Ketahui 5 Cara Membeli Rumah Kedua, Dijamin Sukses!

Setelah mempunyai rumah yang pertama untuk ditempati, kebanyakan dari kita pasti berpikir untuk membeli rumah kedua. Oleh karena itu, Finansialku akan dibagikan hal apa saja yang baik untuk diperhatikan sebelum membeli rumah kedua.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Pertimbangan Membeli Rumah Kedua

Setiap orang yang sudah mempunyai rumah pertama, biasanya akan berpikir bagaimana caranya agar bisa membeli rumah kedua. Baik rumah kedua itu akan digunakan sebagai tempat tinggal lagi atau sebagai investasi (kebanyakan orang berpikir untuk investasi). Tetapi terkadang banyak sekali pertimbangan-pertimbangan untuk membeli rumah yang kedua. Pertimbangan ini dapat berkaitan dengan finansial, misalnya jumlah dana yang tersedia untuk membeli rumah tersebut, ataupun non finansial, misalnya letak dari rumah tersebut. Apapun pertimbangan itu, terkadang menghambat kita untuk membeli rumah yang kedua. Sebenarnya ada langkah sederhana yang jika dilakukan, maka pastinya kita akan memulai untuk menginvestasikan uang kita untuk membeli rumah kedua.

Ketahui 5 Cara Membeli Rumah Kedua, Dijamin Sukses! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali 7 Sifat Dasar Properti yang Perlu Anda Ketahui]

 

5 Langkah Sederhana untuk Membeli Rumah Kedua

Terdapat 5 langkah sederhana untuk Anda yang ingin membeli rumah kedua, yaitu:

 

#1 Tentukan Lokasi Rumah

Terkadang kita berpikir bahwa menentukan jangkauan harga terlebih dahulu adalah hal yang paling penting dalam membeli rumah. Meskipun menentukan jangkauan harga adalah hal yang cukup penting, tetapi itu tidak bisa menjadi motivasi yang cukup besar untuk mendorong Anda membeli rumah kedua.

Jika Anda mempunyai keinginan untuk membeli rumah di tepi laut, misalnya di daerah Pantai Mutiara atau Taman Impian Jaya Ancol, kemudian Anda menemukan bahwa harganya sangat tinggi dan bahkan Anda tidak memiliki dana yang mencukupi, pasti hal itu hanya akan mengagetkan Anda. Tetapi jika tempat satu-satunya yang termasuk dalam jangkauan harga Anda adalah rumah di daerah tepi Jakarta dan ternyata Anda tidak suka untuk tinggal disana dikarenakan banjir dan sulitnya akses ke sana, maka dapat dipastikan pencarian Anda akan rumah di daerah sana akan langsung berakhir.

Bagaimana Cara Investasi Properti Membeli Properti Baru Tanpa Menjual Properti Lama 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Investasi Properti Membeli Properti Baru Tanpa Menjual Properti Lama?]

 

Lokasi rumah merupakan faktor pendorong yang paling kuat dalam mencari properti. Oleh sebab itu, Anda sering sekali mendengar orang membicarakan lokasi rumah terlebih dahulu. Anda harus menentukan apakah Anda ingin letak rumah kedua Anda berjauhan atau berdekatan dengan rumah yang Anda tempati sekarang ini. Jika rumah kedua ini adalah rumah untuk berlibur bersama keluarga pada saat-saat khusus, tentunya rumah ini bisa terletak sangat jauh bahkan berada di kota yang berbeda. Jika rumah ini adalah rumah untuk disewakan atau bahkan untuk tempat tinggal kedua, maka rumah ini bisa saja terletak dekat dengan rumah yang pertama.

 

#2 Tentukan Tipe Rumah

Tipe dari rumah yang akan kita beli sebagai rumah kedua, juga dilihat dari lokasi rumah. Misalnya, jika Anda ingin membeli rumah di daerah puncak, yang mungkin dalam jangkauan harga Anda, Anda akan mulai mencari tipe rumah sederhana tetapi masih bisa menjangkau daerah pariwisata di sana dengan kendaraan. Tetapi jika Anda ingin menggunakan rumah tersebut untuk penginapan di daerah puncak, maka Anda akan mencari tipe yang lebih besar atau lebih eye-catching. Jika Anda ingin sebagai tempat rekreasi, maka tipe rumah seperti condominium, bisa menjadi pilihan Anda. Selain itu, vila-vila mewah yang hanya menyajikan pemandangan yang indah, juga bisa menjadi pilihan Anda.

Tetapi fakta membuktikan bahwa dengan perekonomian sekarang ini, kebanyakan dari kita akan memilih tipe rumah yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal dimana bisa menjadi investasi untuk dijual kembali daripada rumah untuk bersenang-senang.

Bagaimana Memilih Developer agar Investasi Properti Aman dan Menguntungkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Memilih Developer agar Investasi Properti Aman dan Menguntungkan]

 

#3 Tentukan Jangkauan Harga Rumah

Biasanya para pencari rumah yang telah menentukan lokasi dan tipe yang mereka inginkan sering terbentur dengan masalah jangkauan harga rumah ini karena rumah yang mereka pilih adalah rumah yang harganya diatas jangkauan dana yang mereka siapkan. Kebanyakan dari mereka akan membeli rumah tersebut melalui pinjaman KPR.

Alasan untuk melakukan pinjaman KPR karena mereka dapat membeli rumah tersebut meskipun tidak memiliki dana sebesar harga rumah tersebut dan mereka dapat menyicilnya. Tetapi jika kita menggunakan KPR, total harga rumah tersebut tentu akan naik, karena adanya bunga KPR. Dan terkadang total harga rumah tersebut menjadi sangat besar sehingga kita merasa tidak sanggup untuk membayarnya.

Sebenarnya cara paling mudah untuk melihat apakah kita masih sanggup untuk membayar cicilan KPR tersebut adalah dengan mulai menyisihkan cicilan KPR tersebut setiap bulannya, sebelum membeli rumah tersebut selama beberapa bulan. Jika sudah menyisihkan dana selama beberapa bulan dan keadaan itu masih nyaman untuk Anda, itu berarti Anda sudah siap untuk membeli rumah tersebut. Dan sangat disarankan juga agar Anda tidak menghabiskan semua dana Anda untuk membayar uang muka rumah tersebut sehingga Anda mempunyai dana simpanan untuk darurat pada saat membeli rumah kedua, sebesar 12 bulan dari penghasilan Anda.

10 Cara Mencapai Kebebasan Keuangan atau Financial Freedom - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mencapai Finansial Freedom Dari Investasi Properti]

 

Jika ternyata Anda kurang nyaman atau cicilan tersebut melebihi kemampuan Anda untuk membayar, sangat disarankan agar Anda memulai langkah pertama dan kedua lagi untuk mulai mencari lokasi yang lainnya. Atau Anda bisa mencari penghasilan tambahan untuk menutup kekurangan dana Anda. Saya sangat tidak menyarankan untuk membeli rumah yang melebihi kapasitas Anda untuk membayarnya.

 

#4 Minta Pendapat Agen Properti Profesional

Mintalah pendapat dari agen properti setempat, tetapi bukan sembarang agen. Carilah agen properti yang sudah berpengalaman di daerah rumah yang ingin Anda beli. Biasanya agen properti mempunyai sudut pandang, pemikiran dan pengetahuan yang lebih luas, sehingga Anda bisa mendapatkan pendapat yang berharga. Pastikan bahwa agen tersebut memang telah melakukan sejumlah transaksi dan telah banyak mendapatkan testimoni yang memuaskan dari para pembeli sebelumnya.

Walaupun demikian, jangan berpikir bahwa agen-agen properti yang ada, sepenuhnya akan berada di pihak Anda untuk memberikan semua pendapat secara netral. Karena seperti halnya agen yang lainnya, selalu ada kepentingan pribadi di dalamnya. Tetapi setidaknya agen tersebut dapat memberikan hal yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda sebelum Anda membeli rumah di daerah tersebut. Dan juga Anda tidak harus meminta pendapat ke satu agen saja, tetapi carilah agen yang membuat Anda merasa nyaman dan sangat profesional dalam memberikan jawaban.

9+ Strategi Jitu dalam Menjual Properti Anda 2 - Finansialku

[Baca Juga: 9+ Strategi Jitu dalam Menjual Properti Anda]

 

#5 Cari Bank/Lembaga yang Bersedia Memberikan KPR

Setelah mendapatkan agen, mungkin mereka akan menyarankan lembaga atau bank, yang bekerja sama dengan mereka, untuk pinjaman KPR. Tetapi Anda mungkin ingin mengajukan KPR Anda sendiri di bank yang sudah Anda percaya. Jika memang lembaga KPR Anda dapat memberikan pinjaman untuk daerah rumah tersebut, itu adalah hal yang sangat baik. Tetapi jika tidak, maka Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan lembaga KPR yang bekerja sama dengan agen Anda. Jika memang suku bunga dan harganya tidak terpaut jauh, mengapa harus menurunkan niat Anda untuk membeli rumah tersebut?

 

Berinvestasi dengan Perencanaan dan Pemahaman

Setelah Anda melakukan semua langkah-langkah tersebut, ada lebih baik Anda melakukan evaluasi ulang untuk semua perencanaan membeli rumah kedua Anda. Dan memastikan bahwa Anda telah siap untuk membeli rumah tersebut dan mengetahui semua informasi yang diperlukan. Selamat memulai mencari rumah kedua Anda.

 

Jadi apakah Anda tertarik untuk mulai merencanakan membeli rumah kedua? Berikan tanggapan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Bagikan juga setiap informasi dari artikel Finansialku kepada rekan-rekan Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Elizabeth Weintraub. 10 Maret 2017. 5 Easy Steps to Buy a Second Home. Thebalance.com – https://goo.gl/1vBTO2

 

Sumber Gambar:

  • Good Property – https://goo.gl/KafiIZ
  • Memilih Rumah – https://goo.gl/9WnLtf

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2017-06-05T15:20:45+00:00 April 10th, 2017|Categories: Investasi, Properti, Rumah|Tags: , , , , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download