengingat bahwa harga smartphone baru biasanya tergolong relatif mahal, dan seiring berjalannya waktu harganya akan terus menurun. 

[Baca Juga: Bijak Gak Sih Ikutan Update Gadget Terbaru?]

 

Kurangnya Literasi Keuangan

Tidak dapat dipungkiri bahwa literasi keuangan tidak diajarkan di sekolah secara formal. Oleh karena itu, tak jarang yang masih kesulitan mengelola keuangan ketika sudah memiliki pendapatan sendiri. 

Padahal literasi keuangan sangat penting bagi kita. Jangan sampai karena kurangnya literasi keuangan membuat kita tidak dapat mengelola keuangan dengan baik.

Jika hal ini terus menerus terjadi, maka akan berdampak buruk pada kondisi keuangan di masa yang akan datang.

 

Mulai Mengelola Keuangan dengan Baik

Setelah mengetahui ciri-ciri orang boros dan hal-hal yang membuat gaji cepat habis, tentunya kamu bisa mengevaluasi diri apakah kamu termasuk orang yang boros atau tidak. Jika ya, maka kamu perlu menata ulang pengelolaan keuangan kamu.

Mengelola keuangan merupakan hal yang penting bagi kita. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka kita bisa memiliki tabungan untuk masa depan kita.

Mengelola keuangan bisa kamu mulai dengan membuat anggaran. Setelah membuat anggaran, kamu bisa mencatat pengeluaran kamu dan pastikan bahwa pengeluaran kamu tidak melebihi anggaran ya.  

 

Jadi, apakah gaji kamu cepat habis? Apa penyebab gaji kamu cepat habis? Silahkan berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia ya.

Kamu juga dapat membagikan artikel ini kepada teman-teman kamu yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih. 

 

Editor: Eunice Caroline

Sumber Referensi:

  • Wartaekonomi.co.id. 24 Maret 2019. Kenapa Sih Uang Itu Cepat Sekali Habis?. Wartaekonomi.co.id – https://bit.ly/3xLyREU
  • Christiyaningsih dan Ichsan Emrald Alamsyah. 3 Juni 2018. Tujuh Ciri Orang Boros Menurut Perencana Keuangan. co.id – https://bit.ly/3gaegnJ